terigu protein tinggi

Bagi orang awam, tepung terigu dianggap sama saja. Padahal dari segi jenis terbagi menjadi tiga. Ada protein rendah, sedang, dan tepung terigu protein tinggi. Yang membuat berbeda adalah kandungan protein yang terkandung di setiap kemasannya.

Beda kadar protein, beda juga tekstur dan jenis olahan yang dihasilkan. Biasanya, tepung protein tinggi untuk roti bakery ini juga dipakai untuk membuat aneka pastry. Supaya tidak tertukar, kamu perlu mengenal lebih jauh tentang beberapa brand dengan kandungan terigu protein tinggi yang banyak dijual di pasaran.

Merek tepung terigu protein tinggi

1. Bogasari Cakra Kembang

terigu protein tinggi Bogasari Cakra Kembang
image source: Instagram @kreasibogasari

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perbedaan terigu protein tinggi dan sedang  terletak pada kandungan proteinnya. Tepung ini bisa menghasilkan tekstur yang lebih lembut. Dari brand Bogasari, sudah ada Cakra Kembang yang bisa didapatkan dengan mudah di toko kelontong, pasar, minimarket, hingga supermarket.

Olahan yang sering memakai Cakra Kembar sebagai tepung terigu protein tinggi untuk donat, mi, adonan roti, burger dan martabak telur. Vitamin B1, B2, asam folat, zinc, dan zat besi adalah kamdungan yang bisa membuat masakannya jadi lebih sehat.

-->

2. Bogasari Lencana Merah

terigu protein tinggi Bogasari Lencana Merah
image source: lazada

Selain bisa memberikan tekstur adonan yang lebih lembut, ciri tepung terigu protein tinggi lainnya adalah bisa memberikan tekstur renyah dan garing bila dimasak dengan teknik digoreng. Hasil akhir ini yang membuat Lencana Merah sering dipakai untuk membuat adonan gorengan.

Hasil dan kekentalan yang didapat dari tepung ini berbeda jika dibandingkan dengan tepung biasa. Setelah digoreng dan ditiriskan, kerenyahan tepungnya lebih garing dan nagih.

Baca juga: Tepung Kanji: Kenali Kegunaan & Manfaatnya untuk Kesehatan

3. Golden Eagle

terigu protein tinggi Golden Eagle
image source: Instagram @resepbungasari

Rekomendasi lain dari tepung protein tinggi untuk roti yang bisa dicoba adalah Golden Eagle. Tepung ini sering dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat roti dan mi karena mengandung kadar gluten yang cukup tinggi. 

Kehadiran gluten di sini adalah yang membuat adonan bisa mengembang dengan maksimal. Tak perlu heran jika kamu mendapati tepung ini di dapur milik orang yang suka membuat roti sendiri di rumah. 

4. Sriboga Hime

terigu protein tinggi Sriboga Hime
image source: jd.id

Rekomendasi tepung terigu protein tinggi lain yang layak untuk dijajal adalah Sriboga Hime. Butiran tepungnya lebih halus dibanding merek biasa yang ada di pasaran. Ini adalah faktor penting yang membuat roti dengan bahan dasar ini jadi lebih lembut dan enak.

Dari segi warna, kamu bisa langsung membedakan Sriboga Hime dengan bungkus coklat merahnya dari kejauhan. Kehalalannya pun sudah terjamin karena suda ada logo halal dari MUI yang sudah disertifikasi secara resmi.

Baca juga: Pengganti Tepung Maizena Untuk Masakan dan Gorengan

5. Nippon Komachi

terigu protein tinggi Nippon Komachi
image source: bahankue

Bagi yang ingin membuat roti dan pastry berkualitas tinggi, wajib untuk mempertimbangkan Nippon Komachi. Produk ini termasuk dalam tepung terigu protein tinggi berkualitas premium. Kadar glutennya yang tinggi mendukung proses adonan agar bisa terbentuk menjadi lebih punel dan mudah dibentuk.

Beragam roti, pastry, dan kue dari tepung terigu protein tinggi ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus seratnya saat matang. Jangan heran jika brand keluaran Jepang ini harganya dibanderol lebih mahal daripada merek lainnya.

Dari segi pakcaging, Nippon Komachi hadir dalam desain yang berbeda dan remarkable. Bakalan mudah menemukannya di sudut rak dan tidak akan tertukar dengan merek lain. 

Setelah tahu beberapa merek tepung terigu protein tinggi yang banyak beredar di pasaran tanah air, Sedulur tinggal menentukan mau membeli yang mana. Pilihannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kualitas yang ingin didapatkan, dan budget yang disiapkan. 

Supaya bisa mendapatkan harga terbaik, manfaatkan Aplikasi Super untuk memborong tepung protein rendah, sedang, hingga tinggi untuk kebutuhan sehari-harimu. Kamu bisa dapat harga lebih terjangkau apabila membeli banyak untuk bahan membuat kue. Karena menjadi Sedulur yang cerdas dan lebih hemat bisa dilakukan dengan mempercayakan soal kebutuhan sembako di Aplikasi Super.

Untuk mendapatkan roti dan pastry berkualitas tinggi, kamu bisa berinvestasi dengan membeli tepung terigu protein tinggi terbaik. Harga memang tidak akan mengkhianati kualitas dan hasil jadinya.