Curtain hair, pernahkah Sedulur mendengarnya? Meski belum pernah dengar, tapi Sedulur pasti pernah melihat gaya rambut satu ini. Pasalnya, gaya rambut ini banyak digunakan oleh aktor dan idola Korea. Tak heran jika kemudian gaya ini dikenal juga sebagai model rambut korea.

Potongan rambut model curtain ini menitikberatkan pada bagian poni depan yang membentuk frame wajah. Meski begitu, gaya rambut ini cukup maskulin dan membuat wajah kian ter-highlight, loh! Bahkan model rambut ini belakangan sangat populer di media sosial TikTok. Banyak video orang yang memotong rambutnya dengan gaya satu ini. Hasilnya? Tentu saja menawan! Terlebih jika Sedulur bisa memotong rambut menyesuaikan dengan jenisnya dan struktur wajah.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak berbagai jenis potongan rambut curtain di bawah ini yang bisa Sedulur coba!

BACA JUGA: 14 Model Rambut Buzz Cut yang Cocok Untuk Pria Maskulin

-->

Sleek curtain hair

YouTube – Carter Supply Company

Model rambut satu ini memang terlihat klasik. Sedulur mungkin akan teringat pada Leonardo DiCaprio dalam film Titanic (1997). Karakter Jack Dawson yang diperankan Leonardo DiCaprio memang memiliki potongan rambut serupa.

Seperti namanya, rambut ini lebih berfokus pada potongan yang sleek dan terbelah di bagian depan seperti curtain. Meskipun nampak sangat klasik, namun hingga kini masih cukup banyak yang menyukai model rambut satu ini.

E-boy hair

YouTube – George Adam

E-boy adalah sebutan untuk persona laki-laki di internet yang menggabungkan antara gaya emo dan hipster. Persona seperti ini cukup populer di internet belakangan ini, terutama berkat popularitas yang diperoleh TikTok. Sedulur mungkin juga pernah melihat karakter e-boy berseliweran di media sosial lain.

Potongan rambut satu ini memiliki ciri khas model rambut yang panjang di bagian atas dan lebih pendek di bagian sisinya. Setelah itu, biarkan rambut terbelah di sisi atau di tengah sehingga kedua sisinya jatuh secara lepas membingkai wajah.

BACA JUGA: 10 Tips Bleaching Rambut Sendiri yang Aman dengan Caranya

Long curtain hair

Heartafact

Ingat Johnny Depp dan rambut gondrongnya yang iconic ? Model rambut Johnny Depp tersebut adalah salah satu contoh potongan rambut curtain yang sangat populer di masanya. Sedulur dapat meniru gaya rambut ini dengan model rambut panjang dan terbelah di bagian tengah. Long curtain hair sangat cocok bagi pemilik rambut lurus, ikal, maupun keriting sekalipun.

Curtain bowl cut

Pinkvilla

Jika Sedulur ingat sosok Cha Eun Woo, idol sekaligus aktor di drama Korea My ID is Gangnam Beauty (2018), ia memiliki model potongan rambut yang khas. Potongan inilah yang disebut sebagai curtain bowl cut. Sesuai namanya, bentuk potongan ini memang agak membulat seperti mangkuk. Namun, alih-alih terlihat konyol, gaya rambut ini justru membuat penggunanya terlihat lebih muda dan tampan.

BACA JUGA: 12 Pilihan Cat Rambut yang Bagus Tidak Merusak & Tahan Lama

Messy curtain hair

Mane Addicts

Nama messy disematkan tidak secara cuma-cuma di jenis potongan rambut ini. Memang, potongan satu ini tampak begitu acak, namun tetap terlihat rapi. Hampir mirip dengan effortless look yang belakangan ini sedang tren. Messy curtain hair memiliki keistimewaan tertentu dan memberi kesan bad boy pada pemiliknya. Bagi Sedulur yang ingin mendapatkan kesan bad boy untuk menggaet setiap mata yang memandang, cobalah menggunakan gaya rambut satu ini!

Curtain bangs long hair

Men’s Hairstyle Trends

Hampir sama dengan long curtain hair ala Johnny Depp tadi, potongan yang satu ini memiliki aksen poni di depannya yang membentuk frame wajah. Hasilnya, potongan ini memberikan efek lebih muda bagi pemiliknya dan kesan bad boy.

