Tren cat rambut warna-warni yang menjamur belakangan ini berisiko membuat rambut kering dan rusak. Yuk simak rekomendasi masker rambut kering ini untuk merawat mahkotamu!

Rambut warna-warni kembali ngetren beberapa tahun belakangan ini. Banyak muda-mudi yang bereksperimen dengan cat rambut warna-warni. Bahkan, banyak juga yang mencoba untuk cat sendiri di rumah, dengan berbagai risikonya. Sayangnya, proses ini kerap bikin rambut kering dan rusak. Untuk mengatasinya, diperlukan masker rambut kering yang ampuh mengembalikan kelembapan rambut.

Berikut beberapa rekomendasi masker untuk rambut kering terbaik menurut Aplikasi Super. Pertimbangan ini diambil dari segi kualitas, harga, dan ulasan penggunanya. Yuk, simak!

Rekomendasi Masker Rambut Kering dan Rusak Terbaik. Bikin Rambut Lembut Mudah Diatur!

Penyebab Rambut Kering

Photo by Bennie Lukas Bester from Pexels

Rambut kering bisa terjadi karena banyak faktor. Namun faktor utama yang kerap jadi alasan di balik rambut kering adalah karena terlalu sering terpapar matahari langsung, terlalu sering menata rambut dengan panas, serta cat dan bleaching rambut. Selain faktor di atas, rambut kering terkadang juga terjadi karena kondisi kesehatan seperti anoreksia nervosa, malnutrisi, anemia, dan gangguan hormonal.

Jika Sedulur merasakan kondisi rambut yang kasar dan mudah kusut, bisa jadi ini pertanda rambut kering. Tak perlu khawatir, Sedulur bisa mengembalikan kesehatan rambut dengan perawatan yang tepat.

Tips Mengatasi Rambut Kering

Photo by Gratisography from Pexels

Coba cek dulu rambut Sedulur, apakah menemukan ujung rambut yang bercabang? Atau Sedulur merasa rambut menjadi kasar serta mudah kusut? Ini adalah pertanda bahwa Sedulur memiliki rambut kering. Tetap tenang, baca tips-tips merawat rambut kering berikut ini ya!

Jangan Terlalu Sering Keramas

Tahukah Sedulur bahwa keramas terlalu sering dapat menyebabkan rambut bertambah kering? Shampoo pada umumnya mengandung SLS atau SLES yang berfungsi untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak di kulit kepala. Sayangnya, zat pembersih ini dapat membuat rambut jadi kering karena terlalu ‘membersihkan’ minyak alami rambut. Karena itu, terlalu sering keramas juga menjadi faktor penyebab rambut kering.

Sebaiknya, Sedulur membatasi keramas hanya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Selain menjaga agar rambut tidak kering, keramas dengan intensitas seperti ini juga akan hemat shampoo ‘kan? Win-win untuk rambut maupun dompet!

Gunakan Conditioner untuk Rambut Kering Setiap Kali Keramas

Guna mengatasi shampoo yang menghilangkan minyak alami rambut, Sedulur memerlukan produk untuk memberi kelembapan lagi bagi rambut. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan kondisioner. Biasanya, kondisioner mengandung silikon yang mampu menjaga kelembapan rambut dan membuat rambut lembut.

Penggunaan kondisioner ini hanya boleh di batang rambut, jangan terkena kulit kepala. Hal ini karena silikon pada kulit kepala akan menumpuk menjadi ‘build-up’ yang mengganggu kesehatan kulit kepala.

Gunakan Masker Rambut yang Bagus

Rambut kering kerap terjadi karena panas berlebih dan kurang nutrisi. Karena itu, beri nutrisi tambahan bagi rambut melalui masker rambut kering. Masker rambut biasanya memiliki kandungan yang dapat menutrisi bagi kulit kepala sekaligus batang rambut. Penggunaan masker rambut ini pun hanya diperlukan sekali dalam seminggu. Sedulur dapat menetapkan satu hari dalam seminggu di mana Sedulur akan melakukan ritual perawatan rambut lengkap dengan masker dan pijat kepala.

Jika Sedulur terlalu sibuk atau ingin pengalaman merawat rambut sekaligus relaksasi, cobalah untuk pergi creambath. Minta untuk menggunakan masker rambut dengan kualitas bagus dan memiliki ulasan pengguna yang bagus pula.

