masker rambut kering

Rambut warna-warni kembali ngetren beberapa tahun belakangan ini. Banyak muda-mudi yang bereksperimen dengan cat rambut warna-warni. Bahkan, banyak juga yang mencoba untuk cat sendiri di rumah, dengan berbagai risikonya. Sayangnya, proses ini kerap bikin rambut kering dan rusak. Untuk mengatasinya, diperlukan masker rambut kering yang ampuh mengembalikan kelembapan rambut.

Berikut beberapa rekomendasi masker untuk rambut kering terbaik menurut Aplikasi Super. Pertimbangan ini diambil dari segi kualitas, harga, dan ulasan penggunanya. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Body Spray Pria Terbaik, Wanginya Awet!

Penyebab Rambut Kering

Photo by Bennie Lukas Bester from Pexels

Rambut kering bisa terjadi karena banyak faktor. Namun faktor utama yang kerap jadi alasan di balik rambut kering adalah karena terlalu sering terpapar matahari langsung, terlalu sering menata rambut dengan panas, serta cat dan bleaching rambut. Selain faktor di atas, rambut kering terkadang juga terjadi karena kondisi kesehatan seperti anoreksia nervosa, malnutrisi, anemia, dan gangguan hormonal.

-->

Jika Sedulur merasakan kondisi rambut yang kasar dan mudah kusut, bisa jadi ini pertanda rambut kering. Tak perlu khawatir, Sedulur bisa mengembalikan kesehatan rambut dengan perawatan yang tepat.

Tips Mengatasi Rambut Kering

Photo by Gratisography from Pexels

Coba cek dulu rambut Sedulur, apakah menemukan ujung rambut yang bercabang? Atau Sedulur merasa rambut menjadi kasar serta mudah kusut? Ini adalah pertanda bahwa Sedulur memiliki rambut kering. Tetap tenang, baca tips-tips merawat rambut kering berikut ini ya!

1. Jangan terlalu sering keramas

Tahukah Sedulur bahwa keramas terlalu sering dapat menyebabkan rambut bertambah kering? Shampoo pada umumnya mengandung SLS atau SLES yang berfungsi untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak di kulit kepala. Sayangnya, zat pembersih ini dapat membuat rambut jadi kering karena terlalu ‘membersihkan’ minyak alami rambut. Karena itu, terlalu sering keramas juga menjadi faktor penyebab rambut kering.

Sebaiknya, Sedulur membatasi keramas hanya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Selain menjaga agar rambut tidak kering, keramas dengan intensitas seperti ini juga akan hemat shampoo ‘kan? Win-win untuk rambut maupun dompet!

2. Gunakan conditioner untuk rambut kering setiap kali keramas

Guna mengatasi shampoo yang menghilangkan minyak alami rambut, Sedulur memerlukan produk untuk memberi kelembapan lagi bagi rambut. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan kondisioner. Biasanya, kondisioner mengandung silikon yang mampu menjaga kelembapan rambut dan membuat rambut lembut.

Penggunaan kondisioner ini hanya boleh di batang rambut, jangan terkena kulit kepala. Hal ini karena silikon pada kulit kepala akan menumpuk menjadi ‘build-up’ yang mengganggu kesehatan kulit kepala.

3. Gunakan masker rambut yang bagus

Rambut kering kerap terjadi karena panas berlebih dan kurang nutrisi. Karena itu, beri nutrisi tambahan bagi rambut melalui masker rambut kering. Masker rambut biasanya memiliki kandungan yang dapat menutrisi bagi kulit kepala sekaligus batang rambut. Penggunaan masker rambut ini pun hanya diperlukan sekali dalam seminggu. Sedulur dapat menetapkan satu hari dalam seminggu di mana Sedulur akan melakukan ritual perawatan rambut lengkap dengan masker dan pijat kepala.

Jika Sedulur terlalu sibuk atau ingin pengalaman merawat rambut sekaligus relaksasi, cobalah untuk pergi creambath. Minta untuk menggunakan masker rambut dengan kualitas bagus dan memiliki ulasan pengguna yang bagus pula.

BACA JUGA : 20 Model Rambut Man Bun yang Bikin Makin Keren dan Trendi

Cara memilih masker rambut

masker rambut kering
iStock

Berikut cara memilih masker rambut yang perlu Sedulur perhatikan.

 1. Pilih masker dengan yang banyak mengandung moisturizer

Perlu Sedulur ketahui bahwa rambut yang kering merupakan jenis rambut yang membutuhkan kelembaban lebih banya. Kulit kepala memang menghasilkan sebum untuk memberikan kelembaban alami pada rambut. Akan tetapi, untuk beberapa orang kulit kepalanya tidak memproduksi cukup banyak sebum sehingga kondisi rambutnya menjadi sangat kering. rambut yang kering ini akan mengakibatkan rambut menjadi lebih mudah rontok. 

