rekomendasi sikat kamar mandi

Sikat kamar mandi menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang wajib dimiliki. Alat yang berfungsi untuk membersihkan area kamar mandi beserta barang-barang di dalamnya ini akan membuat kamar mandi tetap bersih dan nyaman digunakan. Oleh karena itu, beberapa rekomendasi sikat kamar mandi di bawah ini mungkin bisa jadi referensi sebelum membeli.

Selain memilih berdasarkan merk, Sedulur juga perlu memerhatikan beberapa hal penting lainnya. Mulai dari bentuk bulu, kualitas bulu, panjang gagang, hingga lama waktu pengeringan setelah digunakan. Dengan demikian, sikat kamar mandi yang Sedulur beli akan sesuai dengan kebutuhan dan selera pribadi.

Nah, berikut adalah informasi terkait cara memilih sikat kamar mandi terbaik beserta 12 rekomendasi yang bisa Sedulur simak dengan baik. 

BACA JUGA: Rekomendasi Racun Tikus Paling Ampuh Beserta Harganya

-->

Cara memilih sikat kamar mandi terbaik

rekomendasi sikat kamar mandi
iStock

1. Perhatikan bentuk bulu dan kualitasnya

Cara memilih sikat kamar mandi terbaik bisa Sedulur lakukan dengan memerhatikan bentuk bulu dan kualitasnya. Hal ini karena bentuk sikat dan kualitas bulu akan sangat memengaruhi kemudahan dalam membersihkan toilet. Selain itu, bentuk bulu dan kualitasnya juga akan berpengaruh pada waktu membersihkan toilet.

Bentuk sikat kamar mandi akan menentukan kemudahan area toilet yang dibersihkan. Setidaknya, ada tiga macam bentuk sikat toilet yang beredar di pasaran, mulai dari bentuk melengkung, kubah, dan bola. Tak hanya perbedaan bentuk saja, setiap bentuk sikat juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

  • Bentuk kubah, yakni bentuk sikat toilet yang paling banyak dijumpai di pasaran. Bentuk ini merupakan bentuk paling sederhana yang mudah digunakan. Akan tetapi, bentuk kubah ini cukup sulit digunakan untuk membersihkan celah-celah sempit yang ada pada kloset. 
  • Bentuk melengkung, yakni bentuk sikat toilet yang sangat cocok digunakan untuk membersihkan bagian tepi closet dan bagian celah-celah yang sempit. Keuntungannya, bentuk ini bisa mencapai area-area sulit. Namun kekurangannya, bentuk ini cukup sulit dalam penggunaannya. 
  • Bentuk bola, yakni bentuk sikat toilet yang biasa digunakan untuk menyikat bagian-bagian kloset tanpa perlu mengubah arah sikatnya. Bentuk sikat ini biasanya terbuat dari bahan yang lembut sehingga bisa mengurangi gesekan pada kloset. Akan tetapi, bentuk sikat ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

Selain bentuk bulu sikat, kualitasnya juga harus diperhatikan. Kualitas harus diperhatikan karena bagian ini akan memengaruhi mudah tidaknya menghilangkan kotoran di toilet. Pada sikat dengan bulu yang keras, kotoran akan hilang dalam satu waktu dengan cepat. Namun, hal ini biasanya membuat air mudah terpercik kemana-mana. 

Sebaliknya, pada sikat yang memiliki bulu lembut, percikan air bisa diminimalkan. Akan tetapi, Sedulur harus menggosoknya beberapa kali hingga kotoran bisa benar-benar menghilang. Dua hal ini perlu diperhatikan karena setiap sikat akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  

2. Sesuaikan jenis sikat dengan frekuensi pembersihan

rekomendasi sikat kamar mandi
iStock

Sebelum membeli, Sedulur juga perlu menyesuaikan jenis sikat yang akan dibeli dengan frekuensi pembersihan yang biasa dilakukan. Untuk itu, Sedulur perlu memahami tiga jenis bulu sikat yang biasa beredar di pasaran, yakni bulu plastik, spons, dan silikon.

Jika frekuensi pembersihan jarang, Sedulur bisa memilih sikat kamar mandi yang memiliki bulu plastik. Hal ini karena jenis bulu plastik bisa menghilangkan kotoran dengan baik dan sangat mudah disimpan dalam kondisi higienis. 

