Deskripsi adalah suatu istilah yang tentunya tidak asing lagi di telinga Sedulur. Ketika sekolah, biasanya kita akan mempelajari materi tentang teks deskripsi atau paragraf deskripsi dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Pun di beberapa kesempatan, kita dapat menjumpai sebuah deskripsi mengenai sesuatu.

Lantas, apa yang dimaksud dengan deskripsi? Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian deskripsi adalah dan contohnya, beserta ciri-ciri, jenis, dan juga struktur.

BACA JUGA: Mengenal Sejarah Rothschild Beserta Fakta & Kontroversinya

Pengertian deskripsi adalah

Everypixel

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deskripsi adalah uraian, pemaparan, atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Deskripsi dapat berupa teks maupun paragraf, di mana teks tersebut menggambarkan suatu objek. 

Teks atau paragraf deskripsi biasanya memaparkan tentang seseorang, suatu benda, sebuah peristiwa, dan lain sebagainya. Berkat uraian dan penggambaran dari teks deskripsi tersebut, para pembaca bisa dengan jelas membayangkan tentang objek apa yang telah dijelaskan tadi.

Secara garis besar, teks deskripsi memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan serta gambaran yang terperinci kepada para pembaca agar mereka paham betul tentang objek yang sedang dibahas. Gambaran dan penjelasan objek yang biasanya ada dalam deskripsi adalah kata sifat, mencakup tentang fisik, sikap, waktu, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Faktor Penyebab Diare Beserta Gejala & Cara Mengobatinya

Jenis deskripsi adalah

Everypixel

Sebagai salah satu bentuk penggambaran objek dengan kata-kata secara jelas dan terperinci, terdapat beberapa jenis dari sebuah teks atau paragraf deskripsi. Penjelasan jenis dari teks atau paragraf deskripsi adalah sebagai berikut.

1. Deskripsi subjektif

Jenis deskripsi yang pertama adalah deskripsi subjektif. Deskripsi subjektif merupakan bentuk teks atau paragraf deskripsi yang memberikan ilustrasi/gambaran objek berdasarkan kesan-kesan pribadi dari penulisnya.

2. Deskripsi spasial

Jenis deskripsi yang kedua adalah deskripsi spasial. Deskripsi spasial merupakan bentuk teks atau paragraf deskripsi yang mengilustrasikan objek seperti tempat, benda, ruang, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, jenis deskripsi spasial hanya menjabarkan tentang objek tertentu secara fisiknya saja.

3. Deskripsi objektif

Jenis deskripsi yang ketiga adalah deskripsi objektif. Deskripsi objektif merupakan bentuk teks atau paragraf deskripsi yang mengilustrasikan objek sesuai dengan keadaan apa adanya. Penjabaran tersebut didasarkan atas keadaan yang sebenarnya, termasuk dari objek yang dibicarakan, tanpa disisipi oleh opini pribadi dari sang penulis.

4. Deskripsi imajinatif

Jenis deskripsi yang keempat adalah deskripsi imajinatif. Deskripsi imajinatif merupakan bentuk teks atau paragraf deskripsi yang memberikan gambaran suatu tempat berlangsungnya kejadian tertentu. Penjelasan dalam deskripsi imajinatif pun harus dilihat dari berbagai aspek. Agar nantinya tempat tersebut dapat tergambarkan secara jelas, baik dalam pikiran maupun perasaan pembaca.

5. Deskripsi faktual

Jenis deskripsi yang kelima adalah deskripsi faktual. Deskripsi faktual merupakan bentuk teks atau paragraf deskripsi yang mengilustrasikan suatu objek, baik barang maupun orang, dengan menjabarkan semua aspek dalam apa adanya. Penjabaran tersebut dilakukan agar pembaca dapat membayangkan keadaan yang sebenar-benarnya seperti yang penulis rasakan.

BACA JUGA: Pengertian Fermentasi Beserta Manfaat & Contoh Makanannya

Ciri-ciri deskripsi adalah

deskripsi adalah
Depositphotos

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah mengetahui lima jenis deskripsi. Jenis-jenis paragraf atau teks deskripsi adalah deskripsi subjektif, deskripsi spasial, deskripsi objektif, deskripsi imajinatif, dan deskripsi faktual.

