Lada hitam bubuk yang bagus

Salah satu bumbu masak yang cukup banyak digunakan dalam kuliner Indonesia adalah lada hitam. Rempah satu ini memiliki cita rasa pedas yang juga menghangatkan tubuh. Apabila pada zaman dahulu lada hitam harus ditumbuk sendiri sebelum dimasak, sekarang sudah banyak merek lada hitam bubuk yang bagus.

Sedulur juga tidak perlu repot, karena produk lada hitam bubuk dijual di banyak tempat. Bahkan, bisa dibeli langsung lewat ponsel dengan menggunakan Aplikasi Super. Namun merek lada hitam bubuk yang bagus itu apa saja ya? Biar Sedulur tidak bingung, yuk simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: 14 Merk Kaldu Bubuk Terbaik Untuk Penyedap Rasa di 2023

Mengenal lada hitam

The Spruce Eats

Sejak zaman dahulu, Indonesia memang terkenal sebagai penghasil rempah-rempah, salah satunya adalah lada hitam atau Piper nigrum. Ya, selain lada putih, ternyata lada hitam banyak dihasilkan oleh petani-petani lokal, lho. Salah satu daerah penghasil lada hitam terbesar di Indonesia adalah Lampung, Sumatra. Lada hitam terkenal akan kemampuannya dalam meningkatkan rasa masakan. Mau tahu apa saja manfaat lada hitam untuk masakan?

-->
  • Aroma lada hitam dapat menutupi bau amis dalam masakan yang mengandung protein, seperti ikan, telur, dan daging.
  • Penambahan lada hitam pada masakan akan memberikan rasa pedas yang khas.
  • Nuansa pedas yang dihasilkan berbeda dengan pedas cabai sehingga orang yang tidak kuat pedas sekalipun masih bisa mengonsumsinya.
  • Lada hitam dapat meningkatkan aroma masakan sehingga menjadi lebih sedap dan menggugah selera.

Sedulur bisa mencoba beberapa merek lada bubuk hitam yang bagus berikut ini:

1. Ladaku

Motasa Indonesia

Terbuat dari 100% merica murni yang dikeringkan dan dihaluskan, Ladaku Merica Putih Bubuk bisa dengan mudah dijumpai di Aplikasi Super dan toko kelontong terdekat. Bentuknya yang sangat halus membuat lada bubuk ini mudah larut ke masakan. Alhasil, masakan akan memiliki aroma yang lebih sedap dan rasa lebih mantap.

Ladaku juga sudah sangat terkenal, Sedulur bisa menggunakan bumbu satu ini untuk membuat banyak masakan seperti tongseng, gulai, opor, hingga sate kambing. Mencampurkan lada hitam dari Ladaku bisa memberikan sensasi hangat pada setiap masakan yang dibuat. Rasanya juga termasuk lembut sehingga tidak membuat orang menjadi kepedesan.

2. Harum Enak Lada Bubuk

Pexels

Produk lada bubuk dari Harum Enak ini telah memperoleh organic certificate, sehingga Sedulur tidak perlu khawatir tentang adanya residu pestisida pada produknya. Tidak hanya itu saja, produk ini juga bebas bahan campuran lain dan pengawet sintetis alhasil citra rasa dan aroma lada yang dihasilkan begitu sedap. Harum enak juga memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat mudah tercampur dengan bahan masakan yang Sedulur buat.

Aroma lada hitam dari Harum Enak juga tidak sangat. Sehingga tidak akan membuat Sedulur bersin ketika menggunakannya. Produk ini juga sangat mudah dijumpai dengan harga yang terjangkau, jadi dijamin tidak akan membuat kantong Sedulur jebol.

3. La Fancy Merica

La Fancy

Jika Sedulur mencari lada hitam bubuk yang terbuat dari 100% lada, tanpa MSG dan bahan tambahan, maka bisa mencoba lada bubuk dari La Fancy. Rasanya memang tidak terlalu pedas, tetapi produk ini menghadirkan aroma lada yang sangat kuat, jadi akan cocok ditambahkan pada banyak jenis masakan, khususnya masakan ala Barat. Walaupun tidak mengandung pengawet, lada bubuk ini bisa bertahan lama.

