timbangan duduk terbaik

Dalam menjalankan usaha sembako dan kelontong, biasanya kita akan membutuhkan alat seperti timbangan duduk untuk mendukung operasional. Timbangan duduk sendiri memiliki banyak fungsi dalam kegiatan bisnis sembako, dimana perhitungannya lebih akurat dan pas.

Bila Sedulur tidak familiar dengan timbangan ini, maka ciri utama timbangan ini yang pengukuran beratnya dengan menempatkan benda pada bagian atas timbangan. Dimana Sedulur akan mengetahui berat dagangan tepat sesuai ukuran.

Sekarang timbangan duduk digital sudah bisa ditemui dalam berbagai macam bentuk dengan kapasitas yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan timbangan duduk untuk keperluan bisnis maupun rumah tangga. Bahkan, sudah ada yang berbasis digital. Jika penasaran, simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Selai Cokelat Terbaik yang Bergizi

-->

1. Uphome Timbangan Digital Multifungsi 10 Kg

timbangan duduk terbaik
Pexels/Klaus Nielsen

Uphome Timbangan Digital Multifungsi yang mampu melakukan pengukuran dengan kapasitas maksimal mencapai 10 kilogram. Menurut review dari pengguna, timbangan duduk digital ini memiliki build quality yang baik.

Uphome sendiri menjamin hasil timbangan yang akurat, karena telah dilengkapi dengan sensor grade A. Tidak hanya itu saja, Uphome Timbangan Digital Multifungsi yang terbuat dari bahan ABS Plastic berkualitas ini juga telah dikalibrasi menggunakan anak timbangan berstandar F1.

2. Oxone Timbangan Dapur Digital

Produk timbangan duduk digital selanjutnya yaitu berasal dari merk Oxone. Beban maksimum yang bisa ditampung oleh produk ini adalah 5 kg. Terbuat dari bahan stainless steel dan desain yang elegan, membuat produk ini menjadi bahan incaran banyak orang.

Produk ini bisa Sedulur gunakan untuk menimbang aneka bahan makanan sesuai dengan kebutuhan. Hasilnya akan lebih akurat, di mana Sedulur bisa melihat langsung dari angka digital yang ditampilkan oleh timbangan tersebut.

Cocok sekali digunakan untuk kebutuhan dapur. Dengan demikian, makanan yang akan Sedulur olah jadi lebih sempurna takarannya. Sudah dilengkapi dengan LED display yang sangat membantu sekali selama menggunakannya.

Bahkan, sudah dilengkapi dengan termometer dan alarm timer. Tentunya, produk timbangan duduk digital merk Oxone ini tahan lama digunakan dan tidak mudah untuk berkarat.

Lebih mudah untuk digunakan dan pastinya sangat gampang dibersihkan ketika terlihat kotor. Meskipun, harga jualnya cenderung lebih mahal namun Sedulur lebih puas dalam segi pemakaiannya. Timbangan ini membuat dapur Sedulur terkesan lebih minimalis dan juga modern.

3. Krisbow Timbangan Barang Digital 150 Kg

Masih dengan timbangan duduk digital berkapasitas maksimal 150 kilogram, rekomendasi selanjutnya ini adalah produk dari merk ternama Krisbow. Brand ini mengeluarkan timbangan barang digital yang telah dilengkapi dengan kalkulator penghitung, yang mampu menimbang sekaligus menjumlahkan harga dari barang yang ditimbang.

Untuk itu, Krisbow timbangan barang digital ini sangat cocok untuk penggunaan di toko. Timbangan duduk digital dari Krisbow yang satu ini memiliki fitur auto on/off, yang dapat menyala atau mati secara otomatis.

Pengoperasian timbangan Krisbow ini sendiri menggunakan baterai yang dapat diisi ulang, sehingga akan sangat memudahkan bagi para penjual. Dengan akurasi pengukuran kurang lebih 1%, produk timbangan duduk yang satu ini tentu wajib untuk dipertimbangkan.

4. Arashi Timbangan Dapur Digital

Timbangan duduk digital yang bisa jadi pertimbangan yakni dari merk Arashi. Produk ini punya desain yang begitu elegan dan minimalis. Kesan modern pada timbangan duduk yang satu ini begitu terasa. Produk ini digunakan untuk kebutuhan dapur dan ditenagai oleh baterai AAA.

Timbangan ini telah dilengkapi dengan garansi produk selama 1 tahun dan kapasitas maksimalnya dalam menahan beban yaitu 5 kg. Satuan berat yang bisa digunakan pada timbangan ini antara lain ml, lb, oz, dan gr. Pada bagian layarnya terdapat tampilan indikator untuk overweight dan low battery.