Dari berbagai jenis deskripsi tersebut, ada beberapa karakteristik atau ciri-ciri yang dapat Sedulur amati. Ciri-ciri deskripsi adalah sebagai berikut:

  • Teks atau paragraf deskripsi dapat terdiri dari penjabaran atau penggambaran terhadap suatu objek. Objek tersebut dapat berupa benda, tempat, suasana dan lain sebagainya.
  • Teks atau paragraf deskripsi dapat terdiri dari penjelasan yang berkenaan dengan seluruh panca indera, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, hingga perabaan.
  • Teks atau paragraf deskripsi dapat terdiri dari penggambaran karakteristik fisik dan sifat suatu objek. Penggambaran tersebut dilakukan secara rinci dan jelas.
  • Teks atau paragraf deskripsi dapat mempengaruhi pembacanya, seolah-olah mereka mampu merasakan dan mengalami langsung sesuatu yang digambarkan.
  • Teks atau paragraf deskripsi dapat berisi kata-kata khusus yang terperinci untuk mengilustrasikan objek dengan sebaik mungkin. Contohnya, menuliskan tentang warna, kuning keemasan, merah kecoklatan, dan lain sebagainya.
  • Teks atau paragraf deskripsi dapat menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya, Jisoo adalah seorang penyanyi yang cantik.
  • Teks atau paragraf deskripsi dapat mengandung kata sifat untuk menggambarkan kondisi tertentu. Contohnya, dua kaos hitam, seorang siswa pintar, dan lain sebagainya.
  • Teks atau paragraf deskripsi dapat menggunakan kata kerja transitif untuk melengkapi informasi suatu objek yang sedang digambarkan. Contohnya, semua anggota BLACKPINK mengenakan blazer putih keabu-abuan.
  • Teks atau paragraf deskripsi dapat mengandung kata kerja berkaitan dengan perasaan, atau juga pendapat penulis. Tujuannya adalah untuk mengungkapkan opini pribadi penulis terhadap objek yang sedang diilustrasikan. Contohnya, saya pikir Jisoo adalah seorang aktris yang bagus, saya yakin obat ini bisa menjawab masalah kesehatan yang kamu alami, dan lain sebagainya.
  • Teks atau paragraf deskripsi dapat mengandung kata keterangan. Kata keterangan itu digunakan untuk memberikan informasi tambahan.  Contohnya, dengan anggun, di stasiun, pada suatu hari, dan lain sebagainya.
  • Teks atau paragraf deskripsi dapat mengandung bahasa kiasan, atau disebut juga metafora. Contohnya, makanan ini seenak buatan ibu, motor ini cepat seperti jaguar, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Meja Kompor Terbaik untuk Percantik Hunian

Struktur teks deskripsi adalah

deskripsi adalah
Depositphotos

Setelah mengetahui pengertian deskripsi, jenis-jenis, beserta ciri-cirinya, pada poin pembahasan ini Sedulur akan diajak untuk mengulas struktur dari sebuah deskripsi. Struktur deskripsi terdiri dari identifikasi, klasifikasi, deskripsi utama, dan kesimpulan. Berikut ini merupakan penjelasan masing-masing struktur tersebut.

1. Identifikasi

Identifikasi merupakan bagian dalam teks atau paragraf deskripsi dimana ia berisi tentang identitas dan identifikasi seseorang, benda, atau objek-objek lainnya yang sedang dibahas.

2. Klasifikasi

Klasifikasi merupakan bagian penyusun dalam suatu teks atau paragraf deskripsi. Klasifikasi berisi tentang sistem pengelompokan menurut kaidah atau standar tertentu yang sebelumnya sudah ditetapkan.

3. Deskripsi utama

Deskripsi utama merupakan uraian atau penjelasan mengenai objek yang dibahas di dalam teks atau paragraf deskripsi.

4. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan penegasan pada aspek-aspek yang dianggap penting dalam suatu teks atau paragraf deskripsi. Kesimpulan termasuk opsional.

BACA JUGA: Pengertian Kalimat Efektif Beserta Syarat, Ciri-Ciri & Contohnya

Contoh kalimat deskripsi adalah

deskripsi adalah
Depositphotos

Di bawah ini merupakan kalimat deskripsi yang disadur dari situs Wikipedia mengenai Bulan. Contoh deskripsi adalah sebagai berikut:

Bulan merupakan satelit alami Bumi satu-satunya dan menjadi satelit terbesar urutan kelima dalam Tata Surya. Bulan juga menjadi satelit alami terbesar dalam Tata Surya berdasarkan ukuran planet yang diorbitnya (Bumi), dengan diameter 27%, kepadatan 60%, dan massa 1,23%. Di antara satelit-satelit alami lainnya, Bulan adalah satelit terpadat urutan kedua setelah Io, satelit dari planet Jupiter.

Itulah ulasan singkat mengenai deskripsi adalah, dimulai dari pengertian, jenis, ciri-ciri, struktur, dan juga contoh kalimatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.