rekomendasi bombay bubuk sachet

Ada cukup banyak bahan bumbu dapur yang kini dibuat dalam bentuk kemasan sachet. Salah satunya adalah rekomendasi bombay bubuk sachet yang tentunya sangat penting dalam masakan nusantara. Bawang bombay menjadi bumbu dapur yang selalu dibutuhkan dalam membuat hidangan lezat. Terutama hidangan tumis, baik sayur maupun daging.

Berbentuk bulat besar, berdaging tebal, dan beraroma sedap, bawang ini sering dijadikan sebagai bumbu hingga dekorasi masakan. Bahkan sudah banyak produsen membuat bawang bombay bubuk sehingga jauh lebih mudah digunakan. Apalagi, bahan masak satu ini memberikan rasa manis dan sedikit gurih pada masakan.

Kegunaan utama bawang bombay, termasuk bawang bombay bubuk adalah sebagai bahan penyedap alami saat memasak makanan. Tentunya ini menjadi bumbu yang tidak boleh Sedulur lewatkan untuk berada di dapur. Nah, agar tidak salah pilih mari simak rekomendasi bombay bubuk sachet berikut ini ya!

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Bumbu Dapur Instan Terenak di 2024

-->

Rekomendasi Bombay Bubuk

Unsplash/Lars Blankers

Dengan kulit dan daging yang cukup tipis, bawang bombay bubuk juga cocok dijadikan sebagai bahan pengental dalam campuran saus, santan, kaldu, maupun sup. Sedulur juga dapat memanfaatkannya untuk membuat masakan jadi lebih harum. Caranya mudah kok, tinggal campurkan bawang bombai ke dalam masakan, terutama sup dan kuah kaldu.

Meski punya ukuran yang cukup besar, bawang bombay sekarang sudah lebih praktis dikonsumsi melalui bawang bombay bubuk. Untuk itu berikut ini rekomendasi bombay bubuk sachet dan botol sekaligus manfaatnya bagi kesehatan.

1. JAVARA Natural Onion Powder

Dipanen dari tanaman yang tumbuh secara alami, JAVARA Natural Onion Powder akan memberikan rasa bawang asli dalam bentuk yang lebih praktis. Dengan rasa manis, asin, dan umami, bawang bombay bubuk ini cocok dipadu dengan berbagai hidangan gurih.

Beberapa diantaranya adalah masakan seperti sup, tumis, salad dressing, saus, pasta, bumbu daging, dan banyak lainnya. Untuk harganya juga sangat terjangkau, yakni sekitar 36 ribuan.

2. RASA Onion Powder

Telah terjual hingga ribuan pcs di banyak toko online, RASA Onion Powder yang hanya dibuat dari 100% bawang bombay ini memang punya aroma cukup kuat dan rasanya sedap. Bawang bombay bubuk ini paling pas disajikan untuk western food, seperti roti panggang, sup, dan salad dressing.

Namun bukan berarti Sedulur tidak bisa menambahkannya ke masakan Indonesia, sebab RASA Onion Powder juga akan membuat olahan tumis maupun nasi goreng semakin nikmat. Dikemas dalam botol kecil seberat 60 gram, harga jual bumbu ini sekitar 20 ribuan aja.

3. Bawang Bombay Bubuk by Garlickys

Garlickys dikenal cukup luas sebagai salah satu merk bumbu bubuk berkualitas bagus dengan izin edar dari KEMTAN RI, termasuk bawang bombay bubuk. Karena terbuat hanya dari bawang bombay, tanpa zat aditif sama sekali.

Bawang Bombay Bubuk Garlickys dapat digunakan untuk banyak masakan, seperti aneka sup, nasi goreng, mie goreng, maupun tumis berbahan daging dan ayam. 

Untuk menghindari penggumpalan, sebaiknya simpan produk ini dalam lemari pendingin setelah tutupnya dibuka. Garlickys Bawang Bombay Bubuk dapat dipesan langsung melalui official store Garlickys dengan harga 15 ribuan aja untuk kemasan 50 gram. Harga yang sangat terjangkau dengan kualitas dan rasa yang umami banget.

4. Beorganik Onion Powder

Beorganik Onion Powder juga menjadi salah satu merk bawang bombay bubuk yang cukup banyak dibeli secara online. Terlebih lagi, produk ini telah memperoleh izin edar SP-PIRT dari Dinas Kesehatan sekaligus halal MUI.

Tentunya dengan dua hal tersebut, produk ini dijamin aman dikonsumsi oleh semua anggota keluarga. Ada dua pilihan Beorganik Onion Powder yang dapat dipilih, yaitu slim 60 gram dengan big 145 gram dengan harga mulai dari 15 ribuan aja saja. Cukup murah, bukan?

