model rak toko kelontong dari kayu

Membuat toko kelontong biasanya butuh berbagai macam peralatan, salah satunya adalah rak barang. Fungsi rak barang sangat penting karena menjadi penunjang agar semua barang dagangan bisa terlihat oleh pelanggan. Tidak heran karena begitu pentingnya barang ini, banyak orang yang mencari model rak toko kelontong dari kayu karena dianggap memiliki harga yang murah tapi awet tahan lama.

Pemilihan bahan rak toko kelontong sendiri memang jadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan, karena bisa mempengaruhi anggaran modal awal Sedulur. Model rak toko kelontong dari besi memang lebih populer, tapi rak dari kayu juga tak kalah apik dan estetik.

Biar Sedulur tidak bingung dan memiliki inspirasi saat membangun toko kelontong, yuk simak daftar model rak toko kelontong dari kayu di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Desain Toko Sembako Sederhana – Bagus & Hemat Biaya

-->

Dibutuhkan untuk toko kelontong

model rak toko kelontong dari kayu
Super

Sebelum masuk membahas model rak toko kelontong dari kayu yang cocok untuk Sedulur. Mari kita bahas kenapa rak kayu penting. Pertama, penggunaan rak kayu sangat membantu sebuah toko kelontong dalam menampilkan barang dagangannya. Ketika barang dagangan terlihat rapi di dalam rak, maka pembeli akan lebih mudah mencari barang belanja bulanan yang dibutuhkan.

Kedua, baik toko kelontong tradisonal maupun modern pasti menggunakan rak untuk menyimpan barang-barangnya. Hal ini juga berfungsi untuk membantu inventarisasi barang dagangan secara mudah dan efektif.

Penggunaan rak pada toko kelontong sendiri sudah banyak diterapkan dan mungkin bisa juga untuk Sedulur yang ingin memulai usaha. Salah satu usaha toko kelontong modern yang bisa Sedulur coba adalah Super Agen.

Apalagi Super Agen bisa membantu Sedulur mendapatkan keuntungan yang berlipat dengan membuka usaha sendiri di rumah untuk memenuhi belanja bulanan masyarakat. Harga kulakannya juga lebih murah, jadi keuntungan bisa makin berlipat. Penasaran dengan Super Agen? Bisa coba Sedulur klik di sini ya.

Selanjutnya yuk kita bahas rekomendasi rak kayu terbaik untuk toko kelontong.

BACA JUGA: 1 Liter Beras Berapa Kg? Ini Cara Hitung Paling Mudah

1. Rak kayu minimalis

model rak toko kelontong dari kayu
OLX

Buat Sedulur yang baru membangun toko kelontong sederhana, maka satu model rak yang tepat adalah rak kayu minimalis. Rak kayu semacam ini biasanya terbuat dari bahan jati belanda yang memiliki keawetan cukup baik. Selain itu, harganya juga murah lho.

Dengan menggunakan model rak toko kelongon dari seperti di atas, dijamin suasana toko kelontong milik Sedulur akan lebih kekinian.

Pembuatan rak toko dari kayu sederhana semacam ini juga bisa dilakukan sendiri atau dengan jasa tukang yang tidak terlalu mahal. Jadi memilih rak kayu minimalis dari kayu jati belanda termasuk langkah yang baik.

2. Rak toko sederhana

model rak toko kelontong dari kayu
Limumkm

Kalau tadi rak kayu dari jati belanda yang bisa diaplikasikan dengan cara menempel tembok. Sekarang ada rak toko kelontong sederhana yang terbuat dari kayu dan triplek.

Rak ini sangat mungkin dibuat sendiri jadi harganya sudah pasti murah meriah. Biasanya pembuatan rak semacam ini menggunakan beberapa kayu penyangga agar lebih kokoh dan tahan lama. Rak toko sembako dari triplek ini juga sangat cocok untuk memajang barang-barang dagangan seperti sayuran, minyak goreng literan, sampai gula pasir.

3. Rak kayu buah

model rak toko kelontong dari kayu
Kayulaku

Bila Sedulur ingin membuka warung kelontong sekaligus menyediakan buah-buahan sebagai barang dagangan. Maka satu rak yang perlu dibuat adalah rak kayu khusus buah.

Rak buah biasanya memiliki bentuk menjajar kebawah agar buah-buahan bisa dipilih secara mudah oleh pelanggan. Selain itu, tampilan rak buah juga bisa membuat para pelanggan tertarik membeli apalagi dengan menampilkan buah yang terbaik.

4. Rak klasik

Pixabay

Ini adalah salah satu model rak toko sembako yang banyak digunakan. Model rak klasik kotak menempel di dinding. Selain itu, ada juga rak kayu yang digunakan untuk memajang beras curah dan telur.

Rak semacam ini masih sangat populer dan bagus untuk digunakan dalam warung kelontong. Bagi Sedulur yang ingin mencoba, maka ini adalah salah satu model yang direkomendasikan.

