merica

Merica, ladam dan ketumbar merupakan bumbu dapur yang sangat penting dalam mendukung citarasa dalam masakan. Tanpa rempah tersebut, masakan bisa saja a akan terasa kurang begitu nikmat. Tapi, bisakah kamu membedakan bentuk dan rasa dari ketiga jenis bumbu tersebut?

Mungkin sebagian orang beranggapan jika ketiganya sama. Padahal, sangat berbeda, lho. Bagi yang akan belajar memasak, cobalah untuk mempelajari pengetahuan dasar ini. Supaya saat memasak sendiri kamu tidak akan tertukar dan rasanya tidak aneh.

BACA JUGA: Resep Bumbu Semur Ayam yang Kental, Nikmat dan Praktis

Merica itu apa?

merica bubuk
idntimes

Rempah ini merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki fungsi sebagai penambah aroma  sedap pada masakan. Bumbu yang satu ini boleh dibilang wajib ada di dapur. Sebab, aroma yang ditimbulkan sangat sedap dan rasanya agak pedas. Dari gambar merica di atas, sudah jelas bahwa benda ini adalah bumbu yang memiliki bentuk bulat kecil-kecil dan ketika sudah berbentuk halus maka bisa disebut dengan merica bubuk.

Beberapa orang kadang lebih menyukai bentuk rempah yang masih berbentuk bulat karena citarasanya berbeda dengan yang sudah dibuat dalam bentuk bubuk. Untuk jenis bubuk dan sudah dalam kemasan kadang-kadang mungkin rasanya berbeda.

BACA JUGA: 5 Macam Bumbu Dapur Yang Bisa Digunakan Untuk Obat

Merica bubuk

merica bubuk
hargaweb

Bumbu dapur ini berasal dari tumbukan rempah yang masih berbentuk bulatan. Biasanya bumbu dapur yang satu ini akan dinamakan dengan lada. Merica dan lada sebenarnya sudah bisa didapatkan di pasar tradisional maupun modern. Baik itu yang memiliki warna hitam atau putih, kedua jenis bumbu tersebut tentu saja memiliki fungsi atau kegunaan masing-masing.

Untuk jenis yang hitam, dipetik saat bijinya  berwarna hijau di pohon. Untuk yang berwarna putih dihasilkan dari biji yang dipanen dalam keadaan yang sudah matang. Bumbu kemasan ini bisa disebut lada terbilang sangat praktis digunakan tanpa perlu ribet lagi menghaluskannya.

BACA JUGA: 5 Jenis Bumbu Sosis Bakar dengan Rasa Nikmat & Sedap

Merica dan ketumbar

ketumbar
idntimes

Merica berwarna putih biasanya terlihat sangat mirip dengan ketumbar yang memiliki tekstur bulat dan kecil serta memiliki ukuran yang hampir sama. Meski demikian dua benda ini memiliki perbedaan yang bisa dilihat dengan mata telanjang, biji bumbu ini biasanya terlihat punya tekstur lebih kasar.

Sementara biji ketumbar memiliki garis halus yang memanjang dan mungkin lebih beraturan. Dari segi warna akan terlihat lebih putih pucat ketimbang dengan bumbu dapur lain yaitu ketumbar yang memiliki warna kuning keemasan.

BACA JUGA: 22 Bumbu Dapur & Rempah dan Manfaat di Baliknya – Wajib Tau

Bentuk ketumbar dan merica

bentuk
d’laiqaarena

Kedua bumbu ini ternyata bisa dilihat dari bentuknya. Merica yang berwarna putih memiliki tekstur yang bulan cukup besar. Sedangkan untuk ketumbar bentuknya bulat namun tidak terlalu besar.  Memiliki ukuran sekitar 1-2 milimeter lebih lonjong daripada ketumbar. Warna pun bermacam-macam ada yang berwarna putih, merah, bahkan ada yang berwarna hitam

Sementara itu,  ketumbar memiliki ukuran sedikit lebih kecil dari merica. Namun keduanya memiliki selisih tidak terlalu banyak. Untuk bumbu dapur yang satu ini juga hanya memiliki warna satu saja yaitu coklat muda.

BACA JUGA: Bumbu Nasionalis yang Menggugah Selera Lidah

Rasa dan fungsi

rasa
kompas

Rasa dan fungsi dari kedua bumbu ini ternyata memiliki perbedaan. Kamu yang sedang belajar tentang bumbu ini dan ketumbar wajib tahu. Apa bedanya merica dan lada? Salah satu caranya adalah mengetahui tentang rasa dan fungsi dari masing-masing bumbu dapur yang satu ini

Rasa

Cara yang pertama untuk membedakan adalah dari segi rasa. Lada memiliki karakteristik rasa yang pedas dan sangat menghangatkan. Sementara ketumbar memiliki rasa serta aroma khas yang gurih dan memiliki rasa yang cukup kuat. Jika lada bisa menciptakan rasa pedas sedangkan untuk ketumbar lebih menekankan aroma yang gurih.

Fungsi

Setelah mengetahui tentang rasa dan aroma, langkah selanjutnya adalah mengetahui fungsi dari dua bumbu dapur ini. Ketumbar sejatinya lebih banyak digunakan sebagai bahan campuran bumbu seperti tempe goreng, bacem, dan dendeng.

Tidak hanya itu, ketumbar juga bisa digunakan agar bisa menyamarkan bau yang amis. Sangat bisa diandalkan ketika kamu akan mengolah dan memasak ikan.

Sudah tidak ada alasan lain atau malas belajar tentang rempah-rempah Indonesia ini. Sering kali menggunakan sebagai bumbu untuk di dapur, maka sudah sewajarnya mengetahui bentuk, rasa dan fungsi dari ketumbar, lada, hingga merica. Ketiga bumbu dapur yang satu ini memiliki citarasa yang berbeda tergantung dengan teknik dan resepnya.

Buat yang ingin menyetok bumbu dapur ini supaya tida kehabisan, Sedulur bisa memenuhi kebutuhan tersebut dan memesannya di Aplikasi Super. Dapatkan harga terbaik dengan pengalaman belanja yang super praktis. Selain terjangkau, kamu hanya perlu membayar dan menunggu pesanan sampai di depan rumah.

Kamu bisa memanfaatkan kemudahan ini untuk membeli banyak jenis sembako. Banyaknya jenis, ukuran, dan brand yang tersedia dijamin memiliki kualitas bagus. Sering-sering cek promonya supaya bisa mendapat diskon sekaligus cashback, ya. Kamu akan dibuat puas dengan pelayanan yang diberikan.