rekomendasi rasa favorit aoka

Roti Aoka merupakan produk roti yang kini tengah viral di tengah masyarakat. Dengan harga murah dan memiliki rekomendasi rasa favorit Aoka yang begitu banyak, membuat roti ini jadi solusi pengganjal perut untuk semua orang.

Roti Aoka sendiri memiliki beberapa rasa favorit seperti cokelat, keju, blueberry, hingga rasa durian. Dengan perpaduan rasa yang begitu kaya dan jenis roti yang lembut, Aoka wajib jadi pilihan untukmu di rumah.

BACA JUGA: 12+ Merek Vla Puding Instan Terbaik dan Terpopuler

Mengenal Roti Aoka

rekomendasi rasa favorit aoka
Pexels/Roberto Hund

Sebelum kita memberikan informasi lengkap tentang rekomendasi rasa favorit Aoka. Sedulur wajib memahami terlebih dahulu tentang apa itu roti dan nutrisinya. Roti merupakan produk pangan berbahan dasar tepung terigu yang difermentasi dengan ragi roti atau bahan pengembang lainnya lantas diolah lewat cara dipanggang.

Adapun zat gizi dan nutrisi yang umumnya terkandung dalam roti adalah vitamin B1, vitamin B2, serta sejumlah mineral. Tidak mengherankan jika banyak orang menggandrungi roti yang kerap disantap sebagai menu sarapan, termasuk roti Aoka.

Produk Aoka sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 lalu. Roti Aoka merupakan brand roti lokal keluaran PT. Indonesia Bakery Family asal Bandung, Jawa Barat. Walau masih terbilang baru dalam pasar roti Indonesia, tapi kini roti Aoka digemari banyak orang karena harganya yang ramah di kantong.

Aoka mempunyai keunggulan yang bisa jadi tidak dimiliki oleh brand roti lainnya, yakni masa kadaluwarsa yang lama hingga tiga bulan. Tidak hanya itu, roti Aoka juga sudah terdaftar di BPOM dan mengantongi sertifikat halal sehingga keamanannya terjamin.

Seiring naiknya popularitas roti ini, variannya pun mulai dikembangkan dan hingga sekarang di pasaran yang paling mudah ditemukan adalah 10 varian. Penyebaran roti Aoka ini cukup merata, dari warung kecil, sampai di toko kelontong di beberapa daerah hingga kota besar. Untuk itu, berikut rekomendasi rasa favorit Aoka yang perlu Sedulur coba!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Minuman Soda Segar dan Terbaik

1. Aoka Roti Panggang Rasa Cokelat

rekomendasi rasa favorit aoka
Pexels/Polina Tankilevitch

Dari sekian rasa roti Aoka pangang, rasa cokelat bisa memang menjadi salah satu produk best seller. Selain tepung terigu sebagai komposisi utama, Aoka Roti Panggang Rasa Coklat juga dibuat dari gula, telur, mentega, susu bubuk, kakao bubuk, dan perisa coklat.

Banyak review yang mengatakan bahwa rasa krim coklatnya enak, dengan tekstur sedikit kasar, namun tidak mengganggu sama sekali kok. Untuk kalori yang tersimpan, sekitar 280 kkal, berasal dari 42 gram karbohidrat, 10 gram lemak, 6 gram protein, dan 12 gram gula. Harga 1 pcs varian ini ada di kisaran 2500-an rupiah saja.

2. Aoka Roti Panggang Rasa Susu Vanila

Selain cokelat, varian roti panggang Aoka rasa susu vanila juga punya banyak penggemar, bahkan ada beberapa toko online yang sudah berhasil menjual hingga ribuan pcs. Rasa susu vanila pada produk ini berasal dari selai rasa susu vanila, 6% susu UHT, dan perisa sintetis.

Untuk kisaran harga 1 pcs tidak sampai 2500-an rupiah, aroma maupun rasa krim susu vanila pada varian ini sudah cukup kuat, tetapi tidak amis. Manisnya pas, yang berasal dari 10 gram gula di tiap kemasan, dan tersimpan sekitar 280 kkal. Sedulur bisa menemukan Aoka Roti Panggang rasa Susu Vanila dengan mudah di toko online atau warung terdekat.

3. Aoka Roti Panggang Rasa Keju

Bagi pencinta keju, wajib cicipi varian roti panggang Aoka rasa ini. Campuran selai keju, susu cair, perisa keju alami, dan tentunya gula, menciptakan perpaduan rasa manis, gurih, dan hint asin khas keju. Meski demikian, ada beberapa review yang berpendapat bahwa rasa manisnya terlalu dominan dan justru menutupi rasa keju yang seharusnya jadi ‘bintang’ utama.

