apa itu enkripsi

Jika berbicara tentang apa itu enkripsi, mungkin sepintas kamu tahu dan mengenal istilah ini dengan baik. Terutama bagi Sedulur yang menggunakan aplikasi WhatsApp, sering muncul pemberitahuan dengan istilah end-to-end encryption. Pada dasarnya, enkrispi merupakan bagian dari sistem keamanam untuk dunia internet.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas lengkap terkait apa itu enkripsi. Agar Sedulur tidak kebingungan lagi terkait pengertian dari ekripsi itu sendiri, yuk mari langsung kita mulai penjelasannya.

BACA JUGA: Apa itu Discord? Berikut Pengertian & Cara Menggunakannya

Apa itu enskripsi?

apa itu enkripsi
Pasuh

Sederhananya, ekripsi adalah cara untuk mengacak sehingga informasi hanya bisa dibaca atau dibuka oleh pihak yang memiliki akses saja. Apa itu enkripsi, secara proses merupakan konversi teks biasa yang terbaca manusia (human-readable plaintext) menjadi teks yang tidak bisa dibaca dan dimengerti (incomprehensible text).

Data atau teks yang terenkripsi itu umumnya disebut sebagai ciphertext. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah adanya pihak ketiga terkait apa yang sedang dilakukan atau dibicarakan. Pihak ketiga dalam hal ini merupakan pihak yang berusaha meretas dan melakukan pembajakan.

Ada perbedaan jelas terkait apa itu enkripsi dan dekripsi. Dekripsi sendiri merupakan kebalikan dari enkripsi, yang mengubah segala infromasi yang telah diacak dan disamarkan, menjadi informasi dalam bentuk awal.

Cara kerja enkripsi

apa itu enkripsi
Vacasia

Menjelaskan proses enkripsi merupakan hal yang sedikit sulit, karena prosesnya yang rumit dan tidak mudah dijelaskan. Pada awalnya, sebelum enkripsi dilakukan, kita harus tahu terlebih dahulu sandi yang digunakan untuk menyembunyikan informasi asli. Kemudian temukan variable lain yang diguanakan sebacai kunci.

Jika sebuah enkripsi menggunakan satu kunci saja, hal itu disebut symmetric cipher. Sedangkan, jika suatu enkripsi menggunakan dua kunci yang saling berhubungan, hal itu disebut asymmetric cipher. Hal ini juga berkaitan dengan algoritma enkripsi dengan prosesnya yang sangat unik untuk memberikan perlindungan.

Symmetric enkripsi adalah jenis enkripsi yang proses penguncian data dan proses pembukaan datanya dilakukan menggunakan satu kunci yang sama. Karena menggunakan satu kunci yang sama, maka algoritma enkripsi pada jenis ini terlihat tidak terlalu kompleks dan cenderung lebih mudah untuk dieksekusi. Jenis enkripsi ini adalah pilihan yang tepat untuk membawa transmisi data dalam jumlah besar.

Enkripsi asimetris dikenal juga dengan public-key cryptography atau public-key encryption. Hal ini karena enkripsi jenis ini menggunakan dua kunci yang saling berhubungan, yaitu kunci publik dan kunci pribadi.

Kenapa enkripsi penting?

Jagoan Hosting

Setelah mengetahui pengertian dari enkripsi dan bagaimana cara kerjanya, lantas mengapa enkripsi ini penting? Perusahaan akan sangat membutuhkan enkripsi. Selain menjaga keamanan informasi, terdapat juga beberapa manfaat lainnya, yaitu mencegah kebocoran data dan lainnya.

Dari penjelasan di atas, cara kerja enkripsi dapat memberikan perlindungan data pribadi perusahaan dari kejahatan siber. Ditambah lagi, perihal hal sedang marak terjadi. Tingginya kejahatan siber tentu saja disebabkan oleh kurangnya keamanan itu sendiri. Untuk meningkatkan keamanan data, enkripsi hadir untuk mengatasi segala ancaman.

Penggunaan enkripsi

apa itu enkripsi
TFB

Penggunaan enkripsi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis enkripsi tergantung fungsi, tujuan dan manfaatnya. Ini diperuntukan aga dapat bekerja lebih spesifik lagi. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa enkripsi sangat penting, yaitu:

1. Data encryption

Berbicara apa itu enkripsi sangat mustahil jika tidak membicarakan data ecryption. Enkripsi data adalah metode perlindungan informasi untuk database, data warehouse, dan backup server. Untuk data dalam jumlah besar seperti data warehouse, dibutuhkan peran security engineer dan profesional di bidang IT lainnya untuk memastikan keamanannya menggunakan teknologi encryption. Maka dari penjelasan di atas, telah terjawab pertanyaan apa itu enkripsi data.

2. File encryption

Enkripsi juga bisa digunakan untuk file. Ada software khusus untuk membantu menjaga keamanan file dan folder di komputer atau dalam sistem cloud. Dengan begitu, hacker akan kesulitan untuk mengakses data pentingmu.

3. Encryption messaging

Aplikasi messenger seperti WhatsApp, Telegram, dan lain-lain biasanya juga menggunakan teknologi keamanan siber ini. Pasalnya, informasi yang dibagikan seringkali rawan peretasan. Oleh karena itu, enkripsi merupakan salah satu pertimbangan penting ketika harus memilih aplikasi messenger untuk digunakan sehari-hari, khususnya jika untuk urusan pekerjaan.

