racun tikus

Apa Sedulur punya masalah dengan koloni tikus di dalam rumah? Jangan dibiarkan saja, gunakan racun tikus yang ampuh untuk segera mengusir hama tersebut. Mungkin rasanya masalah yang ditimbulkan adanya banyak tikus di rumah ini tidak terlalu besar.

Namun tahukah Sedulur, selain membuat barang-barang di rumah menjadi kotor dan rusak, tikus juga dapat menjadi sarana penyebaran penyakit seperti leptospirosis, pes, dan berbagai penyakit berbahaya yang lain.

Oleh sebab itu segera tangani masalah tersebut, salah satunya dengan meracuni hama pengganggu ini. Nah, langsung saja berikut ini beberapa rekomendasi racun tikus terbaik yang bisa Sedulur gunakan.

BACA JUGA: 16 Cara Ampuh Mengusir Tikus di Rumah Pakai Bahan Alami

-->

1. Petrokum (Rp4.850)

racun tikus
Falahsture

Di urutan pertama ada produk dari Petrokimia Kayaku. Ini adalah sebuah racun tikus mati kering yang dijamin mampu membunuh tikus tanpa menimbulkan bau busuk. Petrokum sendiri memiliki bentuk blok berwarna hijau kebiruan yang akan membasi hama tikus di rumah dan juga lingkungan sekitar.

Namun pada saat akan menggunakan racun yang satu ini, pastikan Sedulur mengenakan sarung tangan plastik terlebih dahulu agar racun tidak menempel ke tangan. Setelah itu, potong dan pasang umpan di bagian yang sekiranya sering dilalui oleh hama tersebut.

2. Mao Wang (Rp3.500)

racun tikus
MyLifeFarm

Mao Wang adalah salah satu racun tikus cair yang diproduksi dari China. Produk yang satu ini berbentuk seperti beras berwarna merah muda, dan telah terbukti sangat ampuh untuk membunuh hama tikus yang ada di rumah dan pekarangan.

Bahkan produsen dari Mao Wang telah mengklaim bahwa produknya ini mampu membunuh tikus hanya dalam waktu 1 menit setelah tikus memakannya. Nantinya, tikus tersebut akan langsung mati juga dan mengering di tempat.

Jadi Sedulur tidak akan terganggu dengan bau yang menyengat dan juga tidak perlu repot untuk mencari bangkai lagi. Oh iya, jauhkan produk ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: 12 Kulkas Mini Murah dengan Watt Kecil, Termurah & Terbaru

3. Rastam (Rp10.500)

racun tikus
Afiyaah Kamila

Rekomendasi racun tikus paling ampuh mati kering yang berikutnya adalah Rastam. Rastam merupakan obat pembasmi berupa umpan yang langsung bisa digunakan alias siap pakai. Jadi, Sedulur bisa langsung menempatkannya pada area yang sering dilewati oleh tikus.

Selain itu, Sedulur juga dapat mencampurkannya dengan makanan-makanan yang disenangi tikus. Nantinya, tikus tersebut akan langsung mati beberapa saat setelah memakan umpan yang dipasang.

Biasanya bangkai dari tikus akan ditemukan sekitar 1 sampai 2 meter dari tempat racun itu dipasang. Kemudahan dalam menemukan bangkai tersebut yang membuat banyak orang menyukai umpan yang satu ini.

4. Kresnakum (Rp7.000)

racun tikus
Kresnakum

Kremnakum adalah racun tikus paling ampuh dan siap pakai yang direkomendasikan selanjutnya. Hampir sama seperti Petrokum, bentuk dari Kresnakum ini seperti blok atau kotak kubus berwarna hijau agak kebiruan.

Sudah banyak orang yang membuktikan jika Kresnakum sangat ampuh untuk membunuh dan membasmi hama tikus yang ada di dalam rumah dan halaman rumah mereka. Produk ini memang khusus digunakan hanya untuk mengendalikan hama tikus.

5. Ramtus (Rp26.500)

racun tikus
Pest Buster Squad

Bisa dikatakan bahwa Ramtus adalah racun tikus ampuh yang sangat unik. Hal ini dikarenakan racun tersebut mampu mengeluarkan aroma yang khas. Nah, aroma tersebut akan merangsang indra penciuman tikus, dan akhirnya mereka sangat tertarik untuk memakan racun yang satu ini.

Tidak usah khawatir, Ramtus memang diciptakan secara khusus untuk mematikan atau membunuh tikus saja. Jadi jika Sedulur memiliki hewan peliharaan di rumah seperti anjing maupun kucing, mereka tidak akan tertarik untuk memakan umpan tersebut.

