contoh minuman soda

Bagi banyak orang, minuman soda sering menjadi pilihan penyegar saat dahaga. Karena jenis minuman yang satu ini memang cocok diminum dalam berbagai keadaan, tidak heran jika ada banyak contoh minuman soda yang ditemukan di pasar.

Usut punya usut, minuman soda pertama yang ada di Indonesia justru buatan lokal. Pada awalnya, minuman soda tersebut hadir pada tahun 1920-an di daerah Pematang Siantar, Sumatera Utara. Dengan sensasi segar dan menggelitik tenggorokan, minuman ini begitu dicari orang-orang saat itu.

Seiring dengan perkembangannya, kini ada berbagai merk minuman soda internasional yang masuk ke Indonesia. Bahkan industri tersebut kian bersaing ketat di tanah air. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi minuman soda terbaik di dunia, terutama di Indonesia.

BACA JUGA: Resep Es Cappucino Cincau Jelly, Minuman yang Disenangi Anak Kecil

Apa itu Minuman Soda?

Unsplash/Qasim Malick

Sebelum itu, mungkin di sini masih ada yang belum paham pasti apa itu minuman soda. Jadi, minuman soda atau sering disebut minuman ringan berkarbonasi, adalah jenis minuman yang memiliki kandungan karbon dioksida (CO2) yang memberikan efek berkarbonasi atau berbusa.

Karbon dioksida ditambahkan ke minuman tersebut untuk menciptakan rasa dan sensasi berkarbonasi yang menyegarkan. Minuman soda biasanya memiliki rasa manis dan biasanya mengandung berbagai bahan tambahan seperti pemanis, perasa, pewarna, dan bahan pengawet.

Manfaat Minuman Soda

contoh minuman soda
Pexles/Karolina Grabowska

Meskipun dikenal memiliki berbagai kontroversi terkait dampak kesehatannya, ternyata minuman soda juga memiliki sisi positif atau kebaikan tertentu. Misalnya seperti penghilang dahaga, pilihan rasa yang beragam, penyegar dan pemacu energi, sensasi yang seru, dan lain sebagainya.

Walau terdapat sisi baik, konsumsi minuman soda yang berlebihan juga dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan, terutama terkait dengan risiko obesitas, penyakit diabetes, dan gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi minuman soda secara bijak dan seimbang.

BACA JUGA: 7 Resep Kreasi Minuman Milo ala Kafe, Gampang Dibuat!

Contoh Minuman Soda

contoh minuman soda
Pexels/Sebastian Coman

Bicara tentang minuman soda, untuk saat ini sudah ada banyak sekali merk minuman soda yang bisa ditemukan di pasar. Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari contoh minuman soda terbaik, maka berikut ini beberapa merk yang direkomendasikan!

1. Coca-Cola

Coca-Cola merupakan contoh minuman soda yang sangat terkenal dan menjadi salah satu merek minuman paling ikonik di dunia. Coca-Cola dikenal dengan rasa cola-nya yang khas. Rasa ini dihasilkan dari perpaduan ekstrak tanaman, termasuk daun kola dan bahan-bahan alami lainnya.

Coca-Cola hadir dalam berbagai kemasan, termasuk botol kaca, botol plastik, kaleng aluminium, dan kemasan sekali pakai. Kemasan dan desain botol Coca-Cola telah menjadi ikonik dan mudah dikenali.

2. Fanta

Contoh minuman soda yang tidak kalah terkenal adalah Fanta. Fanta sendiri dikenal dengan berbagai varian rasa buah-buahan yang menyegarkan. Beberapa varian rasa Fanta yang populer antara lain Fanta Orange, Fanta Grape, Fanta Strawberry, dan Fanta Pineapple.

Setiap varian Fanta memiliki warna yang khas, seperti warna oranye untuk Fanta Orange, ungu untuk Fanta Grape, dan sebagainya. Warna yang cerah membuatnya mudah dikenali.

3. Sprite

Sprite dikenal dengan rasa lemon-lime yang segar dan ringan. Rasa ini berasal dari perpaduan rasa lemon dan lime yang memberikan kesegaran khas. Seperti minuman soda pada umumnya, Sprite memiliki karakteristik berkarbonasi yang memberikan sensasi buih dan rasa yang menyegarkan saat diminum.

Berbeda dengan minuman bersoda berwarna gelap seperti cola, Sprite memiliki warna jernih. Hal ini membuatnya memiliki tampilan yang bersih dan transparan.

4. Big Cola

Big Cola telah menjadi merek minuman bersoda global yang dapat ditemukan di berbagai negara. Ciri khas dari Big Cola adalah ukuran kemasannya yang lebih besar dibandingkan dengan banyak merek soda lainnya, sehingga memberikan lebih banyak minuman dalam satu kemasan.

Selain varian rasa cola, Big Cola mungkin juga menawarkan varian rasa lainnya, seperti cola ringan atau varian rasa buah-buahan.

