desain adalah

Desain adalah salah satu istilah yang mungkin sudah sering Sedulur dengar. Pembahasan yang berkaitan dengan desain biasa muncul pada saat kita mengobservasi objek tertentu, baik itu yang ada kaitannya dengan seni, atau juga objek-objek lain di sekitar kita.

Lalu kalau begitu, apa yang dimaksud dengan desain? Berikut ini merupakan ulasan lengkap dari pengertian, fungsi, tujuan, serta metode desain. Simak terus sampai akhir pembahasan ya, Sedulur!

BACA JUGA: Analisis SWOT: Pengertian, Manfaat, Contoh & Penggunaannya

Pengertian desain adalah

desain adalah
Depositphotos

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata desain memiliki arti kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, atau corak. Lebih lanjut lagi, kamus tersebut juga mendefinisikan desain dalam sudut pandang komputer sebagai tahapan dalam siklus hidup perangkat lunak yang menekankan pada solusi logis, yaitu bagaimana sistem dapat memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Dalam pembahasan kali ini, yang dimaksud dengan desain atau design adalah sebuah kegiatan berdasarkan kreativitas berupa perencanaan dan perancangan suatu objek, umumnya bersifat fungsional dan tidak ada sebelumnya. Aktivitas perencanaan dan perancangan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu, pun dibuat agar objeknya memiliki nilai lebih dan dapat bermanfaat bagi penggunanya.

Apabila ditinjau dari katanya, desain merupakan kata serapan dari design dalam bahasa Inggris. Sebelum penyerapan kata tersebut lazim, yang biasa digunakan adalah kata rancang atau merancang. Namun seiring berjalannya waktu, orang-orang lebih sering menggunakan kata desain karena fleksibilitasnya untuk mewadahi berbagai kegiatan, keilmuan, serta aspek-aspek lain terkait.

Design, dalam bahasa Inggris, sejatinya berasal dari bahasa Latin, yaitu designare. Kata tersebut memiliki arti membuat, membentuk, menandai, dan juga menunjuk. Mengutip dari kamus Merriam-Webster, design sebagai kata kerja bermakna untuk membuat, melaksanakan, atau membangun suatu objek sesuai dengan rencana. Sedangkan design sebagai kata benda adalah sketsa awal atau garis besar yang menunjukkan fitur utama dari sesuatu yang akan dieksekusi.

BACA JUGA: Social Media Marketing: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Pengertian desain menurut para ahli

desain adalah
Depositphotos

Untuk memperluas wawasan Sedulur mengenai definisi dari desain adalah, di bawah ini terdapat lima pengertian desain menurut para ahli. 

Secara umum desain merupakan sebuah kegiatan berdasarkan kreativitas berupa perencanaan dan perancangan suatu objek, umumnya bersifat fungsional dan tidak ada sebelumnya dengan tujuan untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu agar objeknya memiliki nilai lebih dan dapat bermanfaat bagi penggunanya. Namun, pengertian dari desain tidak terbatas di situ saja, terdapat beberapa definisi lain sesuai dengan sudut pandang yang para ahli berikut ini miliki.

1. J. B. Reswick

B. Reswick, dalam bukunya yang berjudul Pengertian Desain dan Desain Interior, menjelaskan bahwa desain adalah kegiatan kreatif dimana ia melibatkan penciptaan sesuatu yang baru, berguna, serta tidak ada sebelumnya. Lebih lanjut lagi, J. B. Reswick menjabarkan bahwa desain termasuk ke dalam kegiatan kreatif-progresif untuk membuat produk yang baru dan berbeda.

2. Choirul Amin

Choirul Amin merupakan seorang penulis yang berfokus pada bidang desain rumah. Ia menjelaskan bahwa desain adalah sebuah kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, serta corak yang kesemuanya tersebut diimplementasikan pada jenis-jenis desain tertentu.

3. Soekarno dan Lanawati Basuki

Soekarno dan Lanawati Basuki, dalam bukunya yang berjudul Panduan Membuat Desain Ilustrasi Busana, menjelaskan bahwa desain adalah sebuah pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda. Salah satu contoh desain adalah rancangan busana.

4. Agus Sachari dan Yan Yan Sunarya

Agus Sachari dan Yan Yan Sunarya, dalam bukunya yang berjudul Sejarah dan Perkembangan Desain dan Dunia Kesenirupaan di Indonesia, menjelaskan bahwa desain adalah suatu bentuk manifestasi dari sebuah kebudayaan yang berwujud. Desain juga meliputi berbagai produk yang memiliki nilai, dimana nilai-nilai tersebut akan berlaku pada kurun waktu tertentu saja.

5. Dudy Wiyancoko

Dudy Wiyancoko merupakan mantan pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung. Ia menjelaskan bahwa desain adalah semua yang memiliki kaitan dengan pembuatan konsep, analisis, data, perencanaan proyek, penggambaran atau pengilustrasian, perhitungan biaya, pembuatan prototipe, serta uji tes dari suatu objek.