5. Rak kayu dan besi

Kayulaku

Bila konsep toko kelontong yang Sedulur buka adalah modern. Maka model rak kayu dengan kombinasi akan sangat cocok digunakan. Model ini memberikan kesan modern dan kuat untuk toko kelontong.

Selain itu, daya tahan rak kayu dan besi ini tergolong lama sehingga Sedulur tidak perlu khawatir rak rusak saat menyetok barang dagangan. Model rak toko kelontong dari kayu seperti ini juga memudahkan pelanggan mengidentifikasi barang yang ingin dia beli.

BACA JUGA: Tips Memilih Beras yang Berkualitas, Jangan Sampai Salah Pilih!

6. Rak kayu tempel estetik

Pixabay

Rak kayu tempel seperti di atas selain cocok untuk toko kelontong juga bisa diterapkan di jenis toko lainnya. Hal ini tak lepas dari konsep rak kayu tempel yang memudahkan orang untuk mencari barang yang dicari. Selain itu, kasir bisa berada di tengah ruangan sehingga pemilik toko bisa dengan mudah membantu pembeli.

7. Rak fiber

Rak Gudang

Model rak toko dari besi yang mungkin cukup murah untuk toko kelotong adalah model rak kayu fiber. Untuk kualitas dan daya tahan, mungkin model rak toko sembako seperti ini adalah yang terkuat.

Penggunaan rak kayu fiber biasanya banyak digunakan oleh toko kelontong semi modern yang memiliki modal lumayan besar. Namun, bila Sedulur memang memiliki rencana pancang menjadikan toko kelontong berkembang lebih besar, maka rak satu ini sangat patut digunakan.

8. Rak kayu jati

Entertainment News

Model rak toko kelontong dari kayu terbaik mungkin adalah rak kayu jati. Siapa sih yang tidak kenal jenis kayu jati, kayu terbaik yang sering digunakan untuk berbagai macam jenis mebel.

Memang sih jenis kayu ini termasuk mahal, tapi dengan harga yang tinggi maka kualitas yang diberikan kayu jati juga bagus. Apalagi kayu jati sangat kuat terhadap cuaca dan serangan rayap yang sering menjadi masalah rak kayu biasa.

Selain itu, tampilan rak kayu jati juga terlihat elegan sehingga memberikan tampilan toko kelontong menjadi lebih baik. Jadi rak kayu jati adalah satu satu model rak kayu yang harus Sedulur coba.

9. Rak baja

Great Dime

Model rak toko sembako berikutnya adalah rak baja. Model ini banyak dipilih oleh pemilik toko yang menginginkan rak dengan berat yang ringan, namun tetap memiliki kekuatan yang besar dan tahan lama. 

Model rak baja dinilai lebih mudah dalam pemasangannya. Selain itu, rak model ini juga tahan digunakan untuk menyimpan produk-produk sembako yang cukup berat dan tentunya anti karat.

10. Rak display ritel

India Mart

Berikutnya ada model rak display ritel yang berguna untuk mempromosikan barang-barang dagangan yang baru. Sedulur bisa menyesuaikan ukuran rak ini dengan luas toko sebelum membelinya agar rak bisa terpasang dengan baik.

Dengan model rak ini, para pembeli bisa menjadi lebih mudah saat akan melihat detail yang dibutuhkan. Mulai dari nama produk, harga produk, banyaknya ketersediaan produk, hingga diskon yang sedang berlangsung.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Fruit Tea Paling Laris, Enak dan Segar!

11. Rak modern

Rak Toko

Rak modern terdiri dari banyak model yang bisa Sedulur pilih, misalnya rak tipe A. Rak modern biasanya dibuat dengan model dan bahan yang disesuaikan dengan keinginan pemilik toko. Tak hanya terbuat dari bahan baja atau besi, rak modern juga bisa dibuat menggunakan bahan kayu. 

Rak tipe A atau tipe gondola cocok untuk toko yang berukuran cenderung kecil. Selain tidak memakan banyak tempat, rak ini juga memiliki dua sisi yang bisa digunakan untuk memajang produk dagangan dengan lebih banyak. Selain model ini, rak modern juga bisa dibuat dengan mengkombinasikan model rak kait dengan model rak merchandise.

12. Rak kait

Applied Merchandising

Merupakan model rak yang biasanya digunakan untuk meletakkan produk-produk ringan. Misalnya sikat gigi, alat cukur, maupun produk kemasan sachet. Tak hanya mudah dalam pemasangannya, rak kait juga memiliki harga yang lebih terjangkau. 

Dengan penggunaan rak kait, barang pilihan pembeli akan lebih mudah diambil. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah dan cepat dalam berbelanja. Tak hanya itu, rak kait juga memudahkan pemilik toko saat akan melakukan restock barang dagangan.

13. Rak multifungsi

Mita Elektronik

Berikutnya ada rak multifungsi, yakni model rak yang memiliki banyak fungsi dan bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang. Model rak ini memiliki ukuran, warna dan bahan yang bisa disesuaikan oleh pemilik toko sembako. Biasanya, rak ini digunakan untuk menyimpan makanan instan maupun makanan ringan dengan kapasitas yang lebih banyak. 