4. Endpoint encryption

Endpoint encryption adalah salah satu contoh enkripsi, yang merupakan enkripsi dengan perlindungan operating system dari serangan keylogger atau corrupt boot files yang bisa mengakses data tanpa izin. Ini sering dibutuhkan untuk laptop, server, tablet, dan lain-lain.

Perbedaan enkripsi dengan hashing

Kumparan

Selain mengetahui apa itu enkripsi, Sedulur juga wajib tahu apa saja perbedaanya dengan hashing. Hashing sendiri merupakan sebuah proses yang dianggap sama dengan enkripsi, terutama dalam menjaga keamanan data. Namun dua hal ini merupakan hal yang sangat berbeda. Berikut ini perbedaannya:

  • Fungsi: Fungsi encryption berjalan dua arah, sedangkan, hashing berjalan satu arah saja. Maksudnya, hasil data atau teks dari encryption dapat diubah dan dikembalikan lagi. Sedangkan, data atau teks yang diubah menggunakan hashing tidak bisa dikembalikan lagi.
  • Jenis Algoritma: Algoritma yang digunakan enkripsi memiliki dua jenis, symmetric dan asymmetric. Sedangkan, hashing hanya memiliki satu jenis algoritma saja, yaitu algoritma hashing.
  • Kegunaan: Encryption digunakan untuk melindungi data atau teks yang sedang atau telah terkirim. Sedangkan, hashing digunakan untuk menghindari duplikasi data. Enkripsi umumnya terdapat dalam aplikasi atau fitur chatting di media sosial. Di sisi lain, hashing digunakan untuk melindungi hal-hal penting seperti tanda tangan digital hingga password.

Manfaat enkripsi

Deposit Photos

Lantas apa saja manfaat yang diberikan oleh enkripsi, sehingga penting untuk menerapkannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan:

1. Menjaga keamanan informasi

Manfaat pertama yaitu dapat memberikan keamanan ekstra untuk menjaga informasi penting. Enkripsi akan menjaga data dan informasi perusahaan Anda terhindar dari peretasan dan kejahatan cyber. Jika dilakukan dengan benar, keamanan data dari perangkat maupun server perusahaan seharusnya akan terjaga dengan aman, meskipun perangkat hilang.

Setelah dari penjelasan tentang apa itu enkripsi, tentu Sedulur semakin sadar pentingnya enkripsi dari penjelasan di atas. Maka dari itu, jangan sampai ketinggalan menggunakan ekripsi demi terjaganya data.

2. Mencegah kebocoran data

Salah satu fungsi enkripsi yaitu mencegahnya kebocoran data yang senfitif. Dengan file yang terenkripsi, data dan informasi penting perusahaan dapat dijaga dan tidak semua bisa mengaksesnya, kecuali pihak-pihak yang berwenang. Sehingga kebocoran data bisa dicegah.

3. Sebagai persyaratan regulasi industri

Bagi perusahaan yang menangani data penggunanya secara langsung, harus mengenkripsikan transmisi data pemilik kartu di semua jaringan terbuka publik. Persyaratan ini telah ditetapkan oleh PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standards). Jika tidak dipatuhi, maka perusahaan akan mendapatkan hukuman berupa denda uang, penghentian sementara menerima pembayaran kartu kredit, dan gugatan akibat penipuan.

4. Mencegah segala bentuk penyadapan

Manfaat lain dari enkripsi yaitu dapat mencegah segala bentuk penyadapan. Terutama bagi Sedulur yang menjalankan bisnis online, dan berpotensi terkena retas, memiliki keamanan siber yang ketat merupakan hal penting. Tentu hal ini dapat menimbulkan kerugian, mulai dari transaksi jual beli yang terganggung hingga akun bisnis online yang berpotensi disalahgunakan. Kamu bisa segera melakukan proteksi dengan menerapkan enkripsi.

BACA JUGA: Apa itu Maintenance? Pengertian, Tujuan, Jenis dan Manfaatnya

Bahaya data tidak terenkripsi

Berita Bali

Dari penjelasan tentang apa itu enkripsi di atas, Sedulur tentu sangat menyadari kini betapa pentingnya peran dari enkrispi. Tidak bisa dibayangkan bagaimana data yang tidak terenkripsi akan sangat bahaya. Terutama untuk pelaku kejahatan siber, data yang tidak terenkripsi akan sangat mudah diretas.

Jika tidak menggunakan enkripsi, perusahaan Sedulur bisa mengalami banyak kerugian, seperti pencurian uang, penggelapan, penipuan, data rusak atau hilang, gangguan layanan, serta biaya mahal yang harus dikeluarkan untuk pemulihan sistem. Oleh karena itu penjagaan ketat untuk data dan informasi penting perlu dienkripsi.

Nah itulah penjelasan terkait apa itu enkripsi, beserta penjelasan lengkapnya. Semoga dengan penjelasan di atas, Sedulur tidak lagi kebingungan terkait enkripsi data beserta dengan fungsi dan manfaatnya yang memang terbukti dapat menjaga keamanan informasi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.