Cara menggunakan racun tikus ini cukup mudah. Sedulur hanya perlu meletakkannya di wilayah atau area yang sering dilewati tikus. Nantinya, secara otomatis para tikus akan mendekat, memakan umpan, dan langsung mati. Produk ini juga diklaim mampu membasmi tuntas koloni tikus di rumah.

BACA JUGA: 14 Ciri Ciri Kucing Mau Mati & Sekarat, Beri Pertongan Ini

6. Dora (Rp14.900)

ATKkita

Dora adalah sebuah racun yang justru sangat disukai oleh para tikus. Hal ini karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya, adalah bahan khusus yang membuat hewan pengerat tersebut terus memakan racun itu sampai benar-benar habis.

Selain itu, bentuknya yang besar juga membuatnya semakin menarik perhatian dari para tikus yang terkenal rakus. Aturan penggunaan dari racun ini, yakni dengan menyiapkan 1 gram obat di dalam wadah. Setelah itu, letakkan di area atau tempat tikus biasanya berkeliaran.

Sedulur bisa terus meletakkan atau memasang racun tersebut hingga tidak ada tikus yang memakannya lagi. Apabila sudah diletakkan semalaman dan ternyata racun tidak habis, maka itu berarti tikus di rumah Sedulur sudah mati semua.

7. Kurato (Rp99.000)

Soniamall

Kurato adalah umpan yang sangat disukai oleh tikus. Hanya dengan menggigitnya sekali saja, maka tikus tersebut akan langsung mati dan mengering. Jadi Sedulur tidak akan mencium bau busuk dari bangkai tikus yang kerap mengganggu.

Adanya bahan aktif yang terkandung di dalamnya, membuat pendarahan tikus mati selama 3 sampai 5 hari. Nah, penundaan kematian inilah yang merupakan bagian paling penting.

Jadi tikus tersebut tidak akan menghubungkan kematiannya dengan racun yang dimakan. Dan para tikus yang lain tidak akan jera untuk terus memakan umpan racun dari produk Kutaro ini.

8. Unicon Kamper (Rp15.000)

Ismail Tools

Berbeda dari beberapa racun yang sebelumnya, Kamper ini berbentuk semacam kapur barus. Perlu untuk diketahui, bahwa hewan tersebut sangat tidak menyukai hal-hal yang memiliki bau menyengat. Itu juga termasuk dengan kamper yang baunya wangi.

Penggunaan dari Kamper ini sangatlah mudah. Sedulur hanya cukup meletakkannya di daerah yang biasa dilewati oleh tikus. Dengan begitu, maka tikus akan merasa tidak betah dan memilih untuk pindah. Jadi Sedulur bisa meletakkan kamper ini di banyak bagian dalam rumah.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Rak Bumbu Dapur untuk Percantik Dapurmu

9. Bawang putih dan bawang merah

iStock

Jika Sedulur sedang mencari bahan sebagai racun tikus alami, maka pilihan yang paling tepat adalah bawang putih dan bawang merah. Berkaitan dengan tikus yang tidak sudah bau menyengat, Sedulur pastinya bisa memanfaatkan kedua jenis bahan tersebut. Hal ini karena bawang putih dan bawang merah sama-sama memiliki bau yang menyengat.

Nah, jadi Sedulur bisa mengiris bawang putih dan bawang merah menjadi beberapa bagian, lalu bungkus dengan menggunakan kain kasa. Setelah itu, Sedulur bisa meletakkannya di bagian yang sering dilewati oleh tikus atau di tempat-tempat di mana tikus sering ditemukan. Lakukan sampai populasi tikus berkurang dan jangan lupa untuk mengganti irisan bawang setiap hari karena irisan tersebut akan membusuk dalam beberapa hari.

10. Kantung teh bekas

Fimela

Bagi Sedulur yang suka meminum teh, jangan langsung buang kantung bekas teh usai meminumnya. Kantung teh bekas tersebut ternyata bisa menjadi racun tikus alami yang mematikan. Ya, adanya kandungan peppermint di dalamnya, membuat tikus di rumah merasa kewalahan.

Selain itu, hidung tikus juga akan mengalami iritasi dan indra penciumannya akan sangat terganggu. Jadi tidak ada pilihan lain selain pergi atau mati di tempat. Cara ini dianggap ampuh karena bisa mengurangi populasi tikus yang ada di rumah.

BACA JUGA: 14 Cara Mengusir Tikus Dirumah Tanpa Racun & Bau Busuk

11.  Peppermint

iStock

Telah disebutkan sebelumnya bahwa tikus memiliki indera penciuman yang sangat sensitif. Jika bagi manusia peppermint merupakan tanaman yang memiliki bau menyegarkan, hal ini berkebalikan dengan tikus yang justru sangat membencinya. Untuk itu, peppermint dapat menjadi salah satu bahan alami yang bisa membunuh tikus.