Akan tetapi, dalam penggunaannya tidak bisa digosok terlalu kencang. Sebab, permukaan kloset bisa tergores dan tidak rata lagi. Selain itu, jika menggosok terlalu kencang dengan bulu sikat yang keras, air akan lebih mudah terciprat dan mengotori banyak bagian. Untuk itu, pilih sikat yang sedikit lentur dengan ukuran yang tidak terlalu besar.  

Jenis kedua adalah sikat spons, yakni jenis sikat kamar mandi yang cocok untuk Sedulur yang sering membersihkan toilet. Sikat ini tidak akan merusak permukaan toilet dan memiliki harga yang lebih murah dari bulu plastik. Namun, sikat jenis ini tidak seefektif sikat bulu plastik saat membersihkan kotoran, sehingga Sedulur harus rajin membersihkan toilet. Di samping itu, sikat jenis ini memiliki drainase yang buruk dan tentunya kurang higienis. 

Jika sikat bulu plastik lebih sering digunakan ketika toilet sudah terlihat kotor dan sikat spons sering digunakan untuk pembersihan sehari-hari pada kotoran kecil, maka sikat silikon bisa digunakan untuk pembersihan toilet dengan frekuensi menengah. 

Sikat yang sedang naik daun di pasaran ini tidak sekaku dan sekeras sikat dengan bulu plastik. Justru sikat ini dinilai lebih fleksibel dan lembut, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai kotoran yang sulit dibersihkan tanpa membuat goresan. 

Sikat silikon juga memiliki drainase yang baik. Hal ini memungkinkan air dan kotoran akan lebih cepat turun dan hilang saat dibilas dengan air. Sayangnya, sikat ini bisa saja lepas bila digunakan menggosok terlalu kencang.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Masker Rambut Kering Terbaik, Anti Rontok!

3. Sesuaikan sikat dengan permukaan yang akan dibersihkan

iStock

 

Selanjutnya, Sedulur bisa menyesuaikan sikat yang akan dibeli dengan permukaan yang akan dibersihkan. Hal ini karena bagian kamar mandi seperti lantai, kloset, dinding, dan bak, akan membutuhkan jenis sikat yang cukup berbeda antara satu dengan yang lain. 

Pada sikat yang memiliki bulu terpisah, pembersihan kerak atau kotoran yang ada di sela-sela keramik lantai atau dinding akan lebih mudah. Jadi, sikat jenis ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan bak mandi. Sikat jenis ini dengan bentuk runcing dan fleksibel juga bisa digunakan untuk menjangkau area yang sempit. 

Lebih dari itu, Sedulur juga perlu menyesuaikan bentuk gagang dengan keinginan pribadi agar lebih nyaman saat digunakan. Gagang akan membuat pekerjaan bersih-bersih bisa lebih mudah jika memang sesuai kebutuhan. Sedulur bisa memilih sikat dengan gagang panjang yang terbuat dari bahan halus agar tangan tidak mudah lelah dan kemerahan. 

Namun, bila Sedulur lebih nyaman menggunakan sikat dengan gagang pendek, perhatikan aspek anti slip yang dimiliki produk. Sebab, hal tersebut berkaitan dengan kecepatan dan kepraktisan pembersihan.  

4. Periksa kecepatan pengeringan sikat 

rekomendasi sikat kamar mandi
iStock

Kecepatan pengeringan sikat juga penting untuk diperiksa lebih lanjut. Hal ini karena cepat tidaknya sikat mengering akan sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan pengguna. Jika air pada sikat tidak mudah mengering, maka air akan terkumpul pada wadah sikat dan membuatnya tidak higienis.

Selain itu, jika kecepatan pengeringannya rendah, air bisa saja jatuh ke lantai dan berceceran. Oleh karena itu, dalam hal drainase yang baik ini, sikat jenis bulu plastik dan jenis silikon akan lebih baik dipilih daripada sikat dari jenis spons.  

