hewan yang mengalami metamorfosis sempurna

Apakah Sedulur tahu apa saja hewan yang mengalami metamorfosis sempurna? Perlu untuk diketahui, setidaknya ada beberapa jenis hewan yang mengalami metamorfosis berbeda-beda. Pertama metamorfosis sempurna dan kedua adalah metamorfosis tidak sempurna.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas apa saja daftar hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Namun sebelum masuk ke pembahasan daftar hewan yang dimaksud, ada baiknya kita ketahui lebih dahulu apa pengertian dari metamorfosis sempurna pada hewan.

BACA JUGA: Contoh Hewan Vertebrata, Lengkap dengan Ciri & Klasifikasinya

Pengertian metamorfosis sempurna

hewan yang mengalami metamorfosis sempurna
Tribun

Metamorfosis sendiri merupakan transformasi atau perubahan bentuk yang terjadi pada hewan. Bagi hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, akan mengalami empat tahapan, yaitu telur-larva-pupa-imago/dewasa. Hal yang membedakan terlihat dari perbedaan penampilan dan perilaku larva dan hewan dewasa.

-->

Hal ini menunjukan bahwa hewan tersebut mengalami proses transformasi yang lengkap dan lebih siap dibanding dengan hewan yang mengalami metamorforsis tidak sempurna. Lantas, apa saja daftar hewan yang bertransformasi secara sempurna? Yuk, kita simak daftarnya di bawah ini!

1. Kupu-kupu

apakah belalang mengalami metamorfosis sempurna
Unsplash

Salah satu contoh metamorfosis sempurna yang umum diketahui oleh kita adalah kupu-kupu. Karena perubahan bentuk kupu-kupu terlihat dari fase telur hingga fase dewasa. Kupu-kupu betina yang telah melalui proses pembuahan dari kupu-kupu jantan nantinya akan bertelur pada daun-daun tanaman. Ukuran telur kupu-kupu sangat kecil dan akan menetas menjadi larva atau ulat.

Kemudian, larva semakin lama akan semakin besar dan panjang dan berhenti memakan daun. Lalu, ulat tersebut akan menutupi tubuhnya dengan serat yang berasal dari air liurnya sendiri dan memasuki fase kepompong. Tahap kepompong akan berlangsung selama 10-12 hari. Setelah melalui fase kepompong, ulat akan keluar dengan wujud kupu-kupu yang memiliki sayap cantik.

2. Lalat

hewan yang mengalami metamorfosis sempurna mengalami tahap
Academia

Apakah lalat mengalami metamorfosis sempurna? Lalat merupakan salah satu hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Lalat mengamalim fase dan transformasi dari awal, yang kemudian menetas menjadi larva. Telur lalat memiliki ukuran yang sangat kecil, sekitar 1.2 mm dan berwarna putih. Telur lalat hanya membutuhkan waktu selama satu hari untuk menetas.

Telur yang menetas menjadi larva nantinya akan mencari makan sendiri di sekitar tempat lahirnya. Kemudian, larva akan berkembang dan berganti kulit. Larva melakukan pergantian kulit dua kali lagi sebelum pergantian kulit menjadi pupa. Setelah itu, larva memasuki fase pupa. Larva akan terlihat lebih besar dan warna pada kulitnya berubah menjadi kuning, merah, cokelat, hingga hitam, dan tidak lagi berbentuk silindris.

Pada fase ini, pupa nantinya akan mulai tumbuh sayap, kaki, dan bentuk lain dalam 3 hingga 5 hari. Ketika fase pupa telah dilalui, mereka berubah menjadi lalat. Lalat dewasa akan terbang dan mencari tempat untuk makan. Selain itu, lalat juga akan mencari tempat baru untuk bertelur dan melulai proses daur hidup dari awal.

3. Lebah

Greeners

Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna lainnya adalah lebah. Fase pertama, lebah akan mengalami masa telur, lalu masuk ke fase kedua yaitu fase larva ketika telur menetas. Pertumbuhan larva lebah terjadi sangat cepat dan larva akan makan sebangyak 1300 kali dalam sehari.

Biasanya fase larva akan berlangsung selama 9-10 hari, Setelah itu kemudian masuk ke fase pupa dan akan masuk ke fase dewasa. Lebah dewasa akan menjalankan kegiatannya seperti lebah dewasa pada umumnya sesuai dengan kastanya masing-masing.

4. Nyamuk

hewan yang mengalami metamorfosis sempurna
Alodokter

Apakah nyamuk mengalami metamorfosis sempurna? Jawabannya adalah iya. Karena nyamuk melewati empat tahan transformasi. Telur nyamuk biasanya berada di permukaan air yang tenang. Umumnya, nyamuk betina akan bertelur sebanyak 100 hingga 200 butir dalam sekali bertelur.

Telur-telur tersebut menetas dalam waktu kurang lebih tiga hari menjadi larva nyamuk atau yang dikenal sebagai jentik. Jentik nyamuk akan bertahan di air selama 7-10 hari. Kemudian, jentik mengalami perubahan bentuk sebelum memasuki fase pupa.

Ketika masuk ke fase pupa, jentik berubah menjadi pupa atau kepompong dan berlangsung selama kurang lebih 12 hari. Pada fase ini, muncullah bulu-bulu dan sayap halus. Setelah 12 hari, pupa akan menetas menjadi nyamuk dewasa. Setelah dewasa, nyamuk akan berkeliaran mencari darah manusia untuk dikonsumsi.