Cara mudah membuat racun tikus alami dengan peppermint dapat Sedulur lakukan mencampurkan 25-30 tetes minyak esensial peppermint ke kapas yang sudah dibentuk bola. Selanjutnya, letakkan di tempat-tempat yang biasa dilewati tikus atau tempat yang dicurigai sebagai sarangnya. Setelah beberapa waktu, peppermint akan membunuh tikus secara perlahan saat aromanya sudah terhirup hingga ke paru-paru mereka.

12. Cabai rawit

iStock

Bahan alami lain yang bisa membunuh tikus dengan cukup mudah adalah cabai rawit. Selain memiliki rasa pedas saat dimakan manusia, abai rawit juga akan memberikan rasa yang sama bila dikonsumsi tikus. Selain ampuh dijadikan racun tikus, cabai rawit juga bisa digunakan sebagai racun untuk mengusir kecoak, semut, dan serangga lainnya. 

Bila Sedulur tertarik untuk menggunakan cabai rawit sebagai racun alami, Sedulur hanya perlu menaburkan irisan cabai rawit dalam jumlah banyak ke area-area yang banyak dilalui tikus. Namun perlu diingat, bila ada bayi atau binatang peliharaan yang ada di rumah, Sedulur bisa membungkusnya dengan kain bekas sebelum meletakkannya di area di mana Sedulur menemukan tikus.

BACA JUGA: Peralatan Dapur yang Wajib Dibersihkan Secara Rutin 

13. Daun salam

iStock

Bahan alami lain yang bisa Sedulur gunakan adalah daun salam. Bumbu dapur yang biasa digunakan untuk menyedapkan masakan ini ternyata juga bisa digunakan sebagai racun alami tikus yang ampuh. Dengan beberapa lembar daun saja, Sedulur tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengusir tikus dari rumah.

Untuk melakukannya, Sedulur bisa meletakkan daun salam di dalam atau di sekitar lubang sarang tikus bila Sedulur bisa menemukannya. Sedulur juga bisa meletakkan beberapa lembar daun salam di tempat yang memungkinkan Sedulur melihat ada kotoran tikus disana.

Selain di beberapa tempat tersebut, Sedulur juga bisa menggunakan beberapa lembar daun salam di dalam lemari pakaian ataupun lemari buku dalam bungkusan kain kasa. Daun salam akan segera membunuh tikus karena hewan pengerat tersebut sangat membenci aroma daun ini.  

14. Lada

iStock

Selain cabai rawit, lada juga memiliki rasa yang pedas menyengat bila dikonsumsi manusia. Tak berbeda jauh, tikus juga merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, bubuk lada bisa dijadikan racun alami yang bisa mengusir tikus dengan ampuh. Bau lada yang menyengat tersebut akan membuat tikus takut untuk mendekat ke sumber bau.

Sedulur bisa menaburkan lada di beberapa sudur ruang dalam rumah maupun di area-area dimana tikus banyak terlihat.  Bumbu dapur ini bahkan juga bisa membunuh tikus bila tikus tidak sengaja menghirupnya dan memenuhi paru-parunya.  Selain murah, cara penggunaan racun alami ini juga sangat mudah, bukan?

BACA JUGA: Rekomendasi Wajib Peralatan Rumah Tangga Untuk Pasangan Baru!

15. Baking soda

iStock

Bahan alami terakhir yang bisa digunakan sebagai racun alami tikus adalah baking soda. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat roti ini bisa dicampurkan ke makanan yang disiapkan untuk menjebak tikus. Setelah tercampur dengan rata, Sedulur bisa meletakkan makanan jebakan tersebut ke area-area yang sering dilewati tikus.

Setelah tikus memakan makanan jebakan yang telah disiapkan, badan tikus akan mengembung akibat gas yang dihasilkan oleh soda. Setelah itu, tikus akan mati karena menahan gas yang terus menerus memenuhi lambungnya tersebut.  Cukup mudah, kan?

Nah, itulah beberapa rekomendasi racun tikus yang bisa Sedulur gunakan. Dari semua daftar yang telah disebutkan di atas, hampir semua racun kimia tersebut akan membuat tikus mati. Sedangkan untuk bahan alami, secara umum akan membuat tikus kabur dari rumah.

Selain racun tikus, Sedulur juga bisa mendapatkan kebutuhan rumah tangga anti hama yang lainnya, seperti obat nyamuk bakar dan kapur barus di Aplikasi Super. Sedulur akan mendapatkan harga terbaik dengan berbagai diskon dan cashback menarik.

Lebih dari itu, pengiriman barang pesanan juga sangat cepat dan pastinya gratis ongkir. Tunggu apalagi? Yuk, download Aplikasi Super di Google PlayStore dan nikmati belanja kebutuhan rumah tangga dengan mudah sekarang juga!