Mengajarkan doa memakai pakaian dan melepasnya kepada anak merupakan penting. Ada baiknya mengajarkan hal ini kepada anak sejak dini. Karena akan sangat bermanfaat bagi anak dan juga merupakan pengetahuan penting bagi anak dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Bukan hanya bagi anak, mungkin Sedulur juga ada yang lupa dan tidak mengetahui doa memakai pakaian. Penjelasan berikut ini bisa disimak dengan baik, agar Sedulur bisa mengajarkan kepada anak-anak bahwa esensi berpakaian bukan hanya menutup aurat saja. Namun juga bagian dari adab dan sopan satun, serta erat kaitannya dengan nilai-nilai agama Islam.

BACA JUGA: Bacaan Doa Untuk Orang Tua Beserta Artinya, Harus Diamalkan

1. Doa memakai baju sehari-sehari

1. Doa memakai baju sehari-sehari
hellosehat

Doa yang pertama adalah doa memakai pakaian sehari-hari. Berikut bacaan doanya:

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

  • Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu.”
  • Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya.”

Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam Islam segala hal diatur dengan detail, dan dengan kedudukan yang jelas pula. Kedudukan dalam hal ini adalah landasan yang merujuk pada Al-Quran dan hadist Rasulullah SAW. Dalam doa memakai baju untuk anak di atas, kita memohon kepada Allah SWT agar pakaian yang kita gunakan bisa memberikan kebaikan dan berharap perlindungan dari Allah SWT..

BACA JUGA: Deretan Doa Agar Cepat Kontraksi dan Melahirkan dengan Lancar

2. Doa memakai baju baru

2. Doa memakai pakaian baru
tempo.co

Bukan hanya menggunakan baju sehari-hari, ketika mendapatkan baju baru pun kita wajib membaca doa. Berikut bacaan doanya:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

  • (Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin)
  • Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rezeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku.”

Mengajarkan keutamaan membaca doa memakai pakaian kepada anak sangat penting. Terutama ketika memakai pakaian baru, hal ini bisa memberikan pengajaran kepada anak bahwa anak akan selalu bersyukur atas rejeki yang mereka terima. Baju baru merupakan bagian dari rejeki yang didapatkan. Hal ini mengajarkan juga kepada anak, bahwa rejeki tidak melulu berbentuk uang. Namun juga berbentu barang seperti pakaian.

3. Doa melepas baju

3. Doa melepas baju
sehatq

Selanjutnya adalah doa melepas baju. Melepaskan baju tidak bisa serta merta melepaskannya begitu saja. Terdapat doa yang harus dibacakan, merupakan bagian dari adab itu sendiri. Berikut ini bacaan doanya:

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

  • (Bismillaahil Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwa)
  • Artinya: “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya.”

Adab melepas pakaian adalah salah satu syarat yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim. Termasuk dalam melepaskan pakaian. Walaupun sepele, doa melepaskan pakaian merupakan sebentuk rasa syukur yang dipanjatkan oleh kita sebagai hamba kepada Allah SWT.

BACA JUGA: Doa Nabi Sulaiman Menundukan Jin dan Mendatangkan Rezeki

Adab Berpakaian Menurut Islam

Adab membaca doa memakai pakaian Menurut Islam
haibunda

Sudah seharunya menagajarkan berdoa kepada anak, terutama dalam memakai pakaian. Berpakaian juga merupakan salah satu hal yang penting, salah satunya menutup aurat. Perihal menutup aurat dijelasakan dalam Al-Quran, Surat Al-A’raf ayat 26. Berikut arti dari surat Al-A’raf ayat 26 sebagai berikut:

يَا بَنِيْٓ اٰدَمَ قَدْ اَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُّوَارِيْ سَوْاٰتِكُمْ وَرِيْشًاۗ وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ

  • Artinya: Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (Al-A’raf: 26)

BACA JUGA: Doa Mau Tidur dan Sebelum Tidur Lengkap Beserta Artinya

Dengan mengajarkan membaca doa memakai pakaian baru dan membiasakannya kepada anak-anak terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan. Berikut ini daftar manfaatnya:

1. Mengajarkan pentingnya menuntup aurat

Pemahaman tentang pentingnya mentup aurat kepada anak sangat penting. Hal ini dapat menanamkan rasa malu kepada anak. Berdasarkan hadist riwayat Tirmidzi, bahwa malaikat akan selalu mengikuti setiap manusia kecuali saat berada di toilet dan saat berhubungan dengan pasangan.

Dengan mengajarkan doa ketika memakai pakaian sejak dini kepada anak, anak akan menyadari bahwa aurat penting untuk ditutupi dan karena itu merupakan bagian dari adab yang diatur oleh Islam. Anak juga akan memiliki rasa malu terkait berpakaian. Hal ini akan berperan penting bagi kehidupan anak di masa depan.

2. Melindungi tubuh dari pandangan jin

Sudah menjadi tugas dari jin untuk menganggu umat manusia hingga akhir kiamat. Jin memiliki kemampuan untuk menganggu manusia hingga masuk ke dalam tubuh manusia. Salah satu manfaat penting doa memakai pakaian dan artinya adalah dapat mengindari tubuh dari pandangan jin.

Hal ini disampaikan oleh sabda Rasulullah SAW, betapa pentingnya menutup aurat dan membaca  doa memakai baju dan artinya agar terhindar dari godaan jin yang terkutuk. Berikut yang disampaikan oleh Rasulullah SAW, yaitu:

  • Penutup antara pandangan jin dan aurat anak Adam ketika seorang melepas pakaiannya adalah dengan mengucapkan ‘Bismillah’ (Dengan menyebut nama Allah aku melepas pakaian),” (HR Tirmidzi).

3. Melindungi tubuh saat aurat terbuka

Salah satu manfaat diajarkan doa memakai pakaian biasa kepada anak, dan mengajarkan anak untuk membiasakan menggunakan pakaian adalah dapat melindungi tubuh saat aurat terbuka. Ketika aurat terbuka, bagian-bagian tubuh yang terbuka tidak mendapatkan perlindungan dan dapat menimbulkan penyakit.

Terutama bagian vital yang menjadi aurat. Oleh karena itu, menamankan kesadaran ini kepada anak-anak sangat penting. Termasuk dengan mengajarkan doa memakai pakaian dan melepas pakaian. Karena, seperti kita tahu, anak-anak belum memahami terkait aurat dan rasa malu itu sendiri. Hal ini bisa menjadi langkah awal untuk mengajarkan hal tersebut.

Semoga penjelasan terkait doa memakai pakaian di atas bisa menambah wawasan keislaman Sedulur dan juga bisa menjadi pedoman bagi Sedulur untuk menanamkan keislaman kepada anak, mulai dari hal yang sederhana yaitu menggunakan pakaian. Terus perbaharui pengetahuan tentang agama agar Sedulur dan keluarga bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.