tepung kanji adalah

Tepung kanji atau yang juga dikenal sebagai tepung tapioka pasti sudah akrab bagi Sedulur. Tepung kanji adalah tepung yang biasanya digunakan untuk mengentalkan masakan, seperti misalnya pada masakan Chinese food.

Tak hanya itu, tepung ini juga semakin banyak dikenal ketika minuman dengan topping boba semakin banyak digemari. Tepung tapioka jadi primadona karena menjadi bahan utama pembuatan boba. Selain bermanfaat dalam masakan, tak banyak yang tahu bahwa ternyata tepung tapioka juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak penjelasan dari Aplikasi Super berikut ini.

-->

BACA JUGA: 8 Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda, Jangan Tertukar!

Apa itu tepung kanji?

tepung kanji adalah
Alibaba Indonesia

Tepung kanji adalah tepung yang dibuat atau berasal dari sari pati umbi singkong. Jenis tepung satu ini juga diklaim lebih sehat karena masuk dalam golongan bahan makanan yang gluten free. Oleh karena itu, sering digunakan untuk menggantikan tepung terigu bagi mereka yang memiliki alergi pada gluten.

Sementara secara tampilan, tepung tapioka ini memiliki warna yang jauh lebih putih dibandingkan dengan tepung terigu. Selain itu teksturnya lebih lembut dan licin.

Kegunaan tepung kanji

Pinterest

Seperti sekilas dijelaskan di atas, tepung kanji bisa digunakan sebagai pengganti maizena. Kegunaan utama dalam masakan adalah untuk mengentalkan masakan seperti sup, capcay, atau saus.

Selain itu, tepung kanji juga bisa digunakan untuk memasak gorengan, dan membuatnya terasa lebih renyah. Tepung ini juga menjadi bahan utama dari sejumlah jajanan karena mampu memberikan tekstur kenyal, yakni boba dan bakso aci khas Bandung.

1. Membantu memperlancar kesehatan pencernaan

Verywell Fit

Terbuat dari sari pati umbi singkong, membuat tepung kanji mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat yang tinggi akan membantu Sedulur memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat.

Serat akan membantu membersihkan usus dengan membantu memindahkan tinja melalui saluran pencernaan, sehingga mencegah sembelit, kembung, dan nyeri usus.

BACA JUGA: 8 Manfaat Tepung Kanji untuk Kesehatan, Makanan Penambah Energi!

2. Membantu menurunkan berat badan

Healthline

Dilansir dari Healthline, tepung kanji memiliki kalori yang lebih sedikit dibandingkan jenis tepung lain. Selain itu, seperti dijelaskan di atas bahwa tepung ini mengandung lebih banyak serat. Kandungan serat yang tinggi juga dipercaya bisa meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Sehingga akan sangat membantu program penurunan berat badan.

3. Mengontrol gula darah

Bake It with Love

Kandungan pati dalam tepung kanji dipercaya bisa menurun gula darah, meningkatkan metabolisme glukosa dan insulin, serta meningkatkan rasa kenyang. Sejumlah manfaat ini membuat tepung ini aman dikonsumsi bagi Sedulur yang memiliki riwayat diabetes.

4. Menjaga kesehatan tulang

iStock

Tepung kanji ternyata mengandung sejumlah nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Antara lain vitamin K, kalsium, dan zat besi. Sejumlah nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan tulang, lebih tepatnya untuk memadatkan tulang.

Itulah mengapa salah satu khasiat yang dipercaya dari mengkonsumsi tepung kanji adalah membantu mencegah Sedulur penyakit osteoporosis.

BACA JUGA: Ini Dia Perbedaan Tepung Tapioka Dengan Tepung Sagu

5. Mencegah Alzheimer

Daring Kitchen

Kandungan vitamin K pada tepung tapioka ini ternyata tak hanya berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Lebih dari itu, menurut jurnal Medical Hypothesis yang dikutip dari Merdeka.com, ternyata vitamin K juga dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan mental.

Vitamin K diklaim dapat mengurangi kemungkinan munculnya penyakit Alzheimer, karena mampu memberikan stimulasi pada aktivitas saraf di otak Alzheimer sering terjadi karena kurangnya aktivitas atau kemandekan mental.

6. Membantu mencegah anemia

Urban Platter

Satu lagi kandungan dalam tepung kanji yang memiliki banyak manfaat, yakni zat besi. Tak hanya membantu untuk memadatkan tulang, zat besi juga ternyata bermanfaat untuk mencegah anemia.

Dilansir dari Good Doctor, satu porsi mutiara tapioka mengandung 1,58 mg zat besi. Oleh karena itu mengonsumsi tepung tapioka juga bisa membantu untuk mencegah defisiensi besi. Penyakit ini banyak dialami oleh wanita subur dan anak-anak. Masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan karena kekurangan zat besi antara lain cacat lahir, kematian bayi, gangguan fungsi kognitif, dan sistem kekebalan tubuh yang buruk.