BACA JUGA: Ini Perbedaan Soda Kue, Baking Soda dan Baking Powder

14. Rak supermarket

Sentra Park

Rak supermarket akan memberikan kesan toko sembako yang lebih rapi dan mudah dilihat konsumen. Penempatan barang yang tepat juga akan membuat barang lebih mudah diperoleh pembeli sehingga mereka tidak membutuhkan waktu lama dalam berbelanja. Kemudahan dalam berbelanja ini tentunya akan membuat mereka datang lagi dan menjadi pelanggan toko.  

15. Rak garmen

Walmart

Berikutnya adalah rak garmen, yakni model rak yang identik dengan bentuk penataan yang lebih elegan. Selain unik, rak ini juga bisa digunakan untuk menempatkan barang-barang ringan, seperti mie instan, makanan ringan, dan minuman ringan aneka rasa. 

Rak garmen juga mudah dipindahkan, sebab ada beberapa roda yang terpasang pada bagian kaki rak. Jadi, Sedulur bisa dengan mudah memindahkannya ke bagian lain jika memang dibutuhkan. Misalnya saat akan merombak dan membersihkan toko.

16. Rak Kaca

Sofee

Model rak lain yang bisa Sedulur pilih adalah rak kaca. Model rak ini tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan makanan dalam kondisi dingin saja, namun juga bisa digunakan untuk menempatkan barang-barang dagangan kering, seperti sabun, shampoo, saus, dan makanan kaleng. 

Meskipun ada risiko untuk pecah, namun model rak ini memiliki kelebihan yaitu mudah untuk dibersihkan. Apakah Sedulur tertarik untuk menggunakannya?

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik, Pasti Bikin Kinclong!

17. Rak merchandise

Behance

Model rak merchandise juga bisa Sedulur gunakan untuk mengisi toko sembako. Rak ini bisa digunakan untuk menonjolkan salah satu atau beberapa produk barang dalam satu jenis. Rak ini biasanya dilengkapi dengan banner unik untuk menarik perhatian pembeli.

Ukuran rak merchandise ini bisa Sedulur sesuaikan dengan ukuran toko dan jenis produk apa yang akan dipromosikan pada rak ini. Selain untuk menonjolkan barang tertentu, rak ini juga cocok untuk memperkenalkan produk baru dari supplier.  

Harga rak

Moka POS

Sementara itu, harga rak kayu untuk jualan sembako sebenarnya memiliki nilai yang bervariasi. Hal ini tergantung jenis dan bahan yang digunakan. Berikut ini beberapa estimasi harga rak toko yang telah berhasil dihimpun:

  • Rak kayu biasa biasanya kurang lebih Rp 80 ribu per satu rak.
  • Rak kayu triplek biasanya kurang lebih Rp 60 ribu per satu rak.
  • Rak kayu besi biasanya kurang lebih Rp 180 ribu per satu rak.
  • Rak besi fiber biasanya sekitar Rp 350 ribu – Rp 600 ribu.
  • Rak kayu jati biasanya sekitar Rp 250 ribu – Rp 500 ribu.
  • Rak baja biasanya kurang lebih Rp250 ribu per satu rak.
  • Rak display ritel biasanya kurang lebih Rp1,1 juta per satu rak.
  • Rak modern biasanya kurang lebih Rp1,6 juta per satu rak.
  • Rak kait biasanya kurang lebih Rp370 ribu per satu rak.
  • Rak multifungsi biasanya kurang lebih Rp350 ribu per satu rak.
  • Rak supermarket biasanya kurang lebih Rp1,2 juta per satu rak.
  • Rak garmen biasanya kurang lebih Rp988 ribu per satu rak.
  • Rak kaca biasanya kurang lebih Rp499 ribu per satu rak.
  • Rak merchandise biasanya kurang lebih Rp580 ribu per satu rak.

Demikian tadi deretan desain rak warung sembako minimalis yang bisa Sedulur coba. Bagaimana, menarik bukan? Semoga inspirasi di atas bisa membantu Sedulur yang sedang mencoba membuka usaha toko kelontong di rumah, ya.

Setelah menyiapkan rak sebagai tempat, kini saatnya Sedulur berbelanja kebutuhan barang dagangan. Agar mendapatkan harga murah dan mendapatkan untung melimpah, Sedulur bisa membeli kebutuhan beras, tepung terigu, minyak goreng, dan sembako lainnya melalui Aplikasi Super.

Lebih dari itu, Sedulur juga bisa mendapatkan berbagai diskon dan cashback menarik dalam setiap transaksi. Ada juga voucher gratis ongkir yang bisa Sedulur manfaatkan dan barang akan langsung dikirim sampai ke depan rumah. Tunggu apalagi? Yuk, download Aplikasi Super di Google PlayStore sekarang juga!