5. Katak

Harapan Rakyat

Jika daftar hewan yang mengalami metamorfosis sempurna sebelumnya didominasi oleh serangga, kali ini adalah hewan amphibi yang hidup di darat dan air, yaitu katak. Metamorfosis katak disebut sebagai metamorfosis sempurna karena katak memiliki perubahan bentuk fisik yang sangat berbeda sejak menetas dari telur hingga dewasa.

Hal tersebut yang membuat katak masuk dalam jenis hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Pada awalnya, katak betina akan mengeluarkan telurnya di air, kemudian telur tersebut akan menetas dalam waktu beberapa hari. Namun tidak semua telur yang akan menatas, dan waktu menetasnya pun berbeda-beda.

Telur yang menetas akan masuk dalam fase selanjutnya, yaitu face kecebong atau berudu. Pada tahap ini tubuh dari katak akan lebih mirip ikan ketimbang katak itu sendiri. Kecebong sendiri dapat bernafas di dalam air karena memiliki insang. Fase ini akan berlangsung selama beberapa minggu.

Pada fase kecebong akan mulai mengembangkan paru-paru kemudian menumbuhkan kaki belakang. Setelah sempurna, kemudian masuk ke fase katak mudah dan perlahan mulai pindah ke daratan. Dalam beberapa waktu, akan mengalami perubahan sempurna dan menjadi katak dewasa.

6. Semut

hewan yang mengalami metamorfosis sempurna
Wikipedia

Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna selanjutnya adalah semut. Adapun urutan metamorfosis semut karena semut termasuk serangga yang mengalami metamorfosis sempurna, tahapan yang dilalui meliputi telur–larva-pupa atau kepompong–imago (semut dewasa). Sebagaimana yang diketahui bahwa semut merupakan hewan yang berkoloni dengan satu ratu yang menjadi penguasa yang memerintahkan semut pekerja.

Kehidupan semut dimulai dari telur. Apabila sel telur dibuahi, progeni akan diploid betina. Namun jika tidak, itu akan menjadi haploid pria. Setelah melalui fase telur selanjutnya ke fase larva. Telur kecil menetas menjadi larva berbentuk cacing tanpa mata dan juga tanpa kaki. Larva semut sebagian besar tidak bergerak dan diberi makan serta dirawat oleh semut pekerja. Setelah itu, semut akan memasuki masa pupa dan kemudian fase imago.

7. Kumbang

Grid

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa hewan yang mengalami metamorfosis sempurna mengalami tahap telur, larva, pupa dan dewasa. Hal tersebut juga dialami oleh kumbang yang mengalami siklus metamorfosis sempurna yaitu telur, larva, pupa dan imago/dewasa.

Namun kendati hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, kumbang memiliki bentuk yang kecil dengan sayap yang mengkilat dan memiliki corak bervariasi. Berbeda dengan serangga belalang. Banyak yang bertanya, apakah belalang mengalami metamorfosis sempurna? Jawabannya, tidak. Karena belalang hanya mengalami metamorfosis sederhana.

BACA JUGA: 16 Hewan Langka Indonesia yang Terancam Punah & Dilindungi

8. Lacewing

Lacewing
Unsplash

Daftar hewan yang mengalami metamorfosis sempurna terakhir adalah lacewing. Hewan ini juga dikenal dengan nama lalat jala hijau yang merupakan predator hama. Para petani sangat akrab dengan serangga satu ini, karena keberadaannya bisa membantu keberlangsungan tumbuhan yang tengah ditanam.

Hewan ini mengalami metamorfosis sempurna, dengan empat siklus yang dilalui, yaitu: telur, larva, pupa, dan dewasa. Panjang siklus hidup bervariasi menurut spesies dan kondisi lingkungan. Kebanyakan orang dewasa akan hidup selama 4-6 bulan. Hewan ini merupakan anggota famili Chrysopidae merupakan serangga menguntungkan yang larvanya memangsa hama bertubuh lunak, terutama kutu daun

Jenis metamorfosis

apakah lalat mengalami metamorfosis sempurna
Suara

Setelah mengetahui daftar hewan yang mengalami metamorfosis sempurna di atas, Sedulur juga perlu mengetahui apa saja jenis metamorfosis yang terjadi pada hewan. Setidaknya, ada dua jenis metamorfosis pada hewan. Yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Di awal pembahasan telah dijelaskan apa itu metamorfosis sempurna. Kebalikan dari metamorfosis sempurna, metamorfosis tidak sempurna merupakan transformasi yang dilalui hewan hanya melalui tiga tahap, yaitu telur, larva/nimfa, dan dewasa/imago. Metamorfosis tidak sempurna sendiri dikenal dengan istilah metamorfosis sederhana.

Sebagaimana yang telah Sedulur simak, telah dijelaskan daftar hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Adapun daftar hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah sebagai berikut:

  • Kutu daun
  • Jangkrik
  • Belalang
  • Belalang sembah
  • Kecoak
  • Rayap
  • Capung, dan
  • Kutu rambut.

Itulah penjelasan tentang daftar hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Agar Sedulur lebih paham juga, telah dijelaskan apa itu jenis metamorfosis. Metamorfosis pada hewan merupakan bagian dari siklus hidup dan juga bagian dari hewan tersebut bertahan hidup. Semoga penjelasan kali ini, bisa memperluas wawasan keilmuan Sedulur, ya!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.