Menggunakan masker rambut merupakan solusi terbaik untuk memberikan kelembaban ekstra pada rambut kering. Pemilik rambut kering sebaiknya memilih produk hair mask yang diperkaya dengan banyak moisturizer. Semakin banyak kandungan moisturizer pada produk masker rambut yang dipakai, maka semakin banyak pula kelembaban yang bisa diserap oleh rambut. Sebaiknya Sedulur membaca terlebih dahulu keterangan komposisi pada produk masker rambut yang hendak dibeli

2. Masker yang mengandung minyak alami sangat baik untuk kesehatan rambut

Rambut yang sering diwarnai atau sering di catok cenderung mudah kusut dan kering. Kandungan bahan kimia pada obat pewarna rambut yang dipakai berpotensi membuat rambut jadi kering dan rusak. Maka dari itu, perawatan dengan menggunakan  masker rambut sangat penting untuk merawat rambut yang kering agar terhindar dari kerusakan yang semakin parah.

Berikan perawatan terbaik untuk rambut yang kering dan mudah rontok dengan menggunakan masker yang mengandung minyak alami untuk menutrisi dan melembabkan rambut. Minyak alami dapat menetralisir bahan kimia yang terkandung pada obat yang dipakai. Jadi, jika sebelumnya rambu terasa kasar dan kusam, kandungan minyak alami pada masker yang dipakai akan mengembalikan kelembaban alami rambut.

Jenis minyak alami yang biasa terkandung pada produk hair mask antara lain adalah olive oil, hibiscus oil, argan oil, marula oil, dan masih yang lainnya. Kandungan minyak alami ini akan membuat rambut menjadi lembab sekaligus lembut. 

Rekomendasi Masker Rambut untuk Rambut Kering dan Mengembang

Rambut mengembang biasanya banyak jadi incaran. Hal ini tak lepas dari volume rambut bisa menjadi lebih lebat dan membuat penampilan lebih menarik. Jika Sedulur sedang mencari masker rambut yang efektif untuk meningkatkan volume rambut, coba beberapa produk perawatan berikut ini ya!

1.Makarizo Hair Energy Fibertherapy Olive Extract Hair & Scalp Cream

masker rambut kering
Makarizo Hair Energy

Makarizo sudah mengembangkan masker rambut seri Hair Energy yang dibuat khusus untuk memperbaiki keadaan rambut yang kering. Tak hanya memadukan olive extract dan passiflora plant extract untuk menutrisi sekaligus melembapkan rambut, produk andalan Makarizo ini juga akan merevitalisasi rambut lho.

Dengan adanya asam amino keratin dan juga inovasi krim cepat serapnya, masker rambut untuk rambut kering satu ini tentunya akan efektif mendorong mengembalikan struktur rambut agar lebih sehat, kuat, dan berkilau.

2. L’Oreal Professionnel Serie Expert Absolut Repair Lipidium Masque

tali_wangke

Masker rambut dari L’Oreal ini meengandung dua bahan aktif, yakni gold quinoa dan protein yang nantinya akan bekerja sama mengurangi kerusakan permukaan rambut hingga 77%. Menariknya lagi, masker rambut untuk rambut kering ini juga akan membuat rambut 7x lebih berkilau lho. Produk ini akan merestorasi lipid pada rambut yang hilang akibat adanya perlakuan kimiawi, alat styling, dan faktor eksternal termasuk matahari, air klorin, dan sodium chloride pada sampo.

3.L’oreal Paris Smooth-Intense 1 Minute Caring Mask

 

 
Review Female Daily

Masker rambut yang dibuat khusus untuk mengatasi rambut kering ini akan menciptakan rambut sehat hanya dalam satu menit saja lho Sedulur. Smooth-Intense 1 Minute Caring Mask juga dapat melembutkan rambut kasar. Bahkan, dukungan silk protien dan nutrileum dapat menjamin rambut bebas kusut hingga 48 jam. Wah, menarik bukan? 

4. Lae Sa Luay Hair Spa Smooth Keratin

liputan6.com

Masker dari Thailand ini sempat viral di internet akibat kemampuannya dalam menghaluskan rambut. Bahkan, kabarnya masker ini dapat membuat rambut jadi lurus berkat kandungan keratinnya. Keratin merupakan salah satu protein utama penyusun rambut dan kuku. Rambut yang kekurangan keratin akan menjadi kasar dan kusut. Karenanya, perawatan dengan masker keratin terbukti dapat membuat rambut jadi halus dan mudah diatur. Selain itu, review masker rambut kering satu ini juga sangat bagus di internet.

