1 kodi berapa buah

Pertanyaan 1 kodi berapa buah sering dilontarkan dalam aktivitas jual beli sehari-hari. Padahal, bentuk satuan ini merupakan salah satu tema pembelajaran tingkat Sekolah Dasar. Namun, masih banyak orang yang sering kali bingung dan lupa dengan hitungan 1 kodi berapa pcs, 1 kodi berapa biji, 1 kodi berapa lusin, 1 kodi berapa lembar, hingga satuan kodi lainnya.

Kodi merupakan salah satu jenis satuan jumlah dalam matematika. Tak hanya kodi, ada lagi jenis satuan lain seperti lusin, rim, dan gross. Semua satuan yang ada membantu proses perhitungan jumlah barang yang ada. Barang yang bisa menggunakan satuan kodi beragam, mulai dari bahan tekstil, sembako, makanan, hingga peralatan bangunan seperti kayu dan bambu.

-->

Untuk memudahkan Sedulur menentukan dan mengingat jumlah 1 kodi berapa buah, simak penjelasan berikut. Tidak hanya untuk menjawab 1 kodi berapa buah, ada juga satuan jumlah lain yang layak Sedulur pahami dan ingat demi memudahkan transaksi jual beli di luar sana.

BACA JUGA: 1 Liter Beras Berapa Kg? Ini Cara Hitung Paling Mudah

1 Kodi Berapa Buah beserta Contoh Perhitungannya yang Mudah

Jika Sedulur masih kebingungan tentang bagaimana cara menghitung 1 kodi berapa buah, yuk langsung saja simak penjelasannya berikut ini!

1. 1 Kodi berapa buah?

1 kodi berapa buah
Kumparan

Pengertian kodi adalah satuan jumlah 20 buah, potong, helai dan sebagainya. Maka dapat kita ambil kesimpulan untuk jawaban dari 1 kodi berapa buah, yaitu ada 20 buah. Satuan kodi biasanya digunakan ketika hendak melakukan suatu transaksi jual beli dalam jumlah yang banyak ataupun dengan kemasan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kodi adalah satuan jumlah 20 potong, helai, dan sebagainya. Mengutip buku Bahas Tuntas 1001 Soal Matematika SD, kodi adalah satuan yang biasanya untuk menunjukkan banyaknya pakaian. Jadi, jumlah 1 kodi adalah 20 buah.

Pada umumnya, satuan kodi sering ditemukan untuk menentukan jumlah baju. Satuan kodi juga biasa digunakan untuk menghitung jumlah kayu, mainan, sepatu, dan barang-barang lainnya yang bersifat padat dan dihitung satuan. 1 kodi sama dengan 20 buah.

Contoh perhitungan 1 kodi berapa buah bisa dalam pembelian suatu barang, misalnya pembelian kecap. Seorang pelanggan memesan 5 kodi botol kecap. Artinya, Sedulur hanya perlu menghitung 5 x 20 buah = 100 buah. Dengan demikian, Sedulur menyediakan 5 kodi yang sama dengan 100 buah botoh kecap untuk pelanggan.

BACA JUGA: Tepung Kanji: Kenali Kegunaan & Manfaatnya untuk Kesehatan

2. 1 lusin berapa buah?

1 kodi berapa buah
Fismath

Lusin merupakan satuan yang sering sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin Sedulur sudah tidak asing lagi dengan istilah 1 lusin piring atau bentuk lusinan lainnya pada barang-barang rumah tangga. Padahal, satuan lusin juga bisa digunakan untuk barang-barang lainnya, misalnya kancing, buku, pensil, lilin, dan lainnya. 1 lusin adalah 12 buah.

Contoh perhitungan lusin, misalnya Ibu membeli 3 lusin kancing. Maka, jumlah kancing yang harus dibawa Ibu adalah 3 x 12 buah = 36 buah. Sedulur juga bisa saja mendengar istilah dozijn dari bahasa Belanda atau dozen dalam bahasa Inggris yang sama saja dengan lusin.

BACA JUGA: Harga Tepung Terigu 1 kg Murah dan Terbaru 2021

3. 1 Rim berapa buah?

Saintif

Pada umumnya, satuan rim sering digunakan untuk menghitung jumlah kertas. Namun, tidak semua kertas lazim dihitung dalam satuan rim. Jenis kertas yang biasanya menggunakan satuan rim adalah kertas yang umum diperjualbelikan. Misalnya, HVS ukuran A4, A3, folio, legal dan letter. Untuk hitungan 1 rim, sama dengan 500 lembar atau helai kertas.

Contoh pengaplikasian satuan rim misalnya Adik membutuhkan 5 rim kertas untuk keperluan fotokopi. Cara menghitungnya adalah 5 x 500 lembar = 2500 lembar. Artinya, kertas yang harus disediakan adalah sebanyak 2500 lembar atau setara dengan 5 rim.

BACA JUGA: Rekomendasi Minyak Sayur yang Baik Untuk Masak dan Kesehatan

4. 1 gross berapa buah?

All 4 U Good

Jika dibandingkan dengan satuan lain, satuan gross ini lebih jarang digunakan oleh masyarakat pada umumnya karena satuannya yang terhitung banyak. Dari pada pertanyan 1 gross berapa buah, seringkali yang ditanyakan adalah 1 gross berapa lusin. Adapun jawaban atas pertanyaan itu adalah 1 gross sama dengan 12 lusin atau 144 buah.