Seperti varian roti Aoka sebelumnya, tersimpan 12 gram gula dan 280 kkal pada produk ini. Jika penasaran dengan Aoka Roti Panggang Rasa Keju, Sedulur bisa membeli di agen atau toko terdekat, harganya sekitar 2500-an rupiah. Harga yang murah dengan rasa manis yang pas!

4. Aoka Roti Panggang Rasa Durian

Roti panggang cukup jarang hadir dalam pilihan rasa durian, dan Aoka menghadirkannya untuk Sedulur. Varian ini dibuat menggunakan komposisi utama tepung terigu, kemudian ditambah dengan selai durian (9%), gula, susu UHT, dan buah durian asli sebanyak 0,5% dari seluruh komposisinya.

Perpaduan berbagai komposisi di atas menciptakan krim durian yang lembut, manis, dan tentunya sangat wangi. Tertarik mencicipi kenikmatan rasa roti Aoka satu ini? Harganya sama kok dengan yang lain, sekitar 2500-an rupiah saja dan murah Sedulur dapatkan di berbagai warung dan supermarket terdekat.

5. Aoka Roti Panggang Rasa Stroberi

Sebagai salah satu rasa terfavorit untuk roti atau snack, Aoka juga mengeluarkan varian roti panggang rasa stroberi. Meskipun rasa stroberinya hanya berasal dari komposisi selai stroberi, namun sudah cukup kok untuk menciptakan aroma serta rasa manis khas stroberi. Ditambah lagi, adanya tambahan susu cair yang menciptakan tekstur lebih creamy.

Dalam satu kemasan 65 gram Aoka Roti Panggang rasa Stroberi tersimpan 40 gram karbohidrat, 12 gram gula, 12 gram lemak, dan 6 gram protein, menyuplai sekitar 280 kkal ke tubuh Sedulur. Varian roti Aoka ini bisa dibeli ke distributor atau warung terdekat, harga 1 pcs sekitar 2500-an rupiah saja.

6. Aoka Roti Panggang Rasa Blueberry

Varian Aoka satu ini dibuat dari komposisi tepung terigu yang dicampur dengan air, selai blueberry, gula, susu, mentega, telur, perisa alami blueberry, dan bahan pendukung lain untuk meningkatkan kualitas roti. Perpaduan semua komposisi tersebut menciptakan tekstur selai lembut, sedikit lengket, dan tentunya terasa manis. 

Hanya saja, beberapa review mengatakan bahwa asa blueberry pada produk ini cukup lemah, tidak seperti pada roti rasa durian yang dominan. Aoka Roti Panggang rasa Blueberry dikemas dengan berat bersih 65 gram, dengan 12 gram gula dan 280-an kkal kalori yang tersimpan. Harganya juga sama saja dengan varian Aoka lainnya, yaitu sekitar 2500-an rupiah.

7. Aoka Roti Panggang Rasa Nanas

Siapa bilang selai nanas hanya enak dijadikan sebagai isian nastar? Roti panggang juga terasa enak dipadukan dengan selai nanas, seperti rasa roti Aoka satu ini. Tekstur selai nanasnya lembut, terasa manis dan sedikit asam, yang justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen.

Dijual dalam kemasan sekali makan, yaitu 65 gram, membuat Aoka Roti Panggang Rasa Nanas sangat pas dijadikan sebagai menu sarapan. Terlebih lagi, suplai kalori yang diberikan mencapai 280 kkal, sangat cukup untuk melancarkan berbagai aktivitas sebelum jam makan siang tiba. Sedulur bisa membeli varian ini di toko-toko terdekat, harga 1 pcs juga 2500-an rupiah.

8. Aoka Roti Panggang Rasa Kelapa Pandan

Beberapa waktu lalu, Aoka meluncurkan varian rasa baru untuk roti panggangnya, yaitu kelapa pandan. Perpaduan krim kelapa dan daun pandan di dalam produk ini memang menciptakan rasa dan aroma terkesan ‘tradisional’ dan sulit untuk dilupakan.

Berbeda dengan rasa roti Aoka lainnya, roti tawar pada produk ini berwarna hijau pandan dan membuatnya cukup mencolok ketika dijajarkan dengan roti Aoka yang lain. Penasaran dengan gurih krim kelapa dan wangi daun pandan pada Aoka roti panggang ini? Cukup siapkan uang Rp2.500 saja untuk menikmatinya.

9. Aoka Roti Gulung Rasa Keju

Sudah mencicipi semua varian rasa roti Aoka panggang? Nah, saatnya Sedulur mencoba Aoka Roti Gulung rasa Keju. Produk ini hadir dengan ciri khas garis-garis gula kecoklatan pada bagian atas, lalu di dalamnya berisi krim keju lembut dan creamy.

Tetapi karena rasa isian krim kejunya cenderung manis, Aoka Roti Gulung rasa Keju mungkin kurang cocok untuk Sedulur yang lebih menyukai rasa asin khas keju.