5. Pepsi

Pepsi menghadirkan rasa cola khas tidak kalah menarik dari Coca-Cola. Rasa ini dihasilkan dari perpaduan bahan-bahan rahasia yang menciptakan identitas rasa unik bagi merek ini. Pepsi bersaing ketat dengan Coca-Cola dalam industri minuman bersoda.

Selain Pepsi-Cola klasik, PepsiCo juga memproduksi berbagai varian seperti Diet Pepsi (rendah kalori), Pepsi Max (tanpa gula), dan berbagai varian rasa buah-buahan.

6. Dr Pepper

Unsplash/Blake Wisz

Dr Pepper adalah contoh minuman soda yang dikenal dengan rasanya yang unik dan tidak dapat dibandingkan dengan minuman soda cola tradisional. Rasa yang dihadirkan ini, dianggap sebagai kombinasi antara rasa buah-buahan, rempah-rempah, dan herbal.

Dr Pepper diiklankan sebagai minuman dengan 23 flavors, yang merujuk pada campuran bahan-bahan rahasia yang memberikan rasa khas minuman ini.

7. Mountain Dew

Mountain Dew dikenal dengan rasa utamanya yang berasal dari kombinasi citrus, khususnya lemon dan lime. Minuman ini juga mengandung kafein, sehingga memberikan efek penyegaran dan merangsang. Hal itu juga yang membuatnya diklaim sebagai minuman yang memberikan energi tinggi.

Menariknya lagi, beberapa varian produk bahkan memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi daripada minuman bersoda pada umumnya.

8. 7UP

7UP hadir dengan rasa lemon-lime yang ringan dan menyegarkan. Rasa yang dimilikinya tersebut membuatnya menjadi minuman yang cocok sebagai penyegar ketika dahaga.

7UP memiliki warna jernih dan seringkali diidentifikasi dengan gelembung halus yang memberikan sensasi ringan saat diminum. Pada beberapa varian tertentu, 7UP juga hadir dalam bentuk bubuk yang dapat dicampur dengan air untuk membuat minuman tertentu.

9. A&W Root Beer

Sesuai dengan namanya, A&W Root Beer memiliki rasa khas root beer, yang dihasilkan melalui kombinasi rempah-rempah seperti wintergreen, sassafras, licorice, dan vanila. Rasa ini memberikan karakteristik minuman root beer yang unik.

Selain disajikan di restoran khusus A&W, A&W Root Beer juga dipasarkan dalam kemasan ritel seperti botol plastik, kaleng aluminium, dan kemasan sekali pakai.

10. Schweppes

Schweppes memiliki produk utama berupa tonic water, yang digunakan secara luas sebagai campuran untuk minuman-minuman beralkohol, terutama gin. Tonic water dari Schweppes ini memiliki rasa khas yang menyegarkan dengan hint amarum.

Selain tonic water, Schweppes juga memproduksi berbagai minuman berkarbonasi lainnya seperti soda, ginger ale, lemon-lime soda, dan berbagai varian rasa.

11. Mirinda

Mirinda adalah salah satu contoh minuman soda dengan rasa buah-buahan yang menyegarkan. Varian rasa yang umum termasuk jeruk, stroberi, anggur, dan varian buah lainnya. Mirinda juga dikenal dengan warna yang unik di setiap varian rasanya.

Bukan hanya warna-warni cerah pada setiap varian rasa, kemasannya juga memiliki desain yang menarik. Desain kemasannya mencerminkan sifat yang segar dan berenergi dari minuman ini.

12. Sarsi

Sarsi merupakan minuman soda dengan rasa sarsaparilla yang khas. Rasa ini berasal dari ekstrak akar sarsaparilla, yang memberikan minuman ini karakteristiknya yang unik. Sarsi juga memiliki aroma yang khas dengan kandungan herbal yang memberikan kesan kesehatan.

13. Liven Up

contoh minuman soda
Unsplash/Montatip Lilitsanong

Liven Up merupakan minuman bersoda yang juga wajib Sedulur coba. Walaupun sebagai produk baru, Liven Up memiliki dua rasa soda yang sangat menyegarkan yaitu lemon dan cla. Dengan kemasan yang sangat praktis, minuman ini tentunya bisa dibawa kemanapun.

Sedulur juga tidak repot untuk bisa menemukan Liven Up karena tersedia di banyak toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian, sisi baik, dan juga contoh minuman soda yang bisa ditemukan di pasaran. Kendati menghadirkan beberapa hal positif, Sedulur juga tidak boleh akan dampak negatif yang bisa ditimbulkan.

Beberapa dampak negatif pada kesehatan dari mengkonsumsi minuman soda berlebihan seperti meningkatnya risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan masalah kesehatan lainnya. Untuk itu, disarankan untuk mengonsumsi minuman ini dengan batasan tertentu.