ekosistem yang ada di bumi

Ekosistem merupakan komunitas makhluk hidup yang bersesuaian dengan komponen tak hidup dan saling berinteraksi satu sama lain. Membahas mengenai ekosistem yang ada di Bumi, Sedulur akan menemukan beberapa jenis ekosistem, baik yang alami maupun buatan.

Ekosistem sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan di Bumi ini. Hal ini seharusnya bisa mendorong kita untuk selalu menjaga ekosistem sebaik mungkin agar tetap lestari. Kelestarian ekosistem yang sehat akan berpengaruh pada iklim, ketersediaan air, maupun ketersediaan sumber daya lainnya.

Apa saja macam-macam ekosistem yang ada di Bumi kita? Yuk, simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA: Ekosistem: Pengertian, Komponen Pembentuknya & Jenisnya

Ekosistem yang ada di Bumi

ekosistem yang ada di bumi
iStock

Ekosistem adalah wilayah geografis yang terdiri dari tumbuhan, hewan, dan organisme lain, serta cuaca dan lanskap yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu kehidupan. Di dalamnya, ada makhluk hidup (faktor biotik) dan makhluk tak hidup (faktor abiotik). 

Faktor biotik contohnya adalah tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme, sementara faktor abiotik contohnya adalah air, tanah, dan udara. Sebagai contoh dalam ekosistem kolam, faktor biotik meliputi ikan, tumbuhan air, dan protista, sedangkan faktor abiotik meliputi sedimen, kualitas air, dan sinar matahari.

Ekosistem yang ada di Bumi haruslah dijaga dengan baik. Hal ini karena dalam ekosistem yang sehat, air akan tetap bersih, udara akan tetap murni, tanah akan selalu terpelihara, dan iklim akan selalu teratur. Ekosistem yang sehat juga akan memberikan kita makanan, menyediakan bahan mentah yang dibutuhkan, dan mendaur ulang nutrisi dengan baik.

Dari penjelasan di atas, maka definisi paling sederhana mengenai ekosistem adalah suatu komunitas atau kelompok organisme hidup, yang hidup dan berinteraksi satu sama lain dalam lingkungan tertentu.

Jenis ekosistem

ekosistem yang ada di bumi
iStock

Jenis ekosistem dibedakan berdasarkan proses terbentuknya. Jenis ekosistem tersebut dibagi menjadi ekosistem buatan dan ekosistem alami. Ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia. Contoh ekosistem buatan adalah kolam, sawah, waduk, kebun, dan aquarium. 

Sementara itu, ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk secara alami tanpa adanya campur tangan manusia. Contohnya adalah rawa, laut, sungai, dan gunung. Lebih jauh, ekosistem alami berdasarkan lokasi geografisnya akan dibagi menjadi kategori terrestrial (ekosistem darat) dan non-terrestrial (ekosistem non-darat).

Dari kedua pembagian lanjutan tersebut, ada ekosistem-ekosistem yang dinilai paling utama. Pada ekosistem non-terrestrial, ada perairan, laut, dan lahan basah, sedangkan pada ekosistem terrestrial, ada gurun, hutan, padang rumput, taiga, dan tundra.

BACA JUGA: Pencemaran Lingkungan: Pengertian, Jenis, & Dampaknya

Macam-macam ekosistem yang ada di Bumi

Berdasarkan jenis ekosistem, secara umum, ada tiga macam ekosistem, yaitu ekosistem air, ekosistem darat, dan ekosistem buatan. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Ekosistem air

ekosistem yang ada di bumi
iStock

Ekosistem air adalah ekosistem yang memiliki komponen terbesar berupa air. Secara umum, ekosistem air dibedakan menjadi perairan, laut, dan lahan basah. Beberapa ekosistem air, antara lain: :