4. Koepoe Koepoe Lada Bubuk

merek lada hitam bubuk yang bagus
Koepoe Koepoe

Koepoe Koepoe Lada Hitam Bubuk diolah dengan standar tinggi, bahkan telah lolos GMP (Good Manufacturing Product). Produk ini juga memanfaatkan rempah asli dengan kualitas terbaik. Sebagai hasilnya, lada bubuk hitam dari Koepoe Koepoe sudah dikenal oleh pasar ekspor dan laris manis.

Produk ini terbuat dari buah lada asli yang bermutu kemudian diproses secara higienis sampai menjadi bentuk bubuk. Dikemas dalam botol plastik yang dilengkapi tutup dengan lubang-lubang kecil, Koepoe Koepoe Lada Putih Bubuk sangat mudah digunakan untuk menambah cita rasa masakan yang Anda jadi lebih istimewa. Tidak ada aturan khusus dalam pemakaian lada bubuk ini, tinggal gunakan saja sesuai kebutuhan dan selera. Dikemas dengan berat bersih 85 gram, Koepoe Koepoe Lada Putih Bubuk dijual dengan harga Rp15.000 saja.

BACA JUGA: 5 Perbedaan Merica, Lada dan Ketumbar Dari Bentuk Hingga Rasa

5. Lada Cap Pohon Mangga

merek lada hitam bubuk yang bagus
Pinterest

Lada hitam bubuk sachet merek Cap Pohon Mangga mempunyai berat bersih yang tidak begitu banyak, hanya sekitar enam gram. Karena itu, produk ini kami rekomendasikan bagi Sedulur yang baru pertama kali akan mencoba rasa bubuk lada hitam.

Produk ini telah memperoleh sertifikasi dari KEMTAN RI sehingga pasti aman digunakan pada beragam jenis masakan, seperti ayam lada hitam, sapi lada hitam, pasta, tumis ikan laut, dan tahu tausi. Rasa pedas yang dihasilkan oleh lada hitam Cap Pohon Mangga  juga cukup kuat namun tetap terasa hangat di tenggorokan.

6. Yutakachi Lada Bubuk

Pexels

Apabila jumlah konsumsi lada hitam bubuk Sedulur tergolong tinggi, silakan menstok produk Yutakachi ini. Produk ini tersedia dalam kemasan besar yaitu satu kilogram. Jadi, tak perlu khawatir cepat habis dan berulang kali membelinya di toko.

Terlebih, harga produk lada bubuk ini termasuk yang paling murah dibandingkan merek lada hitam lainnya. Sedulur juga tak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Menguntungkan, bukan?

7. Jay’s Kitchen Lada Bubuk

Pinterest

Jika Sedulur suka untuk mengolah beragam hidangan berbahan dasar daging sapi, jangan lewatkan produk dari Jay’s Kitchen Black Pepper Ground. Dengan menambahkan lada hitam bubuk ini, olahan daging sapi yang dimasak akan terasa lebih pedas, panas, sekaligus gurih.

Lada hitam bubuk ini dibuat dari bahan baku buah lada yang belum terlau tua, lalu dikeringkan bersama dengan kulitnya, sehingga membuat permukaan lada menjadi bekeriput. Karena tidak mengandung bahan tambahan, lada bubuk ini bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan, misalnya melancarkan pencernaan, meredakan perut kembung, hingga membantu mengontrol tekanan darah.

8. House of Organix

Pinterest

Kami rekomendasikan lada hitam bubuk ini untuk Sedulur yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Produk ini merupakan kombinasi garam laut dengan lada hitam sehingga rasanya lebih kaya.

Jadi, tidak usah bingung memperkirakan takaran garam dan lada hitam dalam masakan. Keamanannya pun tak perlu Sedulur ragukan karena produk ini terbuat dari bahan-bahan alami terbaik.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Minyak Sayur yang Baik untuk Kesehatan

9. Rasa Rempah Nusantara

merek lada hitam bubuk yang bagus
Unsplash

Lada hitam bubuk kasar ini terkenal akan aromanya yang kuat. Meski begitu, rasanya tidak terlalu pedas. Oleh sebab itu, lada hitam ini cocok bagi Sedulur yang tidak begitu menyukai rasa pedas.