Contoh penggunaannya, misalnya seorang guru akan membagikan pulpen untuk 10 kelas. Dalam satu kelas terdapat 40 orang siswa. Maka, guru tersebut membutuhkankan 400 buah  pulpen berasal dari 10 kelas x 40 siswa. Jumlah pulpen yang dibeli adalah 400/144 (satuan gross) = 2 gross 9 lusin 4 buah atau bisa dibulatkan menjadi 3 gross.

BACA JUGA: Rekomendasi Kaldu Jamur Pengganti Micin yang Enak & Sehat

Tabel Satuan Kodi, Lusin, Rim, dan Gross

1 kodi berapa buah
All 4 U Good

Satuan kodi, lusin, rim, maupun gross sangat bermanfaat untuk mempermudah menghitung suatu barang agar tidak memerlukan angka yang banyak ketika menyebutkan. Hal penting yang perlu dilakukan untuk menentukan satuannya adalah menentukan jumlah barangnya terlebih dahulu.

Untuk mengingat 1 kodi berapa buah dan satuan lainnya, akan lebih mudah apabila Sedulur mengingat satuan yang sering digunakan. Berikut adalah tabel yang bisa digunakan untuk membantu Sedulur mengingat satuan-satuan tersebut.

Satuan Jumlah Konversi
Kodi 20 buah
Lusin 12 buah
Rim 500 buah
Gross 144 buah
Gross 12 lusin

Contoh soal dan cara perhitungan 1 kodi berapa buah

Depositphotos
  1. Seorang penjahit mampu menjahit 7 kodi pakaian anak-anak setiap minggu. Banyak pakaian yang dijahit setiap harinya adalah … pakaian.

Jawab:

Pakain yang dijahit dalam 1 minggu = 7 kodi = 7 kodi x 20 lembar = 140 pakaian

Banyak pakaian yang dijahit setiap harinya = 140 lembar : 7 hari = 20 pakaian

  1. Seorang pedagang mempunyai persediaan sarung sebanyak 8,5 kodi. Hari ini sarung yang terjual sebanyak 3 lusin dan 7 potong. Berapakah sarung yang belum terjual?

Jawab:

Persediaan sarung = 8,5 kodi = 8,5 kodi x 20 buah = 170 potong

Sarung yang terjual = 3 lusin dan 7 potong = (3 lusin x 12 potong) + 7 potong = 36 potong + 7 potong = 43 potong

Sarung yang belum terjual = 170 potong – 43 potong = 127 potong

  1. Pak Rudi membeli 5 kodi dan 2 lusin kaos untuk murid-muridnya. Banyak kaos yang dibeli Pak Rudi adalah … buah.

Jawab:

Kaos yang dibeli = 5 kodi dan 2 lusin

= (5 kodi x 20 buah) + (2 lusin x 12 buah)

= 100 buah + 24 buah

= 124 buah

  1. Seorang pedagang baju memesan 2 kodi celana dan 4 lusin baju ke salah satu toko grosir pakaian yang ada di Tanah Abang. Berapakah jumlah keseluruhan barang yang dibeli oleh pedagang tersebut?

Jawab:

Diketahui 1 kodi = 20 buah dan 1 lusin = 12 buah ,maka:

2 kodi celana = 2 x 20 buah = 40 buah celana

4 kodi baju = 4 x 12 = 48 buah baju

Jumlah keseluruhan barang yang dibeli adalah: 40 + 48 = 88 buah barang

  1. Ibu membeli 12 kodi celana dan 5 kodi baju. Berapakah jumlah keseluruhan barang yang dibeli oleh Ibu?

Jawab:

Diketahui 1 kodi = 20 buah, maka:

12 kodi celana = 12 x 20 buah = 240 buah celana

5 kodi baju = 5 x 12 = 60 buah baju

Maka jumlah keseluruhan barang yang dibeli ibu adalah: 240 + 60 = 300 buah barang

Nah, itu dia satuan-satuan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana? Kini Sedulur sudah bisa menghitung 1 kodi berapa buah, kan? Nyatanya, 1 kodi berapa buah sangat mudah ditentukan apalagi jika bisa diingat. Mengingat satuan-satuan itu dapat lebih memudahkan Sedulur dalam bertransaksi dan menghitung jumlah barang yang dibutuhkan.

Perhitungan 1 kodi berapa buah ini tidak hanya ada di contoh-contoh soal yang tadi sudah kita bahas bersama, akan tetapi ia juga bermanfaat pada saat berbisnis di kehidupan nyata. Terutama bisnis yang rutin kulakan barang, toko baju atau toko sembako, biasanya jumlah satuan barang tersebut disebut dengan kodi.

Omong-omong soal bisnis toko sembako, tahu nggak sih kalau Sedulur bisa belanja kulakan buat usaha sembako di Aplikasi Super? Ya, Aplikasi Super menawarkan kemudahan belanja kulakan dari mana saja hanya dengan HP. Semua kebutuhan sembako dan dapur pastinya ada di sini.

Yuk, coba cek Aplikasi Super dengan mengunduhnya melalui Google Play Store! Aplikasi Super, kulakan makin mudah, kulakan makin murah!