Untuk mendapatkan potongan jenis ini, Sedulur hanya membutuhkan rambut yang panjang dengan potongan long fringe di depan. Poni panjang ini disibakkan sesuai dengan selera Sedulur, baik di pinggir maupun di tengah. Lalu, Sedulur bisa menatanya dengan krim rambut agar tidak mudah berantakan.

BACA JUGA: 12 Penyebab Rambut Rontok Ini Perlu Kamu Waspadai

Undercut curtain haircut

curtain hair
Men’s Hairstyle Trends

Potongan rambut satu ini hampir mirip dengan short curtain haircut. Akan tetapi, terdapat aksen undercut di bagian bawah. Hasilnya, tampilan ala idola Korea yang sangat memukau. Apalagi jika Sedulur mengecat rambutnya dengan warna pirang atau cokelat, tampilan ala idola pun akan makin sempurna. Untuk menatanya pun mudah, Sedulur tinggal membelah rambut di bagian yang diinginkan dan menurunkan bagian poni ke bawah.

Medium curtain bangs

curtain hair
All Things Hair

Jika Sedulur ingat dengan sosok Lee Dong Wook di drama Tale of The Nine Tailed (2020), inilah contoh gaya rambut medium curtain bangs. Rambut dengan panjang medium pria, dengan aksen poni panjang yang terbelah di depan. Potongan rambut ini memberi kesan misterius dan sedikit nakal. Cocok bagi Sedulur muda yang ingin memberikan impresi menyenangkan untuk orang-orang di sekitar.

BACA JUGA: 12 Shampo Pelurus Rambut Terbaik, Tanpa Merusak Rambut

Curtain layered hair

curtain hair
Byrdie

Model rambut satu ini seperti namanya, memiliki potongan dengan layer. Biasanya, potongan ini kerap terlihat di gaya rambut Korea maupun Hollywood. Setiap bagian memiliki layer-layer sehingga menampilkan lekuk asli rambut dan bagian ujung rambut yang sedikit lebih tipis. Model ini cocok bagi Sedulur dengan bentuk tulang wajah yang tak terlalu tegas karena dapat memberikan sudut-sudut tambahan pada wajah.

Curly curtain

curtain hair
YouTube – TheSalonGuy

Rambut keriting juga bisa dipotong dengan gaya satu ini, loh! Curly curtain tak kalah memesona dengan rambut curtain lurus. Inilah menariknya curtain hairstyle, hampir semua jenis rambut akan cocok dengan gaya satu ini. Sedulur bisa melihat potongan curly curtain ini pada sosok Timothee Chalamet.

BACA JUGA: 25 Model Rambut Pria Keren yang Trendi yang Disukai Wanita

Side curtain hairstyle

curtain hair
All Things Hair

Jika mayoritas potongan rambut curtain membelah di bagian tengah, Sedulur juga bisa membuat potongan ini dengan belahan menyamping. Nama dari model rambut tersebut adalah side curtain hairstyle. Potongan ini akan cocok bagi Sedulur dengan bentuk tulang muka yang tegas, Belahan samping ini akan memberi highlight pada bagian rahang Sedulur. Gaya rambut ini akan semakin cocok jika Sedulur memberi cat sedikit terang pada rambut.

Curtain bangs short hair

curtain hair
YouTube – Trevor Kowalski

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang curtain bangs pada rambut panjang, kali ini Sedulur bisa menemukan short hair curtain bangs yang tak kalah menarik. Potongan rambut ini akan terlihat rapi dan cocok bagi Sedulur dengan pekerjaan formal yang harus selalu tampak rapi. Pasalnya, rambut ini mudah dirawat dan akan tetap terlihat rapi meski memanjang.

Setelah melihat gaya potongan rambut curtain di atas, bagaimana menurut Sedulur? Bukankah potongan ini akan cocok pada berbagai wajah dan juga jenis rambut? Jika Sedulur menggunakan jenis potongan ini, merawatnya pun tak akan susah. Sedulur hanya perlu menggunakan krim atau gel rambut untuk menatanya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.