aglonema merah

Bagi pecinta tanaman, tentunya sudah tidak asing lagi dengan aglonema merah. Tumbuhan hias yang menjadi salah satu primadona tanaman ini dikenal sebagai Chinese Evergreen atau Sri Rejeki. Warna yang ditawarkan pun tidak hanya merah, ada pula yang berwarna hijau keputihan. 

Selain warna yang beragam, corak daun juga menjadi salah satu ciri khas pada tanaman ini. Mata akan dapat termanjakan karena bentuk dan corak daunnya yang beragam dan cantik. Berbagai jenis aglonema merah yang paling dicari pecinta tanaman hias yang populer dapat Sedulur ketahui berikut ini.

BACA JUGA: Begini Cara Mencangkok Tanaman Buah yang Benar Agar Subur

1. Aglonema Suksom

aglonema merah suksom
pikiranrakyat

Tanaman hias jenis suksom ini mempunyai warna merah yang menyala dan terang dengan corak berwarna hijau pada sekitar pinggir daunnya. Klorofil yang dimiliki dari tanaman yang disebut dengan sri rejeki ini hanya sedikit. Suksom juga hanya menyisakan warna hijau yang sedikit pada daunnya, berbeda dengan jenis lain yang masih terdapat warna hijau yang cukup banyak.

-->

Suksom juga merupakan salah satu aglonema merah mahal, dengan harga pasaran sekitar Rp1,3 juta-6 juta. Jenis ini bisa ditemukan dengan mudah pada lokasi yang sering terkena sinar matahari pagi dan sore. Maka dari itu, klorofil yang dimilikinya tidak banyak.

2. Aglonema Red Sumatra

bunga aglonema merah
hobikuberkebun

Red Sumatra merupakan salah satu jenis tanaman hias yang berhasil memenangkan sebuah kontes tanaman pada 2002 lalu di Belanda. Daun yang dimiliki Red Sumatra berwarna merah marun dan bentuknya memanjang serta pipih.

Bunga aglonema merah Red Sumatra memiliki julukan Pride of Sumatra dan mempunyai karakter yang berbeda dengan jenis yang lainnya. Karakter tersebut terletak pada coraknya yang bergaris. Harga Red Sumatra atau Pride of Sumatra pada saat ini berkisar Rp500 ribu sampai Rp1 juta untuk ukuran dewasa.

BACA JUGA: 20+ Manfaat Daun Saga, Tanaman Obat Bisa Cegah Diabetes

3. Aglonema Anyamanee

harga aglonema merah
flickr

Anyamanee merupakan hasil pengembangan bunga aglaonema yang dilakukan oleh pembudidayaan tanaman hias asal Thailand pada 2019. Maka dari itu, variasi yang satu ini termasuk jenis yang cukup mahal. Ciri khas dari Anyamanee adalah bentuk daun yang lebar serta memiliki warna lebih dari dua. Warna tersebut di antaranya adalah warna putih, hijau, dan merah.

Jumlahnya pun terbatas dan menjadi jenis yang cukup eksklusif. Harga untuk satu jenis tanamannya bisa mencapai puluhan juta jika sudah indukan. Namun, untuk harga bibit dari Anyamanee ini adalah sekitar Rp300 ribu.

4. Aglonema Harlequin

tanaman aglonema
pinterest

Harlequin merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sifatnya menyukai cahaya matahari. Jenis ini cukup berbeda dengan tanaman aglonema lainnya yang lebih menyukai tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari. Harlequin akan semakin terlihat mengkilap dan berwarna merah jika cahaya yang didapatkan semakin terang. Harga pasaran yang ditawarkan untuk satuannya sekitar Rp300 ribu.

BACA JUGA: Kenali Tanaman Keladi Tengkorak Populer & Cara Merawatnya

5. Aglonema Lipstick Siam Aurora

aglonema lipstik merah
nationbloom

Tidak dapat dipungkiri oleh apapun lagi soal kecantikan jenis tanaman hias yang satu ini. Daunnya yang berwarna merah akan tumbuh dengan lebat dan itu menjadi daya tarik utama dari Siam Aurora. Berbeda dengan suksom yang mempunyai warna hijau pada bagian pinggirnya, aglonema lipstik merah ini justru didominasi dengan warna merah atau merah muda pada pinggiran daunnya, sama seperti lipstik atau pemerah bibir. Harga yang ditawarkan dalam satu pot Lipstik Siam Aurora juga cukup terjangkau, yaitu di angka Rp25 ribu sampai Rp250 ribuan saja. 

