jerawat di bibir

Apakah Sedulur pernah mengalami masalah kulit seperti jerawat di bibir ? Penyebab jerawat di bibir diantaranya karena adanya penyumbatan folikel rambut dan juga produksi minyak yang berlebih.

Kondisi kulit seperti ini menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri. Jika hal ini terjadi, maka akan muncul peradangan sehingga menimbulkan jerawat. Tak hanya jerawat, terdapat juga masalah kulit yang rentan muncul di sekitar bibir, seperti infeksi virus herpes simpleks. Agar Sedulur terhindar dari jerawat di bibir bawah kanan, Sedulur perlu mengetahui faktor penyebabnya dan juga cara mengatasinya. Yuk simak penjelasannya di bawah ini. 

BACA JUGA : 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Ampuh

Penyebab Jerawat di Bibir

jerawat di bibir
iStock

Ada cukup banyak sekali penyebab munculnya jerawat di sekitar bibir. Hal ini bisa dari adanya masalah hormon sampai terpaparnya virus pada tubuh. Supaya Sedulur bisa mengatasi masalah jerawat bibir dengan tepat, maka perlu mengetahui apa penyebabnya. Dan berikut penyebab jerawat di bibir yang perlu Sedulur ketahui.

-->

1. Perubahan hormon pada tubuh

iStock

Penyebab munculnya jerawat yang pertama adalah adanya perubahan hormon yang terjadi pada tubuh. Meningkatkan hormone androgen dapat membawa perubahan pada metabolisme sel. Umumnya peningkatan hormon ini akan terjadi ketika Sedulur sedang memasuki masa pubertas, menstruasi, hamil dan juga menopause.

2. Penggunaan produk perawatan bibir yang tidak tepat

jerawat di bibir
Freepik

Penggunaan perawatan bibir seperti lip balm yang terlalu berlebihan atau tidak cocok juga dapat menyebabkan munculnya jerawat di bibir dalam. Apalagi jika lip balm yang digunakan merupakan jenis yang cukup lembab dan padat sehingga menutup pori-pori di sekitar bibir. Amannya, Sedulur dapat menggunakan lip balm sekali dalam beberapa jam, atau pada pagi hari sebelum beraktivitas, dan malam hari sebelum pergi tidur.

3. Kebiasaan merokok

Freepik

Merokok tidak hanya merusak paru-paru lho. Kebiasan merokok juga dapat merusak kesehatan bibir. Hal ini karena nikotin yang menempel pada bibir bagian luar menjadi kering, menghitam dan menyebabkan munculnya jerawat. Kondisi ini juga dapat diperburuk jika Sedulur jarang membersihkan area wajah dan juga kurang mengonsumsi makanan yang sehat.

4. Penggunaan telepon genggam yang berlebihan

Freepik

Penggunaan telepon genggam yang berlebihan juga dapat menyebabkan munculnya jerawat. Perlu Sedulur ketahui, bahwa telepon genggam menjadi salah satu tempat berkembang biak bakteri dan juga kuman. Ketika digunakan terus menerus pada area pipi, mulut dan juga dagu berpotensi akan menyebabkan adanya jerawat pada area bibir.

5. Adanya gangguan pada sistem pencernaan

Freepik

Salah satu penyebab jerawat muncul di bibir adalah adanya gangguan dalam sistem pencernaan, seperti usus dan juga liver atau hati. Hal ini mungkin terjadi karena Sedulur seringa tau terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, makanan berlemak atau makanan berminyak. Hal inilah yang mengakibatkan munculnya jerawat pada area bibir.

6. Penggunaan krim cukur

Jawapos

Munculnya jerawat di sekitar bibir  bisa jadi karena penggunaan krim atau minyak cukur yang tidak sesuai. Pasalnya, penggunaan krim atau minyak cukur ini dapat berisiko menyumbat pori-pori atau membuat kulit iritasi di sekitar mulut. Kondisi inlahi yang dapat menjadi penyebab jerawat di bibir.

7. Terlalu sering menyentuh bibir

iStock

Penyebab jerawat di bibir selanjutnya adalah terlalu sering menyentuh bibir yang tanpa disadari. Kebiasaan ini biasanya tidak dibarengi dengan menjaga kebersihan tangan sehingga menyebabkan muncumya jerawat di area bibir. Ketika Sedulur menyentuh mulut atau area wajah lainnya tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, maka akan berisiko memindahkan bakteri dan kuman yang menempel di tangan ke mulut.

