tepung panir terbaik

Tepung terbuat dari bahan nabati seperti gandum, singkong, dan jagung. Umumnya, tepung memiliki tekstur yang halus akibat proses penggilingan. Namun, ada satu jenis tepung yang memiliki tekstur berbeda yaitu tepung panir terbaik.

Tepung panir sendiri sering disebut juga sebagai tepung roti. Berbeda dengan kebanyakan jenis tepung-tepungan lainnya yang memiliki tekstur lembut dan halus, tepung ini justru memiliki tekstur kasar dan berbentuk butiran besar yang mirip seperti biji gandum utuh.

BACA JUGA: 12 Merk Tepung Terigu Protein Tinggi Terbaik di 2023!

Jenis Tepung yang Banyak Dijual

tepung panir terbaik
Pexels/Geraud Pfeiffer

Tepung memiliki jenis yang berbeda-beda, tergantung dengan bahan dasarnya. Semua jenis tepung telah beredar di pasaran. Sebelum membeli tepung, Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu tepung seperti apa yang sedang Sedulur butuhkan. Berikut ini jenis-jenis tepung yang biasa Sedulur temukan di pasaran.

1. Tepung terigu

Tepung terigu adalah tepung yang terbuat dari bahan gandum. Tepung jenis ini telah ada sejak zaman dahulu, karena gandum adalah jenis biji-bijian pertama yang ditanam oleh manusia.

Hal inilah yang menjadikan makanan yang terbuat dari tepung terigu telah dijadikan makanan pokok di berbagai negara di dunia. Kenapa tepung terigu? Tepung terigu mengandung gizi yang tinggi, selain itu mudah ditemukan dan mudah untuk diolah.

2. Tepung maizena

Tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari bahan dasar jagung. Jenis tepung ini sangat jarang digunakan sebagai bahan dasar kue atau roti. Biasanya tepung maizena dimanfaatkan untuk membuat sup atau saus agar lebih kental.

Tepung maizena tidak mengandung gluten sedikit pun, sehingga sangat aman untuk penderita disease atau gluten intolerance. Biasanya tepung jenis ini dicampurkan dengan tepung tapioka untuk membuat gorengan menjadi lebih renyah.

3. Tepung beras

Seperti namanya, jenis tepung ini terbuat dari beras yang dihaluskan. Tepung beras biasanya dimanfaatkan untuk bahan dari kue tradisional, seperti serabi, kue putu, dan kue mangkok. Selain di Indonesia, tepung beras juga dimanfaatkan sebagai olahan makanan di negara lain.

4. Tepung sagu

Tepung sagu adalah tepung yang memiliki sifat tepung pati dan terbuat dari pohon sagu. Dikarenakan bahan dan cara pengolahannya yang lebih sulit, harga dari tepung ini lebih tinggi dari jenis tepung lainnya.

Tepung jenis ini biasanya digunakan untuk membuat pempek, bakso, siomay, dan batagor. Tepung sagu dijadikan makanan pokok oleh masyarakat yang tinggal di kawasan timur Indonesia. Hal ini dikarenakan pohon sagu sangat banyak ditemukan di sana.

5. Tepung roti

Tepung roti adalah tepung yang memiliki tekstur yang kasar dan memiliki dua warna, yaitu putih dan oranye. Tepung yang juga dikenal dengan nama tepung panir ini terbuat dari roti tawar yang dikeringkan dan ditumbuk. Tepung roti ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan membuat lapisan gorengan, seperti risoles, bitterballen, kroket dan katsu.

BACA JUGA: 10 Merek Vanilla Cream untuk Kue Kering Terbaik

Perbedaan Tepung Roti dan Tepung Panir

tepung panir terbaik
Pexels/Klaus Nielsen

Tepung roti dan tepung panir adalah bahan makanan yang sering orang gunakan sebagai lapisan gorengan supaya renyah. Contohnya, risoles, kroket, nugget, dan lain-lain. Biasanya, kedua jenis tepung tersebut dipakai terakhir sebelum makanan digoreng. 

Meski sama-sama untuk balutan gorengan, keduanya memiliki bahan dasar dan kegunaan yang berbeda. Yuk, cari tahu perbedaannya agar Sedulur bisa menggunakan jenis tepung yang tepat untuk masakanmu!