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Bikin Sehat!

Rekomendasi Masker Rambut untuk Rambut Kering dan Mengembang

L’Oreal Paris Total Repair 5-1 Minute Repairing Mask

reviews.femaledaily.com

L’oreal Paris telah lama dikenal sebagai brand kecantikan luar negeri terbesar dengan produk berkualitas tinggi. Brand ini memiliki range produk yang sangat luas, mulai dari produk makeup, skincare, hingga hair care. Salah satu produk keluaran L’Oreal yang paling terkenal serta menjadi favorit banyak orang adalah masker rambut L’Oreal Paris Total Repair.

Masker ini memiliki harga yang cukup murah yakni Rp53.000 saja. Meski harganya cenderung murah, namun hair mask ini mengandung ceramide yang mampu memperbaiki rambut hingga ke akarnya. Ceramide juga akan mengisi helai-helai rambut yang keropos sehingga rambut jadi lebih lembut dan mudah diatur.

Kerastase Nutritive Masquintense

lalalisette.com

Kerastase merupakan brand perawatan rambut high-end. Tak heran jika brand ini memiliki harga yang cukup tinggi. Akan tetapi harga mahal ini terbayar dengan kualitas masker rambut yang tiada duanya. Kerastase Nutritive Masquintense mengandung konsentrat irisome yang tinggi dan mampu membuat rambut jadi lembut, lentur, serta mudah diatur.

The Body Shop Banana Truly Nourishing Hair Mask

twitter.com

Buah pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan rambut. Mulai dari membuat rambut bercahaya, melembapkan, hingga menyehatkan rambut. Akan tetapi untuk menggunakan buah pisang sebagai masker rambut, Sedulur akan kerepotan untuk meraciknya dan mengaplikasikannya. Karena itu, masker dari The Body Shop ini dapat menjadi solusi. Sedulur tak perlu repot meracik, tinggal menggunakan masker rambut ini dengan mudah sehabis keramas. The Body Shop menggabungkan manfaat pisang dengan minyak kacang Brazil yang juga memiliki manfaat baik bagi rambut.

Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair and Scalp Cream

liputan6.com

Mencari masker rambut kering dan mengembang alami yang juga ramah di kantong? Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair and Scalp Cream bisa menjadi pilihan. Terdapat empat varian dari masker ini, mulai dari Kiwi, Lidah Buaya, Zaitun, dan Royal Jelly. Untuk rambut kering dan mengembang, baiknya Sedulur menggunakan varian Royal Jelly yang didesain khusus bagi rambut kering. Namun bagi pemilik rambut kering akibat proses kimia seperti smoothing, rebonding, maupun pewarnaan, bisa menggunakan varian Kiwi.

Lae Sa Luay Hair Spa Smooth Keratin

liputan6.com

Masker dari Thailand ini sempat viral di internet akibat kemampuannya dalam menghaluskan rambut. Bahkan, kabarnya masker ini dapat membuat rambut jadi lurus berkat kandungan keratinnya. Keratin merupakan salah satu protein utama penyusun rambut dan kuku. Rambut yang kekurangan keratin akan menjadi kasar dan kusut. Karenanya, perawatan dengan masker keratin terbukti dapat membuat rambut jadi halus dan mudah diatur. Selain itu, review masker rambut kering satu ini juga sangat bagus di internet.

L’Oreal Hair Spa Deep Nourishing Creambath

journal.sociolla.com

Satu lagi produk masker rambut yang terkenal dari L’Oreal adalah L’Oreal Hair Spa Deep Nourishing Creambath. Merupakan salah satu produk perawatan rambut yang mampu menutrisi dan melembapkan rambut secara maksimal. Masker rambut ini ampuh digunakan bagi pemilik rambut yang kering akibat proses kimia. Selain itu, masker satu ini memiliki harga yang cukup murah dengan kemasan yang besar. Sedulur dapat menemukan masker populer ini di Superstyle Aplikasi Super

