daur hidup katak

Ada hal yang unik dari proses daur hidup katak, mulai dari telur hingga dewasa. Salah satu hal yang unik yaitu katak dapat hidup di dua dunia, yaitu di darat dan air. Ini yang menjadikan katak merupakan hewan amfiibi dengan kehidupan di dua tempat.

Daur hidup katak merupakan bagian dari alam dan ilmu pengetahuan yang harus kita kuasai. Sedulur mungkin telah mempelajarinya di bangku sekolah, namun saat itu mungkin Sedulur belum sepenuhnya memahami. Agar dapat memahami kehidupan katak dengan sempurna, Sedulur bisa menyimak ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: Proses Daur Hidup Kupu-kupu, Telur, Pupa hingga Dewasa

Mengenal hewan katak lebih jauh

daur hidup katak
Tempo

Sebelum masuk pembahasan utama terkait daur hidup katak, Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu apa itu hewan katak. Masuk dalam ordo amfibi, Hewan ini sangat mudah ditemukan di wilayah Indonesia. Sebab, katak sendiri merupakan hewan yang bisa hidup di tempat yang memiliki kelembaban yang tinggi serta suhu yang panas. Oleh karena itu, Indonesia merupakan salah satu tempat yang cocok untuk katak.

Katak memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil dibandingkan dengan kodok. Hewan ini sangat mudah ditemukan di area persawahan, hutan, dan juga rawa-rawa. Tempat-tempat tersebut merupakan habitat yang sangat ideal bagi hewan katak.Sebab, semua tempat tersebut memiliki suhu yang pas bagi tubuh katak.

Hewan ini memiliki proses metamorfosis atau daur hidup katak yang sangat unik dan sempurna. Ketika dewasa, katak dapat hidup di dunia alam, yaitu darat dan air. Sehingga katak memiliki proses metamorfosis yang berbeda dengan hewan lain. Akan tetapi apabila terjadi perkawinan dan terjadi sebuah proses bertelur. Maka hal tersebut dapat dilakukan di dalam air.

Perbedaan katak dan kodok

CNN Indonesia

Sebelum masuk dalam materi utama tentang daur hidup katak, ada satu hal yang perlu diluruskan, yaitu terkait perbedaan katak dan kodok. Karena bagian ini membuat banyak orang kebingungan. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara kodok dan katak.

Keduanya memang satu jenis, namun hanya  bentuk serta tekstur tubuhnya saja yang berbeda. Istilah katak atau kodok juga merupakan istilah yang tidak formal. Artinya keduanya hanya mencerminkan adanya perbedaan taksonomi. Katak merupakan istilah untuk spesies yang mempunyai tekstur kulit yang halus dan lembab. Sedangkan kodok adalah istilah untuk spesies yang mempunyai kulit yang sedikit kasar dan berkutil.

BACA JUGA: Daftar Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Daur hidup katak

daur hidup katak
Tribunnews

Daur hidup katak sempurna, karena melalui beberapa proses perubahan yang lengkap. Dalam contoh gambar daur hidup katak, katak melewati transformasi hewan sempurna mulai dari telur-larva-pupa-dewasa. Perubahan katak ini sangat drastis, mulai dari hidup di air hingga memiliki paru-paru dan hidup di darat.

Pada proses pertumbuhannya, insan katak akan hilang, dan paru-paru akan tumbuh untuk menunjang kehidupannya. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang kehidupan dari siklus daur hidup katak yang benar.

1. Telur katak

Tokopedia

Daur hidup katak dimulai dari telur. Pada tahap ini, kata akan dapat menghasilkan telur hingga 20.000 telur. Katak harus mengeluarkan telurnya di dalam air, hal ini untuk membuat telur dapat bertahan hingga menetas. Telur yang sudah menetas akan membentuk gumpalan dan menempel pada tumbuhan.

Telur katak akan menetas saat mencapai usia satu hingga tiga minggu. Namun tidak semua telur katak yang ada berhasil dapat menetas secara sempurna. Akan ada telur katak yang mati dan tidak menetas sama sekali. Kegagalan ataupun keberhasilan tersebut bergantung pada faktor internal maupun eksternal.

2. Kecebong atau berudu

daur hidup katak
DW

Telur katak menetas menjadi kecebong atau berudu setelah berlalu waktu satu hingga tiga minggu. Ini adalah fase kedua dalam daur hidup katak. Kecebong memiliki insang yang dapat hidup di dalam air. Setelah dua hari menetas, insang akan muncul pada tubuh kecebong.

Pada tahap ini, kecebong hidup secara tertutup di dalam air selama lima hari hingga para kecebong berubah menjadi katak muda. Selama menjadi kecebong, mereka hanya memakan alga dan tumbuhan yang ada di dalam air saja. Tubuhnya pun sangat rapuh dan berukuran sangat kecil.

