Salah satu topik yang kerap dicari oleh netizen di internet adalah cara menangkap tokek. Tokek merupakan binatang sejenis kadal yang sangat mirip dengan cicak. Namun, yang paling membedakan di antara kedua jenis hewan tersebut adalah ukurannya. Tokek berukuran setidaknya dua sampai tiga kali lebih besar daripada ukuran cicak pada umumnya.

Tidak heran, tokek menjadi salah satu binatang yang sangat dihindari kehadirannya di rumah. Selain suaranya yang sangat bising dan mengganggu, penampilannya yang berwujud besar, menempel di dinding, dengan bola mata yang menonjol membuat beberapa dari kita ketakutan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara menangkap tokek, cara mengusir tokek, dan mengulas secara singkat hewan autotomi tersebut. Yuk, simak pembahasannya sampai selesai!

BACA JUGA: Penyebab Munculnya Jerawat di Bibir Serta Cara Mengatasinya

Tokek (Gekko)

cara menangkap tokek
Depositphotos

Sebelum masuk ke pembahasan cara menangkap tokek, ada baiknya kita ulas bersama karakteristik hewan tersebut. Tokek adalah seekor hewan yang berasal dari keluarga kadal dengan bentuk yang sangat mirip cicak. Nama latin dari tokek adalah Gekko atau Gekkonidae. Habitat tokek tersebut dapat dengan mudah kita jumpai di daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara, hingga ke wilayah Korea dan Jepang, serta pulau-pulau di daerah Pasifik.

Di Indonesia, tokek kerap dijumpai di banyak daerah, baik itu di pepohonan kebun, hutan, atau bahkan di rumah kita sendiri. Tokek yang biasa kita temukan di sekitaran lingkungan rumah merupakan jenis Gekko gecko. Ia biasa bersarang atau berdiam diri di celah lemari, sudut ruangan yang gelap dan lembab.

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan di atas, tokek memiliki bentuk yang serupa dengan cicak. Ya, hal tersebut benar adanya karena kedua hewan tersebut berkerabat dekat. Tokek dan cicak pun sama-sama dapat melakukan autotomi, atau memutuskan dan menumbuhkan kembali ekornya.

Tetapi, terdapat beberapa perbedaan yang mencolok antara tokek dengan cicak. Ukuran tokek biasanya dua sampai tiga kali lebih besar daripada ukuran cicak pada umumnya. Tokek sendiri juga memiliki kulit punggung yang ditutupi oleh sisik-sisik, berbintil yang agak menonjol. Selain itu, pupil mata dari tokek sangat menonjol dan agak sedikit keluar. Tokek juga memiliki cakar di jari-jari kakinya, dengan sisi bawah yang terdapat bantalan perekat untuk menahannya saat berada di ketinggian.

Tokek umumnya sangat aktif di saat sore atau malam hari. Ia biasa mengeluarkan suara yang sangat nyaring, untuk memanggil sesamanya. Makanan tokek adalah serangga, cacing, atau juga terkadang reptil yang berukuran lebih kecil darinya.

Sejatinya, tidak ada bahaya tokek di dalam rumah Sedulur. Tokek tidak akan menggigit atau menyerang begitu saja apabila ia tidak merasa terancam. Namun, wujud yang menggelikan dan juga suara kerasnya yang mengganggu memang sedikit membuat kita risih.

BACA JUGA: 100 Kata-kata Keren untuk Status dan Caption di Medsos

Jenis-jenis tokek

cara menangkap tokek
Depositphotos

Setelah mengetahui karakteristik dari tokek, pada pembahasan ini kita akan sedikit mengulas beberapa jenis dari hewan tersebut. Diketahui, terdapat setidaknya 81 spesies tokek yang tersebar di seluruh dunia. Namun, pada pembahasan ini kita akan berfokus pada tiga jenis saja, yaitu leopard, giant day, dan madagascar ocelot.

  • Leopard

Tokek jenis leopard adalah salah satu jenis tokek yang biasa dijadikan hewan peliharaan. Jenis tokek ini dapat Sedulur jumpai di berbagai toko hewan reptil atau di acara-acara pertunjukkan khusus. Tokek leopard kerap dijadikan hewan peliharaan karena pola dan warna yang unik dan cantik. Ukurannya pun tidak terlalu kecil, dan juga tidak kelewat besar, jadi sangat cocok untuk dipelihara di rumah.

  • Giant day

Tokek jenis giant day adalah salah satu jenis tokek yang berasal dari Madagaskar. Ia biasanya memiliki warna hijau terang atau merah terang. Ia mampu bertahan hidup hingga menginjak usia 20 tahun.

  • Madagascar ocelot

Tokek jenis Madagascar ocelot juga berasal dari daerah Madagaskar. Ia kerap dijadikan peliharaan di rumah, mampu menghasilkan setidaknya 30 butir telur dalam sekali musim.

BACA JUGA: Pengertian Konsumsi Beserta Ciri, Fungsi & Faktor-Faktornya

Cara mengusir tokek dari rumah

Depositphotos

Terdapat beberapa cara mengusir tokek dari rumah yang dapat Sedulur lakukan. Cara mengusir tokek dalam Islam dan agama lainnya pasti menekankan agar tidak menyakiti hewan tersebut. Ya, tokek dan kita adalah sesama makhluk Tuhan. Oleh karenanya, perlakukan tokek dengan sewajarnya, apabila ingin mengusir, maka gunakan cara yang tidak menyakiti hewan itu.