BACA JUGA: Software Engineer: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Fungsi desain adalah

desain adalah
Depositphotos

Setelah memahami beberapa definisi dari desain adalah yang disampaikan oleh J. B. Reswick, Choirul Amin, Soekarno dan Lanawati Basuki, Agus Sachari dan Yan Yan Sunarya, serta Dudy Wiyancoko, dalam pembahasan kali ini Sedulur akan diajak untuk menyelami tentang fungsi dari sebuah desain.

Beberapa fungsi dari sebuah desain yang dapat kita amati bersama adalah sebagai berikut.

  • Membantu proses penciptaan suatu objek baru.
  • Sebagai media untuk menunjukkan tampilan objek tertentu kepada masyarakat luas dengan menggunakan gambaran ilustrasi atau dapat juga berdasarkan keadaan sesungguhnya.
  • Sarana bagi para perancang desain untuk menuangkan ide atau karyanya dalam objek desain.
  • Meningkatkan ilmu pengetahuan manusia agar lebih memahami gambar bidang, ruang, konfigurasi, komposisi, susunan, dan aspek-aspek lainnya.

BACA JUGA: Minimum Viable Product: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Unsur-unsur desain adalah

desain adalah
Depositphotos

Desain merupakan suatu bentuk manifestasi dari sebuah kebudayaan yang berwujud. Desain juga meliputi berbagai produk yang memiliki nilai, dimana nilai-nilai tersebut akan berlaku pada kurun waktu tertentu saja.

Sebagai sebuah manifestasi dari kebudayaan yang berwujud, ia memiliki beberapa unsur pembangun penting. Berikut ini merupakan macam-macam unsur tersebut.

  • Keseimbangan – Kualitas dimana satu objek mendapatkan perhatian yang sama dengan objek lain.
  • Kesatuan – Kesatuan antara desain yang serasi, tujuannya adalah agar ia dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Kontras – Menjadi elemen dengan fokus utama.
  • Komposisi – Penataan setiap aspek dalam desain agar lebih nyaman dipandang mata.
  • Irama – Aspek tertentu yang dapat menyentuh dan bermain dengan emosi penikmatnya.
  • Skala – Hubungan antara elemen satu dengan elemen lain dalam suatu desain.
  • Fokus – Area yang menjadi pusat perhatian pertama kali pada saat memandang.

BACA JUGA: Pengertian Simbiosis Parasitisme Beserta Contohnya

Tujuan desain adalah

Depositphotos

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yang dimaksud dengan desain yaitu sebuah kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, serta corak yang kesemuanya tersebut diimplementasikan pada suatu objek tertentu.

Tujuan desain sebagai suatu kerangka implementasi dapat kita klasifikasikan ke beberapa macam. Semuanya itu tergantung pada desain objek apa yang ingin diciptakan dan juga hasil spesifik yang ingin dicapai. Namun secara garis besar, tujuan dari desain adalah untuk mempermudah kita dalam proses perancangan suatu objek. Objek tersebut nantinya akan mempermudah kegiatan dan aktivitas manusia sehari-hari.

Berikut ini merupakan beberapa poin dari tujuan desain.

  • Tercapainya fungsi objek yang efektif dan efisien.
  • Sebagai sebuah identitas tertentu, seperti merek, ciri khas perancang, dan lain sebagainya.
  • Menjaga keawetan dan fungsi objek yang akan dibuat.
  • Membuat tampilan objek menjadi lebih enak dipandang mata.
  • Menambah nilai objek yang akan dirancang dan dibuat.
  • Memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.
  • Memberikan nilai dan makna tersirat yang ingin disampaikan oleh pembuat.
  • Menyampaikan gagasan yang ingin disampaikan.

Metode desain adalah

Depositphotos

Desain merupakan sebuah kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, serta corak yang kesemuanya tersebut diimplementasikan pada suatu objek tertentu. Dalam proses pembuatannya, tentunya para perancang desain akan melakukan beberapa metode untuk mempelajari serta mengerjakan rancangan tersebut.

Terdapat lima metode yang umumnya digunakan dalam proses pembuatan desain, yaitu exploring, redefining, managing, prototyping, trendspotting. Di bawah ini merupakan penjelasan singkat dari kelima metode tersebut.

  • Exploring – Mencari inspirasi dan ide dengan berpikir kritis untuk menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya.
  • Redefining – Mengolah kembali desain-desain yang pernah ada dan melakukan perubahan seperlunya agar ia menjadi lebih baik.
  • Managing – Menciptakan desain secara berkelanjutan dan terus-menerus.
  • Prototyping – Memodifikasi kembali desain-desain yang pernah ada dan melakukan pengolahan kembali agar ia menjadi lebih baik.
  • Trendspotting – Menciptakan desain berdasarkan tren yang sedang naik daun di kalangan masyarakat.

Nah Sedulur, itu dia ulasan mengenai pengertian desain adalah, beserta fungsi, tujuan serta metode-metodenya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan umum Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.