Buklet adalah salah satu media promosi yang sering digunakan berbagai macam bisnis untuk memperkenalkan produk atau jasa buatannya. Sedulur mungkin sudah tidak asing lagi dengan bentuk promosi tersebut, ya. Di pusat-pusat perbelanjaan atau di tempat umum lainnya, lazim dijumpai orang-orang yang membagikan buklet tersebut kepada pengunjung tempat tersebut.

Berbicara mengenai buklet sebagai media promosi, ternyata di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini buklet masih menjadi alternatif favorit para pengusaha atau pihak lain untuk memperkenalkan sesuatu ke khalayak luas, loh Sedulur! Buklet biasanya akan dibuat dengan tampilan yang sangat menarik perhatian sehingga orang-orang mau mencermati apa saja informasi di dalamnya.

Fungsi sebuah buklet tidak terbatas sebagai media promosi saja. Banyak fungsi-fungsi lainnya yang belum tentu Sedulur tahu dari buku berwujud tipis tersebut. Kira-kira, apa saja ya, fungsi dari sebuah buklet adalah? Yuk, coba cari tahu pengertian buklet, fungsi, isi, beserta cara pembuatannya di artikel ini!

BACA JUGA: 25 Lagu untuk LDR yang Bikin Kamu Makin Kangen Sama Dia

Pengertian buklet adalah

buklet adalah
Depositphotos

Buklet adalah cetakan dengan tampilan istimewa berbentuk buku. Pengertian itu disebutkan dalam buku yang berjudul MS Word 2007: Menyusun Beragam Surat & Dok. Bisnis Perkantoran yang ditulis oleh Widi Atmojo. Sementara Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mendefinisikan buklet sebagai buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran.

Pengertian senada juga diungkapkan beberapa kamus lain seperti Oxford Learner’s Dictionaries. Dalam kamus tersebut, kata booklet dalam bahasa Inggris memiliki maksud “A small, thin book with a paper cover that contains information about a particular subject.”, atau yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai “Sebuah buku kecil dan tipis dengan kertas-kertas yang berisikan informasi mengenai subyek pembahasan tertentu.”. Lebih lanjut lagi, kamus Merriam-Webster mengungkapkan bahwa sejatinya buklet berbentuk mirip dengan pamflet, akan tetapi kertas yang ada di dalamnya agak sedikit banyak.

BACA JUGA: The Hymn of Death, Kisah Cinta Terlarang dari Kisah Nyata

Fungsi buklet adalah

buklet adalah
Depositphotos

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi utama dari sebuah buklet adalah untuk mempromosikan sesuatu. Pengusaha atau pebisnis akan memilih buklet sebagai media promosi karena ia dianggap mampu untuk menjelaskan secara detail mengenai informasi, fitur, serta cara mendapatkan produk atau jasa tersebut. Pun buklet dapat dibuat dengan tampilan sedemikian rupa agar ia tetap mencerminkan bisnis atau usaha yang dipromosikan.

Selain itu, terdapat beberapa fungsi penting lainnya dari sebuah buklet adalah. Berikut ini merupakan kegunaan lain dari buklet.

  • Sebagai buku cerita.
  • Sebagai buku panduan instruksi.
  • Sebagai media pembelajaran pendukung di kelas, di seminar, dan lain-lain.
  • Sebagai panduan program acara.
  • Sebagai koleksi resep singkat.
  • Sebagai sebuah laporan untuk pihak tertentu.

BACA JUGA: 400 Nama Mobile Legend Keren yang Unik & Keren Terbaru 2022

Isi buklet adalah

Depositphotos

Buklet merupakan sebuah buku yang memiliki isi sedikit dan kertas yang tipis. Maka dari itu, tidak heran bahwa susunan buklet tidak terlalu rumit dan bahkan tergolong sangat sederhana. Buklet biasanya hanya akan mencakup pembuka, isi, kemudian penutup.

1. Pembuka

Bagian pembuka pada buklet biasanya akan mencantumkan sampul yang diisi dengan judul dan berbagai gambar grafis lainnya untuk mengilustrasikan isi dari buklet itu sendiri.

2. Isi

Bagian isi pada buklet merupakan bagian yang paling penting. Hal tersebut dikarenakan berbagai informasi biasanya tercantum di sini. Apabila mengambil contoh buklet untuk media promosi, maka isi dari buklet tersebut biasanya akan berupa informasi mengenai produk atau jasa dan kemudian diakhiri dengan bagaimana cara mendapatkan produk atau jasa yang dipromosikan. 

3. Penutup

Bagian penutup pada sebuah buklet biasanya akan berisi kata penutup, daftar pustaka, dan juga kontak yang dapat dihubungi. Ada juga beberapa buklet di akhirnya berisikan penjelasan istilah atau singkatan tertentu agar para pembaca dapat mengerti maksud dari isi buklet secara jelas.

BACA JUGA: 30 Pertanyaan Truth or Dare untuk Gebetan yang Seru & Lucu

Cara membuat buklet adalah

Depositphotos

Berikut ini merupakan tiga langkah singkat dari bagaimana cara pembuatan sebuah buklet. Yuk, simak apa saja langkah-langkah tersebut!

1. Menentukan isi buklet

Cara yang pertama adalah dengan menentukan isi buklet. Sedulur harus memahami tujuan utama dari pembuatan buklet, serta apa saja informasi yang akan dicantumkan ke dalamnya.

2. Menentukan bentuk buklet

Setelah menentukan isi dari sebuah buklet, pada tahap ini Sedulur harus mampu mencari bagaimana bentuk buklet yang paling menarik dan beda dengan yang lainnya. Tujuannya sudah jelas, yaitu agar para pembaca tertarik untuk mencermati isi dari buklet tersebut.

3. Menyusun isi buklet

Langkah terakhir adalah menyusun isi buklet. Langkah ini termasuk ke dalam tahap produksi. Pastikan semua informasi sudah tercantum secara jelas dan tidak ada kesalahan sedikitpun, ya!

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat dari buklet adalah. Buklet merupakan salah satu media promosi konvensional yang masih digunakan sampai sekarang. Buklet berbentuk seperti buku, namun dengan isi kertas yang sangat sedikit. Ia sendiri biasanya akan berfokus pada topik promosional sebuah produk atau jasa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.