Aoka Roti Gulung rasa Keju dipasarkan ke banyak distributor di pasar-pasar maupun marketplace dalam kemasan 65 gram. Yuk, segera cicipi kelezatan krim keju varian Aoka satu ini, harganya sama saja dengan yang lain kok, hanya 2500-an rupiah.

10. Aoka Roti Gulung Rasa Cokelat

Selain rasa keju, Aoka juga menjadikan rasa cokelat sebagai pilihan utama untuk roti gulung produksinya. Kesan cokelat sudah terlihat kuat dari tampilan roti yang punya garis-garis cokelat, plus warna yang lebih gelap daripada varian keju.

Pada varian ini digunakan selai cokelat, yang mengandung cokelat dan susu bubuk, sebagai perisa utama, kemudian ditambah susu cair untuk membuatnya semakin creamy. Meskipun belum lama diluncurkan, Aoka Roti Gulung rasa Cokelat sudah sangat mudah ditemukan pada banyak toko, harganya Rp2.500-an.

BACA JUGA: 12 Merek Bakso Halus Kemasan Terbaik dan Enak

Alasan Roti Aoka Banyak Digandrungi

rekomendasi rasa favorit aoka
Pexels/Mart Production

Meskipun sudah sedikit disinggung di atas, tentu ada beberapa alasan mengapa roti Aoka sangat digandrungi masyarakat dan laris manis. Bahkan, nggak sedikit dari mereka yang memilih produk ini sebagai pengganjal perut ketika lapar. Untuk itu, berikut ini beberapa alasan mengapa banyak masyarakat yang menyukai roti Aoka.

1. Memiliki varian rasa yang beragam dan harganya murah

Roti ini mudah ditemukan di warung-warung atau minimarket dan supermarket. Umumnya mereka menjual dengan harga kurang lebih 2500-an rupiah. Varian roti Aoka cukup lengkap dan bisa dibeli eceran maupun dus.

Varian rasa yang paling populer ada susu vanilla, blueberry, keju hingga nanas. Selain di warung, beberapa toko online juga menjual roti ini. Dengan kisaran harga yang lebih mahal sekitar Rp 3.500 – Rp 4.000.

2. Isian selainya melimpah

Konsep roti Aoka ini terkenal karena menggunakan selai dari rasa buah hingga cokelat yang nggak pelit. Di kemasannya tertulis roti panggang, namun banyak juga yang menikmatinya secara langsung.

Gigitan pertama terasa tekstur roti tawarnya yang lembut, bahkan lumer di mulut. Isian selainya juga melimpah, bahkan beberapa sampai keluar dari rotinya, karena memenuhi permukaan roti di dalam.

Jika dilihat dari informasi nilai gizinya, satu porsi roti Aoka memiliki kalorinya sekitar 140 kkal, dengan berat 38gram untuk 2 sajian per kemasan. Komposisinya terdiri dari tepung terigu, air selai dari varian yang dicantumkan, gula kristal, susu UHT hingga campuran margarin.

3. Roti panggang yang terbilang enak

Di media sosial banyak yang menyarankan agar roti Aoka sebaiknya dipanggang dulu sebelum dimakan. Cara memanggangnya mudah, cukup dipanggang di atas wajan anti lengket tanpa tambahan margarin atau minyak. Karena serat dari roti dan kandungan margarinnya sendiri sudah cukup.

Dipanggang cukup 3-5 menit di atas api kecil. Bagian dalam roti jauh lebih meleleh dan lumer saat roti disobek. Sementara rasa roti lebih enak, karena ada rasa ‘smokey’ dan krispi di luarnya dari panggangan ini. Namun semuanya kembali ke selera masing-masing, ada yang suka menyantapnya langsung. Ada juga yang suka dengan rasa roti panggangnya.

4. Aoka sudah bersertifikasi halal

Beberapa orang mempertanyakan kehalalan roti Aoka, di kemasannya sendiri roti keluaran Indonesia Bakery Family ini sudah memiliki sertifikasi halal. Di bagian depan kemasan terdapat logo Halal Indonesia.

Rata-rata roti Aoka memiliki ketahanan sekitar 3-6 bulan tergantung masa produksinya. Selain roti panggangnya yang enak, roti ini juga mengeluarkan produk roti gulung dengan varian rasa yang tak kalah lengkap. Serta tekstur kelembutan roti yang sama.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Bombay Bubuk Sachet & Botol, Dijamin Praktis!

Harga Roti Aoka di Pasaran

Unsplash/Ilya Shishikhin

Sebenarnya roti Aoka ini nggak hanya dijual secara eceran. Tapi juga dijual dalam 1 dus. Bagi Sedulur yang ingin tahu berapa kisaran harganya, simak di bawah ini.

