Setiap umat muslim dianjurkan untuk membaca doa khatam Quran sesegera mungkin, ketika mereka telah berhasil menamatkan baca Al-Quran. Al-Quran sendiri merupakan kitab suci umat muslim yang diturunkan oleh Allah SWT sebagai petunjuk hidup dan sebagai obat dari segala penyakit hati manusia.

Bagi Sedulur yang belum mengetahui bacaan doa khatam Quran, berikut ini adalah beberapa bacaan yang bisa Sedulur baca. Keutamaan membaca doa setelah tamat membaca Quran yaitu dapat memberikan ketenangan hati dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Yuk, simak bacaannya di bawah ini.

BACA JUGA: Doa Memakai Pakaian dan Melepas, Ajarkan Pada Anak Sejak Dini

Doa Khatam Al Quran Memohon Ridha Allah SWT

Doa Khatam Al Quran Memohon Ridha Allah SWT
islampos

Berikut ini merupakan bacaan doa khatam yang bisa Sedulur baca, lakukan segera ketika Sedulur telah menyelesaikan membaca Al-Quran:

  • Allhummarhamni bilqur’an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.
  • Artinya: “Yaa Allah rahmatilah kami dengan al Qur’an. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekalian alam.”

Dari doa di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Allah SWT maha segalanya. Dapat memberikan rahmat, petunjuk dan segala karunianya kepada setiap hambanya di muka bumi ini. Selain itu juga segala penyakit hati akan dihilangkan dari diri kita sebagai hambaNya, selepas kita mengkhatamkan Al-Quran.

Terdapat juga beberapa doa yang bisa Sedulur baca setelah menamatkan Al-Quran, di antaranya adalah doa untuk mendapatkan ridha Allah SWT dan doa untuk mendapatkan syafaatNya. Yuk, kita simak bacaannya di bawah ini.

BACA JUGA: Bacaan Doa Untuk Orang Tua Beserta Artinya, Harus Diamalkan

Doa Khatam Al-Quran untuk Kehidupan yang Baik

Doa Khatam Al-Quran untuk Kehidupan yang Baik
hidayatullah

Doa khatam Quran yang bisa Sedulur baca adalah doa untuk memohon ridha Allah SWT.  Berikut bacaan doanya:

  • Allahumma inna ‘abiduka banu ‘abidika banu imaika nawashina biyadika madhin fina hukmuka ‘adlun fina qodhouka nasaluka bi kullismin huwa laka sammaita bihi nafsaka aw anzaltahu fi kitabika aw ‘allamtahu ahadan min kholqika awista’tsarta bihi fi ‘ilmil ghaibi ‘indaka an tak’alal qurana robi’a qolbi wa nuro shudurona wa jala a ahzanina wa dzahaba ghumuminaa wa saiqina wa qo-idina ilaika wa ila jannatika jannatin na’im wa darika daris salam ma’al ladzina an’amta ‘alaihim minan nabiyyina was shiddiqqina wasy syuhadaai was shalihina birahmatika ya arhamar rahimina.
  • Artinya: “Yaa Allah yaa Tuhan kami, kami semua hamba-Mu putra hamba-Mu laki laki dan hamba-Mu perempuan. Ya Allah kami memohon kepada-Mu, bertawasul dengan semua nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau gunakan untuk menyebut diri-Mu atau Engkau turunkan dalam kitab-Mu. Engkau ajarkan kepada seorang dari hamba-Mu atau Engkau simpan dalam ilmu ghaib-Mu, jadikanlah Alquran sebagai taman hati kami, cahaya dada kami, pengusir kesusahan dan kegundahan kami, penuntun kami pada-Mu dan pada surga-Mu, surga kenikmatan, pada rumah-Mu rumah keselamatan, beserta orang-orang yang Engkau berikan nikmat dari kalangan para nabi, orang-orang jujur, para syuhada, para orang shaleh dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Maha Pengasih.”

Terdapat juga doa khatam Quran lengkap yang dikhususkan untuk mendapatkan syafaat. Bagi Sedulur yang ingin mendapatkan syafaat saat menjalani kehidupan, Sedulur bisa membaca Al-Quran dan setelah mengkhatamkannya Sedulur membaca doa di bawah ini:

  • Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.
  • Artinya: “Yaa Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Qur’an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur’an, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Qur’an, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur’an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Qur’an.”

Waktu Khatam Al-Quran

Waktu Khatam Al-Quran
islami

Setelah mengetahui bacaan doa khatam Quran pendek di atas, Sedulur juga perlu mengetahui bahwa terdapat waktu yang dianjurkan untuk mengkhatamkan Quran dan membaca doanya. Terdapat dua pembagian yang disampaikan oleh para ulama dan ahli agama. Yaitu:

  • Individu: Bagi Sedulur yang menamatkan Al-Quran sendiri dan membaca doa khatam, dilanjurkan untuk melakukannya setelah shalat sunah fajar 2 rakaat. Waktu ini dianjurkan dan lebih baik untuk menamatkan Quran dan membaca doanya.
  • Jemaah: Bagi yang menamatkan Al-Quran secara berjamaah, misalkan tadarusan di pengajian, dianjurkan untuk dilakukan saat pagi hari. Menurut para ulama, pagi hari merupakan waktu yang baik untuk menamatkan Quran secara berjamaan. Maka doa setelah khatam Quran bisa berkah.

