Pernah mendengar tentang 16 personalities? Ya sebenarnya ini adalah sebuah rangkaian dalam bidang tes psikologi untuk mengetahui tentang kepribadian seseorang. Kita tahu setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Dan tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahannya  masing-masing.

Nah, 16 personalities bisa diartikan bahwa dalam tes psikologi, kepribadian manusia digolongkan ke dalam 16 kelas yang berbeda. Untuk mengetahui karakter kita, dalam dunia tes psikologi dikenal dengan nama Tes MBTI. Lantas apa singkatan dari MBTI itu sendiri?

Tes MBTI singkatan dari Myers – Briggs Type Indicators.  Penggagas tes ini sendiri adalah Katharine Cook Briggs dan Isabell Briggs Myers. Kedua orang inilah yang menciptkan gagasan mengenai tes untuk mengetahui kepribadian seseorang khususnya berkaitan dengan 16 personalities.

BACA JUGA : 10 Jenis Aglonema Merah Paling Populer dan Banyak Dicari

1. Apa itu tes MBTI

16 personalities
detik

Buat Sedulur yang menggeluti bidang ilmu psikologi, tes yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. MBTI merupakan singkatan dari Myers-Briggs Personality Tes yaitu sebuah tes kepribadian yang berisi mengenai pertanyaan-pertanyaan terhadap preferensi seseorang pada empat  domain berbeda.

Dikutip dari laman satupersen.net, dari penilaian empat domain  tersebut, nantinya kamu akan dikelompokan ke dalam satu dari 16 personalities Indonesia yang tersedia. Selanjutnya, dari beberapa pengelompokan tersebut, diharapkan kamu akan lebih dapat memahami tentang kesukaan, rasa tidak suka, kekurangan, kelebihan, jenis karir yang cocok untuk kamu pilih.

  • Introvert (I) – Ekstrovert (E)
  • Sensing (S) – Intuition (N)
  • Thingking (T) – Feeling (F)
  • Judging (J) – Perceiving (P)

2. Apa itu tes kepribadian MBTI

16 personalities
sehatq

 Dilansir dari laman Akupintar.id, kepribadian didefinisikan sebagai personalitas atau sebuah kepribadian  yang menjelaskan tentang sifat, tingkah laku, perilaku yang cukup berpengaruh dalam diri setiap masing-masing individu. Banyak sekali cara untuk mengetahui karakter seseorang, dan salah satunya dengan melakukan interaksi dan juga mengamati seseorang.

Setelah kamu mengetahui tentang tes kepribadian, kini  saatnya Sedulur mengetahui tentang beberapa hal penting yang wajib  dipelajari dalam tes kepribadian MBTI. Tes tersebut  pun akan mengacu kepada empat  klasifikasi  dan domain Myers-Briggs Type Indicator.

Introvert (I) – Ekstrovert (E)

Dua kepribadian ini memang sudah cukup melekat pada diri masing-masing orang dan sudah ada penjelasannya di bidang ilmu psikologi. Dua tipe karakter ini, menjelaskan tentang bagaimana seseorang melakukan interaksi dengan orang lain atau dunia luar menentukan apakah orang yang bersangkutan masuk dalam kategori introvert atau ekstrovert.

Introvert merupakan kepribadian seseorang yang cenderung aktif dalam pemikiran dan merasa energinya dapat  dimaksimalkan secara personal. Serta sangat menghargai sekali sebuah interaksi yang intim dengan sedikit orang. Sedangkan untuk mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert, sebuah karakter yang berorientasi terhadap sebuah interaksi sosial dan sangat bersemangat untuk menghabiskan waktu bersama orang lain.

Sensing (S) – Intuition (N)

Sensing (S) merupakan sebuah tipe yang mandiri dalam mempelajari lingkungan sekitar. Orang yang memiliki tipe ini, lebih suka melakukan belajar hal-hal baru dengan terlibat secara langsung atau biasa dinamakan dengan learning by doing. Buat mereka yang masuk dalam kategori MBTI ini, cenderung akan lebih realistis dan praktis.

Sebaliknya, jika masuk ke dalam tipe Intuition (N) maka orang tersebut  akan berpikir  abstrak, berimajinasi, dan lebih mengandalkan soal intuisinya saja.