5. House of Organix Natural Onion Powder

Bahan baku yang digunakan untuk House of Organix Natural Onion Powder merupakan bawang bombay organik, dijamin bebas pestisida untuk keamanan konsumsi jangka panjang. Dengan rasa bawang yang cukup kuat, 1 sdm bawang bubuk ini sudah setara dengan sebuah bawang bombay segar.

Campurkan pada burger dan galantine, maka rasa keduanya akan sangat menggugah selera. House of Organix Natural Onion Powder bisa dipesan melalui toko online-nya dengan kisaran harga 20 ribuan aja untuk kemasan 70 gram.

6. 113 Bawang Bombay Bubuk

Unsplash/Diana Polekhina

Diproduksi oleh UD Djelita Jakarta, 113 Bawang Bombay Bubuk hanya menggunakan bawang bombay sebagai komposisinya sehingga menghasilkan aroma dan rasa cukup kuat. Aplikasinya pun bisa pada banyak makanan, termasuk telur dadar, tumis daging, nasi goreng, tumis kangkung sayur, tumis seafood, beragam jenis sambal, hingga rice bowl. 

Sebagai produk yang terhitung homemade, keamanan 113 Bawang Bombay Bubuk dijamin dengan adanya sertifikat P-IRT dari Dinas Kesehatan. Produk ini juga dikemas dalam botol seberat 40 gram, dan masih belum tersedia dalam kemasan sachet, dengan harga jual 18 ribuan aja per kemasan.

7. La Fancy Foods Bawang Bombay Bubuk

La Fancy Foods bisa dibilang sebagai salah satu merk bumbu dapur yang tengah naik daun dalam beberapa waktu terakhir sebab memberikan jaminan freshness untuk setiap produknya, termasuk bawang bombay bubuk ini. Ketika menggunakannya 1 sdm saja, itu sudah setara dengan 1/2 bawang bombay besar, terbayang bukan kuatnya rasa maupun aroma bumbu ini? 

Ditambah lagi bagian tutupnya dilengkapi dengan sisi taburan dan takaran sendok, tentunya sangat memudahkan Sedulur ketika menambahkan ke dalam masakan. Bawang bombay bubuk dari La Fancy Foods dikemas seberat 65 gram dengan harga jual 19 ribuan aja. Tentunya produk ini menjadi salah satu pilihan terbaik Sedulur untuk dapur.

8. Cairo Food Bawang Bombay Bubuk

Mencari bawang bombay bubuk dalam kemasan cukup besar untuk keperluan beberapa kali masak? Sedulur dapat membeli Cairo Food Bawang Bombay Bubuk untuk keperluan tersebut. Meskipun tidak mengandung bahan pengawet sintetis, produk ini bisa tahan sekitar 15-24 bulan selama bungkusnya belum dibuka.

Setelah dibuka, pastikan selalu menyimpan dalam lemari pendingin untuk menghindari oksidasi, penggumpalan, dan kerusakan lain. Cairo Food Bawang Bombay Bubuk dipasarkan melalui kemasan pouch seberat 100 gram dan dibandrol 23 ribuan aja. Pasti produk ini akan membuat hidangan semakin lezat.

9. Leaf Organic Onion Powder

Sesuai dengan namanya, Leaf Organic Onion Powder menggunakan bawang bombay organik segar yang dikeringkan dengan cara dehidrasi supaya tidak merusak kandungan nutrisi di dalamnya. Higienitasnya pun semakin terjaga dalam kemasan pouch berlapis metal, lengkap dengan ziplock yang akan memudahkan penyimpanannya. 

Penggunaan bawang bombay bubuk ini juga sangat mudah, tinggal taburkan ke makanan sesuai selera, lalu aduk sampai tercampur. Jadi penggunaannya sangat mudah. Tersedia juga dalam pilihan kemasan 50 gram dan 150 gram, Leaf Organic Onion Powder dijual mulai harga 14 ribuan aja.

10. Sanfood Brilian Onion Powder

Bukan hanya menggunakan bawang bombay kualitas bagus untuk menghasilkan rasa dan aroma terbaik, Sanfood Onion Powder juga sudah dibekali dengan izin edar Dinkes P.IRT sehingga pasti aman dikonsumsi oleh semua anggota keluarga. Pada bagian tutup botol didesain sebagai tutup flip top dengan beberapa lubang kecil.