The Bath Box Mimosa Masque

thebathbox.co.id

The Bath Box merupakan salah satu brand lokal yang memproduksi banyak sekali produk perawatan mulai dari skincare, body care, hingga hair care. Kualitas produk dari The Bath Box tak perlu diragukan lagi. Termasuk masker rambut Mimosa Masque memiliki banyak ulasan positif dari pemilik rambut kering. Pasalnya, masker ini mengandung squalene, olive oil, jojoba oil, dan vitamin E yang mampu melembutkan rambut dengan sempurna. Tapi lebih dari sekadar merawat, produk ini juga dapat menguatkan dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Matrix Biolage Hydrating Mask Ultra Hydrasource

thecuriousjalebi.com

Matrix merupakan salah satu brand kenamaan yang bergerak di bidang hair care dan hair styling. Mereka memiliki banyak jenis produk yang dikhususkan bagi masalah rambut tertentu. Seperti Matrix Biolage Hydrating Mask Ultra Hydrasource ini yang memang didesain sebagai masker rambut untuk rambut kering dan mengembang. Kandungan di dalam masker ini diklaim mampu melembapkan tanpa membuat rambut lepek.

Tresemme Repair and Protect Hair Mask

allure.com

Masker dari Tresemme ini dapat mengatasi problema rambut kering dan rusak akibat proses pewarnaan, styling, pelurusan, bleaching, dan perming. Masker ini diperkaya dengan Biotin yang mampu menguatkan batang rambut dan menutrisi batang rambut dari dalam. Selain itu, harga masker ini cukup terjangkau, lho!

Dove Intense Repair Regenerating Mask

gomart.pk

Proses styling menggunakan hair dryer, catokan, atau curling iron, dapat membuat rambut menjadi kering dan bercabang. Terutama di bagian ujung-ujung rambut. Karena itu, Sedulur memerlukan masker yang memberikan nutrisi lebih bagi rambut untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Salah satu masker yang direkomendasikan untuk keperluan itu adalah Dove Intense Repair Regenerating Mask ini.

Baca Juga: Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau

Natur Hair Mask Ginseng Extract

reviews.femaledaily.com

Siapa yang tak kenal dengan produk perawatan rambut lokal yang terkenal ampuh atasi masalah rambut ini? Natur memiliki pendekatan tradisional dan alami, sehingga banyak menggunakan ekstrak tumbuh-tumbuhan dalam produknya. Termasuk masker rambut dari Natur yang menggunakan ekstrak ginseng untuk menguatkan rambut sekaligus melembapkan dan mencegah kerontokan.

Rekomendasi Masker Rambut Kering Alami

Bagi Sedulur yang memiliki waktu dan energi ekstra untuk membuat masker sendiri, berikut beberapa rekomendasi masker rambut alami untuk si pemilik rambut kering.

Masker Rambut Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang tinggi sehingga dapat melembapkan rambut. Berikut masker rambut kering alami dari alpukat.

  1. Hancurkan ½ alpukat dengan 2 sdm minyak kelapa atau minyak zaitun
  2. Tambahkan 2 sdm madu dan aduk hingga rata.
  3. Aplikasikan secara merata di kulit kepala serta batang rambut.
  4. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Masker Rambut Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan yang terkenal bermanfaat baik bagi rambut. Berikut cara menggunakan masker rambut dari minyak zaitun.

  1. Ambil minyak zaitun sebanyak 1-2 sendok makan dan taruh di wadah tahan panas.
  2. Panaskan di atas kompor atau di microwave hingga minyak jadi lebih encer dan hangat.
  3. Saat panas-panas, aplikasikan masker ke kulit kepala dan batang rambut
  4. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Masker Rambut Madu

Madu memiliki antioksidan yang tinggi dan kemampuan untuk menjaga kelembapan rambut. Karena itu, rambut rusak maupun kering dapat menggunakan masker alami dari madu ini.

  1. Campur 2 sdm yoghurt dengan 1 ½ sdm madu
  2. Aduk hingga rata dan aplikasikan ke rambut secara menyeluruh
  3. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas.

Masker rambut kering di atas bisa jadi senjata bagi Sedulur untuk ‘menjinakkan’ rambut kering yang susah diatur. Sedulur bisa mendapatkan produk perawatan rambut seperti hair mask, hair spa, shampoo, hingga conditioner di Superstyle Aplikasi Super. Harganya miring, cocok bagi Sedulur yang  ingin menjadi reseller produk kecantikan. Yuk, install Aplikasi Super sekarang!