Thinking (T) – Feeling (F)

Tes kepribadian MBTI selanjutnya adalah memasukkan kategori seseorang dalam tipe Thinking (T) dan Feeling (F). Pemahaman seseorang yang memutuskan secara impersonal yang berdasarkan pada data empiris dan fakta, maka mereka akan masuk ke dalam kategori Thinking. Dimana orang yang masuk dalam kategori ini, cenderung bersifat logis dan konsisten.

Sementara itu, buat Sedulur yang masuk dalam kategori Feeling (F) sering kali membuat sebuah keputusan dengan emosi yang dirasakan,  kata hati atau bahkan ikut mempertimbangkan orang lain.

Judging (J) – Perceiving (P)

Tes kepribadian MBTI selanjutnya adalah menjelaskan tentang Judging (J) dan Perceiving (P). Judging (J) merupakan tipe kepribadian yang cenderung tegas dan selalu teguh dalam memegang pendirian. Sementara itu, mereka yang masuk ke dalam tipe Perceiving (P) cenderung akan lebih fleksibel, adaptif.   

BACA JUGA : Jenis, Gejala, Penyebab serta Cara Mengatasi Ruam Kulit

 3. Sejarah munculnya tes MBTI

16 personalities
glints

Perlu kamu ketahui Sedulur, awal mula salah satu rangkaian tes dibidang psikologi ini, dikembangkan sekitar tahun 1940-an oleh Katherine Cook Briggs dan putrinya Isabell Briggs Myers. MBTI sejatinya dikembangkan berdasarkan dari tipologi kepribadian yang dibuat oleh seorang psikoanalisis bernama Carl Jung.

Briggs dan Myers mulai rutin melakukan aktivitas riset dan tentunya melakukan pengembangan sebuah indikator terkait tipe-tipe kepribadian untuk mengetahui atau memahami perbedaan tiap-tiap karakter individu saat Perang Dunia II. Karena hal tersebut, maka dikeluarkan sebuah tes kepribadian MBTI pertama yang disebarluaskan oleh penciptanya kepada keluarga dan sahabat dekat untuk kemudian diisi menggunakan pulpen dan pensil.

Seiring perkembangan waktu dan perkembangan jaman, tes MBTI sudah bisa kamu akses sendiri melalui  smartphone canggihmu. Sehingga tidak perlu lagi menggunakan alat-alat tulis seperti pulpen atau pensil.

BACA JUGA : Sariawan di Lidah, Apa Penyebab & Cara Ampuh Mengobatinya

4. Tipe kepribadian MBTI

16 personalities
glints

Setidaknya ada 16 personalities MBTI yang wajib kamu tahu Sedulur. Dan tentu saja dari ke-16  kepribadian tersebut memiliki  kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, apa sajakah jenis-jenisnya tersebut, dan seperti apa karakter dari masing-masing 16 personalities tersebut.

Berikut ini adalah 16 personalities Indonesia yang wajib kamu ketahui dan kamu pahami Sedulur. Yuk simak secara baik-baik di bawah ini dengan seksama.

INFP

Adalah seseorang yang teguh memegang sebuah prinsip dan tentu saja setia terutama terhadap orang-orang yang cukup penting dalam hidupnya. Tipe kepribadian MBTI  ini memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi dan terbuka dengan berbagai kemungkinan.

INTJ

Tipe MBTI yang satu ini merupakan mereka yang sangat cepat dalam memahami sebuah  pola atau sebuah peristiwa yang sedang terjadi. Lalu kemudian, menyusun sebuah perspektif dalam waktu jangka panjang

INFJ

Orang yang masuk ke dalam kategori ini adalah mereka yang sangat tertarik dengan pemahaman pemikiran orang lain. Sebuah hubungan antara  ide atau bahkan hubungan sosial. Tidak hanya itu, mereka yang masuk dalam tipe kepribadian ini, punya komitmen yang tinggi dalam berkerja.

INTP

Orang yang masuk dalam MBTI test dengan tipe seperti ini adalah orang-orang yang sangat teoritis dan abstrak. Dengan tampilan cerdas dan tenang. Jika orang yang masuk dalam kategori ini memiliki minat, mereka bisa mendalami suatu masalah sampai benar-benar mendapatkan sebuah solusinya.