Jadi Sedulur tidak perlu khawatir akan menambahkan bawang bombay bubuk ini terlalu banyak ke masakan. Pasalnya desain tutupnya sangat praktis dan memudahkan dalam penggunaan. Sanfood Brilian Onion Powder ini dijual secara online pada beberapa toko di marketplace dengan harga 18 ribuan aja untuk kemasan 70 gram.

11. Pati Bumi Onion Powder

Mempunyai tekstur butiran lembut, berwarna putih tulang, dan wangi, Pati Bumi Onion Powder juga bisa menjadi pilihan bawang bombay bubuk berkualitas bagus untuk berbagai masakan. Baik itu masakan barat, seperti salad dressing, burger, onion ring, masakan ala Asia Timur, maupun masakan Indonesia.

Bumbu ini memang istimewa karena semua makanan bisa terasa enak ketika ditambah dengan Pati Bumi Onion Powder sebagai salah satu bumbunya. Harga yang ditawarkan juga tidak mahal, hanya 17 ribuan aja untuk satu botol isi 45 gram.

BACA JUGA: 

Cara Memilih Bawang Bombay Bubuk Terbaik

bawang bombay bubuk
Unsplash/Samee Anderson

Bawang bombay bubuk dikenal juga dengan nama onion powder dan cukup mudah ditemukan pada marketplace. Banyak sekali pilihan yang ada di pasaran. setiap produk juga memiliki ciri khas tersendiri. Agar Sedulur mendapatkan produk dengan kualitas terbaik, pertimbangkan beberapa hal berikut ini. Simak sampai selesai ya.

1. Pilihlah berdasarkan jenis bawang bombay

Meskipun ada dua jenis bawang bombay, yaitu bawang bombay putih dan merah, tetapi penyebutan bawang bombay lebih merujuk pada bawang bombay putih, Sedangkan bawang bombay merah dikenal dengan sebutan bawang merah saja. Oleh karena itu, nyaris semua bawang bombay bubuk di pasaran terbuat dari bawang bombay putih.

Dari segi ukuran, bawang bombay putih memang jauh lebih besar dari yang merah, tetapi memiliki rasa yang lebih lembut. Hal ini menjadikan bawang bombay bubuk dari jenis yang putih lebih banyak diaplikasikan pada tumisan, gorengan, atau olahan panggang.

Sementara itu, bawang bombay merah bubuk dengan aromanya yang cukup tajam, sangat cocok dijadikan sebagai bumbu masakan berkuah santan, sup, kaldu, dan sejenisnya.

2. Menyesuaikan teksturnya dengan jenis hidangan

Terdapat dua jenis tekstur yang dapat dipilih pada bawang bombay bubuk, yaitu halus dan kasar. Bubuk halus lebih mudah digunakan pada berbagai hidangan, terutama pada masakan Indonesia yang menggunakan bawang putih sebagai bumbu dasar utama, seperti hidangan berbumbu putih. Baik marinasi daging, campuran bumbu kentang goreng, ditaburkan pada bumbu tumis atau gorengan, semuanya bisa menggunakan onion powder bertekstur halus.

Pilihan yang tepat untuk menikmati rasa bawang bombay yang lebih kuat adalah bawang bombay bubuk kasar. Selain digunakan untuk memasak, bubuk kasarnya juga cocok dijadikan sebagai finishing atau topping hidangan.

Bawang bombay bubuk jenis ini terbuat dari cincangan bawang kasar yang digoreng dan memiliki tekstur menyerupai serpihan. Ketika dijadikan topping hidangan tertentu, Sedulur akan merasakan sensasi mengunyah butiran bawang putih pada tiap suapan.

3. Memilih berdasarkan komposisinya

Salah satu bawang bombay bubuk yang paling banyak beredar adalah yang murni, hanya dibuat menggunakan bawang bombay utuh dan tanpa campuran apa pun. Produk ini lebih fleksibel dan ideal untuk aneka hidangan.

Misalnya untuk marinasi daging dan ikan, campuran saus, atau bumbu taburan saat memasak. Tetapi kegunaan yang paling cocok memang sebagai bahan lumuran saat marinasi karena dapat meningkatkan dan mengikat rasa bumbu lainnya.

Ketika waktu memasak Sedulur terbatas, bawang bombay bubuk campuran bisa menjadi pilihan tepat. Karena sudah dicampur dengan rempah-rempah lain atau garam, Sedulur tinggal menaburkannya ke atas hidangan untuk menghasilkan sajian yang lebih kaya rasa. Hanya saja, tetap diperlukan tambahan bumbu asli untuk hasil lebih baik.

4. Mempertimbangkan produk berbahan organik

Sekarang semakin banyak orang-orang yang peduli terhadap kesehatan, sehingga bumbu yang terbuat dari rempah organik atau bebas pestisida, termasuk bawang bombay bubuk, cukup laris manis.