1. Kandungan nutrisi

Dalam 100 gram tepung panir memiliki kandungan energi sebesar 333 kalori dan 10 gram protein. Natrium dalam tepung panir berjumlah 283 miligram dengan karbohidrat total sebanyak 73,33 gram.

Sedangkan untuk dalam 50 gram tepung roti mengandung 180 kalori, lemak 1 gram, karbohidrat 41 gram, dan protein 4 gram.

2. Bahan pembuatnya

Kedua tepung ini sama-sama terbuat dari roti. Namun, ada beberapa hal yang membedakannya. Tepung roti terbuat dari bagian tengah roti yang yang digiling halus hingga menjadi butiran.

Sedangkan tepung panir terbuat dari pinggiran roti yang dikeringkan, kemudian digiling halus dengan ukuran yang lebih kecil daripada tepung roti.

3. Fungsi dan penggunaan

Jenis tepung roti memiliki rasa yang netral, sehingga bisa Sedulur gunakan baik untuk gorengan yang gurih, seperti tempura seafood atau katsu ayam, maupun yang manis, seperti nugget pisang.

Sementara itu, tepung panir bisa Sedulur gunakan untuk membuat gorengan, seperti risoles, kroket, pisang pasir, dan lain-lain. Selain itu, tepung panir juga bisa Sedulur gunakan sebagai taburan seperti pada pastel tutup atau bahan campuran dalam adonan, seperti pada rolade.

4. Tekstur tepung

Warna tepung roti cenderung putih. Namun, ada juga sebagian bahan ini yang dicampur dengan pinggiran roti, sehingga memberi warna kuning pada tepung. Karena teksturnya kasar dan butirannya lebih besar, tepung roti bisa membuat makanan menjadi lebih crispy.

Sedangkan, warna panir lebih cokelat. Sebagai balutan makanan, tepung panir bisa memberikan hasil gorengan yang terasa lembut dan berpasir. Warna gorengan pun menjadi lebih cantik keemasan.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Susu Full Cream Terbaik Sesuai Kebutuhan

Cara Memilih Tepung Panir yang Bagus

Unsplash/Sonia Nadales

Lantaran saking banyaknya merek yang dijual di pasaran, tentu Sedulur harus pintar-pintar dalam memilih produk yang bagus. Di bawah ini merupakan beberapa tips dan cara yang bisa Sedulur lakukan ketika memilih tepung panir. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Jangan lupa memperhatikan kualitasnya

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika memilih merek tepung panir adalah memperhatikan kualitasnya. Dalam hal ini, Sedulur bisa mengetahui kualitas terbaik dengan cara melihat tekstur dari tepung panir itu sendiri.

Merek tepung panir dengan kualitas terbaik biasanya menyajikan produk tepung panir yang memiliki tekstur baik dan kering, tidak menggumpal, basah, dan keras, serta tidak berbau tengik.

2. Memilih tekstur sesuai kebutuhan

Saat ini ada banyak sekali merek tepung panir di pasaran, yang menyajikan berbagai macam produk tepung panir dengan tekstur yang bervariasi mulai dari paling halus hingga paling kasar.

Untuk itu, Sedulur perlu menyesuaikan kebutuhan penggunaan tepung panir dengan teksturnya. Apabila Sedulur menginginkan gorengan yang terasa renyah dan gurih, maka tekstur kasar bisa menjadi pilihan, dan begitupun sebaliknya.

3. Memastikan tanggal kedaluwarsa

Setiap Sedulur membeli produk makanan kemasan, termasuk memilih merek tepung panir terbaik, memastikan tanggal kadaluarsa adalah hal yang tidak bisa terlewatkan.

Sedulur bisa mengecek tanggal kadaluarsa ini pada kemasan produk ataupun memastikan langsung dari kondisi tepung panir itu sendiri, apakah berjamur, berkutu, ataupun memiliki kemasan yang bocor.

4. Mengetahui beda tepung panir dan tepung roti

Banyak yang mengabaikan perbedaan tepung panir dan tepung roti. Padahal mengetahui beda tepung panir dan tepung roti ini adalah penting agar tidak salah pilih ketika menggoreng makanan.

Meskipun tidak banyak, namun beda tepung panir dan tepung roti terletak pada bahan pembuatnya. Tepung panir dalam hal ini terbuat dari bagian pinggiran roti yang dikeringkan, sehingga memiliki warna yang lebih gelap. Adapun tepung roti terbuat dari roti segar tanpa kulit, dan memiliki warna yang lebih cerah.

