Salah satu cara untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga bagi seorang istri adalah dengan memberikan kado untuk suami disaat ulang tahun. Cara tersebut merupakan sesuatu yang terdengar klasik, namun masih dianggap sebagai suatu hal yang romantis. Hal ini dikarenakan suami akan merasa bahwa dirinya diperhatikan oleh istri.

Meskipun sebenarnya isi kado tidak terlalu penting atau terkesan sepele, namun jika memberikannya dengan niat menyenangkan hati, pastinya hubungan akan menjadi semakin harmonis. Hal ini juga berlaku sebaliknya, ya. Suami juga bisa memberikan hadiah untuk istri agar hubungan semakin harmonis. Jika Sedulur sedang bingung memilih hadiah apa yang pas, berikut adalah rekomendasinya.

BACA JUGA: 20 Inspirasi Kado Unik dan Berkesan Untuk Hari Ibu

1. Tiket liburan bersama

kado untuk suami
pexels

Tiket liburan bersama dengan mengunjungi tempat yang diimpikan bisa menjadi salah satu opsi yang pas untuk menyenangkan hati suami ketika berulang tahun. Pasangan suami istri dapat liburan berdua dan menikmati keindahan kota atau pulau yang menjadi impian sebelumnya. Kado ulang tahun untuk suami yang satu juga sangat cocok ketika pasangan memang menyukai liburan ke suatu tempat. Dengan liburan, akan terukir kenangan baru dan bisa membuat hubungan menjadi semakin harmonis. Selain itu, segala stress dan kepenatan yang ada pada diri akan hilang jika menjalani liburan bersama. Ini juga menjadi salah satu hal untuk merilekskan tubuh serta pikiran.

2. Sneakers

kado untuk suami
pexels

Jika suami merupakan seseorang yang hobi mengoleksi serta memakai sneakers, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu opsi sebagai kado ultah untuk suami. Coba teliti dan lihat terlebih dahulu apa merek sneakers yang menjadi favorit sang suami tercinta. Jangan lupa untuk mengetahui juga apa warna kesukaan serta ukuran kakinya, agar tidak salah pilih dan tidak mubazir. Pastikan juga Sedulur membeli sneakers yang nyaman serta memiliki model yang simpel, sehingga bisa dipakai di berbagai acara seperti hangout atau pada acara keluarga. Selain itu, sneakers yang memiliki model simpel juga mudah untuk membersihkannya. 

BACA JUGA: 15 Ide Kado untuk Cowok yang Berkesan & Bikin Senang

3. Kaos

kado untuk suami
pixabay

Baik pria maupun wanita, kaos menjadi salah satu pakaian yang nyaman untuk dipakai. Selain nyaman, memakai kaos juga akan memberikan kesan lebih santai. Sehingga, kaos cocok untuk dijadikan sebagai kado untuk suami karena pasti dipakai dan berguna. Selera fashion suami juga bisa terlihat dari kaos yang ia kenakan. Sebelum memutuskan untuk membelinya, pastikan untuk cek terlebih dahulu kenyamanan kaos dan kesesuaian kaos dengan selera suami. Pilih juga ukuran yang pas agar nyaman ketika dipakai. Memberikan hadiah kaos bisa membuat suami mengingat Sedulur ketika ia mengenakannya.

4. Sepatu kerja

kado untuk suami
pexels

Jika sneakers cocok digunakan ketika ada acara keluarga yang tidak formal atau sekadar jalan-jalan, maka sepatu kerja cocok untuk dikenakan saat sang suami bekerja. Karena itulah, sepatu kerja juga cocok sebagai kado untuk suami ultah. Agar hadiah tidak berakhir sebagai pajangan saja, pemilihan ukuran kaki yang pas juga perlu diperhatikan.

Pemilihan sepatu juga memiliki fungsi, kenyamanan, serta bentuknya yang simpel dan tidak ribet. Selain itu, pertimbangkan pula sepatu dengan warna favorit suami dan usahakan memilih warna yang netral agar tidak mencolok. Warna tersebut diantaranya adalah coklat tua atau hitam yang cocok untuk dipadukan dengan atasan apapun karena warnanya netral. 

BACA JUGA: 8 Cara Membungkus Kado Tanpa Kotak, Bagus & Rapih

5. Ponsel atau gadget

kado untuk suami
pexels

Memberikan ponsel atau gadget lainnya menjadi salah satu ide menarik yang bisa diberikan kepada suami meskipun kesannya mainstream. Suami akan sangat senang ketika diberikan hadiah sebuah gadget atau ponsel, apalagi jika ia sedang membutuhkannya. Kado untuk suami yang satu ini juga akan sangat berguna untuk produktivitas sehari-hari, apalagi di zaman modern seperti ini. Terutama, jika ponsel atau gadget merupakan hadiah dari orang yang spesial, pasti akan dirawat dengan baik oleh pasangannya.