5. L’Oreal Hair Spa Deep Nourishing Creambath

journal.sociolla.com

Satu lagi produk masker rambut yang terkenal dari L’Oreal adalah L’Oreal Hair Spa Deep Nourishing Creambath. Merupakan salah satu produk perawatan rambut yang mampu menutrisi dan melembapkan rambut secara maksimal. Masker rambut ini ampuh digunakan bagi pemilik rambut yang kering akibat proses kimia. Selain itu, masker satu ini memiliki harga yang cukup murah dengan kemasan yang besar. Sedulur dapat menemukan masker populer ini di Superstyle Aplikasi Super

6. The Bath Box Mimosa Masque

thebathbox.co.id

The Bath Box merupakan salah satu brand lokal yang memproduksi banyak sekali produk perawatan mulai dari skincare, body care, hingga hair care. Kualitas produk dari The Bath Box tak perlu diragukan lagi. Termasuk masker rambut Mimosa Masque memiliki banyak ulasan positif dari pemilik rambut kering. Pasalnya, masker ini mengandung squalene, olive oil, jojoba oil, dan vitamin E yang mampu melembutkan rambut dengan sempurna. Tapi lebih dari sekadar merawat, produk ini juga dapat menguatkan dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

7. Matrix Biolage Hydrating Mask Ultra Hydrasource

thecuriousjalebi.com

Matrix merupakan salah satu brand kenamaan yang bergerak di bidang hair care dan hair styling. Mereka memiliki banyak jenis produk yang dikhususkan bagi masalah rambut tertentu. Seperti Matrix Biolage Hydrating Mask Ultra Hydrasource ini yang memang didesain sebagai masker rambut untuk rambut kering dan mengembang. Kandungan di dalam masker ini diklaim mampu melembapkan tanpa membuat rambut lepek.

8. Tresemme Repair and Protect Hair Mask

allure.com

Masker dari Tresemme ini dapat mengatasi problema rambut kering dan rusak akibat proses pewarnaan, styling, pelurusan, bleaching, dan perming. Masker ini diperkaya dengan Biotin yang mampu menguatkan batang rambut dan menutrisi batang rambut dari dalam. Selain itu, harga masker ini cukup terjangkau, lho!

9. Dove Intense Repair Regenerating Mask

gomart.pk

Proses styling menggunakan hair dryer, catokan, atau curling iron, dapat membuat rambut menjadi kering dan bercabang. Terutama di bagian ujung-ujung rambut. Karena itu, Sedulur memerlukan masker yang memberikan nutrisi lebih bagi rambut untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Salah satu masker yang direkomendasikan untuk keperluan itu adalah Dove Intense Repair Regenerating Mask ini.

BACA JUGA : Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau

10. Natur Hair Mask Ginseng Extract

reviews.femaledaily.com

Siapa yang tak kenal dengan produk perawatan rambut lokal yang terkenal ampuh atasi masalah rambut ini? Natur memiliki pendekatan tradisional dan alami, sehingga banyak menggunakan ekstrak tumbuh-tumbuhan dalam produknya. Termasuk masker rambut dari Natur yang menggunakan ekstrak ginseng untuk menguatkan rambut sekaligus melembapkan dan mencegah kerontokan.

11.Ellips Vitamin Hair Mask With Pro Keratin Complex Hair Repair

Review SOCO

Ellips memang terkenal dengan vitamin rambut berbentuk kapsul, akan tetapi Ellips kini juga hadir dengan rangkaian masker rambut yang bagus untuk rambut rusak, maupun permasalahan lainnya. Untuk mengatasi rambut rusak, Sedulur dapat menggunakan Ellips Vitamin Hair Mask With Pro Keratin Complex Smooth & Silky, perawatan rambut intensif dengan kandungan prokeratin dan Jojoba oil. Hair mask yang satu ini akan membantu untuk menutrisi dan menjaga kelembapan rambut akibat proses kimiawi, sehingga rambut lebih sehat, lembut, dan kilau bercahaya

12. Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask

Sensatia Botanicals

Bagi Sedulur yang ingin merawat rambut kering ketika sedang travellinghair mask produksi Sensatia Botanicals ini dapat menjadi pilihan tepat. Hadir dengan kemasan tube-nya didukung tutup flip top yang tak hanya berdesain ringkas, namun juga menjamin isi masker tidak mudah tumpah.

Sama seperti namanya, masker rambut untuk rambut kering ini tersusun dari bahan-bahan alami berupa tamarind, minyak argan, ekstrak lidah buaya, dan juga alpukat. Dengan menggunakan masker rambut andalan ini, maka rambut akan memperoleh kelembapan extra pasca perawatan. Rambut akan menjadi lembut dan tentunya tidak mudah rontok.