5. Memilih bahan baku utama

Meskipun biasanya bahan baku utama pembuat tepung panir adalah roti, namun Sedulur perlu mengetahui bahwa kini sudah banyak produsen yang menggunakan ampas tahu dan bahkan beras sebagai bahan baku pembuatan tepung panir, karena memiliki lebih sedikit gula di dalamnya.

Sedulur tinggal menyesuaikan pemilihan bahan baku utama ini berdasarkan preferensi. Selain itu, jangan lupa untuk menghindari merek tepung panir yang mengandung bahan aditif agar tidak membahayakan kesehatan Sedulur dan keluarga.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Santan Kental Instan Kualitas Terbaik

Rekomendasi Tepung Panir Terbaik

tepung panir terbaik
Pexels/Jonathan Borba

Selama ini tepung panir banyak digunakan sebagai pelengkap lapisan paling luar untuk pembuatan kue-kue yang dimasak dengan cara digoreng seperti kroket, risoles, nugget dan salah satu hidangan makanan khas Jepang yang bernama tempura.

Meskipun secara umum tepung panir terbaik berbentuk jauh lebih kasar apabila dibandingkan dengan berbagai jenis tepung lainnya kecuali tepung gandum, tapi secara varian, pada masing-masing merek juga memiliki ukuran kekasaran dan juga warna yang berbeda-beda.

Saat ini di pasaran banyak sekali merek tepung panir yang dijual bebas. Mungkin beberapa dari Sedulur juga bingung dalam memilihnya. Untuk itu, berikut ini rekomendasi tepung panir terbaik yang bisa menjadi pertimbangan untuk dicoba!

1. Mamasuka Tepung Roti Mix

Siapa yang tidak kenal dengan merek tepung panir yang direkomendasikan berikut ini, yakni Mamasuka. Telah lama Mamasuka hadir menemani para ibu Indonesia di dapur dalam menyajikan makanan lezat untuk keluarga, termasuk dalam menyediakan tepung panir terbaik untuk berbagai jenis cemilan gorengan.

Dalam hal ini, produk merek tepung panir Mamasuka tersedia dalam varian white yang memiliki tekstur lebih garing dan mampu menjaga kerenyahan masakan Sedulur bahkan setelah mendingin, serta tepung roti mix yang merupakan perpaduan varian white dan orange.

Pada kemasan dengan berat 200 gramnya, Sedulur sudah bisa melihat gambar risoles yang terlihat sedap, renyah dan garing ketika digoreng menggunakan tepung panir yang satu ini.

2. Fiesta Crispy Crumbs 

Rekomendasi selanjutnya tidak kalah bagusnya dari merek tepung panir terbaik di atas karena berasal dari merek populer yang sudah sangat terkenal karena produk nuggetnya, yaitu Fiesta. Kali ini, Fiesta mengeluarkan produk tepung panir yang diberi nama Fiesta Crispy Crumbs, yang cocok untuk nugget atau risoles Sedulur.

Untuk kualitasnya sendiri, tentu Sedulur sudah tidak perlu meragukan merek yang satu mudah didapatkan di mana-mana ini, karena menggunakan bahan-bahan berkualitas dengan proses pembuatan menggunakan teknologi tinggi.

Alhasil, masakan Sedulur akan tampak keemasan ketika digoreng dan terasa lebih renyah, krenyes, dan enak seperti halnya mengkonsumsi nugget produksi Fiesta, ketika dikonsumsi bersama anak dan keluarga di rumah.

3. J Food Tepung Roti

Sedang mencari rekomendasi merek tepung panir yang bagus dan memiliki kualitas terbaik? Jika iya, J Food Tepung Roti yang tersedia dalam kemasan eceran dan kiloan ini bisa menjadi alternatif untuk Sedulur.

Karena memiliki mutu dan kualitas terbaik, merek tepung panir berikut ini tidak hanya bisa membuat gorengan garing, renyah dan gurih, akan tetapi juga mampu memberikan aroma yang lebih harum, lembut, dan akan menggugah selera siapa pun yang menciumnya.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena J Food Tepung Roti dibuat menggunakan roti tawar terbaik yang dipanggang di dalam oven dan tidak akan menyerap minyak secara berlebih ketika digoreng. Jadi, cocok untuk menjadi pilihan dapur Sedulur.

