permainan rounders

Permainan rounders merupakan salah satu olahraga atau permainan yang menggunakan bola kecil. Permainan rounders sangat populer di Inggris dan juga di negara-negara yang terdapat di benua Eropa. Seperti yang Sedulur ketahui, Inggris merupakan negara tempat sepakbola lahir.

Saat ini sepakbola merupakan olahraga terbesar di dunia dan olahraga tersebut lahir di Inggris. Sama dengan olahraga atau permainan rounders itu sendiri. Di Indonesia sendiri permainan rounders cukup dikenal dan sering dimainkan.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama segala hal tentang permainan rounders itu sendiri. Mulai dari pengertiannya, sejarah dan peraturan permainan tersebut. Untuk memulai pembahasan, kita mulai dengan membahas pengertiannya terlebih dahulu.

BACA JUGA: 10 Olahraga Peninggi Badan, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah!

Pengertian permainan rounders

permainan rounders
iStock

Permainan rounders merupakan salah satu jenis permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua regu atau tim secara berlawanan. Jumlah pemain rounders dalam satu tim yang bertanding adalah 12 orang yang berada di lapangan.

Dua regu dalam permainan rounders dibagi menjadi regu pemukul dan regu penjaga. Alat utama dalam permainan ini adalah tongkat pukul dan bola itu sendiri. Jika dilihat sekilas, permainan rounders ini terlihat seperti olahraga softball, baseball dan kasti.

Olahraga atau permainan rounders dapat dimainkan dengan memukul bola lalu pemain mengelilingi lapangan yang memiliki tiang atau titik base. Pemenang dari permainan ini yaitu regu yang paling banyak mengelilingi lapangan.

Sejarah permainan rounders

iStock

Olahraga atau permainan rounders pertama kali ditemukan oleh seorang tokoh olahraga bernama George Hancock. Permainan ini pertama kali dikembangkan di Inggris dan menyebar ke negara selanjutnya seperti Irlandia dan Irlandia utara.

Aturan permainan rounders secara lengkap ditulis oleh William Clarke melalui buku yang dirilisnya di London, Inggris. Dalam buku tersebut, Clarke menjelaskan terkait aturan permainan dan deskripsi permainannya secara lengkap.

GAA (Gaelic Association Athletic) atau Asosiasi Atletik Gaelic, yang bermarkas di Irlandia, meresmikan aturan permainan rounders pada tahun 1884. Seiring dengan perkembangannya, pada tahun 1943 dibentuk sebuah wadah untuk mengawasi olahraga ini yabg bernama National Rounders Association.

Asosiasi tersebut menetapkan permainan rounders dan mengawasi setiap pertandingan yang berjalan terkait olahraga tersebut. Berbeda dengan di Inggris dan Eropa, di Indonesia sendiri olahraga ini baru masuk dan berkembang pada tahun 1951 setelah untuk pertama kalinya dipertandingkan di PON II.

Aturan permainan rounders

permainan rounders
iStock

Sebagaimana yang dijelaskan di atas, bahwa bentuk dari permainan rounders ini sendiri seperti softball, baseball dan kasti. Secara sederhana, bentuk olahraga ini seorang pemain yang harus memukul bola lalu berlali mengelilingi lapangan dengan ditandai tiang sebagai rounders.

Pemenang dari permainan rounders adalah regu atau tim yang berhasil mengelilingi banyak lapangan. Lama pertandingan dalam permainan adalah 7 inning, yaitu masing-masing regu mendapatkan giliran menjadi penyerang sebanyak 7 kali dan menjadi regu penjaga juga sebanyak 7 kali.

Lantas seperti apa gerakan dari permainan rounders secara spesifik? Mengetahui gerakan secara spesifik dapat membantu Sedulur membayangkan seperti apa permainan rounders ini secara spesifik. Gerakan spesifik untuk permainan rounders adalah melempar dan menangkap bola lambung.

Selain melempar dan menangkap bola lambung, terdapat juga gerakan lain. Paling dasar merupakan gerakan memegang bola. Lalu selain melempar dan menangkap juga terdapat gerakan lain yaitu gerakan memukul, dan teknik berlari untuk mengelilingi lapangan.