Yuk, kita simak cara-cara mengusir tokek dalam rumah menurut Islam dan agama lainnya berikut ini!

1. Pastikan rumah selalu bersih

Salah satu cara agar tokek tidak bersarang di rumah adalah dengan selalu menjaga kebersihan hunian. Seperti yang telah kita ketahui bersama, tokek adalah pemakan serangga. Serangga-serangga tersebut akan muncul apabila rumah kita kotor. Agar tokek tidak mencari makan di rumah kita, pastikan kebersihan rumah selalu terjaga dan senantiasa bersih.

2. Buat suara berisik

Apabila Sedulur mendapati tokek di dinding rumah, coba buat suara bising dan mengganggu di dekatnya, seperti memukul wajan, ember, dan sebagainya. Tokek sangat tidak menyukai suara bising, alhasil ia akan pergi dari rumah.

3. Turunkan suhu ruangan

Apakah Sedulur tahu bahwa tokek tidak tahan akan suhu dingin? Ya, hewan tersebut tidak terlalu menyukai hawa ruangan yang dingin. Apabila Sedulur memiliki AC, coba turunkan suhu ruangan yang terdapat tokek. Ia pun akan pergi dengan sendirinya.

4. Pasang lampu yang terang

Tokek juga sangat sensitif dengan cahaya. Tidak heran bahwa tempat tinggalnya mayoritas di sudut-sudut ruangan yang gelap dan tidak terjangkau. Oleh karena itu, apabila Sedulur menemukan tokek di rumah, coba langsung sorot dengan senter agar ia pergi.

5. Gunakan cairan pengusir nyamuk

Cara alternatif terakhir untuk mengusir tokek adalah dengan menyemprotkan cairan pengusir nyamuk. Cairan tersebut jangan langsung disemprotkan ke tokek agar tidak menyakiti hewan tersebut, tetapi disemprotkan ke area yang biasa dilewati atau sarang tokek tersebut. Tokek tidak menyukai aroma wangi dari cairan pengusir nyamuk, nantinya ia akan pergi keluar.

BACA JUGA: Ceban Berapa Rupiah? Berikut Artinya dan Bilangan Lainnya

Cara menangkap tokek yang mudah dan efektif

Depositphotos

Apabila sebelumnya Sedulur telah mengetahui cara mengusir tokek, berikut ini adalah pembahasan singkat tentang cara menangkap tokek yang mudah dan efektif. Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Cara menangkap tokek dengan ember

Cara menangkap tokek yang paling mudah adalah dengan menggunakan jebakan. Jebakan tersebut dapat dibuat dengan memanfaatkan berbagai material, salah satunya adalah ember. Menangkap tokek dengan ember cocok untuk dilakukan di luar ruangan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Gali lubang di tanah sekitar 30 cm, tempatkan spons basah di dalam ember untuk menangkap tokek.
  • Setelah itu, tutup bagian atas ember dengan jala atau jaring halus. Pastikan semua permukaan ember tertutup.
  • Setelah semua tertutup, berikan umpan agar tokek tertarik untuk masuk ke dalam ember.

2. Cara menangkap tokek dengan air garam

Salah satu cara paling mudah menangkap tokek adalah memakai air garam. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama, larutkan garam ke dalam gelas yang terisi air, kemudian semprotkan air garam ke tubuh atau wajah tokek. Air garam dipercaya mampu membuat lemas tokek dan bahkan akan jatuh dari langit-langit.

3. Cara menangkap tokek dengan bambu

Salah satu perangkap tokek yang dapat Sedulur buat adalah dengan menggunakan bambu.

  • Siapkan bambu berdiameter 10 cm, pastikan tengah bambu berlubang untuk jalan masuk tokek.
  • Tutup salah satu sisi lubang menggunakan kardus atau papan, biarkan sisi lainnya terbuka.
  • Masukkan umpan agar tokek tertarik masuk.

4. Cara menangkap tokek menggunakan tembakau

Tokek sangat tidak menyukai tembakau karena aromanya yang dapat membuat tokek mabuk atau lemas. Remas-remas tembakau hingga membentuk seperti biji, letakkan di jalur yang biasa dilewati tokek. Perhatikan selalu apabila tokek lewat, ketika ia sudah lemas, ambil tokek tersebut.

5. Cara menangkap tokek dengan kotak sepatu

Cara menangkap tokek dengan kotak sepatu sejatinya hampir sama dengan ember. Tokek memang menyukai tempat yang lembab dan gelap, maka dari itu, kotak sepatu sangat cocok baginya.

  • Buat tiga lubang di kotak sepatu.
  • Berikan handuk atau spons basah, utamakan dengan air hangat untuk menambah kelembaban.
  • Taruh kotak sepatu di sudut rumah yang sepi dan gelap. Tambah umpan jika perlu.

Nah Sedulur, itu dia pembahasan singkat mengenai cara mengusir tokek dan beberapa topik lainnya yang berkaitan dengan hewan tersebut. Tokek adalah makhluk hidup, seperti halnya kita. Maka dari itu, walaupun keberadaannya tidak begitu disukai, tetapi tetap perlakukan mereka dengan sewajarnya hewan-hewan yang lain, ya! Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.