3. Katak muda

Tokopedia

Daur hidup katak setelah pada fase kecebong atau berudu, yaitu menjadi katak muda. Katak muda masih hidup di dapam air dengan masih menggunakan insang untuk bernafas. Namun dalam fase ini, paru-paru akan mulai tumbuh di dalam tubuh katak muda dan insang mulai menghilang.

Setelah tingga minggu menjadi katak muda, kulit katak akan mulai tumbu dan pada titik ini insang dari katak akan tertutupi. Pada saat bersamaan, paru-paru mulai tumbuh. Lalu setelah berusia delapan minggu, katak muda akan mulai tumbuh kaki belakang dan terus membesar serta diikuti dengan pertumbuhan kaki depan.

Kemudian pada minggu ke 12, jari-jari kaki pada katak akan mulai tumbuh dan terbentuk sempurna, ekor belakang semakin memendek, insang sudah tergantikan oleh paru-paru. Sehingga katak sudah dapat mulai bernafas menggunakan paru-paru sebagaimana hewan darat lainnya.

4. Katak dewasa

daur hidup katak
Quora

Daur hidup katak sempurna atau tidak? Jawabannya adalah sempurna, karena katak mengalami metamorfosis dalam 4 tahap. Fase atau tahapan terakhir adalah katak dewasa, Saat katak sudah menjadi katak yang sempurna atau katak dewasa, mereka akan lebih sering menghabiskan hidupnya di darat.

Katak dewasa mempunyai kulit yang sedikit licin, berwarna hijau, dan kecoklatan. Kaki bagian belakang katak mempunyai ukuran yang lebih panjang. Sehingga memudahkan mereka saat melompat ataupun berenang. Setelah menjadi katak dewasa, para katak jantan akan kembali membuahi para katak betina.

Kemudian mereka akan menghasilkan telur kembali. Ketika bereproduksi, katak akan mencari tempat yang lembab dan berair. Dengan begitu daur hidup katak akan terus berlangsung.

BACA JUGA: Siklus Daur Hidup Kecoa Dari Telur Hingga Dewasa, Sudah Tau?

Fakta unik lainnya seputar katak

Suara

Selain daur hidup katak yang unik, berikut ini beberapa daftar fakta unik seputar katak lainnya. Beberapa fakta mungkin ada yang sudah Sedulur ketahui, pun sebaliknya. Yuk, langsung kita simak daftar faktanya di bawah ini:

  • Jumlah jari katak bagian depan berbeda dengan jumlah jari di bagian belakang. Kaki depan katak mempunyai empat jari, sedangkan kaki belakang mempunyai lima jari. Bentuk kakinya pun juga bervariasi, hal tersebut bergantung dengan habitat hidup katak.
  • Katak yang hidup di lingkungan yang basah serta berair cenderung mempunyai kaki yang berselaput. Sedangkan katak yang hidup di area pohon akan mempunyai cakram pada kakinya. Dimana cakram tersebut dapat membuatnya lebih mudah dalam memanjat pohon.
  • Katak merupakan ordo terbesar dalam kelompok amfibi. Di dalam spesies amfibi, terdapat sekitar 6.000 lebih jenis amfibi dan 4.380 diantaranya adalah ordo Anura. Ini berarti, sekitar 73% spesies amfibi adalah hewan katak.
  • Gerakan katak yang melompat bertujuan untuk menghindari predator dan melindungi diri dari ancaman bahaya.
  • Katak adalah hewan pemakan daging atau yang biasa kita sebut sebagai hewan omnivora. Dimana katak biasanya memakan serangga dan juga invertebrata lain.
  • Cara katak dalam memakan mangsanya adalah dengan menunggu mangsa tersebut mendekat ke arahnya, kemudian langsung menangkapnya. Namun beberapa spesies katak yang lebih aktif akan memilih untuk mengejar mangsanya.
  • Katak memiliki panggilan unik kepada sesama katak, baik itu panggilan kawin atau panggilan umum lainnya.
  • Gendang telinga katak sangat besar, hal ini bertujuan untuk melindungi telinga bagian dalam katak dari air juga kotoran.
  • Jenis katak terbesar yang ada di dunia saat ini bernama goliath, dengan nama latin Conraua Goliath.
  • Katak tergolong hewan vertebrata yang mengalami proses metamorfosis yang sempurna dalam proses perkembangannya. Bentuk tubuh katak akan berbeda-beda di setiap siklus metamorfosis.

Beberapa fakta menarik di atas mungkin telah Sedulur ketahui, begitu juga dengan informasi terkait daur hidup katak. Namun ada beberapa informasi baru yang mungkin baru Sedulur dengar tentang katak.

Itulah daur hidup katak yang unik dan menarik, merupakan bagian dari siklus kehidupan yang alami. Semoga penjelasan di atas, bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi Sedulur. Karena dengan wawasan dan pengetahuan yang luas, Sedulur bisa menjadi pribadi yang lebih tenang dan lebih baik lagi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!