Berikut penjelasan dua gerakan spesifik utama dalam permainan rounders tersebut:

1. Gerakan memegang

iStock

Teknik dasar untuk memainkan permainan ini yaitu dengan menguasai gerakan atau teknik memegang itu sendiri. Memegang bola yang baik tentu akan mempengaruhi lemparan yang tepat dan terarah. Terdapat tiga teknik gerakan dalam memegang bola, yaitu:

  • Memegang bola dengan 3 jari tangan.
  • Memegang bola dengan 4 jari tangan.
  • Memegang bola dengan 5 jari tangan.

2. Gerakan melempar bola

permainan rounders
iStock

Untuk gerakan melempar bola dalam permainan rounders yaitu sebagai berikut:

  • Posisikanlah badan berdiri tegak, salah satu kaki melangkah ke depan.
  • Tariklah tangan yang memegang bola ke atas lalu tekuklah siku. Sikap badan agak condong ke belakang.
  • Tekuklah lutut bagian belakang dan ayunkan lengan ke depan disertai dengan lecutan pergelangan tangan melewati atas bahu.

3. Gerakan menangkap bola

iStock

Untuk gerakan menangkap bola dalam permainan rounders, yaitu sebagai berikut:

  • Renggangkanlah kaki ke belakang.
  • Posisikanlah kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tangan terbuka.
  • Pandangan ke arah bola yang datang. Saat bola berhasil ditangkap, tariklah kedua tangan ke arah dada.

4. Gerakan memukul

permainan rounders
iStock

Gerakan selanjutnya dalam permainan rounders yaitu gerakan memukul. Dengan pukulan yang baik, sebuah tim hampir bisa dipastikan bakal menguasai permainan. Maka dari itu, pemain harus menguasai keterampilan dalam melempar bola yang benar.

Memukul bola sendiri terdiri dari dua jenis. Pertama swing, memukul dengan mengayun, kedua bunt adalah teknik memukul tanpa ayunan. Swing sendiri merupakan teknili dengan memulai mengayunkan pemukul

Sementara pukulan bunt hanya perlu mengenai kayu pemukul tanpa mengayun, atau hanya perlu dengan menunggu bola saja. Bagi Sedulur ingin melatih pukulan, Sedulur bisa melakukan latihan sebagai berikut:

  • Berdiri dengan posisi tubuh menyamping dari arah datangnya bola.
  • Kedua kaki dibuka selebar bahu.
  • Lutut sedikit ditekuk.
  • Telapak kaki sejajar dengan lutut.
  • Posisi tubuh sedikit condong ke depan.
  • Pegang pemukul dengan erat oleh kedua tangan dan berada di samping telinga kanan.
  • Pandangan lurus ke arah datangnya bola atau lemparan.

BACA JUGA: 10 Jenis Olahraga Orang Kurus untuk Pria Agar Berotot!

5. Gerakan berlari

iStock

Selanjutnya adalah gerakan berlari dalam permainan rounders. Pemain yang telah memukul bola harus berlari menuju base. Namun perlu strategi dan penyesuain untuk berlari agar berhasil lolos menuju base dan mendapatkan poin. Ketika Sedulur berlari, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Cara menuju tempat hinggap.
  • Pastikan keadaan tempat hinggap belum tersentuh lawan.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk Sedulur sebagai latihan agar bisa melakukan gerakan berlari, yaitu dengan:

  • Tingkatkan kecepatan lari dan daya tahan.
  • Latihan lari secepat-cepatnya dari base satu ke base yang lain.
  • Latihan meningkatkan kekuatan otot perut, punggung, kaki, dan lengan.
  • Latihan berlari menuju tempat hinggap.
  • Latihan menghindar dari ketikan atau sentuhan bola lawan.

Dengan latihan di atas, Sedulur dapat menguasai permainan dengan baik karena bisa mendapatkan poin dengan berlari dengan baik. Poin utama dari permainan ini sendiri yaitu siapapun yang berhasil sebanyak mungkin mengelilingi lapangan permainan.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap terkait olahraga atau permainan rounders. Dengan memahami penjelasan di atas, kini Sedulur bisa membedakannya dengan olahraga atau permainan sejenis yang sangat mirip bahkan identik. Juga semoga Sedulur bisa semakin marih memainkannya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.