Cukup taburkan saja produk ini pada berbagai menu, misalnya pasta, pizza, atau masakan lainnya. Dijamin, aroma masakan menjadi lebih kuat dalam seketika. Uniknya lagi, bentuk lada hitam ini sedikit kasar sehingga Sedulur tetap bisa merasakan teksturnya.

10. Organic Center

merek lada hitam bubuk yang bagus
Simply Recipes

Jika ruang penyimpanan bumbu di dapur Sedulur cukup terbatas, pemilihan Organic Center Black Pepper adalah langkah yang tepat. Produk ini dikemas dalam kantong ziplock sehingga tidak akan memakan banyak tempat. Selain itu, kemasan tersebut juga efektif menjaga kualitas lada bubuk di dalamnya. Meski tanpa tambahan bahan pengawet, rasa dan aroma lada hitam bubuk ini tak akan mudah berubah.

11. Garlickys Lada Bubuk

Unsplash

Garlickys Lada Hitam Bubuk hanya terbuat dari 100% lada murni tanpa campuran bahan sintetis, baik itu bahan pengawet, pewarna, maupun penguat rasa. Produk ini telah memperoleh sertifikasi dari KEMTAN RI sehingga pasti aman digunakan pada beragam jenis masakan, seperti ayam lada hitam, sapi lada hitam, pasta, tumis ikan laut, dan tahu tausi. Rasa pedas yang dihasilkan oleh Garlickys Lada Hitam Bubuk juga cukup kuat namun tetap terasa hangat di tenggorokan.

12. Cap Djepati Lada Bubuk

Pexels

Meski termasuk jenis lada bubuk putih, Lada Cap Djepati menghadirkan rasa pedas yang cukup kuat dan aromanya sangat harum. Ketika diaplikasikan ke masakan, produk ini akan membuat masakan Sedulur semakin menggugah selera.

Tidak perlu khawatir dengan keamanannya, karena merek lada hitam bubuk yang bagus ini sudah memperoleh sertifikasi dari KEMTAN RI, MUI, dan seluruh pembuatannya telah memenuhi standar GMP atau Good Manufacturing Practice.

Seperti beberapa produk lada bubuk sebelumnya, Lada Cap Djepati juga dikemas dalam botol yang sudah dilengkapi dengan tutup berlubang. Pada tutup botolnya terdapat 1 lubang besar dan beberapa lubang kecil untuk memudahkan pemakaian.

Cara memilih lada hitam

Simply Recipes

Sedulur juga tidak boleh sembarangan memilih lada hitam ya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa menentukan mana lada hitam yang tepat untuk memasak di rumah. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan:

a. Menentukan karakter lada hitam

Secara umum, terdapat dua tekstur lada hitam bubuk yang banyak dijual di toko online ataupun offline. Ada yang agak kasar, ada juga yang lebih halus. Lada hitam bubuk halus merupakan lada hitam yang sudah digiling halus dan memiliki tekstur lembut. Jenis lada hitam bubuk ini banyak digunakan saat proses memasak karena butiran halusnya mudah larut dalam masakan. Cita rasa masakan, baik sup, tumis sayur, maupun adonan perkedel, bakal meningkat setelah ditaburi lada hitam bubuk halus.

Berbeda lagi dengan lada hitam bubuk kasar. Lada hitam jenis ini memiliki aroma yang lebih wangi sehingga cocok ditaburkan di atas makanan yang siap dihidangkan. Sedulur bisa menaburkannya di atas piza, pasta, salmon grill, dan sebagainya. Teksturnya yang renyah juga bisa memberikan sensasi tersendiri pada makanan.

b. Perhatikan jenis lada hitam

Pertama, jenis lada hitam bubuk yang cukup populer di Indonesia dan biasanya ditambahkan pada proses akhir memasak untuk menimbulkan rasa sedikit pedas serta aromanya lebih harum. Lada bubuk jenis ini dibuat dari buah lada yang belum masak tapi sudah cukup berisi, lalu dijemur untuk menghilangkan kulitnya, dan terjadilah reaksi okisidasi yang membuat lada menghitam. Proses ini membuat rasa pedas pada lada hitam menjadi cukup kuat, terutama pada lada hitam yang baru saja digiling.

