penyedap rasa terbaik

Dengan menambahkan penyedap rasa terbaik merupakan cara efisien untuk membuat masakan lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan. Tapi tentu saja memakai racikan bumbu masak dan kaldu buatan sendiri menjadi kepuasan bagi kamu yang gemar memasak.

Namun, hal itu memerlukan waktu cukup lama saat mengolah masakan. Ketika kamu butuh cara yang lebih praktis agar menghemat waktu, kamu dapat menggunakan penyedap rasa yang hadir dalam bentuk bubuk.

Selain gula, garam, dan micin, untuk makin memberi rasa yang kaya biasanya ditambahkan bahan-bahan alami seperti bawang merah, bawang putih, lada, dan merica. Sementara jika tidak ingin repot, ada penyedap rasa yang sering digunakan untuk hidangan berkuah. Selain itu, penyedap rasa juga digunakan untuk hidangan yang digoreng maupun ditumis.

BACA JUGA:  12 Rekomendasi Merek Lada Hitam Bubuk Terbaik 2023

Hal yang Diperhatikan Saat Pilih Penyedap Rasa

penyedap rasa terbaik
PPexels/Dapur Melodi

Saat memilih penyedap rasa non MSG, penting untuk memperhatikan beberapa hal agar dapat memilih produk yang berkualitas. Pertama, periksa dengan teliti label dan komposisi produk yang akan dibeli.

Pastikan produk tersebut jelas menyatakan bahwa mereka bebas MSG dan tidak mengandung kata-kata seperti monosodium glutamat atau kode E621 yang merupakan indikasi keberadaan MSG. Selain itu, pilihlah produk yang menggunakan bahan-bahan alami seperti rempah-rempah, bawang, jamur, atau kaldu tulang sebagai pengganti rasa.

Hindari produk yang mengandung pewarna atau pengawet sintetis. Melalui eksperimen dan mencoba berbagai merek dan jenis penyedap rasa non MSG, sesuaikan dengan preferensi rasa pribadi untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan memberikan cita rasa lezat pada hidangan tanpa kekhawatiran akan efek MSG.

Dengan memperhatikan label, komposisi, dan bahan-bahan yang digunakan, kamu dapat memilih penyedap rasa non MSG yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Mie Goreng Instan yang Enak Pilihan Netizen

Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik

Jangan sembarangan memilih penyedap rasa untuk makanan. Selain mengejar rasa enak dan aroma yang nikmat, kamu juga harus memastikan bahwa penyedap rasa yang digunakan sudah aman dan lulus BPOM. Untuk itu, berikut rekomendasi penyedap rasa terbaik untuk masakan kamu!

1. Masako Kaldu Ayam

penyedap rasa terbaik
Unsplash/Diana Polekhina

Ingin masakan kamu memiliki rasa yang sempurna dengan aroma yang menggoda, kamu wajib mencampurkan penyedap rasa makanan enak yaitu Masako. Bahan masakan ini merupakan produk kaldu bubuk keluaran dari pabrik Ajinomoto yang sudah sangat terkenal akan produk-produk penyedap dan bumbu untuk masakan.

Bumbu Ajinomoto ini terbuat dari bumbu dan rempah pilihan yang bisa menambahkan kelezatan masakan kamu. Untuk komposisinya, Ajinomoto Masako terbuat dari bahan-bahan alami yang sehat. Dan kemudian bisa menghasilkan penyedap rasa yang sangat legendaris dan disukai oleh banyak orang.

Sebagai masyarakat Indonesia, kamu tentu sudah familiar dengan penyedap rasa yang satu ini. Karena tak heran, produk ini hampir dimiliki oleh semua dapur Indonesia. pasalnya menjadi salah satu andalan untuk membuat masakan lebih enak.

2. Royco Bumbu Kaldu Ayam

Penyedap rasa makanan enak yang pertama hadir dari brand Royco. Kamu tentu sudah familiar dengan brand ini, bukan? Royco merupakan bumbu penyebab masakan yang bisa membuat hidangan menjadi lebih gurih dan lezat. Dengan menambahkan Royco Kaldu Ayam kedalam masakan kamu, masakan akan semakin istimewa.

Perlu diketahui, Royco terbuat dari kandungan utama daging ayam pilihan yang dapat memastikan masakan kamu menjadi lebih enak. Ada pun komposisi dari penyedap ini adalah bahan-bahan terbaik yang menghasilkan rasa yang sempurna. Tak heran produk ini mampu membuat masakan apa pun menjadi lebih enak, lezat dengan aroma yang sempurna.

