Rekomendasi Minyak Sayur

Sering dapat reputasi buruk, ini dia rekomendasi minyak sayur yang baik untuk kesehatan tubuh. Jangan sampai salah pilih, ya!

Minyak sudah lama menjadi bagian penting dalam dapur masyarakat Indonesia. Makanan yang digoreng dengan minyak panas jadi hidangan sehari-hari favorit masyarakat. Sayangnya, gorengan dan makanan berminyak memiliki reputasi buruk bagi kesehatan. Gorengan dan minyak dikabarkan dapat menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah dan serangan jantung.

Melihat hal ini, penting bagi Sedulur untuk mengetahui minyak sayur mana yang baik untuk kesehatan. Terdapat banyak sekali jenis minyak di pasaran, Sedulur mungkin akan bingung dalam memilih. Karena itu, yuk simak beberapa rekomendasi minyak sayur terbaik yang juga sehat untuk konsumsi keluarga!

8 Rekomendasi Minyak Sayur Terbaik. Nggak Usah Takut Konsumsi Gorengan Lagi!

Apa Itu Minyak Sayur?

Apa Itu Minyak Sayur?
Photo by Kamaji Ogino from Pexels

Dalam resep kue atau masakan, kerap disebutkan minyak sayur sebagai salah satu bahannya. Namun, apa sebenarnya minyak sayur itu? Apakah ada minyak non-sayur? Bagaimana membedakannya?

Minyak sayur adalah minyak nabati yang berasal dari biji-bijian, sayuran, atau bagian tertentu dari buah. Selain minyak nabati, ada pula minyak hewani seperti mentega atau minyak ayam. Nah, yang paling sering kita temui adalah minyak dari tanaman sawit. Inilah minyak yang kerap digunakan untuk menggoreng.

Benarkah Minyak Sayur Lebih Sehat?

Benarkah Minyak Sayur Lebih Sehat?
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Beberapa literatur dan penelitian mengabarkan bahwa minyak sayur merupakan opsi yang lebih sehat daripada minyak hewani. Akan tetapi, hasil penelitian ini jangan Sedulur telah mentah-mentah. Ada kondisi dan prasyarat yang membuat minyak nabati lebih sehat.

Minyak nabati memang merupakan sumber lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Meski begitu, saat dipanaskan hingga melebihi titik asapnya, lemak dalam minyak akan mulai terpecah dan menghasilkan senyawa buruk bagi tubuh. Kandungan nutrisi dan antioksidannya pun akan turut hilang dalam proses ini. Jika sudah begitu, minyak nabati justru akan lebih berbahaya dibanding minyak hewani.

Karena itu, Sedulur perlu mengetahui minyak mana yang dapat digunakan untuk menggoreng dengan panas tinggi dan mana yang tidak. Contoh minyak sayur yang memiliki titik asap tinggi adalah minyak sawit, minyak kelapa, minyak canola dan minyak jagung. Sedangkan minyak yang memiliki titik asap tak terlalu tinggi adalah minyak zaitun, minyak biji rami, dan minyak biji anggur.

Rekomendasi Minyak Sayur Terbaik

1. Barco Coconut Cooking Oil

1. Barco Coconut Cooking Oil
Barco.id

Minyak kelapa menjadi salah satu superfood yang digadang sebagai salah satu makanan paling sehat belakangan ini. Titik asap yang tinggi serta kemampuannya untuk tetap stabil di suhu tinggi menjadikan minyak ini favorit banyak orang. Kelebihan ini juga yang membuat minyak barco lebih sehat, karena nutrisinya tidak mudah terbakar oleh suhu tinggi.

Kelebihan lain dari minyak kelapa merk Barco dibandingkan minyak kelapa lain adalah rasanya yang netral. Berbeda dengan minyak kelapa biasa yang memiliki bau khas, Barco cenderung netral dan tak akan merusak rasa hasil masakan.

2. Filma Minyak Goreng

2. Filma Minyak Goreng
Andalanmama.com

Minyak goreng Filma merupakan salah satu yang paling populer di Indonesia. Pasalnya, minyak ini diklaim aman untuk penderita penyakit kolesterol tinggi. Minyak Filma berbahan dasar kelapa sawit berkualitas tinggi sehingga menghasilkan minyak yang stabil dengan titik asap tinggi.

Selain itu, minyak Filma juga memiliki kandungan omega-6, omega-9, dan vitamin D yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sedulur juga dapat menggunakan minyak Filma sebagai minyak sayur untuk kue karena rasanya yang netral. Minyak ini bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super dengan harga miring, lho.