Harga Roti Aoka 1 Dus

  • Roti panggang Aoka 65 gr 1 dus: Rp121.000
  • Roti gulung sandwich Aoka 60 gr 1 dus: Rp123.000

Harga Roti Aoka Eceran

  • Roti panggang Aoka 65 gr 1 biji: Rp2.500
  • Roti gulung sandwich Aoka 60 gr 1 biji: Rp2.500

Tapi perlu digarisbawahi mengenai harga ini, mungkin bisa berbeda di setiap daerah. Atau, mungkin di luar pulau Jawa harga juga berbeda dari yang tertera di atas. Belum lagi yang dijual secara online.

BACA JUGA: 16 Merek Mie Kuah Pedas dari Berbagai Negara, Wajib Dicoba

Tips Memilih Varian Rasa Roti Aoka yang Sesuai Selera

Unsplash/Marijana Vasic

Untuk orang-orang yang sering berbelanja ke pasar tradisional atau warung-warung, pasti sudah tidak asing lagi dengan roti Aoka. Tapi kalau Sedulur baru mau mencoba roti yang sempat viral beberapa waktu lalu ini, coba simak dulu beberapa tips memilihnya, sehingga bisa memperoleh rasa roti Aoka yang paling sesuai selera.

1. Ketahui dulu varian utama roti Aoka

Mengingat pabriknya baru berdiri baru 2017 yang lalu, varian roti Aoka memang belum sebanyak merk lain yang sering Sedulur temukan di Indomaret, Alfamart, atau pusat perbelanjaan lain. Sampai sekarang, diketahui baru terdapat dua pilihan utama Aoka, yaitu roti panggang dan roti gulung. Berikut perbedaan dari keduanya.

  • Roti panggang

Roti panggang Aoka menjadi varian yang pertama kali viral. Pada dasarnya, roti ini terdiri dari dua lapis roti tawar yang ditambah dengan lapisan krim berbagai rasa pada bagian tengahnya. Sedulur bisa menemukan delapan pilihan rasa roti panggang Aoka di pasaran, yaitu cokelat, keju, durian, strawberry, susu vanila, blueberry, nanas, dan kelapa pandan.

Meskipun diproses dengan cara dipanggang, namun dipastikan bahwa aroma maupun rasa rotinya bebas dari gosong, ya. Jika dicermati, kulit pinggir roti terlihat lebih coklat dari roti tawar pada umumnya, yang menandakan bahwa varian ini benar-benar dipanggang.

  • Roti gulung

Supaya tidak ditinggalkan oleh pelanggannya, pabrik roti Aoka juga mengeluarkan varian baru, yaitu roti gulung. Namun baru ada dua pilihan rasa roti gulung Aoka, yaitu coklat dan keju. Keduanya sama-sama enak dan tentunya murah.

2. Mengecek kandungan gula dan kalorinya

Lebih dari sekadar pemanis, gula juga berfungsi sebagai bahan pengawet alami sekaligus penjaga kelembapan roti. Karena diberi tambahan krim lagi, kandungan gula pada semua rasa roti Aoka memang tergolong tinggi, berkisar 8-12 gram per kemasan 65 gram. Lalu untuk kalori yang tersimpan, ada di kisaran 240-280 kkal.

Angka tersebut memang tergolong tinggi untuk ukuran roti, mengingat batasan konsumsi gula untuk orang dewasa adalah 50 gram per hari. Jadi kalaupun Sedulur mau mengkonsumsi lebih dari satu pcs varian roti Aoka dalam sehari, pastikan untuk mengimbanginya dengan olahraga juga. Hati-hati juga bagi Sedulur yang punya riwayat gula darah tinggi.

3. Memilih ukuran kemasan sesuai kebutuhan

Semua varian rasa roti Aoka baru tersedia dalam kemasan kecil 65 gram, jadi sangat praktis untuk dibawa ke mana pun. Porsi kecil ini juga sudah cukup mengenyangkan sebagai menu sarapan, apalagi kalau dinikmati bersama segelas susu hangat. Jadi tinggal Sedulur sesuaikan saja mau untuk bekal atau sarapan. Semuanya bisa, kok.

Itulah tadi rekomendasi rasa favorit Aoka yang perlu Sedulur tahu. Seperti yang sudah disebutkan di atas, selain dimakan secara langsung, sebagian orang ada pula yang memilih memanaskan terlebih dahulu roti Aoka tersebut hingga bagian luarnya berwarna kecokelatan. Cara ini merupakan langkah alternatif untuk memberikan kesan yang berbeda ketika menyantap roti Aoka. 

Untuk menambah kenikmatan, tidak jarang para penyuka roti ini juga memberikan topping tambahan seperti selai atau meses. Bagi sebagian orang, langkah ini memberikan rasa yang berbeda. Sedulur bisa dengan mudah menemukan produk rekomendasi rasa favorit Aoka di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.