BACA JUGA: Bacaan Doa Untuk Mayit Laki-laki & Perempuan dan Keberkahannya

Keutamaan Khatam Al-Quran

Keutamaan Khatam Al-Quran
qultummedia

Terdapat beberapa keutamaan bagi seorang muslim yang berhasil menamatkan Al-Quran. Oleh karena itu dianjurkan bagi setiap muslim untuk membaca doa untuk orang yang khatam Al Quran. Karena, berdasarkan kedudukan dalam Al-Quran dan Hadist itu sendiri, diterangkan terdapat beberapa manfaat yang menjadi keutamaan bagi umat muslim setiap selesai menamatkan Al Quran. Berikut ini beberapa manfaat atau keutamaan yang dimaksud:

1. Diturunkan rahmat

Setiap seorang muslim yang berhasil mengkhatamkan Al Quran dan membaca doa khatam Quran yang panjang, seorang muslim tersebut akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Hal tersebut berlandaskan pada hadist yang menyampaikan bahwa: “Apabila dikhatamkan Al-Qur’an, maka turunlah rahmat Allah SWT.” (HR. at-Thabrani dan Ibnu Abi Syaibah dari Mujahid).

Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa malaikat akan turun dan membacakan istighfar bagi seorang yang membaca doa khatam Quran yang singkat setelah berhasil menamatkannya. Riwayat tersebut tertuang dalam hadist yang berkata bahwa: “Apabila seorang hamba telah mengkhatamkan Al-Qur’an, maka akan hadir 60.000 malaikat yang membacakan istighfar untuknya saat khatam Al-Qur’an tersebut” (HR. Ad-Dailamy).

2. Diberikan kasih Allah SWT

Keutamaan bagi seorang muslim  yang membaca doa khatam Quran setelah menamatkannya adalah diberikan kasih Allah SWT. Hal tersebut berdasarkan penjelasan pada sebuah hadist yang berkata “Yaa Allah, kasihanilah aku dengan Al-Quran”. Maka dari itu, setiap seorang muslim yang menamatkan membaca Al-Quran merupakan bagian dari ikhtiarnya untuk mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT.

BACA JUGA: Doa Nabi Sulaiman Menundukan Jin dan Mendatangkan Rezeki

3. Sebagai pertolongan di hari kiamat

Keuatamaan bagi setiap orang yang membaca doa khatam Quran akan mendapatkan pertolongan di hari kiamat kelak. Hal ini disampaikan dalam hadist riwayat Muslim yang menyampakan bahwa setiap seorang muslim yang berhasil menamatkan Al-Quran akan mendapatkan pertolongan di hari kiamat. Maka sesegera mungkin Sedulur memulai membaca Al-Quran saat ini.

4. Ketenangan diri

Bagi setiap umat muslim yang berhasil menamatkan Al-Quran dan membaca doa khatam Quran setelahnya, akan mendapatkan ketenangan diri. Hal ini merupakan janji dari Allah SWT. Selain itu, dalam Surat Al-Isra ayat 82 menyebutkan bahwa Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT sebagai obat untuk mengobati penyakit hati.

Salah satu obat untuk menyembuhkan penyakit hati adalah dengan membaca Al-Quran dan mendapatkan ketenangan hati. Perihal ini dijelaskan lebih lanjut dalam hadist riwayat Muslim, yaitu:

  • Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Alquran dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya.”

BACA JUGA: Deretan Doa Agar Cepat Kontraksi dan Melahirkan dengan Lancar

5. Mendapatkan petujuk hidup

Salah satu petunjuk menjalani kehidupan bagi umat muslim adalah Al-Quran. Al-Quran sendiri diturunkan untuk menjadi petunjuk bagi setiap umat muslim. Maka dari itu, wajib bagi setiap umat muslim untuk membaca Al-Quran dan menamatkannya. Selain itu mengkaji dan menjadikan setiap pelajaran yang ada di dalam Al-Quran sebagai pedoman bagi kehidupannya.

Dari penjelasan terkait doa khatam Quran dan segala hal yang terkait di dalamnya, jelas bahwa kedudukan menamatkan Al-Quran sangat tinggi. Maka dari itu penting bagi umat muslim untuk menjadikannya sebagai pedoman. Semoga penjelasan di atas bisa menambah keimanan Sedulur dan membuat Sedulur semakin rajin dalam melakukan ibadah, termasuk lebih rajin membaca Al-Quran.