Pada saat baterai lemah dan timbangan telah kelebihan muatan maka akan ditampilkan dengan nyala lampu indikator. Produk ini juga bisa Sedulur bawa kemana saja sesuai dengan kebutuhan. Hal ini berkat penggunaan baterai A3 yang membuat kinerja pada timbangan tersebut jadi lebih optimal.

Apabila Sedulur sudah selesai menggunakan timbangan, maka otomatis akan mati sendiri. Jadi, Sedulur tidak perlu repot-repot lagi untuk sekadar memastikan apakah timbangan sudah dalam keadaan mati atau belum. Hasil timbangan tentu saja jauh lebih akurat karena ditunjukkan dengan angka digital yang sangat membantu kamu.

5. Miisoo Timbangan Digital Mangkok

Rekomendasi timbangan duduk digital selanjutnya yang dapat menjadi pilihan adalah Miisoo Timbangan Digital Mangkok. Seperti namanya, timbangan digital ini memiliki wadah berupa mangkok, sehingga dapat digunakan untuk menimbang bahan yang berbentuk butiran, seperti gula, tepung, beras, maupun bahan lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Miisoo Timbangan Digital Mangkok ini dapat menampung kapasitas maksimal 5 kilogram, dengan ketelitian 1 gram. Selain itu, terdapat pilihan 2 jenis ukuran yaitu gram dan ons, yang dapat diganti-ganti sesuai kebutuhan. Untuk pengoperasiannya sendiri, timbangan duduk digital terbaik dari Miisoo ini memerlukan 2 baterai AAA.

6. Kova I-2000 Digital Scale

timbangan duduk terbaik
Unsplash/Vincent Ghilione

Butuh timbangan duduk digital yang mampu menimbang bumbu, serbuk kopi/teh, atau serbuk obat dengan ukuran yang pas dan lebih akurat? Jika iya, maka timbangan digital yang satu ini dapat menjadi pilihan yang paling tepat.

Kova I-2000 Digital Scale mampu menghitung dengan hasil yang sangat akurat dan jarang meleset, dengan ukuran berat mulai dari 0,1 gram sampai 3 kilogram. Produk ini memiliki desain yang sangat minimalis dan modern, sehingga tidak akan mengganggu pemandangan di dapur.

Selain itu, bentuknya yang ringkas menjadikan timbangan ini sangat ringan dan mudah dibawa ke mana saja.

7. Hasston Prohex Timbangan Duduk Electric 30 Kg

Rekomendasi produk timbangan duduk selanjutnya adalah Hasston Prohex Timbangan Duduk Electric 30 Kg. Produk dari Hasston ini memiliki ukuran yang sedang, namun tatakannya cukup luas untuk menampung banyak barang, dengan total berat mencapai 30 kilogram.

Tatakan dari timbangan ini juga memiliki desain yang rata, sehingga akan memudahkan proses pembersihan. Tidak hanya itu, rangka dari timbangan duduk digital terbaik ini juga terbilang sangat kokoh, sehingga akan sangat membantu untuk keperluan menimbang barang berat sehari-hari.

Hadir dalam warna kuning yang cerah, Hasston Prohex Timbangan Duduk Electric ini sangat cocok untuk berbagai kebutuhan sehari-hari.

8. Nankai Timbangan Duduk Digital Kotak 5 Kg

Pilihan ketiga produk timbangan duduk digital adalah buatan merk Nankai. Merk perkakas dan elektronik rumah tangga yang berasal dari Jepang ini memiliki beberapa produk timbangan duduk berkualitas, salah satunya adalah Nankai Timbangan Duduk Digital Kotak, dengan kapasitas mencapai 5 kg.

Timbangan duduk digital terbaik ini hadir dengan tatakan mangkuk yang terbuat dari bahan kaca akrilik. Kapasitasnya yang mencapai 5 kg menjadikan timbangan Nankai ini cocok untuk kebutuhan menimbang bahan makanan di dapur, baik itu buah, beras, sayuran, tepung, dan lainnya.

Timbangan duduk digital dari Nankai hadir dengan warna hijau lime, serta beroperasi dengan menggunakan 3 buah baterai AAA.

9. Tora Scale Plate 150 Kg

Untuk kebutuhan menimbang barang dengan ukuran yang lebih besar dan lebih berat, maka produk timbangan duduk digital dari Tora inilah yang paling cocok untuk digunakan. Produk-produk Tora sendiri memang sudah teruji dari segi kualitas, termasuk kualitas produk timbangan digital miliknya.

Adapun timbangan yang dimaksud adalah Tora Scale Plate memiliki kapasitas maksimal hingga 150 kilogram. Tora Scale Plate telah mendukung tampilan LED di bagian depan dan belakang layar, untuk memudahkan pemakaian. Adapun baterai yang digunakan pada timbangan duduk digital terbaik ini adalah jenis baterai yang dapat diisi ulang.