3. Bimoli Spesial Minyak Goreng

3. Bimoli Spesial Minyak Goreng
Instagram.com

Tak kalah populer dari Filma, minyak sayur merk Bimoli juga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Minyak ini menjadi istimewa karena diproses menggunakan teknologi golden refinery. Hasilnya, minyak Bimoli memiliki warna jernih keemasan dan cenderung memiliki pemanasan yang stabil. Sedulur juga bisa membuktikan bahwa minyak Bimoli ini tak cepat menghitam saat digunakan untuk menggoreng.

Minyak Bimoli memiliki kandungan Omega-9 dan asam lemak tak jenuh yang sehat. Kandungan ini membuat minyak Bimoli mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dan menaikkan kolesterol HDL. Sehingga dapat dikatakan bahwa minyak Bimoli adalah minyak sayur ramah jantung.

Baca Juga: Daftar‌ ‌Harga‌ ‌Minyak‌ ‌Goreng‌ ‌Grosir‌ ‌&‌ ‌Promo‌ ‌Murah‌ ‌2021

4. Mazola Canola Oil

4. Mazola Canola Oil
Instagram.com

Salah satu alternatif minyak sayur yang tidak terbuat dari sawit namun mudah ditemukan di Indonesia adalah Mazola Canola Oil. Minyak ini sesuai namanya, terbuat dari biji tanaman canola yang diekstrak hingga menghasilkan minyak dengan kualitas baik dan menyehatkan.

Mazola Canola Oil sendiri mengklaim produknya bebas kolesterol dan mengandung vitamin E, Omega-3, serta Omega-6. Sedangkan untuk kandungan lemaknya, minyak Mazola Canola Oil ini mengandung lemak jenuh dalam kadar rendah, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda.

5. Bertolli Extra Virgin Olive Oil

5. Bertolli Extra Virgin Olive Oil
Instagram.com

Sedulur pasti sering mendengar tentang khasiat minyak zaitun bagi kesehatan. Karena itu, tak afdol rasanya jika minyak zaitun tidak masuk dalam daftar rekomendasi minyak sayur yang sehat. Bertolli Extra Virgin Olive Oil merupakan salah satu merk minyak sayur terbaik yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Tenang, minyak zaitun memiliki titik asap yang cenderung tinggi sehingga Sedulur masih dapat menggunakannya untuk menumis atau membuat masakan dengan panas rendah atau sedang. Namun, jangan gunakan minyak ini untuk menggoreng ya.

6. Tropicana Slim Corn Oil

6. Tropicana Slim Corn Oil
Instagram.com

Tropicana Slim sejak dulu terkenal akan produk-produknya yang ramah kesehatan sekaligus dapat membantu program diet. Selain memiliki pemanis pengganti gula yang lebih sehat, Tropicana Slim juga memiliki produk minyak yang sehat, yakni Tropicana Slim Corn Oil.

Minyak jagung memang terkenal memiliki asam lemak jenuh rendah dan stabil dalam pemanasannya. Selain itu, minyak jagung Tropicana Slim juga kaya akan omega 3 dan antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung.

Baca Juga: 6 Jenis Minyak Goreng Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

7. SunCo Minyak Goreng

7. SunCo Minyak Goreng
Instagram.com

Jika Sedulur mencari minyak sayur yang tidak beku di kulkas, SunCo Minyak Goreng jawabannya. Minyak ini melalui 5 kali proses dalam produksinya, yakni 3 kali proses pemurnian dan 2 kali penyaringan. Hasilnya, minyak ini sangat stabil dan tidak mudah beku meski disimpan di tempat yang dingin. Stabilitas minyak ini juga yang membuatnya tak mudah teroksidasi dan menghitam.

Selain itu, minyak SunCo juga telah difortifikasi dengan vitamin A sehingga lebih sehat bagi tubuh.

8. Borges High Oleic Sunflower Oil

8. Borges High Oleic Sunflower Oil
Borges1896.com

Jenis minyak sehat lainnya yang dapat digunakan untuk menggoreng dengan api tinggi adalah minyak biji bunga matahari dengan kandungan oleic yang tinggi. Minyak ini memiliki karakter rasa yang unik seperti kacang sehingga akan membuat masakan lebih sedap. Selain itu, minyak biji bunga matahari dari Borges ini kaya akan antioksidan yang baik bagi tubuh serta kandungan asam lemak sehat yang mirip dengan minyak zaitun.

Nah, gimana Sedulur setelah membaca ulasan di atas? Ternyata minyak sayur tak melulu buruk kan? Konsumsi gorengan juga tidak masalah kok, selama tidak terlalu sering atau menggunakan minyak yang sudah teroksidasi dan menghitam.

Sedulur bisa mendapatkan ragam minyak sayur sehat di Aplikasi Super. Selain berkomitmen untuk memberikan ketersediaan barang kebutuhan harian, Aplikasi Super juga ingin membuat bahan makanan sehat lebih terjangkau bagi masyarakat. Jadi, yuk install Aplikasi Super sekarang!