Kedua, jenis lada putih yang dibuat menggunakan lada yang sudah masak. Pembuatan lada bubuk putih justru lebih sulit dibandingkan dengan lada hitam, karena lada yang sudah matang harus disimpan dan direndam dahulu selama satu sampai dua minggu untuk membuat selaputnya menjadi lunak dan kulit mengelupas dengan sendirinya. Selanjutnya, dilakukan pengeringan untuk mendapatkan lada putih yang bersih dan digiling sampai menjadi bubuk. Meski rasanya masih cukup pedas, namun aroma lada putih terbilang kurang kuat dibandingkan dengan lada hitam bubuk.

Selain lada hitam dan putih, sebenarnya ada jenis lada merah dan lada hijau, tetapi keduanya sulit ditemui dalam bentuk lada bubuk. Lada hijau juga dibuat dari lada yang mentah, lalu direndam dalam air garam atau cuka, sehingga menghasilkan rasa pedas yang rendah namun terasa lebih segar. Sedangkan pada lada merah menggunakan buah lada yang sudah matang sehingga rasa pedas dan aromanya lebih kuat daripada lada hijau.

c. Pilih ukuran yang tepat

Kemasan sachet adalah kemasan paling kecil, praktis, dan memiliki bobot sekitar 6 gram. Tak heran bila lada hitam bubuk sachet sangat ideal untuk kebutuhan sekali masak. Dengan kemasan sachet, Sedulurtidak perlu menyimpan terlalu banyak lada hitam bubuk di dapur. Kemasan sekali pakai seperti ini juga bisa menjaga kesegaran rasa lada hitam yang akan kamu gunakan. Dengan begitu, kualitas rasa masakan yang dihasilkan pun akan menjadi lebih optimal.

Sedulur bisa memilih merek lada hitam bubuk yang bagus juga dengan menyesuaikan ukurannya. Ini penting agar Sedulur tidak membuang percuma bahan masakan satu ini.

d. Pertimbangan lada hitam kemasan kaca

Kemasan yang umum ditemui pada lada bubuk adalah kemasan botol, baik botol plastik maupun botol kaca. Kemasan seperti ini memudahkan Seduluruntuk menyimpan lada hitam dalam jumlah yang cukup banyak. Jadi, kemasan botol cocok untuk kamu yang sering menggunakan lada hitam saat memasak. Bobot yang ditawarkan cukup bervariasi, mulai dari 25 gram hingga 100 gram.

Biasanya, kemasan ini dilengkapi dengan sekat berlubang di bagian dalam. Keberadaan sekat berlubang tersebut memudahkan Sedulur ketika ingin menuangkan lada hitam bubuk ke dalam masakan. Ditambah lagi, apabila wadahnya tidak sengaja terjatuh, bubuk lada hitam tidak akan tumpah berlebihan.

e. Cek kandungan zat adiktif

Sedulur perlu memastikan ada atau tidaknya zat aditif pada produk lada bubuk yang dibeli. Zat aditif yang dimaksud, seperti bahan pengawet, pewarna, maupun bahan sintetis lain yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas masakan. Bahan pengawet yang ditambahkan ke lada bubuk memang bertujan untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisme penyebab makanan mudah busuk, tetapi konsumsi pengawet sintetis yang berlebihan juga bisa menimbulkan dampak negatif ke tubuh.

Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan produk lada bubuk dari merk bumbu yang sudah terpercaya. Merek lada hitam bubuk yang bagus biasanya sudah mencantumkan berbagai informasi penting terkait keamanan produknya, mulai dari bahan baku, nilai gizi, saran penyajian, serta nomor registrasi produk. Pengemasan dari produsen lada bubuk ternama biasanya sudah sangat aman dan Sedulur bisa menjumpainya dengan mudah di warung dan toko kelontong.