Untuk takaran per sajinya, kamu akan mendapatkan energi total 0 kkal, energi dari lemak 0 kkal, lemak total 0 g, lemak jenuh 0 mg,kolesterol 0 g, protein 0 g, karbohidrat total 0 g, serat pangan 0 g, gula 0 g da0n natrium 540 mg. 

3. Totole Kaldu Rasa Jamur

Totole adalah merek kaldu jamur non MSG yang cocok untuk vegetarian dan non-vegetarian yang ingin menjalani pola makan sehat. Kaldu jamur ini mengandung banyak vitamin B, zat besi, antioksidan, serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menurunkan kolesterol.

Totole Kaldu Rasa Jamur tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 40 hingga 400 gram, dan telah memiliki sertifikasi halal MUI serta sertifikasi vegan. Kaldu Totole menjadi pilihan populer di kalangan ibu-ibu karena mudah didapatkan dan tersedia dalam dua varian rasa, yaitu jamur dan ayam.

Produk ini diklaim bebas MSG dan kolesterol, serta proses pembuatan dan pengemasannya dilakukan dengan standar kebersihan yang tinggi. Kaldu Totole dapat ditemukan di berbagai platform e-commerce, supermarket, dan pasar tradisional.

4. Sasa Gourmet Powder

Sasa Gourmet Powder terbuat dari fermentasi molasses tebu. Penyedap rasa dari Sasa ini merupakan murni MSG sehingga penggunaannya tidak perlu terlalu banyak. Cukup gunakan setengah sendok teh untuk melezatkan masakan kamu.

Jika Sedulur membutuhkan penyedap rasa ekonomis untuk bisnis kuliner, Sasa Gourmet Powder adalah pilihan yang tepat. APalagi harganya juga sangat terjangkau.

5. Ajinomoto Plus

Butuh sesuatu yang super ‘nendang’? Ini dia solusinya! Ajinomoto Plus khusus untuk kamu. Dengan tambahan kunci rasa umami, rasa yang diciptakan lebih gurih. Dengan asam glutamat, buat masakan jadi lebih gurih hingga 5x lipat lebih terasa dibandingkan MSG biasa.

Sering digunakan bagi para pengusaha katering karena buat masakan jadi lebih gurih dan hanya perlu gunakan sedikit saja.

6. Lemonilo Kaldu Pelezat

Lemonilo Kaldu Pelezat Jamur merupakan bumbu penyedap rasa non MSG yang dibuat dengan bahan-bahan alami seperti ekstrak jamur, gula, garam, lada, dan maizena. Produk ini memberikan rasa umami yang nikmat untuk berbagai masakan, terutama makanan berkuah seperti sup dan gulai.

Dengan penggunaan 1 sendok teh per masakan, Lemonilo Kaldu Pelezat Jamur memberikan kelezatan tanpa tambahan MSG.  Produk ini juga menggunakan Silica Gel dari bahan alami sebagai pengawet alami, menjaga kesegaran dan kualitas tanpa penggunaan bahan sintetis

Setiap kemasan berisi 20 sajian dengan nilai gizi yang sehat, termasuk 18 gram protein dan total karbohidrat sebesar 26 gram. Lemonilo Kaldu Pelezat Jamur merupakan salah satu inovasi Lemonilo dalam menyediakan bumbu penyedap rasa non MSG.

Dengan harga sekitar 30 ribuan rupiah dan berat bersih 80 gram, produk ini memberikan alternatif sehat dan lezat untuk meningkatkan rasa masakan kamu dan keluarga tanpa harus mengorbankan kesehatan.

7. Maggi Seasoning Cair

Masak jadi beda merupakan tagline dari produk Maggi Seasoning ini. Apabila bumbu penyedap rasa kebanyakan berbentuk bubuk, tidak dengan produk yang satu ini. Maggi merupakan seasoning dalam bentuk cair yang bebas MSG. Aroma dan rasanya dikenal khas karena terbuat dari fermentasi gandum. 

Kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti bumbu kecap asin dan kecap inggris. Karena berbentuk cair, kamu juga bisa menakar bumbu dengan lebih pas. Mulai dari menu sate maranggi hingga sup ikan patin, berbagai masakan pasti lezat dengan bumbu penyedap cair Maggi.

Produk ini mengandung MSG, air, garam, gandum, gula, pewarna karamel, pengatur keasaman, perisa sintetik, penguat rasa, dan dekstrosa.

8. Pawon Ibun Kaldu Tempe

Produk ini merupakan kaldu bubuk vegan bebas gula dan garam untuk diet sehat dan MPASI. Kami merekomendasikan kaldu tempe non-MSG dari Pawon Ibun untuk keluarga vegan yang ingin hidup sehat. Produk ini juga cocok untuk kamu yang sedang diet sehat mengurangi asupan garam dan gula.