5. Pilihlah yang mudah disimpan

iStock

Hal penting terakhir yang perlu Sedulur pahami adalah kemudahan dalam menyimpan sikat kamar mandi. Masalah penyimpanan ini memang menjadi perhatian banyak orang, sebab sikat yang sulit disimpan akan membuat air menetes di lantai. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Sedulur bisa memilih sikat yang bisa disimpan dalam wadahnya sendiri. Selain lebih nyaman digunakan, jenis sikat ini juga membuat penataan di kamar mandi tampak lebih rapi dan tidak berantakan.  

BACA JUGA: Rekomendasi Wajib Peralatan Rumah Tangga Untuk Pasangan Baru!

12 rekomendasi sikat kamar mandi 2023

1. Hurricane Spin Scrubber Sikat Poles 3in1  

Mentari Pagi 99

Rekomendasi sikat kamar mandi yang pertama adalah Hurricane Spin Scrubber Sikat Poles 3in1. Sikat ini sangat cocok untuk membersihkan dinding kamar mandi yang biasanya memiliki kotoran membandel, seperti dinding keramik dengan sela-sela yang sempit. 

Produk ini memiliki 3 pilihan kepala sikat yang memiliki fungsi berbeda. Kelapa sikat tersebut bisa Sedulur ganti sesuai kebutuhan objek yang akan dibersihkan. Sikat kamar mandi ini juga memiliki bagian kepada yang lebih runcing untuk membersihkan sudut dinding yang susah dijangkau.  

Menariknya lagi, sikat seharga Rp146.000 ini juga telah dilengkapi dengan gagang yang bisa dipanjangkan dengan mudah. Jadi, Sedulur tidak perlu khawatir lagi saat membersihkan dinding kamar mandi yang tinggi.  

Lebih dari itu, Sedulur akan dibuat terpesona dengan kemampuan sikat kamar mandi ini. Sebab, Hurricane Spin Scrubber Sikat Poles 3in1 ini bisa mengeluarkan tenaga yang cukup besar bila ingin dipakai untuk menyingkirkan noda yang membandel. Hanya dengan mengisi baterai 4-6 jam, Sedulur bisa menggunakannya nonstop selama 2 jam, lho! 

2. NAGOYA Sikat WC Bulat Hakata + Cup

rekomendasi sikat kamar mandi
Nagoya

Berikutnya adalah sikat dari produsen alat kebersihan yang telah berdiri sejak tahun 2002, Nagoya. Produsen yang terkenal dengan berbagai alat kebersihan berkualitas ini juga memiliki sikat kamar mandi dengan tangkai yang sangat laku di pasaran. 

Memiliki gagang berbagai plastik dengan panjang 28 cm, Nagoya Sikat WC Bulat Hakata + Cup ini akan membantu Sedulur dalam membersihkan berbagai bagian yang ada di kamar mandi tanpa perlu terlalu sering berjongkok. Dijamin pinggang akan aman!

Sikat kamar mandi dari Nagoya ini tersedia dalam berbagai pilihan, yakni hijau, pink, dan biru dengan harga Rp14.000 saja. Dengan harga semurah itu, Sedulur akan mendapatkan sikat dan tutup yang terbuat dari bahan plastik dan nilon berkualitas, dengan klaim ringan, bagus, dan tahan lama.  

3. Kleaner Sikat Kamar Mandi Gagang Panjang

Kleaner

Rekomendasi sikat kamar mandi berikutnya adalah Kleaner Sikat Kamar Mandi Gagang Panjang. Sikat yang memiliki gagang sepanjang 45 cm ini tentunya akan sangat memudahkan Sedulur dalam membersihkan seluruh bagian kamar mandi tanpa perlu terlalu sering berjongkok.

Memiliki bulu dari plastik yang cukup halus, Sedulur tidak perlu khawatir dengan goresan yang akan terbentuk di perabotan kamar mandi. Selain itu, bagian belakang sikat ini juga memiliki bulu berukuran lebih kecil untuk membersihkan area-area yang lebih sulit dijangkau. Jika tertarik, Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp40.000 saja. 

BACA JUGA: Rekomendasi Sabun Colek Terbaik, Bikin Alat Masak Bersih Kinclong!

4. Angola Toilet Brush D30

rekomendasi sikat kamar mandi
Angloa Official Store

Angola Toilet Brush D30 merupakan sikat kamar mandi berkualitas yang dikemas dalam 4 in 1 dan bisa berputar hingga 360°. Sikat kamar mandi dengan tangkai ini dibuat dari bahan berkualitas tinggi dan dilengkapi dengan lapisan anti perekat sehingga ketika Sedulur membersihkan area kamar mandi, tidak akan ada kotoran yang bisa menempel pada bulu sikatnya.  