ENTJ

ENTJ adalah seseorang pembaca situasi dengan baik. Orang yang masuk dalam tipe ini, sangat peka dalam memilah dan memilih prosedur atau kebijakan yang dianggap kurang efisien. Tipe kepribadian MBTI seperti ini biasanya tidak segan dalam memaksakan idenya.

ENTP

Orang yang memiliki tipe kepribadian seperti ini, mereka tidak akan ragu dalam memecahkan sebuah masalah dengan cara-cara yang sedikit penuh tantangan. Namun, kelemahan orang dengan tipe ini adalah, mereka sangat mudah jenuh dengan segala rutinitas aktivitas yang dilakukakan.

ENFJ

ENFJ merupakan sosok yang hangat, memiliki empati tinggi dan juga pendengar yang sangat  baik. Kelebihan dengan orang yang memiliki tipe ini, mereka senang untuk bergaul, suka memudahkan urusan dan mendorong orang lain supaya bisa mencapai potensinya. Tidak hanya  itu, orang yang memiliki karakter ini, sangat  mudah menerima kritik dan pujian.

ENFP

Ia adalah sosok yang cukup imajinatif dengan rasa antusiasme yang tinggi. Mereka juga memiliki kemampuan dalam memahami sebuah pola atau hubungan suatu informasi. Dengan kejadian tersebut,  membuat orang tipe ENFP sangat percaya diri dalam melakukan sesuatu.

ISFJ

Orang yang memiliki tipe kepribadian seperti ini, memiliki rasa tanggung jawab tinggi, punya komitmen, telaten, cermat dan juga cekatan serta juga memiliki ketelitian.

ISFP

Buat kamu yang masuk dalam kategori ini, adalah sosok yang cenderung  memiliki pembawaan yang tenang, sensitif namun baik hati. Mereka punya komitmen pada orang atau prinsip yang penting bagi dirinya. Mereka juga tidak menyukai sebuah perselisihan.

ISTJ

Tipe ini akan memiliki sifat tenang, serius, teliti,  tekun, handal, realistis, praktis dan juga memiliki pikiran yang logis. Tipe ini sangat menyukai sebuah pekerjaan dan kehidupan yang tertib dan teratur.

ISTP

Ketenangannya  dalam membuat analisa, membuat orang dengan tipe MBTI ini mampu melakukan tindakan secara cepat dalam menemukan sebuah solusi. ISTP  dapat mengolah sebuah fakta supaya lebih efisien dan logis.

ESFJ

Seorang karakter yang suka untuk melakukan kerja sama dalam lingkungan yang cukup  harmonis. Mereka akan mampu dalam memahami sebuah kebutuhan orang lain dan berusaha dalam memenuhinya.

ESFP

Tipe kepribadian MBTI yang satu ini, adala sosok yang ramah, sangat bersahabat, spontan, dan sangat adaptif. Mereka suka belajar dan bekerja sama dengan orang lain dengan pendekatan yang logis da realistis.

ESTJ

Tipe kepribadian ini, mereka cenderung suka hal  yang praktis, realistis, berorientasi pada fakta dan juga tegas. Mereka sangat tahu bagaimana mengatur pekerjaan secara efisien agar memperoleh hasil yang baik.

ESTP

Tipe kepribadian MBTI ini adalah sosok yang sangat fleksibel dan toleran, suka menjalin komunikasi  yang sangat aktif. Mereka akan belajar dengan baik ketika harus melakukan sesuatu secara langsung.

5. Manfaat tes kepribadian MBTI

Setelah kamu memhami tentang 16 personalities Indonesia, sekarang kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat yang bisa kamu ambil. Lantas apa saja manfaat dari kamu menjalani tes MBTI ini, yuk simak ulasan secara lengkapnya berikut  ini.

  • Mampu mengetahui karakter atau kepribadian kamu
  • Menjadi tolak ukur yang penting dalam dunia karir kerja
  • Memahami perbedaan sifat dan perilaku orang lain
  • Memahami faktor mengapa seseorang melakukan suatu tindakan
  • Memecahkan solusi dalam diri sendiri

Demikianlah ulasan mengenai 16 personaties MBTI. Semoga penjelasan mengenai tes psikologi ini, bisa membantu kamu dalam memecahkan persoalan yang selalu dihadapi sehari-hari khususnya  mengenai faktor apa yang mendorong seseorang dalam melakukan sebuah tindakan. Semoga bermanfaat ya Sedulur.