  1. Ekosistem rawa, merupakan ekosistem lahan basah alami, baik yang dipengaruhi air pasang surut maupun tidak, yang sebagian kondisi airnya berupa air payau, asin, atau tawar. Ekosistem rawa memiliki vegetasi unik yang sesuai dengan kondisi airnya.
  2. Ekosistem laut, merupakan kompleks kehidupan yang ada di laut dengan kadar garam tinggi dan pergerakan airnya dipengaruhi oleh arah angin.
  3. Ekosistem pantai, merupakan ekosistem yang berbatasan dengan ekosistem darat dan daerah pasang surut. Kondisi ekosistem ini sangat dipengaruhi oleh siklus harian pasang surut air laut.
  4. Ekosistem sungai, merupakan ekosistem yang mengandung sedikit sedimen dan makanan yang berada di suatu badan air yang mengalir ke satu arah.  
  5. Ekosistem estuary, merupakan tempat bersatunya sungai dengan laut dan seringkali dipagari oleh lempengan lumpur intertidal yang luas maupun rawa garam.
  6. Ekosistem laut dalam, merupakan ekosistem laut dengan kedalaman lebih dari 6.000 meter yang tidak mendapat akses cahaya matahari yang cukup dan sangat gelap. 
  7. Ekosistem terumbu karang, merupakan daerah neritik yang perairannya masih dapat ditembus matahari dan sering ditumbuhi batu karang dan organisme-organisme tertentu.

2. Ekosistem darat

ekosistem yang ada di bumi
iStock

Ekosistem darat atau dikenal dengan bioma merupakan daerah yang memiliki sifat, iklim, dan tempat berkumpul berbagai macam makhluk hidup dengan tingkat geografis yang sama. Lima jenis bioma yang utama adalah gurun, hutan, padang rumput, taiga, dan tundra. Berikut adalah jenis-jenisnya: 

  1. Ekosistem gurun, merupakan ekosistem yang memiliki suhu ekstrem dengan curah hujan yang sangat rendah. Ditinjau dari letak astronomisnya, secara umum gurun berada di garis lintang 20º hingga 30º LU dan LS. Ekosistem ini juga sering disebut padang pasir.  
  2. Ekosistem hutan hujan tropis, merupakan sistem ekologi pada suatu wilayah luas yang didominasi oleh kumpulan pohon-pohon tinggi. Ekosistem ini memiliki keanekaragaman spesies, curah hujan yang tinggi, suhu yang lembap, dan terdapat di daerah beriklim tropis atau daerah yang dilalui garis khatulistiwa.
  3. Ekosistem hutan gugur, merupakan ekosistem yang berada di daerah dengan empat musim dengan flora dan fauna khas. Ekosistem ini memiliki curah hujan sekitar 750 mm-1.000 mm/tahun dan tumbuhan yang memiliki kebiasaan menggugurkan daunnya.  
  4. Ekosistem taiga, merupakan ekosistem yang vegetasinya hanya terdiri atas satu spesies pohon yang biasanya didominasi oleh tumbuhan dari jenis konifer seperti pinus dan cemara. 
  5. Ekosistem tundra, merupakan ekosistem yang terletak di daerah bersuhu ekstrem atau di daerah terdingin yang ada di bumi. Ada dua jenis ekosistem ini, yaitu tundra kutub (Antartika dan Arktik) dan tundra alpin (puncak pegunungan).
  6. Ekosistem padang rumput atau savana, merupakan ekosistem yang berada di dataran rendah atau dataran tinggi, yang memiliki komunitas dari beberapa pohon yang tersebar tidak merata dan lapisan bawahnya didominasi oleh suku rumput-rumputan.

BACA JUGA: Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah, Perlu Diketahui

3. Ekosistem buatan

ekosistem yang ada di bumi
iStock

Ekosistem buatan atau ekosistem artifisial merupakan ekosistem yang diciptakan manusia dan terbentuk karena aktivitas manusia dalam pengelolaan atau pengubahan terhadap suatu lahan. Jenis-jenis ekosistem buatan antara lain:

  1. Sawah, merupakan ekosistem yang dibuat untuk mempermudah proses menanam pangan seperti padi.
  2. Kebun binatang, merupakan ekosistem yang dibuat menyerupai alam liar untuk para binatang yang hidup disana.
  3. Kolam, merupakan ekosistem yang dibentuk untuk tujuan hiasan. Misalnya adalah kolam ikan. 

Demikian informasi mengenai macam-macam ekosistem yang ada di Bumi dan penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang mempelajari ilmu mengenai alam sekitar, ya. Selamat  belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

 

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.