Lebih dari itu, Angola Toilet Brush D30 juga telah dibekali dengan wadah penyimpanan sikat yang membuatnya lebih mudah disimpan dan pastinya lebih higienis. Sikat yang berukuran 39.5 cm x 5.1 cm ini dijual dengan harga mulai dari Rp30.000 saja, lho! 

5. Dejavu Sikat Toilet Silikon 3 in 1

Kamila Seller

Merk sikat terbaik lainnya adalah Dejavu Sikat Silikon 3 in 1. Produk ini memiliki 3 buah sikat yang terdiri dari, sikat kamar mandi tangkai, sikat WC, dan brush. Terbuat dari bahan silikon yang sangat lentur, sikat ini pastinya sangat mudah untuk membersihkan bagian sela-sela toilet hingga lantai atau dinding kamar mandi yang sulit dijangkau.

Bagian bawah sikat ini juga dilengkapi dengan sirkulasi udara dan air untuk memperlancar drainase. Jadi, Sedulur tidak perlu khawatir sikat ini akan lembap ataupun bau setelah digunakan. Berukuran 20 cm x 10.5 cm x 41 cm dengan pilihan warna putih, hijau, pink, dan biru, Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp69.000. 

6. Lion Star Livina Bathroom Brush BR-66

rekomendasi sikat kamar mandi
Prima Perabot

Rekomendasi sikat kamar mandi terbaik berikutnya adalah Lion Star Livina BR-66. Sikat yang didesain dengan gagang panjang dari plastik berkualitas ini akan sangat membantu Sedulur agar tidak perlu berjongkok terlalu lama dan tidak merasa lelah meski digenggam lama. 

Sikat ini juga memiliki lubang pada bagian ujung gagang untuk menggantungkan sikat saat akan disimpan. Sikat yang terdiri dari warna hijau, biru, dan pink ini bisa Sedulur dapatkan seharga Rp35.000 saja. 

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik yang Bagus & Awet

7. Bagus Sikat Kloset Set Tipe 328

Meicen

Bagus Sikat Kloset 328 merupakan sikat kamar mandi berkualitas yang terbuat dari bahan plastik tebal dan dilapisi dengan karet untuk memudahkan genggamannya. Bulu sikatnya terbuat dari plastik yang lembut dan tidak mudah rontok atau mengembang.  

Sikat ini memiliki bentuk kepala bulat yang mampu menjangkau bagian yang sulit dijangkau, seperti lubang pada kloset. Sikat ini hadir dalam warna biru, orange, dan hijau, dengan harga Rp54.000 saja. .

8. Casabella Smart Scrub Heavy Duty All Purpose Brush

 

rekomendasi sikat kamar mandi
Amazon

Casabella Smart Scrub merupakan sikat kamar mandi yang cocok untuk membersihkan sudut-sudut sempit pada lantai, dinding, ataupun bak mandi karena memiliki ujung yang pipih. Selain itu, bulu sikat ini juga terbuat dari bahan serat plastik berkualitas yang membuatnya tidak mudah rontok atau lepas. Dengan harga Rp119.000, Sedulur bisa mendapatkan sikat serbaguna ini! 

9. WARS Sikat WC Lengkung Tutup Otomatis

WARS Home

Jika Sedulur mencari sikat yang sangat elastis dan bisa melengkung untuk menjangkau bagian tersembunyi di kamar mandi, maka WARS Sikat WC adalah pilihannya. Sikat yang terbuat dari bahan dasar TPR ini memiliki bulu yang lembut dan kuat, serta tahan lama. Sikat yang memiliki lubang pengering di bagian penutupnya ini bisa Sedulur dapatkan seharga Rp26.000 saja.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Alat Pengusir Nyamuk Terbaik yang Ampuh

10. Dekoruma Danari Sikat Toilet Gagang Panjang

Dekoruma

Danari Sikat Toilet merupakan sikat kamar mandi yang terbuat dari polistirena (PS) dan gagang bambu. Sikat ini berukuran 11.7 cm x 11.7 cm x 39 dengan pilihan warna putih dan abu-abu.  Sikat yang juga telah dilengkapi wadah plastik untuk penyimpanannya ini dijual seharga Rp170.000. 

