fakta piala dunia 2022

Piala Dunia 2022 tengah bergulir, saat ini telah memasuki babak yang lebih seru. Bahkan ketika sebelum dimulai, ditarik ke tahun 2010, pemilihan tuan rumah dinilai sudah sangat bermasalah. Tak heran, banyak yang penasaran dengan fakta Piala Dunia 2022.

Saat ini, babak grup telah selesai, dan masuk ke babak penyisihan. Para pecinta bola di seluruh dunia tengah berpesta. Qatar dipercaya sebagai menjadi tuan rumah. Namun sebelum dimulai, telah banyak keramaian. Bagaimana dengan fakta Piala Dunia 2022 itu sendiri?

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama terkait fakta Piala Dunia 2022 yang banyak disampaikan bahwa berbeda dari Piala Dunia yang pernah dilaksanakan sebelumnya. Apa saja fakta tersebut? Yuk mari langsung kita simak penjelasan di bawah ini!

BACA JUGA: Ronaldo Minta Dijual Gara-Gara Gak Main di Liga Champions

1. Gelaran Piala Dunia paling mahal

FIFA

Fakta Piala Dunia 2022 yang terlaksana di Qatar saat ini diduga sebagai gelaran Piala Dunia paling mahal dibandingkan gelaran Piala Dunia sebelum-sebelumnya. Pemilihan Qatar sebagai tuan rumah dilakukan tahun 2010, saat itu menjadi polemik karena Qatar dianggap tidak siap.

Hal tersebut karena Qatar merupakan sebuah negara yang tidak memiliki budaya sepakbola dan bahkan pada saat penunjukannya belum ada satupun stadion sepakbola. Alhasil, Qatar menggelontorkan dana sekitar 200 miliar USD untuk menunjang berbagai infrastruktur yang mendukung Piala Dunia.

2. Piala Dunia yang diadakan di musim dingin

fakta piala dunia 2022
VOI

Fakta Piala Dunia 2022 yang kedua cukup menarik, bahwa gelaran pertandingan dilakukan di musim dingin. Kondisi ini tidak biasa, karena biasanya Piala Dunia dilakukan di musim panas sekitar Juni-Juli yang bertepatan dengan peralihan musim setiap liga di dunia.

Namun, hal tersebut tidak bisa dilaksanakan di Qatar, karena berkitan suhu yang ada di Qatar itu sendiri. Suhu Qatar di musim panas bisa mencapai hingga 46-50 derajat celsius. Merupakan suhu dan cuaca yang tidak ideal untuk berolahraga.

Maka dari itu, FIFA sebagai organisasi penyelengara Piala Dunia memutuskan untuk menggeser jadwal ke musim dingin agar cuaca dan suhu bisa lebih bersahabat.

3. Menganggu gelaran Liga sepakbola

Bola

Konsekuensi pelaksanaan di musim dingin yang terjadi di akhir tahun, hal tersebut berdampak pada gelaran liga sepakbola yang terjadi di seluruh dunia. Terutama liga yang berlangsung di Eropa yang diikuti oleh banyak masyarakat dunia

Tidak sedikit liga-liga di Eropa yang melayangkan protes, karenanya setiap liga dan tentu saja klub-klub sepakbola klaim mengalami kerugian akibat gelaran Piala Dunia yang diundur.

4. Jumlah stadion paling sedikit

fakta piala dunia 2022
iNews

Fakta Piala Dunia 2022 selanjutnya yaitu bahwa Qatar merupakan negara yang memiliki stadion sepakbola paling sedikit. Di awal dijelaskan bahwa Qatar tidak memiliki budaya sepakbola sebelumnya, bahkan untuk gelaran Piala Dunia ini Qatar khusus membangun stadion untuk Piala Dunia.

Tercatat di Qatar hanya terdiri 8 stadion sepakbola yang digunakan untuk pertandingan. Bahkan, dari 8 stadion yang dimiliki, 7 stadion yang digunakan merupakan stadion yang dibangun baru dari awal khusus untuk gelaran Piala Dunia.

5. Jarak tempuh yang dekat

Antara News

Qatar merupakan negara yang kecil, 8 stadion yang digunakan sebagai pelaksanaan memiliki jarak yang begitu berdekatan. Luas negara Qatar secara kesuluruhan hanya 11.500 km persegi. Hal ini tentu tidak akan menyulitkan para penonton dan wisatawan yang hadir dari seluruh dunia.