Penyedap non-MSG dari Pawon Ibun juga bisa menjadi solusi untuk permasalahan anak yang mogok makan. Meski tanpa garam dan gula, rasa kaldu bubuk Pawon Ibun tetap gurih. Karena itu, kaldu bubuk dari Pawon Ibu ini juga sering direkomendasikan untuk bumbu MPASI.

Komposisi dari penyedap Pawon Ibu ini adalah tempe dan bawang putih.

9. AlaNia Kaldu Sapi

Kaldu AlaNia merupakan kaldu sehat alami non MSG yang terbuat dari ekstrak lemak sapi dan rempah-rempah segar. Dengan teknologi low temperature drying system, kaldu ini tidak menggunakan bahan pengawet dan aman bagi tubuh. Kaldu AlaNia dapat digunakan untuk berbagai masakan, termasuk sebagai kaldu MPASI untuk bayi di atas 6 bulan. 

Kemasannya yang dilengkapi dengan tutup ganda, segel alufoil, dan segel plastik shrink menjaga keamanan dan kebersihan produk. Selain itu, AlaNia Kaldu Sapi juga memiliki tambahan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, merica, gula, dan garam untuk memperkuat rasa.

AlaNia Kaldu Sapi dapat digunakan dalam berbagai jenis masakan seperti tumisan, sup, semur, santan, gulai, dan gorengan. Metode produksinya menggunakan low temperature drying system, menjadikan kaldu ini tetap awet dalam suhu ruang selama beberapa bulan. 

Dengan kemasan botol plastik berat bersih 80 gram, AlaNia Kaldu Sapi dijual dengan harga terjangkau sekitar 20 ribuan rupiah. Pastikan untuk membeli produk AlaNia Kaldu Sapi yang asli dan dijamin keasliannya langsung dari pabrik, serta telah mendapatkan sertifikasi halal MUI.

10. Knorr Vegetable Stock Cubes

Khusus untuk kamu yang vegetarian atau menjunjung tinggi pola hidup sehat, Knorr Vegetables Stock Cubes adalah pilihan yang cocok. Terbuat dari kaldu sayuran yang gurih, harum, alami, non-gluten, dan non-MSG.

Kelebihan dari rekomendasi penyedap rasa makanan yang satu ini adalah rendah kalori, non-hewani, dan juga bebas gluten. Namun rasa dan aromanya tetap kuat serta khas.

11. Pura Seasoning Powder Bumbu Penyedap Non MSG

Bumbu penyedap yang lebih sehat! Bebas MSG, GMO, gluten, dan filler! Pura terkenal dengan produk garam himalaya dan sea salt yang sehat untuk diet. Selain garam, Pura juga merilis bumbu penyedap non-MSG yang rendah garam, bebas gula dan gluten, serta non-GMO.

Tidak hanya itu, Pura Seasoning juga no filler yang artinya tidak mengandung bahan-bahan maltodex, dextrin, dan tepung. Di samping varian rasa ayam dan sapi yang best seller, Pura juga menawarkan penyedap rasa khusus untuk vegan. Kamu bisa menggunakan penyedap rasa Pura untuk meningkatkan nilai gizi.

Komposisi dari penyedap rasa Pura adalah yaitu ada chicken powder (ayam kampung) dengan kandungan pura sea salt, bawang putih, bawang merah, lada dan pala. Lalu ada beef powder dengan campuran pura sea salt, bawang putih, bawang merah, lada dan pala.

Terakhir ada vegan yang hanya menggunakan Pura sea salt, natural yeast, bawang putih, bawang bombai, pala, bawang merah, merica, seledri, ketumbar, daun jeruk dan kemiri

12. Bubuk Organik Maseko

Maseko adalah merek kaldu pendukung MPASI untuk bayi yang bebas risiko. Maseko menggunakan bahan-bahan alami sebagai pengganti MSG dan telah lulus uji laboratorium. Tersedia dalam varian Ayam, Sapi, Jamur, dan Daun Kelor, kaldu ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan lokal pilihan yang bebas GMO. Harga produk ini sekitar Rp17.000.

Maseko juga menawarkan variasi kaldu bubuk non MSG yang dapat digunakan pada makanan siap saji atau dalam proses memasak. Varian Ayam Kampung menggunakan bahan-bahan seperti tepung maizena, merica, bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir, dan daging ayam. 