BACA JUGA : 20 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Aman & Ampuh

Perbedaan jerawat di bibir dengan herpes simpleks

jerawat di bibir
iStock

Perlu Sedulur ketahui bahwa tidak semua benjolan yang ada di bibir itu jerawat lho. Banyak orang yang masih sulit membedakan antara cold sores atau jerawat simpleks dengan jerawat. Keduanya memiliki beberapa perbedaan, diantaranya yaitu:

  1. Bentuk

Herpes simpleks berisi cairan kecil yang biasanya muncul secara bergerombol. Letak herpes simpleks biasanya berada di bibir bawah. Sebelum lepuh muncul, seseorang yang menderita jenis herpes ini akan merasa gatal hingga rasa terbakar di area tersebut.

  1. Letak muncul

Jerawat dapat muncul di beberapa area tubuh seperti pipi, dagu hingga bibir. Sedangkan herpes simpleks biasanya muncul hanya pada satu arah saja, seperti bibir dan kemaluan.

  1. Penyebab

Umumnya herpes simpleks disebabkan karena adanya infeksi virus yang disebabkan oleh Herpes Simplex Virus (HSV), sedangkan jerawat biasanya muncul karena adanya penyumbatan pori dan bisa juga infeksi bakteri.

  1. Gejala nyeri

Herpes biasanya cenderung terasa gatal disertai dengan rasa perih selama kemunculannya, sedangkan jerawat biasanya hanya akan terasa nyeri jika disentuh atau dipencet. Selain itu, herpes simpleks mungkin saja diikuti dengan gejala seperti demam, nyeri otot, hingga pembengkakan kelenjar getah bening.

  1. Cara penularan

Karena disebabkan oleh virus, herpes simpleks bisa menular ke orang lain, sedangkan jerawat, termasuk jerawat pada area bibir tidak menular.

BACA JUGA : 12 Penyebab Gatal Pada Kulit Beserta Cara Mengatasinya

Cara menghilangkan jerawat di bibir

jerawat di bibir
Freepik

1.Rutin mencuci wajah

Cara yang pertama untuk mengatasi jerawat di bibir atas adalah dengan rutin mencuci muka. Rutin mencuci muka 2 kali dalam sehari dan juga keramas menggunakan shampoo dapat mencegah timbulnya jerawat lho.

2.Selektif dalam menggunakan produk skincare

Cara yang selanjutnya adalah Sedulur perlu selektif dalam menggunakan produk skincare terutama pada perawatan wajah. Seperti pengggunaan sabun cuci muka dan juga masker wajah.

3.Hindari menekan jerawat

Salah satu kebiasan orang ketika jerawat muncul adalah menekan atau memencetnya. Padahal dengan menekan jerawat justru dapat menimbulkan infeksi pada kulit dan membuat jerawat bibir bengkak. Jadi, jika muncul jerawat di bagian manapun hindari untuk menekannya ya Sedulur!

4.Kompres dengan air panas

Jika muncul jerawat di bibir bawah kiri, Sedulur dapat mengatasinya dengan cara mengompresnya dengan air panas maupun air dingin. Kompres air dingin dapat dilakukan menggunakan es batu yang nantinya akan membantu meringankan pembengkakan serta kemerahan di kulit. Sedangkan kompres air hangat akan membantu mengeluarkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.

5.Lakukan scrub bibir

Untuk dapat mengembalikan kesehatan bibir, Sedulur dapat mencoba menggunakan scrub bibir yang kini sudah banyak dijual di toko kecantikan maupun apotek. Tak hanya mencerahkan bibir, penggunaan scrub ini juga dapat mengangkat sel kulit mati dan juga kotoran yang ada pada bagian bibir dalam. 

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat Terbaik

Bahan alami untuk mengatasi jerawat bibir

Freepik
  • Air perasan lemon mengandung antioksidan dan vitamin C yang cukup efektif dalam menyembuhkan luka termasuk jerawat di area bibir.
  • Madu mengandung senyawa antimokroba yang dapat menyembuhkan gangguan Kesehatan pada kulit termasuk jerawat.
  • Pasta kunyit mengandung antioksidan dan antibakteri yang berfungsi untuk mengatasi gangguan pada kulit termasuk jerawat.
  • Masker tomat mengandung asam salisilat yang efektif untuk mengobati jerawat.

Rekomendasi salep jerawat di apotek

orami
  1. Salep benzoil peroksida.
  2. Salep retinoid.
  3. Salep asam salisilat.
  4. azelaic acid.

Demikianlah informasi tentang penyebab dan juga cara mengatasi jerawat pada area bibir. Untuk mengatasinya, Sedulur dapat menggunakan bahan alami seperti kunyit dan juga madu. Atau juga menggunakan salep di apotek yang mengandung bahan asam salisilat.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.