Fakta Piala Dunia 2022 ini membuat Qatar merupakan tuan rumah piala dunia yang memiliki jarak tempuh antar stadion yang sengat dekat. Tentu ini sangat membuat penonton lebih mudah. Stadion-stadion terletak di Doha, Lusai, Al-Wakrah dan Al-Rayyan.

6. Stadion yang memiliki AC

fakta piala dunia 2022
Jatim Network

AC atau air conditioner merupaka pengatur suhu udara. Di setiap stadion umumnya tidak memiliki AC, dan umumya setiap stadion merupakan ruang terbuka. Berbeda dengan stadion di Qatar yang memiliki AC, hal ini berkaitan dengan suhu atau cuaca yang ada di Qatar itu sendiri.

Fakta ini merupakan fakat menarik, karena merupakan stadion sepakbola pertama yang memiliki AC, semuanya berasal dari 8 stadion yang ada di Qatar. Kedelapan stadion yang digunakan memiliki mesin pendingin udara tersebut. Jadi, harapannya fans dan pemain merasa lebih nyaman di dalam stadion.

7. Sempat diboikot

DW

Banyak masyarakat dunia, terutama para penggemar, pelaku dan pecinta sepakbola di Eropa, mengecam dan akan memboikot Piala Dunia di Qatar. Hal tersebut karena kebijakan Qatar yang melarang meminum bir di stadion, melarang LGBTQ dan lain sebagainya.

Hal tersebut dinilai sangat melanggar Hak Asasi Manusia. Namun, pihak tuan rumah menggunakan budaya negaranya dengan mengeluarkan setiap kebijakan yang dianggap melanggar Hak Azazi Manusia.

Hal ini pula diterima oleh FIFA dan keputusannya didukung. Maka dari itu, pelaksanaan Piala Dunia pun tetap bergulir dan tidak pernah diboikot. Hanya, tidak bisa dipungkiri, kampanye-kampanye menyampaikan terkait penolakan pun terjadi.

8. Tindakan suap dan korupsi yang besar

fakta piala dunia 2022
Business Insider

Sebelum pelaksanaan Piala Dunia di Qatar, Netflix meluncurkan film dokumenter berjudul FIFA Undercover. Dalam film dokumenter tersebut, banyak fakta Piala Dunia 2022 terbongkar. Bahkan fakta terkait tindakan suap dan korupsi perihal penunjukan Qatar sebagai tuan rumah.

Penilaian para Exco FIFA dalam menunjuk Qatar tidak berdasarkan penilaian objektif dan melibatkan jumlah uang yang besar terkait perilaku suap dan korupsi. Bagi Sedulur yang ingin mengetahui lebih detail, Sedulur bisa menonton langsung film dokumenter yang dimaksud.

9. Gelaran Piala Dunia kedua di Asia

Kompas

Qatar menjadi negara Asia ketiga sebagai tuan rumah Piala Dunia. 20 tahun sebelumnya, ketika gelaran Piala Dunia 2002, dilakukan di Jepang dan Korea Selatan. Hal ini menjadikan Qatar sebagai negara ketiga Asia sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Ini merupakan fakta yang membanggakan, setidaknya bagi masyarakat Asia dan khususnya bagi negara-negara Timur Tengah.

BACA JUGA: Pengertian Permainan Rounders Serta Sejarah & Peraturannya

10. Berpotensi pecahkan rekor pengunjung

Liputan6

Fakta Piala Dunia 2022 yang terakhir yaitu bahwa Piala Dunia saat ini yang terjadi di Qatar berpotensi sebagai gelaran Piala Dunia yang banyak dikunjungi oleh setiap penonton, pencinta bola dan wisatawan di seluruh dunia.

Hal tersebut disebabkan karena gelaran Piala Dunia dilakukan di musim dingin yang berdekatan dengan liburan nasional. Hal tersebut membuat gelaran untuk mudah dikunjungi itu sendiri. FIFA memperkirakan, bahwa Piala Dunia di Qatar saat ini bisa memecahkan rekor pengunjung dalam sejarah pelaksanaan Piala Dunia. Karena bertepatan dengan liburan akhir tahun.

Nah itulah beberapa fakta Piala Dunia 2022 yang perlu Sedulur ketahui. Dengan mengetahui fakta-fakta yang ada, tentu hal ini dapat membuat Sedulur lebih bisa menikmati Piala Dunia yang saat ini memasuki babak yang semakin seru. Siap-siap dengan kejutan-kejutan yang terjadi!

 Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.