Manfaat lada hitam

Medical News Today

Sebagai salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia, lada hitam ternyata juga menyimpan beragam manfaat. Dalam beberapa penelitian yang dikutip dari Healthline, lada hitam bisa memberikan dampak positif bagi tubuh seperti menjaga daya tahan hingga mencegah kanker. Untuk penjelasan lengkap tentang manfaat lada hitam, bisa simak berikut.

1. Mencegah peradangan

Manfaat lada hitam untuk kesehatan selanjutnya adalah lada hitam mampu mencegah peradangan. Mengutip jurnal yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, selain piperin, lada hitam juga mengandung senyawa antiinflamasi lainnya termasuk minyak esensial limonene dan beta-caryophyllene yang dapat mencegah tubuh dari peradangan kronis. Peradangan kronis dapat menjadi faktor dari beberapa penyakit seperti radang sendi, penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

2. Menjaga kandungan gula darah

Manfaat lada hitam untuk kesehatan juga berkat kandungan piperin yang berperan membantu meningkatkan metabolisme gula darah. Dalam sebuah penelitian pada tikus yang diberi ekstrak lada hitam memiliki lonjakan kadar gula darah yang lebih kecil setelah mengonsumsi glukosa dibandingkan dengan tikus pada kelompok lainnya. Penelitian lainnya pada 86 orang yang memiliki kelebihan berat badan diminta mengonsumsi piperin dan senyawa lain selama 8 minggu. Kelompok ini menunjukan peningkatan yang signifikan dalam sensitivitas insulin.

3. Penangkal radikal bebas

Dalam beberapa penelitian menunjukan bahwa lada hitam bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh. Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang terpapar radikal bebas, misalnya pola makan yang buruk, paparan sinar matahari, polusi dan lain sebagainya. Dalam sebuah studi menunjukan bahwa diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah atau menunda efek merusak dari radikal bebas.

4. Melawan kanker

Manfaat lada hitam untuk kesehatan juga dapat membantu melawan penyakit kanker. Peneliti berhipotesis bahwa piperin mungkin memiliki sifat sebagai anti-kanker. Meskipun belum ada uji coba pada manusia yang dilakukan, studi tabung reaksi menemukan bahwa piperin memperlambat replikasi sel kanker payudara, prostat, dan usus besar hingga menyebabkan kematian sel kanker.

5. Mengkontrol kolesterol

Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh juga menjadi manfaat lada hitam untuk kesehatan. Kolesterol jahat dalam darah yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung yang menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Ekstrak lada hitam telah dipelajari pada hewan dan memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Dalam penelitian selama 42 hari, tikus yang diberi diet tinggi lemak dan ekstrak lada hitam memiliki penurunan kadar kolesterol darah, termasuk kolesterol jahat (LDL). Tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan lada hitam memiliki efek menurunkan kolesterol yang signifikan pada manusia.

6. Menjaga kesehatan usus

Manusia memiliki banyak bakteri di dalam tubuh. Faktanya, jumlah bakteri di dalam tubuh jauh lebih banyak dibandingkan sel-sel dalam tubuh. Sebagian bakteri baik ditemukan di dalam usus yang membantu dalam proses pencernaan makanan dan bekerja ke seluruh tubuh sehingga berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Kandungan piperin pada lada hitam sudah terbukti dapat membantu melancarkan pencernaan, hal ini tentu berdampak baik untuk kesehatan usus. Lada hitam juga terbukti dapat meningkatkan bakteri baik di dalam usus.

Demikian tadi rekomendasi merek lada hitam yang bagus untuk melengkapi kebutuhan dapur Sedulur. Bagi Sedulur yang ingin kulakan lada hitam bubuk dengan mudah dan cepat bisa langsung belanja di Aplikasi Super. Dijamin lengkap dan harganya super murah. Bukan hanya lada bubuk saja, Aplikasi Super juga menyediakan berbagai bumbu-bumbu dapur lainnya.

Jadi Sedulur bisa memenuhi segala kebutuhan bumbu dan rempah hanya dengan sekali belanja di Aplikasi Super. Sedulur bisa cek sekarang juga dengan download aplikasinya di Google Playstore!