6. Jaket

kado untuk suami
pexels

Ketika sedang menghadapi musim penghujan yang suhunya dingin, ataupun ketika sedang berkendara menggunakan sepeda motor, jaket bisa menjadi penyelamat. Dengan mengenakan jaket, maka seseorang akan merasa tidak kedinginan lagi serta tidak kemasukan angin ketika mengendarai sepeda motor. Selain berguna sebagai pelindung, jaket juga bisa membuat suami tampil lebih fashionable. Maka dari itu, jaket bisa menjadi salah satu opsi kado untuk suami yang cocok karena memiliki banyak fungsi. Sebelum membelinya, pastikan untuk memilih jaket sesuai dengan style atau gaya suami, serta pilih juga warna dan ukuran yang pas. Tak hanya fungsional, jaket juga bisa menjadi suatu simbol hubungan Sedulur dan suami yang penuh dengan kehangatan.

BACA JUGA: 16 Ide Kado Pernikahan Super Kreatif Untuk Teman & Saudara

7. Peralatan olahraga

kado untuk suami
pixabay

Peralatan olahraga merupakan hadiah yang tidak hanya cocok diberikan untuk suami, namun juga istri. Apalagi, banyak orang yang kesulitan untuk berolahraga di rumah akibat adanya masa pandemi yang mengakibatkan pembatasan sosial berskala nasional. Memberikan kado untuk suami berupa peralatan olahraga bisa berguna untuk memudahkan olahraga di rumah. Hubungan juga akan menjadi semakin harmonis jika bisa melakukan olahraga bersama pasangan. Hubungan sehat, badan pun juga ikut sehat. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan bersama adalah berlari, senam, yoga, bulu tangkis, bersepeda, serta lompat tali.

8. Waist bag

Unsplash

Alternatif kado untuk suami berikutnya yang murah meriah adalah waist bag. Waist bag merupakan tas pinggang yang ukurannya kecil dan biasanya diselempangkan di bahu atau dipakai di pinggang. Ketika sedang berpergian, waist bag merupakan salah satu barang yang berguna untuk menyimpan berbagai barang berharga seperti jam tangan, dompet, dan ponsel. Selain itu, waist bag juga praktis dan simpel, sehingga mudah untuk dibawa kemanapun. Usahakan untuk memilih waist bag dengan bahan yang kuat, tebal, simple, serta berwarna netral agar bisa dicocokkan dengan berbagai macam pakaian. Biasanya, pria menyukai warna yang gelap dan netral seperti biru navy, hitam, dan coklat. 

BACA JUGA: Cara Membuat Sabun Organik Sendiri di Rumah dengan Mudah

9. Album foto berisi perjalanan cinta

kado untuk suami
pexels

Hubungan akan menjadi semakin erat, kuat serta harmonis jika kedua belah pihak bisa mengingat perjuangan mereka dalam mempertahankan hubungan yang penuh haru. Album foto berisi perjalanan cinta bisa menjadi salah satu opsi yang pas sebagai kado untuk suami karena bisa mengingat pahit dan manisnya hubungan yang dijalani. Agar lebih romantis dan menyentuh, sertakan juga catatan kecil berupa cerita singkat pada setiap foto yang ditempel pada album. Berikan juga timeline pada setiap foto, misalkan foto dari pertama bertemu sampai bisa menjadi suami istri.

10. Makan malam romantis

pixabay

Mengajak makan malam yang romantis bisa menjadi salah satu inspirasi hadiah untuk pasangan tercinta yang berharga. Agar semakin romantis, pilih menu makanan dan minuman yang sesuai dengan kesukaan suami. Misalnya, suami menyukai masakan jepang, maka ajak untuk pergi ke restoran jepang yang memiliki dekorasi dan tema romantis, agar momen semakin menyentuh. Suami akan menjadi tersentuh, terharu, serta bahagia dengan usaha yang dilakukan oleh sang istri. Kado anniversary untuk suami yang satu ini tidak harus dilakukan di tempat yang mahal. Pemilihan resto yang sederhana juga tak kalah romantis, lho. 

BACA JUGA: 16 Macam Hantaran Nikah yang Layak & Sering Dipakai

11. Kamera

pexels

Suami akan senang jika hobi yang ia lakukan didukung penuh oleh sang istri. Jika suami Sedulur memiliki hobi memotret, maka membelikan kamera bisa menjadi kado yang cocok untuk suami. Pasangan akan menjadi terharu ketika dibelikan hadiah berupa kamera dan merasa hobinya didukung penuh oleh sang istri. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan suami sebelum memutuskan untuk membeli kamera, ya. 

12. Menemani aktivitas harian yang dilakukan suami

pexels

Akan terasa membosankan bagi seseorang bila menemani aktivitas orang lain ketika aktivitas tersebut tidak sama dengan yang biasa kita lakukan. Namun, usahakan untuk menyempatkan diri menemani aktivitas harian yang dilakukan oleh suami ketika hari spesialnya tiba. Hal ini bisa menjadi salah satu opsi kado untuk suami yang sederhana tapi berkesan untuknya. Berikan banyak dukungan pada semua aktivitas yang ia lakukan, agar suami merasa dirinya istimewa. 