6. Aglonema Red Kochin

aglonema kocin merah
tribuntimur

Dominasi warna merah semu seperti peach dan sekeliling daunnya terdapat guratan hijau merupakan ciri khas dari aglonema kocin merah atau Red Kochin. Ukuran dari daunnya bisa tumbuh dengan besar dan membulat, jika ditanam dalam sebuah media pot besar. Sama seperti kebanyakan jenisnya,

Red Kochin menyukai tempat yang teduh sehingga cocok diletakkan pada tempat yang terhindar sinar matahari secara langsung. Tanah humus atau kompos merupakan media tanam yang cocok untuk jenis ini. Siram tanaman hias ini minimal dua kali penyiraman dalam satu hari. Sementara untuk media tanamnya berupa pupuk, sebaiknya diberikan selama sekali dalam satu bulan.

Tangkai yang terdapat pada Red Kochin bentuknya memanjang dengan daun berbentuk oval dan memiliki ujung runcing. Saat usianya sudah dewasa, daunnya akan nampak menjuntai dengan indah serta rimbun. Jika merawatnya dengan baik, bentuk daun dari jenis ini akan semakin lebar, indah, dan tampak subur. Berikan pupuk secara berkala dan letakkan di tempat yang sesuai agar semakin terlihat keindahannya. 

Jika perawatannya kurang, Red Kochin akan mengalami pemudaran pada warna dan bentuk daunnya kurang lebar. Kuncinya adalah perawatan yang maksimal agar kochin semakin indah dan tegak sempurna. Harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp150 ribu-250 ribu, sehingga cocok untuk pecinta tanaman pemula.

BACA JUGA: 10 Jenis Aglaonema Langka, Tanaman Hias Cantik Paling Hitz

7. Aglonema Red Peacock

agronema
cnbc

Tanaman hias yang bisa dikenal dengan Widuri ini memiliki keunikan tersendiri yaitu berupa warna yang mencolok di tengah daunnya dan berwarna merah. Red Peacock juga didominasi dengan warna merah dan mempunyai semburat hijau yang menjadi ciri khasnya. Jenis yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pemula karena merawat serta menanamnya cukup mudah.

Jika warna merahnya semakin mendominasi dan cerah, maka harga yang ditawarkan pada agronema ini akan semakin tinggi. Untuk perawatannya, cukup dengan menyiramnya selama satu kali dalam sehari. Supaya akar tidak mengalami pembusukan, usahakan untuk tidak terlalu banyak menyiramnya dengan air. Daun juga akan menjadi gosong dan kering jika tanaman diletakkan pada sinar matahari secara langsung. Harga Red Peacock ini adalah sekitar Rp170 ribu sampai Rp900 ribu.

8. Aglonema Adelia

bunga aglo
gdm

Jenis Adelia mempunyai daun yang berbentuk lebih panjang serta ramping pada bagian ujungnya. Jenis tanaman hias yang satu ini memiliki bentuk daun yang hampir sama dengan jenis legacy. Daunnya dapat memanjang hingga 30 cm dengan dominan hijau tua sebagai corak utamanya. Bunga aglo Adelia juga memiliki bercak kekuningan dan pink yang terlihat tidak beraturan.

BACA JUGA: 18 Jenis Tanaman Hias Daun Cantik, Populer & Mudah Dirawat

9. Aglonema Legacy

Legacy
pinterest

Sekilas, aglonema merah legacy memiliki kemiripan dengan jenis widuri. Namun, perbedaanya adalah bentuk daun yang cenderung lebih lebar pada bagian pangkal. Ujung yang dimiliki dari daunnya tetap meruncing dan warna tulang daunnya cenderung merah kontras yang dikombinasikan dengan adanya warna hijau muda bermotif bercak. Warna yang cantik serta menawan tersebutlah yang menjadi daya tariknya. Harga yang ditawarkan dari jenis tanaman hias ini adalah di atas Rp50 ribuan.

10. Aglonema Cinta

cinta
pikiranjember

Para pecinta tanaman hias pasti kebanyakan menginginkan Sri Rejeki jenis Cinta ini karena bentuk daunnya sangat cantik dan menawan. Jenis ini dinamakan Cinta karena bentuk daunnya melengkung dan bagian kedua pangkalnya menyerupai hati. Sri Rejeki Cinta bisa fleksibel ditempatkan dimanapun, baik luar ruangan maupun di dalam ruangan. Harga aglonema merah jenis cinta dibanderol sekitar Rp130 ribu.

Selain mengetahui berbagai jenis aglonema merah, Sedulur juga perlu memperhatikan cara merawatnya agar bisa tumbuh dengan subur dan sehat. Sama seperti tanaman lainnya, jenis ini juga rentan terkena berbagai hama seperti serangga. Maka dari itu, usahakan untuk rutin membasmi hama dengan menyemprotkan pestisida. Pastikan juga kebutuhan vitamin tercukupi, ya.