Rekomendasi Masker Rambut Kering Alami

Bagi Sedulur yang memiliki waktu dan energi ekstra untuk membuat masker sendiri, berikut beberapa rekomendasi masker rambut alami untuk si pemilik rambut kering.

1. Masker Rambut Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang tinggi sehingga dapat melembapkan rambut. Berikut masker rambut kering alami dari alpukat.

  1. Hancurkan ½ alpukat dengan 2 sdm minyak kelapa atau minyak zaitun
  2. Tambahkan 2 sdm madu dan aduk hingga rata.
  3. Aplikasikan secara merata di kulit kepala serta batang rambut.
  4. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Masker Rambut Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan yang terkenal bermanfaat baik bagi rambut. Berikut cara menggunakan masker rambut dari minyak zaitun.

  1. Ambil minyak zaitun sebanyak 1-2 sendok makan dan taruh di wadah tahan panas.
  2. Panaskan di atas kompor atau di microwave hingga minyak jadi lebih encer dan hangat.
  3. Saat panas-panas, aplikasikan masker ke kulit kepala dan batang rambut
  4. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Masker Rambut Madu

Madu memiliki antioksidan yang tinggi dan kemampuan untuk menjaga kelembapan rambut. Karena itu, rambut rusak maupun kering dapat menggunakan masker alami dari madu ini.

  1. Campur 2 sdm yoghurt dengan 1 ½ sdm madu
  2. Aduk hingga rata dan aplikasikan ke rambut secara menyeluruh
  3. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering dan Bersisik

Manfaat masker rambut

Berikut manfaat yang akan Sedulur dapatkan jika rutin menggunakan masker rambut

1. Terhindar dari kerusakan rambut

Terlalu sering terpapar sinar UV dari matahari dan polusi radikal bebas akan membuat rambut menjadi kusam, kering, bercabang, dan rontok. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, maka rambut membutuhkan nutrisi yang cukup. Nutrisi tersebut salah satunya dapat diperoleh dari penggunaan masker rambut berbahan alami. Tak hanya itu, penggunaan masker rambut secara rutin juga bermanfaat untuk meminimalkan kerusakan rambut yang terjadi karena terlalu sering melakukan hair styling menggunakan hair dryer, catokan, dan bahan-bahan kimia lainnya.

2. Meningkatkan kualitas rambut

Masker rambut yang berbahan alami dapat memenuhi kebutuhan nutrisi rambut yang dibutuhkan. Jika nutrisi rambut terpenuhi dengan baik, secara otomatis kualitas rambut juga akan meningkat. Dengan begitu, rambut akan lebih lembut, indah, dan tampak berkilau.

3. Menjaga kelembapan rambut

Dengan rutin menggunakan masker rambut , maka kelembapan rambu akan tetap terjaga. Rambut yang terjaga kelembapannya tentu akan memberikan kesan lembut saat disentuh, karena tidak kering dan kasar. Rambut yang lembap pun bisa membuat Sedulur terhindar dari masalah kerontokan rambut.

4. Rambut terasa lebih lembut

Kandungan masker rambut biasanya sudah dilengkapi dengan moisture agent, vitamin, dan protein yang baik untuk kesehatan rambut. Kandungan-kandungan ini dapat membuat rambut terasa lembut dan mudah diatur. Tak ada lagi masalah rambut kusut dan susah ditata ketika Sedulur rutin menggunakan masker rambut dari bahan-bahan alami.

5. Relaksasi

Perawatan rambut secara rutin menggunakan masker rambut alami bisa menjadi salah satu kegiatan merawat diri untuk relaksasi. Ketika menggunakan masker rambut, Sedulur jugadapat melakukan perawatan wajah agar kegiatan relaksasi yang dilakukan lebih maksimal. Anggap kegiatan ini menjadi kegiatan me time yang bisa menyegarkan pikiran dan membuat Sedulur dapat kembali rileks dan fresh. 

Demikianlah rangkuman informasi tentang rekomendasi masker untuk rambut kering yang dapat Sedulur gunakan. Jangan lupa untuk selalu rutin menggunakan masker rambuta ya Sedulur! Agar rambut selalu lembab dan lembut ketika disentuh. 

Selain merawat rambut, tentunya Sedulur juga harus merawat diri dengan menggunakan skin care dan make up yang berkualitas. Tak perlu khawatir, Sedulur dengan masalah harga. Sedulur dapat membeli skin care yang aman dan berkualitas dengan harga terjangkau di Aplikasi Super lho. Ada banyak promo yang akan Sedulur dapatkan. Ditambah lagi, selalu gratis ongkir setipa hari tanpa minimal pembelian. Menarik bukan? 

Yuk langsung download dan belanja di Aplikasi Super sekarang! Dapatkan promo dan cashback menarik lainnya.