10. FixScale BS T7 Timbangan Duduk Digital 700 Kg

Pilihan timbangan duduk digital yang terakhir adalah FixScale BS T7 Timbangan Duduk Digital. Timbangan yang satu ini memiliki kapasitas maksimal yang sangat besar, yaitu mencapai 700 kilogram.

Dengan kerangka yang terbuat dari besi padu berkualitas tinggi, timbangan duduk yang satu ini tentu akan kuat menahan beban yang berat dalam kapasitas yang tertera. Indikator timbangan duduk digital terbaik ini hadir dengan tampilan LCD dengan lampu berwarna biru.

Adapun body dari indikator tersebut terbuat dari bahan ABS Plastik yang berkualitas tinggi. FixScale BS T7 Timbangan Duduk Digital membutuhkan kalibrasi eksternal untuk mendapatkan hasil pengukuran yang lebih akurat.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Tepung Panir Terbaik dan Terbaru di 2023

11. Lottol Timbangan Duduk Digital 150 Kg

timbangan duduk terbaik
Unsplash/Vlad Kutepov

Rekomendasi timbangan duduk digital dengan kapasitas besar berikutnya adalah produk dari Lottol. Timbangan duduk digital dari Lottol ini mampu menampung beban maksimal hingga 150 kilogram, sehingga tepat untuk penggunaan di pabrik, toko, maupun industri lainnya yang membutuhkan.

Lottol Timbangan Duduk Digital memiliki beberapa kelebihan yang patut dipertimbangkan. Kelebihan ini mencakup material dari timbangan itu sendiri yang menggunakan stainless steel, sehingga sangat kuat menahan beban.

Timbangan duduk digital terbaik ini juga telah dilengkapi dengan sensor dengan akurasi tinggi, serta memiliki masa standby yang panjang yaitu mencapai 90 hari lamanya.

12. Barokah Type TCS Timbangan Duduk Digital 500 Kg

Beralih ke rekomendasi produk timbangan duduk digital dengan kapasitas yang lebih besar lagi, ada Barokah Type TCS Timbangan Duduk Digital. Kapasitas dari timbangan duduk yang satu ini adalah 100-500 kilogram, dengan akurasi 50-200 gram. Timbangan digital Barokah juga menggunakan baterai yang dapat diisi ulang.

Fitur yang dimiliki oleh timbangan duduk digital terbaik yang satu ini adalah double LED display, yaitu pada bagian depan dan belakang indikator. Body indikatornya sendiri telah menggunakan dari bahan stainless steel yang terkenal kokoh dan tahan lama.

Tidak hanya itu saja, fitur favorit dari timbangan duduk digital yang satu ini adalah dapat menyimpan harga.

13. BENZ BZ-030 Timbangan Duduk Digital 30 Kg

Timbangan Digital Benz dengan kapasitas 30 kg yang sudah dilengkapi dengan teknologi yang bisa secara otomatis dapat menghitung harga barang itu sendiri. Dengan tampilan double display di sisi depan dan belakangnya.

Mempunyai satuan ukur 10 gram yang sudah bersertifikasi tera yang terjamin dan presisi. Mempunyai jenis baterai Lithium-ion dengan jenis layar LED dengan waktu stand by 15 – 21 Hari. Untuk tatakannya terbuat dari bahan stainless steel ukuran 32,5 x 23 cm, sedangakan body nya terbuat dari bahan plastik ABS.

Timbangan duduk ini sangat cocok untuk digunakan di toko kelontong, toko buah, toko modern, laundry kiloan, pasar makanan, pabrik, maupun industri menengah. Timbangan ini juga mempunyai tombol-tombol seperti pada tombol kalkulator untuk menghitung. 

BACA JUGA: 16 Merek Mie Kuah Pedas dari Berbagai Negara, Wajib Dicoba

Tips Memilih Timbangan Duduk Digital

Pexels/наталья селезнева

Sebelum membeli timbangan duduk digital, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini tentunya dimaksudkan untuk mencegah adanya hal-hal yang tidak sesuai dengan kebutuhan, seperti dari segi kapasitasnya. Untuk itu, simak terlebih dahulu penjelasan tips berikut ini.

1. Tentukan Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Tips paling pertama yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli timbangan duduk digital yaitu menentukan kapasitas timbangan sesuai kebutuhan. Pasalnya ada banyak jenis timbangan duduk dengan kapasitas yang berbeda-beda mulai dari 5 kg, 10 kg, 30 kg, 100 kg, bahkan 500 kg. 

Apabila timbangan duduk digital hanya digunakan untuk keperluan dapur seperti menimbang tepung, gula, atau bahan dapur lainnya, maka tidak perlu timbangan dengan kapasitas besar. Cukup beli timbangan duduk digital terbaik dengan kapasitas 5 atau 10 kg saja. 