Aktivitas suami yang bisa dilakukan bersama bisa apapun, misalnya pergi ke gym, bersepeda, belanja, pergi ke salon, bermain futsal, atau bermain basket. Momen akan menjadi semakin berharga ketika sebelumnya suami istri merupakan orang yang sibuk dan tidak sempat untuk melakukan aktivitas bersama.

BACA JUGA: 10+ Pilihan Hampers Natal dan Tahun Baru untuk Orang Spesial

13. Perawatan diri

pexels

Berpakaian yang bagus saja tentu akan kurang maksimal jika tidak diimbangi dengan perawatan wajah atau tubuh yang baik. Apalagi jika ada momen bahagia seperti hari ulang tahun atau anniversary, tentunya keduanya harus berdandan sebaik mungkin daripada sebelumnya. Hal ini bisa menjadi salah satu kado untuk suami yang pas serta bermanfaat bagi suami dan istri. Keduanya akan merasa dimanjakan dan spesial ketika sedang melakukan perawatan diri.

14. Masakan spesial

pexels

Hadiah sederhana berupa memasak masakan spesial dan favorit suami bisa menjadi salah satu rekomendasi kado untuk suami yang cuek. Kesan spesial dan romantis akan dirasakan oleh suami, meskipun sederhana. Hadiah ini bisa diberikan sebagai bekal makan siang di kantor, sarapan pagi, bahkan dengan melakukan makan malam sederhana di rumah.

Apalagi, masakan spesial tersebut merupakan menu makanan favorit dari suami. Pastinya ia akan menjadi terkesan dan merasa diperhatikan. Pasangan juga bisa memasak masakan tersebut secara bersama-sama agar hubungan terasa semakin hangat dan harmonis.

BACA JUGA: 12 Gaya Rambut Curtain Hair, Haircut ala Cowok Korea

15. Film favorit

pixabay

Membelikan film favorit yang sudah menjadi incaran suami akan menjadi salah satu kado untuk suami yang berkesan. Sebelum membelinya, pastikan Sedulur sudah mengetahui apa film favorit suami yang belum ia miliki. Hubungan akan menjadi semakin harmonis jika setelah pasutri menontonnya bersama-sama.

16. Dompet

pixabay

Benda penting yang hampir setiap wanita dan pria memilikinya adalah dompet. Maka dari itu, dompet bisa menjadi salah satu opsi kado untuk suami yang fungsional. Disamping sebagai wadah untuk menyimpan uang dan berbagai kartu, dompet juga bisa membuat penampilan semakin keren.

Sebelum membelinya, pastikan terlebih dahulu dompet memiliki kualitas yang bagus dan kuat. Pastikan juga dompet memiliki motif yang sederhana. Sebagai pemanis, letakkan foto kalian berdua di dalam dompet yang akan diberikan untuk suami.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik yang Bagus & Awet

17. Perlengkapan ibadah

pixabay

Untuk mengingatkan suami agar selalu berdoa serta bersyukur kepada Tuhan, perlengkapan ibadah bisa menjadi opsi yang tepat. Kado untuk suami yang sederhana ini bisa dibilang cukup terjangkau dan manfaatnya pun tidak terhitung. 

18. Power bank

pexels

Agar komunikasi semakin mudah, cepat, dan tidak terhambat, salah satu solusinya adalah power bank. Power bank bisa digunakan jika ponsel kehabisan daya. Sehingga, komunikasi bisa semakin lancar. Sedulur bisa membeli powerbank sebagai kado untuk suami di hari spesialnya karena fungsi tersebut. Dengan bentuknya yang kecil, maka bisa dengan mudah dibawa kemana-mana.

BACA JUGA: Apa Arti Ghosting? Begini Alasan & Cara Menyikapinya

19. Tiket konser

pexels

Kalau Sedulur memiliki suami yang hobi menonton konser atau menyukai sebuah grup musik, maka dengan membelikan tiket konser akan membuat suami senang. Kado untuk suami yang satu ini juga akan menjadi pengingat masa indah berdua saat masih pacaran jika pernah menonton konser berdua.

20. Parfum

pixabay

Salah satu kebutuhan dasar pria yang tidak boleh ketinggalan adalah parfum. Dengan menyemprotkan parfum, maka seseorang akan menjadi lebih wibawa, keren, serta wangi. Karena itu, parfum bisa menjadi kado ultah untuk suami yang berkesan. Cari aroma parfum yang sesuai dengan tipe suami agar tidak mubazir.

Rasa cinta dan kasih sayang bisa dengan mudah ditunjukkan dengan memberikan kado untuk suami di momen bahagianya. Maka dari itu, pilihan 20 ide hadiah diatas bisa menjadi referensi Sedulur ketika bingung akan memberikan apa kepada pasangan tercinta. Kira-kira, mana yang akan Sedulur pilih? Semoga berhasil, ya!