Sementara itu, varian Sapi menggunakan daging sapi lokal pilihan yang dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya. Varian Jamur menggunakan jamur pilihan, maizena, garam, gula, bawang merah dan putih, serta merica. Semua produk Maseko tidak mengandung MSG dan dijamin aman dikonsumsi.

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Saus Barbeque yang Enak dan Terbaik 2023

Manfaat Penggunaan Penyedap Rasa Makanan

Pexels/Pixabay

Di luar pro dan kontra dalam menggunakan campuran penyedap rasa dalam makanan, sebenarnya ada beberapa manfaat tersendiri terkait penggunaan penyedap rasa tersebut. Apa saja manfaat dari penyedap rasa? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Meningkatkan air liur

Penyedap rasa memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan air liur. Air liur bisa membantu lidah dan mulut, untuk menghaluskan makanan agar mudah masuk ke dalam sistem pencernaan.

2. Mengurangi garam

Terlalu banyak menggunakan garam bisa membuat tingginya kadar natrium dalam tubuh, yang memicu penyakit darah tinggi. Menggunakan penyedap rasa sesuai takaran harian, bisa membantu mengurangi asupan garam dalam tubuh dan membuat cita rasa masakan tetap gurih.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Penyedap rasa juga memiliki manfaat yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Karena penyedap rasa ini meningkatkan produksi cairan lambung, sehingga orang yang mengonsumsi penyedap rasa sesuai aturan, bisa terhindar dari penyakit gastritis atrofik.

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Merek Gula Aren Terbaik dan Terbaru 2024

Cara Memilih Penyedap Rasa Terbaik

penyedap rasa terbaik
Unsplash/Tiard Schulz

Supaya kamu bisa lebih bijak dalam memilih penyedap rasa makanan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Dengan begini kamu bisa memilih penyedap yang tepat. Simak sampai selesai di bawah ini!

1. Pilih bahan bakunya

Penyedap rasa terbuat dari bahan baku yang berasal dari kaldu hewan dan kaldu tumbuhan. Kalau kamu seorang vegetarian, kamu bisa memilih penyedap rasa yang bahan bakunya terbuat dari tumbuhan, seperti penyedap rasa dari jamur. Usahakan untuk melihat komposisinya terlebih dahulu.

2. MSG

Untuk membuat makanan lebih gurih, kamu bisa memilih penyedap rasa yang memiliki kandungan MSG. Penyedap rasa yang mengandung MSG ini, bisa membantu mengurangi asupan garam harian.

3. Non MSG

Kalau memiliki alergi terhadap MSG, kamu bisa menggunakan penyedap rasa non MSG atau yang tidak mengandung MSG. Ada juga penyedap rasa yang tidak menggunakan tambahan MSG atau non-MSG lho. Penyedap rasa ini menggunakan bahan-bahan alami sebagai penyedap rasa. 

Jenis ini cocok jika kamu memiliki alergi terhadap MSG ataupun digunakan sebagai bumbu makanan pendamping ASI (MPASI). Apabila kamu sedang dalam program diet, penyedap tanpa MSG juga pas sekali untuk dikonsumsi. Kandungan sodiumnya tentu lebih rendah dan membuat makanan kamu lebih sehat.

Selain itu, penyedap tanpa MSG lebih menonjolkan rasa yang alami dan terasa lebih segar di lidah. Namun, harganya lebih mahal dibandingkan penyedap rasa ber-MSG. Ada banyak merek penyedap rasa non-MSG yang tersedia die-commerce, yakni Pura, Pawon Ibun, dan Lemonilo. Rasanya pun beragam, mulai dari rasa ayam dan sapi sampai rasa udang yang gurih.

Itulah tadi penyedap rasa terbaik yang bisa menjadi pilihan. Kalau kamu khawatir menggunakan penyedap rasa secara berlebihan, kamu bisa mengurangi penggunaan penyedap rasa saat memasak.

Caranya, dengan mengolah setiap masakan dalam waktu yang tepat, menggunakan garam dan gula dalam setiap masakan, memperhatikan teknik memasak, menambahkan tomat untuk membuat masakan lebih sedap dan segar, dan mengganti MSG dengan bahan penyedap alami, seperti kaldu jamur.

Penyedap rasa berfungsi untuk membuat rasa masakan makin lezat. Ada penyedap rasa yang menggunakan MSG dan non-MSG. Perhatikan bahan-bahannya, terutama jika kamu menjalani gaya hidup vegetarian. Selain itu, sesuaikan pilihan varian rasa sesuai dengan masakan.

 Sedulur tidak perlu khawatir karena bisa menemukan produk-produk di atas dengan mudah lantaran tersedia di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.