11. Scotch-Brite 3M Grout Brush 511P-6

rekomendasi sikat kamar mandi
Ersevan

Scotch-Brite 3M Grout Brush 511P-6 merupakan sikat kamar mandi seharga Rp45.000 yang cocok untuk membersihkan sudut lantai kamar mandi. Bagian gagang ergonomis pada sikat ini tidak akan membuat Sedulur merasa lelah meski sudah dipakai dalam waktu lama. 

Bulu sikat ini berbentuk runcing dan tebal untuk menjangkau area-area sulit dengan mudah. Selain itu, sikat ini juga bisa digunakan untuk membersihkan perabot kamar mandi seperti bathtub, wastafel, dan kloset.  

12. Mr. Magic Scrub & Clean 

GudangKita

Rekomendasi sikat kamar mandi terakhir adalah Mr. Magic Scrub & Clean. Sikat dengan gagang sepanjang 120 cm ini akan membuat Sedulur bisa lebih mudah membersihkan kamar mandi tanpa perlu berjongkok terlalu lama. Sikat yang terbuat dari 100% polypropylene ini juga kuat dan bisa disandingkan dengan berbagai macam larutan pembersih. Untuk memilikinya, Sedulur cukup menyiapkan uang sekitar Rp124.000.

Tips membersihkan kamar mandi

iStock

Setelah mengetahui cara memilih sikat kamar mandi dan beberapa rekomendasi produk terbaik di atas, berikut adalah tips membersihkan kamar mandi yang bisa Sedulur coba. 

  • Selalu bersihkan toilet dengan sabun, disinfektan, ataupun cairan pembersih khusus toilet dengan frekuensi seminggu 1 sampai 2 kali. 
  • Segera bersihkan noda ringan yang menempel di dinding kamar mandi dengan cara mengguyurkan air dan mengelapnya. Gunakan sikat kamar mandi dan cairan pembersih kerak jika memang nodanya membandel.
  • Segera bersihkan sisa sabun batang atau sisa sabun cair yang menempel di dinding agar tidak mengerak.
  • Hilangkan noda karat pada keran dengan cairan pembersih karat atau baking soda.
  • Selalu sikat lantai kamar mandi secara menyeluruh, termasuk pada bagian celah ubin yang sangat rentan terhadap kotoran, lumut, ataupun jamur. Gunakan sabun atau karbol untuk hasil yang lebih maksimal.
  • Lakukan pengecekan saluran air setiap hari untuk melihat ada tidaknya kotoran atau rambut rontok yang tertinggal di dalamnya.  
  • Pastikan sirkulasi udara di kamar mandi berjalan lancar. Bila memang kamar mandi tidak memiliki jendela, selalu pastikan pintu terbuka lebar bila sedang tidak digunakan.  

Setelah mengetahui tips membersihkan kamar mandi, berikut adalah tips untuk merawat sikat kamar mandi. Sedulur bisa mencuci sikat kamar mandi dan wadahnya dengan frekuensi 1–2 minggu sekali dengan cairan pemutih pakaian. Gunakan larutan pemutih pada bagian dalam wadah dan rendam sikat selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih sebelum digunakan kembali. 

Nah, itu dia informasi terkait cara memilih dan rekomendasi sikat kamar mandi yang bisa Sedulur jadikan referensi. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Sedulur dalam membeli barang-barang penting rumah tangga yang wajib ada di rumah, ya!

Selain sikat kamar mandi, Sedulur tentunya juga membutuhkan sabun pel, sabun cuci, hingga kapur barus untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah, bukan? Nah, Sedulur bisa menyetok barang-barang tersebut dengan membelinya di Aplikasi Super.

Mengapa harus di Aplikasi Super? Karena Sedulur akan mendapatkan harga terbaik sekaligus diskon dan cashback yang bikin belanja jadi makin murah. Tak hanya itu, barang pesanan juga akan diantar sampai ke depan rumah dan tentunya gratis ongkir. Menarik bukan? Yuk, download aplikasinya sekarang juga di PlayStore!