Rasanya pun tidak berbeda jauh dengan bawang bombay non-organik, bahkan memberikan cukup banyak manfaat pada tubuh, seperti meningkatkan sistem imun, menurunkan hipertensi, menurunkan kolesterol, mengobati flu, dan mencegah demensia.

Satu hal lagi, jangan lupa untuk mengecek sertifikasi resmi dari produk bawang bombay bubuk yang dibeli, bisa dari BPOM atau DinKes P-IRT. Sertifikasi BPOM biasanya terdapat pada merek pabrikan, sedangkan sertifikasi DinKes P-IRT biasanya terdapat pada merek yang masih buatan rumahan.

BACA JUGA:  

Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

rekomendasi bombay bubuk sachet
Pexels/Karolina Grabowska

Dalam 1 buah atau 100 gram bawang bombay bubuk terkandung cukup banyak nutrisi, seperti 1,4 gram protein, 10,3 gram karbohidrat, 2 gram serat, 0,2 gram lemak, serta berbagai mineral dan vitamin, seperti natrium, kalium, kalsium, zat besi, seng, vitamin C, karoten, dan vitamin B2.

Berdasarkan nilai gizi tersebut, bawang bombay memang termasuk bahan makanan yang padat gizi dan dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan. Apa saja sih? Berikut ini di antaranya:

1. Membantu mengatasi tekanan darah tinggi

Sebuah studi yang dilakukan oleh British Journal of Nutrition meneliti efek konsumsi ekstrak bawang bombay selama 6 minggu dan menunjukkan hasil sedikit mengurangi tekanan darah sistolik pada orang yang menderita hipertensi. 

Studi awal juga menunjukkan bahwa konsumsi produk kombinasi yang mengandung bawang bombay, termasuk bawang bombay bubuk, menurunkan tekanan darah sistolik pada orang dengan tekanan darah tinggi.

2. Membantu menyehatkan jantung

Dalam bawang bombay bubuk tetap terkandung antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu menurunkan trigliserida dan kolesterol, untuk mendukung kesehatan jantung.

Salah satu senyawa dalam bawang bombay yang berperan untuk ini adalah quercetin. Bahkan sebuah penelitian dari National Library of Medicine menemukan bahwa konsumsi dosis 162 mg ekstrak bawang bombay per hari dapat mengurangi tekanan darah sistolik sebanyak 3-6 mmHg secara signifikan.

3. Membantu pencegahan kanker

Konsumsi bawang bombay bubuk juga diketahui berhubungan dengan penurunan risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker perut dan kanker kolorektal karena adanya senyawa aktif onionin A yang mengandung sulfur.

Beberapa penelitian pada sel kanker dalam tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa ini menghambat pertumbuhan tumor dan melambatkan penyebaran kanker ovarium serta paru-paru.

Selain itu, tinjauan terhadap 16 studi dengan total 13.333 partisipan menunjukkan bahwa orang yang cukup sering mengkonsumsi bawang bombay memiliki penurunan risiko sebesar 15% terkena kanker.

4. Mencegah infeksi bakteri

Manfaat lain yang dapat diberikan oleh bawang bombay bubuk adalah mencegah infeksi bakteri merugikan, seperti Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus.

Jadi pastikan untuk menjadikan bawang bombay sebagai bumbu menu harian.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat dan prebiotik merupakan dua nutrisi yang identik dengan yoghurt dan buah, tetapi keduanya juga terkandung dalam bawang bombay lho. Meskipun tidak sedominan buah dan yoghurt, dalam bawang bombay bubuk juga terdapat prebiotik inulin yang sejak lama telah diketahui dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk memperoleh semua manfaat di atas, Sedulur tidak harus mengonsumsi bawang bombay bubuk dalam jumlah banyak setiap harinya, sebab bau dari bawang yang cukup kuat bisa cukup mengganggu. Konsumsi saja secukupnya sebagai bumbu masakan, karena toh nyaris tidak ada masakan yang bisa lepas dari bumbu satu ini.

Itulah tadi rekomendasi bombay bubuk sachet dan botol yang bisa menjadi pilihan Sedulur. Bawang bombay bubuk menjadi bumbu serbaguna yang akan menambahkan kedalaman rasa pada berbagai hidangan.

Dibuat dari bawang segar yang dikeringkan dan dihaluskan, serbuk bawang kami memberikan aroma dan rasa bawang yang kaya tanpa perlu repot memotong dan menumis. Jadi, cocok banget untuk jadi pilihan dapur dalam menghasilkan hidangan lezat.