4. Kobe Breadcrumbs Tepung Roti

Merek tepung panir yang direkomendasikan berikutnya ini sudah cukup populer dalam memproduksi tepung bumbu untuk gorengan, mulai dari tepung pisang goreng, tempe goreng, bakwan, ayam goreng, tepung serbaguna, hingga tepung panir.

Diberi nama Kobe Breadcrumbs Tepung Roti, produk yang satu ini sangatlah cocok untuk digunakan sebagai pelapis gorengan Sedulur agar memiliki penampilan yang lebih menggugah selera, serta nikmat dan renyah ketika dikonsumsi.

merek tepung panir yang memiliki tekstur halus ini juga bisa menempel dengan sempurna di gorengan, sehingga Sedulur tidak perlu berhadapan dengan permasalahan remahan tepung panir yang rontok.

Tersedia dalam kemasan plastik yang ekonomis dengan berat 270 gram, merek tepung panir Kobe Breadcrumbs Tepung Roti ini bisa Sedulur temukan dengan mudah di berbagai pusat perbelanjaan atau di minimarket dengan harga yang sangat terjangkau.

5. Tepung Roti Mega Kharisma

Rekomendasi merek tepung panir yang bagus untuk risoles dan nugget Sedulur adalah Tepung Roti Mega Kharisma. Sebagaimana tepung panir pada umumnya, merek yang satu ini memiliki bentuk yang kasar sehingga cocok untuk menggoreng masakan Sedulur yang bertekstur, gurih, dan renyah ketika digigit.

Produk ini paling pas untuk nugget atau risoles, atau bahkan gorengan lainnya seperti udang goreng, kroket, ayam goreng dan makanan sejenis lainnya. Tepung Roti Mega Kharisma hadir dalam bentuk kemasan plastik dengan berat bersih sekitar 500 gram.

Produk ini juga sudah memiliki label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), sehingga aman untuk dikonsumsi bagi para muslim. Jika tertarik, merek tepung panir ini bisa didapatkan dengan mudah dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Dong Won Tepung Roti Korea

Ingin mencoba merek tepung panir dari Korea? Jika iya, maka merek tepung panir Dong Won bisa menjadi jawabannya. Produk yang berasal dari Korea ini adalah jenis tepung panir yang bertekstur halus, sehingga cocok untuk digunakan dalam menggoreng seafood, seperti cumi dan lainnya.

Meskipun berasal dari Korea, Dong Won Tepung Roti ini terjamin kehalalannya sehingga aman dikonsumsi oleh para umat Muslim. Dong Won Tepung Roti ini pun hadir dalam kemasan yang praktis dan ekonomis dengan berat bersih 210 gram per kemasannya, jumlah yang cukup untuk beberapa kali masak.

7. Primera Panko Tepung Roti

Sedulur ingin menggunakan tepung panir untuk kebutuhan jualan? Jangan khawatir karena Primera Panko Tepung Roti dalam hal ini hadir dan menyajikan kemasan 10 kilogram tepung panir untuk kebutuhan usaha Sedulur.

Selain kemasan 10 kilogram tersebut, merek tepung panir terbaik ini juga menyediakan kemasan eceran dengan berat masing-masing sekitar 1000 gram, 500 gram, hingga 250 gram, yang bisa Sedulur sesuaikan dengan porsi kebutuhan memasak di rumah.

Primera Panko Tepung Roti memiliki klaim hanya menggunakan roti-roti tawar yang segar dengan campuran bahan baku berkualitas pilihan ketika pembuatan produk ini. Hasilnya, tepung panir terbaik ini memiliki bentuk yang cukup memanjang dan runcing, serta memiliki tekstur berongga yang dapat menjadikan gorengan Sedulur renyah maksimal.

8. Royal Breadcrumb Mix

Royal Breadcrumb Mix adalah rekomendasi merek tepung panir berikutnya yang cocok untuk Sedulur gunakan untuk menyelimuti masakan apapun jenisnya, baik nugget ayam atau ikan, risoles, kroket, ebi katsu, ataupun chicken katsu.

Royal Breadcrumb Mix ini sebagaimana namanya merupakan merek tepung panir berkualitas premium dan 100% terbuat dari bahan-bahan yang aman dan baik untuk dikonsumsi.