7. Alternatif sumber protein bagi vegetarian

Kompas

Jika Sedulur berkomitmen menjadi seorang vegetarian, maka biasanya akan menghindari mengkonsumsi makanan-makanan yang berasal dari makhluk hidup. Antara lain daging, ikan, atau bahkan turunannya seperti susu dan telur. Semua bahan makanan tersebut menjadi sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi meskipun menjadi vegetarian, sumber protein tetap harus terpenuhi.

Jika tak bisa mendapatkan sumber protein dari bahan-bahan makanan tersebut, maka Sedulur yang vegetarian harus mencari bahan makanan lain sebagai sumber protein. Kanji atau tapioka bisa menjadi salah satu sumber vitamin untuk para vegetarian. Dengan begitu, proses perkembangan otot, pertumbuhan, penyembuhan pada tubuh bisa berjalan seperti biasa.

8. Mengobati asam lambung

SPICEography

Penyakit asam lambung biasanya disebabkan karena pola makan yang tidak teratur atau stress yang tidak dikelola dengan baik. Mengkonsumsi tepung kanji ternyata bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Tepung kanji atau tapioka sendiri terbuat dari bahan singkong yang alami.

Dilansir dari Liputan6.com, singkong memiliki sifat perekat seperti lem. Bagi penderita asam lambung, mengkonsumsi tepung kanji yang terbuat dari singkong bisa membuat lapisan lambung lebih tebal. Sehingga mengurangi risiko penyakit asam lambung.

9. Lebih sehat ketimbang tepung terigu

Dunia Masak

Ternyata tepung kanji lebih sehat dari tepung terigu. Bukan hanya memberikan tekstur yang kenyal dan renyah, tepung kanji juga jauh lebih aman dan sehat ketimbang tepung terigu. Tepung kanji mengandung sedikit protein sehingga tidak mengandung gluten.

Bagi sebagian orang, gluten tidak cocok dikonsumsi dan sulit dicerna sehingga bisa menambah berat badan dengan mudah. Maka dari itu, tepung kanji merupakan tepung yang sangat aman untuk dikonsumsi sehingga aman dikonsumsi bagi seseorang yang menderita gluten intolerance atau celiac disease.

Selain itu, tepung tapioka juga mengandung sangat sedikit protein dan tidak mengandung gluten sama sekali. Maka dari itu, tepung tapioka sangat aman untuk dikonsumsi bagi penderita celliac disease dan gluten intolerance.

10. Tekstur lebih licin dengan warna putih bersih

Kompas

Fakta terakhir dari tepung kanji yaitu teksturnya yang lebih licin dengan warna putih yang bersih. Jika dibandingkan dengan tepung terigu, tepung kanji atau tapioka memiliki tekstur yang lebih lembut dan licin.

Dari warna pun terlihat lebih putih bersinar jika dibandingkan dengan terpung terigu. Kalau dilihat dan dipegang sekilas, kanji atau tapioka ini bentuk dan warnanya sangat mirip dengan tepung sagu, beras dan maizena.

Untuk itu, jika Sedulur menyimpannya dalam tempat atau jar sendiri, jangan lupa membeirnya nama atau label agar tidak tertukar.

Tips menggunakan tepung kanji untuk mengganti bahan lain

Radar Tegal

Tepung kanji adalah salah satu sembako penting yang bisa digunakan untuk mengganti bahan masakan lainnya. Untuk menggunakan tepung kanji sebagai pengganti bahan lain, terdapat beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan. Berikut ini beberapa tips yang dimaksud, yaitu:

  • Untuk menggunakan tepung kanji sebagai pengentalan, sedulur bisa menggunakan tepung kanji dengan dicampur dengan tepung lain. Sedulur bisa menggunakan 1 senduk makan tepung kanji dan dicampur dengan 1 sendok tepung lain. Masukan pada masakan yang ingin membuat kuah kental.
  • Tepung kanji juga bisa digunakan sebagai tepung membuat roti atau kue. Biasanya menggunakan tepung maizena, namun juga bisa diganti dengan tepung kanji atau tapioka. Sedulur bisa mengganti 1 sendok tepung maizena dengan 2 sendok makan tepung kanji.
  • Menggunakan tepung kanji sebagai bahan untuk boba. Untuk setiap 1 sendok makan boba tapioka masak cepat gunakan 1 1/2 sendok makan tepung tapioka. Campur tepung tapioka dengan gula kering apa pun dalam isian pai mentah atau buat bubur dengan sedikit cairan sebelum memanaskan dalam isian pai yang sudah dimasak. Lalu perlahan-lahan tambahkan bubur kembali ke dalam isian pai dan lanjutkan memasak isian didihkan selama 5-10 menit atau sampai kekeruhan dari tepung tapioka berubah menjadi transparan.

Nah, itu dia sejumlah kegunaan dan manfaat yang ada dalam tepung kanji. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Sedulur ya. Kalau ingin segera membeli tepung kanji untuk memasak, jangan lupa belanja lewat Aplikasi Super saja!

Bukan hanya tepung kanji, Sedulur bisa beli kebutuhan sembako dan kebutuhan harian lainnya di Aplikasi Super. Belanja Sedulur jadi lebih mudah, dengan harga yang dijamin super murah. Pasti Sedulur jadi lebih untung super melimpah. Makanya download Aplikasi Super segera di Playstore!