Namun, jika timbangan duduk dibutuhkan untuk menimbang barang yang berat seperti karung, maka perlu kapasitas yang besar juga. Bisa dipertimbangkan timbangan dengan kapasitas 150 kg hingga 500 kg.

2. Pastikan Keakuratan Timbangan

Salah satu hal penting yang wajib diperhatikan ketika membeli timbangan duduk digital yaitu keakuratannya. Sebaiknya, pilih timbangan duduk digital yang memiliki tingkat ketelitian hingga 0,1 gram. Pasalnya, ada beberapa timbangan duduk digital yang tidak mampu mendeteksi 0,1 gram sehingga dibulatkan ke angka terdekat.

Jika digunakan untuk menimbang 100 gram, selisih 1 ataupun 0,1 gram tidak terlalu bermasalah. Akan tetapi, hal ini akan bermasalah jika digunakan untuk menimbang bahan-bahan dapur yang perlu keakuratan. Contohnya, bahan yang memiliki berat antara 1,5 gram hingga 2,4 gram terkadang dibulatkan menjadi 2 gram.

3. Perhatikan Materialnya

Ada dua jenis material yang sering digunakan pada timbangan duduk digital yaitu plastik dan metal. Pemilihan material ini bisa disesuaikan dengan kapasitas timbangan yang dibutuhkan.

Apabila hanya membutuhkan timbangan dengan kapasitas kecil yang digunakan untuk menimbang bahan-bahan yang ringan, maka material plastik sudah cukup kokoh. Namun, jika membutuhkan timbangan duduk dengan kapasitas besar untuk menimbang beban yang berat, maka pilih material metal.

Hal ini bertujuan agar timbangan tidak meleyot saat digunakan. Ada baiknya juga pilih timbangan berbahan stainless steel agar aman dari karat.

4. Perhatikan Garansi

Perlu untuk diperhatikan ketika membeli timbangan duduk digital yaitu kartu garansi. Ini menjadi penting, terutama jika membeli timbangan duduk digital dengan harga yang terbilang mahal.

Pasalnya, timbangan bisa saja rusak tiba-tiba karena masalah teknis lainnya. Jika tidak ingin rugi, maka kartu garansi ini menjadi solusi yang tepat. Kartu garansi ini merupakan jaminan yang diberikan oleh distributor atau pabrik pembuat timbangan duduk digital.

Apabila terjadi kerusakan pada timbangan duduk digital yang dibeli, distributor atau pabrik pembuatnya akan bertanggung jawab memperbaikinya. Bahkan, distributor atau pabrik pembuatnya bisa saja menggantinya dengan produk yang baru.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Minuman Soda Segar Paling Diminati

Tips Merawat Timbangan

timbangan duduk terbaik
Pexels/Dmity Egorov

Timbangan digital umumnya bersifat sangat sensitif, dalam artian adanya benturan atau kesalahan saat penggunaan mungkin saja berakibat pada kerusakan atau menyebabkan timbangan tidak dapat mengukur dengan akurat lagi.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, maka timbangan akan lebih awet dan tahan lama. Untuk itu, berikut ini tips merawatnya.

1. Gunakan sesuai kapasitas

Tips pertama yang perlu diterapkan agar timbangan duduk digital bisa awet yaitu menggunakannya sesuai kapasitas. Jika timbangan digital digunakan untuk menimbang beban lebih dari kapasitasnya, maka bobotnya tidak bisa ditampilkan. 

2. Hindari terkena air

Kebanyakan timbangan duduk digital sudah tahan air sehingga tidak rusak saat terkena air. Walaupun begitu, masih ada kemungkinan produk-produk digital bisa saja mengalami kerusakan saat terkena air. 

3. Pastikan keamanan tempat peletakan timbangan

Saat hendak menggunakan timbangan duduk digital, pastikan lebih dahulu tempat peletakannya rata. Tidak hanya itu, pastikan juga tempat peletakannya tidak terbuat dari bahan yang lunak sehingga bisa rusak saat digunakan menimbang. Hal ini diperlukan agar timbangan digital bisa stabil sehingga mampu mengukur dengan akurat.

4. Bersihkan secara berkala

Timbangan duduk digital perlu dibersihkan secara berkala. Pembersihan ini bertujuan untuk menghilangkan debu dan juga kotoran yang menempel. 

Itulah tadi beberapa rekomendasi timbangan duduk terbaik yang bisa menjadi pilihan. Semoga artikel ini bisa membantu ya. Oia, apabila Sedulur sudah memiliki toko kelontong atau sembako dan sedang ingin mencari rekomendasi tempat belanja terbaik, kamu bisa mencoba SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.