Royal Breadcrumb Mix juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi halal dari MUI sehingga aman dikonsumsi oleh umat Muslim, dan juga telah mendapatkan izin edar dari BPOM sehingga terjamin keamanannya. Bagaimana, tentu sudah tidak ragu lagi kan, membeli produk tepung panir yang satu ini? Cocok untuk menjadi bahan pertimbangan Sedulur.

9. FINNA Tepung Roti (Bread Crumb)

Rekomendasi merek tepung panir berikutnya yang bisa Sedulur coba ketika menggoreng cemilan untuk keluarga adalah FINNA Tepung Roti Panko. merek tepung panir ini cukup populer dan banyak terdengar ibu-ibu menggunakannya. Memiliki rasa yang cukup lezat serta mampu membuat masakan risoles atau nugget Sedulur terlihat lebih menggoda. 

Selain varian tepung panir panko, ini merupakan campuran dari gaya tepung roti Jepang dan Prancis. Dalam bahasa Inggris, dikenal dengan sebutan “bread crumbs”. Jadi, kalau Sedulur ingin memberi sensasi masakan ala western, produk ini bisa menjadi pertimbangan untuk dicoba.

10. Kroger Bread Crumbs

merek tepung panir Kroger Bread Crumbs menjadi rekomendasi berikutnya yang bisa Sedulur coba jika sedang mencari tepung panir sebagai lapisan luar dari berbagai macam gorengan.

Kroger Bread Crumbs adalah merek tepung panir terbaik yang berasal dari Hong Kong dan sudah terjamin kualitasnya karena telah mendapatkan izin edar dari BPOM RI. Tepung panir ini sendiri terdiri dari komposisi bahan alami seperti tepung terigu, garam, ragi, serta ragi roti.

Dengan menggunakan tepung panir yang satu ini, masakan Sedulur akan memiliki warna yang menarik dan menggugah selera, serta tentunya memiliki kualitas kerenyahan yang terbaik pula.

Tidak heran jika banyak pelanggannya yang memberikan review terbaik untuk produk ini dan kerap merekomendasikannya baik untuk kebutuhan masak di rumah ataupun kebutuhan bagi usaha kecil-kecilan.

11. Le Gitt Panko Bread Crumb

Meskipun belum terlalu populer terutama di daerah yang bukan perkotaan, tepung roti merek Le Gitt ini diproduksi oleh perusahaan besar yang bernama PT Sriboga Bakeries Integra yang terletak di Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Tersedia dalam dua varian yakni Bread Crumb Orange dan Bread Crumb Putih yang terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi “MD 235728016017”. Kelebihan tepung roti Le Gitt Panko ini ketika digunakan untuk melumuri makanan, maka akan menghasilkan warna yang lebih terang dan juga tidak lebih cepat gosong ketika digoreng.

Dan juga sensasi kriuk atau kress-nya lebih dapat bertahan lebih lama. Cocok banget untuk membuat makanan Sedulur makin lezat.

12. Tepung Roti Korea Wilmond

Rekomendasi yang selanjutnya adalah produk tepung roti Korea Wilmond, akan tetapi untuk yang beredar di Indonesia diimpor dari negara Vietnam yang diproduksi oleh sebuah perusahaan yang bernama Sumimoto Technology Corporation. 

Adapun bisa beredar sampai ke Indonesia dalam kemasan plastik ukuran 210g dan 1kg adalah di impor oleh PT Rejeki Inthi Abadi yang berlokasi di kota DKI Jakarta. Harga tepung panir merek Wilmond ini di pasaran dibanderol dengan harga paling murah mulai dari Rp12 ribuan untuk kemasan 210 gram.

Itulah tadi berbagai merek tepung panir terbaik yang bisa dicoba. Memilih merek tepung panir tentu merupakan suatu keharusan bagi Sedulur yang ingin mendapatkan hasil yang enak dengan tampilan yang menarik ketika menggoreng risoles dan nugget. Tepung panir bertekstur kasar dan berbentuk seperti remah-remah.

Teksturnya inilah yang menjadikan berbagai merek tepung panir cukup populer di kalangan pecinta gorengan, karena bisa membuat makanan terasa lebih gurih, garing, dan renyah ketika dikonsumsi.

Apabila Sedulur ingin membuat roti atau kue, maka Sedulur tidak perlu khawatir. Bahan-bahan membuat roti dan kue lainnya juga tersedia di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.