Rekomendasi sabun colek

Era sabun colek memang sudah lama berakhir, namun sabun satu ini masih memiliki manfaat yang besar dalam kegiatan rumah tangga. Apalagi kalau Sedulur memiliki usaha kuliner yang membutuhkan sabun pembersih yang ekonomis tapi bersih.

Sabun colek memiliki karakteristik yang sedikit kasar. Namun, tekstur ini bermanfaat untuk membersihkan kerak atau noda membandel yang menempel pada alat masak. Inilah yang menjadi penyebab sabun ini masih digunakan oleh orang-orang sampai sekarang. Jika Sedulur sedang mencari rekomendasi sabun colek terbaik yang murah tapi bandel dalam membersihkan noda, yuk simak ulasan lengkap berikut ini!

BACA JUGA: Mengenal Jenis dan Harga Sabun Cuci Piring Terbaik untuk Keluarga!

Sunlight Cream

sabun colek
Pinterest

Sabun colek pertama adalah Sunlight. Produk yang dikeluarkan oleh Unilever sempat menjadi salah satu sabun colek terbaik beberapa tahun lalu. Namun, belakangan ini Sunlight lebih banyak mengeluarkan produk sabun cuci cair di pasaran.

-->

Jika Sedulur tertarik membeli sabun Sunlight Cream, produk ini masih bisa dicari di beberapa toko online maupun offline. Sunlight Cream juga hanya memiliki satu jenis aroma yaitu jeruk nipis. Harga sabun colej Sunlight termasuk terjangkau, berikut ini beberapa pilihannya:

  • Sunlight Cream 270 gr – Rp 5.000
  • Sunlight Cream 1 kg – Rp 35.000

Wings Biru

Sabun colek terbaik
Pinterest

Selanjutnya ada sabun colek Wings Biru. Sabun ini menjadi salah satu produk kebersihan paling legendaris karena sudah digunakan oleh masyarakat selama 55 tahun lamanya. Wings Biru juga masih eksis sebagai sabun colek unggulan disaat produk lainnya mulai gulung tikar.

Kehebatan Wings Biru memang sudah tidak diragukan lagi karena kemampuannya dalam menghilangkan kerak dan minyak pada alat masak. Efektifitas ini tidak lepas dari formulasi zat dalam sabun ini.

Bila Sedulur tertarik untuk membeli dan menggunakan Wings Biru sebagai sabun cuci sehari-hari di rumah, maka langsung saja beli di Aplikasi Super. Sedulur bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan karena berbelanja lewat Super bisa mendapatkan potongan harga, cashback, hingga layanan gratis ongkir.

Beberapa pilihan sabun Wings Biru yang tersedia di Aplikasi Super juga sangat beragam ukuran, berikut ini daftarnya:

  • Wings Biru 67 gr – Rp 600
  • Wings Biru 67 gr karton – Rp 49.500
  • Wings Biru 145 gr – Rp 1.800
  • Wings Biru 145 gr karton – Rp 52.000

Sabun Cream Ekonomi

Youtube Indosiar

Sabun Cream Ekonomi jadi produk sabun colek yang juga cukup populer di kalangan ibu-ibu. Sabun keluaran dari Wingscorp ini menjadi salah satu sabun cuci yang banyak digunakan oleh masyarakat karena harganya murah.

Berbeda dengan Wings, Cream Ekonomi memiliki beberapa jenis aroma yang cukup bervariasi. Alasan ini pula yang membuat sabun krim Ekonomi bisa bertahan sampai sekarang.

Untuk harga, sabun Cream Ekonomi cukup bisa dibeli dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 5.500 untuk ukuran 500 gr.

BuKrim Jeruk Nipis

Pinterest

Rekomendasi sabun colek terakhir untuk Sedulur adalah BuKrim Jeruk Nipis. Produk satu ini tentu juga sudah cukup familiar bagi para ibu-ibu karena sudah ada sejak tahun 2005an.

Sabun ini memiliki formulasi spesial yang ampuh untuk mengangkat minyak dan kerak pada wajan. Jadi tidak heran jika sabun ini banyak sekali digunakan oleh orang-orang yang berjualan makanan maupun untuk rumah tangga.

Harga sabun colej BuKrim juga tergolong murah, yaitu Rp 6.600 untuk ukuran 140 gr.

BACA JUGA: Cara Membuat Sabun Organik Sendiri di Rumah dengan Mudah

Keunggulan lain sabun colek

CTV News

Sabun colek dikenal memiliki manfaat yang sangat banyak, khususnya untuk menghilangkan noda membandel. Misalnya, sabun ini ternyata tak hanya mampu membersihkan noda pada alat masak tapi juga mencuci baju. Namun tak hanya itu saja, ada beberapa keunggulan sabun colek dibandingkan sabun cuci lainnya:

1. Membersihkan oli atau pelumas

Dubizzle

Dalam sabun colek terdapat beberapa bahan seperti NaOH, Silikiat, hingga Kaolin. Bahan-bahan ini ternyata tak hanya mampu membersihkan noda dan minyak pada alat masak tapi juga bisa menghilangkan bekas oli serta pelumas.

Sehingga sabun ini bisa digunakan untuk membersihkan atau mencuci kendaraan dalam kondisi genting. Namun, jangan terlalu sering menggunakan sabun ini untuk mencuci kendaraan karena bisa membuat besi mudah berkarat.

2. Mencuci baju

Sabun colek
ThreeMain

Siapa sangka ternyata sabun colek juga bisa digunakan untuk mencuci baju. Namun, tidak semua jenis sabun ini bisa digunakan ya Sedulur, harus jenis sabun yang memiliki kandungan aktif seperti Alkyl benzene Sufonate.

Keunggulan sabun ini dibanding deterjen biasa adalah kemampuannya menghilangkan noda pada satu tempat. Misalnya adalah bagian kerah, lipatan baju, atau tempat-tempat yang tersembunyi lainnya.

3. Menghilangkan kerak di lantai

Tile With a Smile

Sabun colek juga bisa dijadikan alat untuk membersihkan kerak membandel di dinding keramik maupun lantai. Walaupun tidak semaksimal sabun lantai yang memiliki kandungan HCl tinggi, sabun ini juga cukup ampuh menghilangkan kerak kuning tipis.

Dengan harga yang relatif murah, sabun ini bisa menjadi pilihan membersihkan lantai ketika Sedulur sedang dalam kondisi keuangan yang kurang baik.

Itu tadi deretan rekomendasi sabun colek yang bisa Sedulur coba untuk membersihkan berbagai macam barang di rumah. Sabun kategori ini memang terkenal serba guna dan sangat ekonomis. Jadi mana yang kira-kira jadi pilihan Sedulur?