hantaran pernikahan

Hantaran pernikahan atau seserahan merupakan salah satu bentuk kesanggupan dan tanggung jawab seorang pria kepada wanita yang akan menjadi istrinya untuk mencukupi kebutuhannya. Selain itu, seserahan juga memiliki harapan akan adanya kesejahteraan yang selalu mendampingi hidup kedua mempelai. Tanda keseriusan seorang pria juga menjadi salah satu hal yang mendasari.

Banyak orang menyebutkan bahwa adanya hantaran pada pernikahan juga merupakan simbol adanya hubungan silaturahmi yang terjalin antara kedua belah pihak mempelai. Lalu, apa saja sih yang menjadi isi seserahan pernikahan untuk wanita? Simak berikut ini, ya!

BACA JUGA: 17 Ide Kado Pernikahan Untuk Sahabat, yang Unik & Bermanfaat

1. Produk perawatan wajah 

hantaran pernikahan mewah
Pixabay

Salah satu hal yang disukai dan identik dengan wanita adalah skincare. Dengan adanya produk perawatan ini, tentunya seorang wanita akan lebih menjaga wajahnya dengan baik serta tampil cantik. Produk perawatan wajah sangat cocok untuk dijadikan hantaran pernikahan karena akan sangat berguna untuk wanita.

-->

Biasanya, ada beberapa produk skincare yang dipakai, seperti micellar water, milk cleanser, facial wash, toner, serum, masker, moisturizer, day cream, night cream, essence, eye cream, dan lain sebagainya. Sebelum membelinya, usahakan untuk memilih produk rangkaian skincare yang biasa dipakai calon mempelai wanita agar tidak mubazir.

Jika masih bingung, ajak serta calon mempelai untuk membeli produk perawatan wajah favoritnya agar tidak salah beli. Biasanya, suatu brand menawarkan skincare satu set yang biasa digunakan untuk seserahan.

2. Satu set perhiasan

isi seserahan pernikahan untuk wanita
Pixabay

Satu set perhiasan merupakan seserahan yang bermakna bagi mempelai wanita agar selalu menjadi seseorang yang bersinar pada sepanjang hidupnya. Jika sesuai dengan budget, usahakan perhiasan terbuat dari emas. Bisa juga, satu set perhiasan ini terbuat dari berlian agar keinginan bisa terkabulkan.

Hantaran pernikahan mewah ini biasanya berisi satu set cincin dan kalung. Satu set cincin tersebut akan diberikan kepada mempelai pria dan wanita. Harapan yang terkandung dalam seserahan ini adalah untuk selalu hidup bahagia dan menjadi pasangan yang bersatu sampai akhir hayatnya. Cincin juga menjadi suatu lambang bahwa kedua mempelai sudah terikat dalam sebuah tali pernikahan.

BACA JUGA: Ini Dia 7 Tugas Bridesmaid di Acara Pernikahan

3. Alas kaki

hantaran pernikahan sederhana
Popbela

Salah satu hantaran pernikahan sederhana lainnya adalah alas kaki. Alas kaki merupakan suatu kebutuhan penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi, jika sang mempelai sebelumnya mengeluhkan alas kaki yang tidak nyaman ketika sedang beraktivitas. Agar membuat pasangan menjadi bahagia serta merasa diperhatikan, mempelai pria bisa memberikan alas kaki untuk hantaran pernikahan.

Ada berbagai alas kaki yang bisa dipilih, sesuaikan dengan favorit sang mempelai wanita. Jika mempelai sering memakai alas kaki yang sporty, maka bisa memilih sneakers untuk dijadikan seserahan. Sebaliknya, apabila mempelai wanita sering menggunakan high heels, maka pilihlah sepatu pesta dengan gaya elegan untuknya. 

Meskipun sederhana, alas kaki mempunyai makna yang cukup dalam, yakni diharapkan kedua mempelai akan melangkah berdua hingga akhir hayat bersama. Tak hanya itu, makna dari alas kaki ini adalah agar keduanya selalu melangkah pada jalan yang benar. Sebelum membelinya, harus diingat bahwa ukuran sepatu harus pas dan sesuai dengan mempelai, ya!

4. Peralatan mandi

contoh hantaran pernikahan modern
Rumah123.com

Biasanya, peralatan mandi yang akan diberikan untuk hadiah memiliki handuk yang berjumlah dua. Jumlah tersebut masing-masing akan diberikan kepada kedua mempelai. Handuk yang ada dalam hantaran pernikahan pun biasanya sudah dibentuk sedemikian rupa agar terlihat semakin menarik dan cantik. Peralatan mandi lainnya selain handuk yang ada dalam hadiah ini adalah pasta gigi, sikat, sabun mandi, kapas, tissue, dan body lotion. 

Sesuaikan kebutuhan mempelai wanita dengan membeli peralatan mandi dengan merek yang biasa dipakai. Peralatan mandi memiliki makna kepada calon mempelai wanita agar bisa menjadi seorang istri yang selalu terjaga kebersihannya, baik jiwa maupun raga. Dalam adat jawa, seserahan yang satu ini wajib ada ketika akan melangsungkan pernikahan.

BACA JUGA: 50 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik & Murah Tapi Mewah

5. Bunga segar

macam-macam barang hantaran pernikahan
heikamu.com

Selain dijadikan sebagai dekorasi, bunga segar juga cocok untuk dijadikan seserahan dan hadiah yang diberikan kepada calon mempelai wanita. Suasana akan menjadi semakin indah dan terkesan bahagia ketika ada bunga berwarna warni yang menghiasi. Selain indah, bunga segar juga memberikan aroma khas yang wangi dan harum.

Untuk menjadikannya sebagai salah satu hantaran pernikahan, bunga yang dipilih tidak boleh sembarangan. Dari segi ukuran, terserah mempela ingin ukuran yang besar atau kecil. Namun, untuk jenis bunga yang dipilih, harus bunga kenanga atau bunga melati yang masih segar dan harum. 

Selain mempertimbangkan jenis bunga, jumlah bunga harus sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Jumlah bunga harus ganjil dan tidak boleh genap. Dalam kepercayaan masyarakat jawa, ganjil memiliki makna keindahan. Di samping itu, pemberian bunga segar juga memiliki makna keharmonisan dalam rumah tangga, pernikahannya harum bak aroma bunga, dan menjadi pasangan yang kompak dan saling memahami satu sama lain.

6. Kosmetik atau makeup

hantaran pernikahan mewah
tribunnews.com

Kosmetik adalah salah satu contoh hantaran pernikahan modern yang memiliki banyak manfaat. Dengan diberikannya kosmetik, diharapkan sang mempelai wanita bisa menjaga penampilannya dengan elegan dan bagus.

Ada banyak jenis pada makeup mulai dari eyeliner, eyeshadow, fondation, mascara, highlighter, concealer, mascara, bronzer, blush on, lipstick, dan lain sebagainya. Usahakan untuk mengajak calon istri ketika akan membeli peralatan kosmetik agar tidak salah beli.

BACA JUGA: Doa Pernikahan Untuk Pengantin Baru Dalam Islam + Artinya

7. Parfum

hantaran pernikahan parfum
Pixabay

Salah satu kebutuhan esensial yang cukup penting pada keseharian baik pria maupun wanita adalah parfum. Parfum menjadi salah satu hal yang penting untuk menjaga aroma tubuh kita agar tetap wangi dan segar. Rekomendasi nomor 7 seserahan pernikahan ini bisa disesuaikan dengan selera pasangan ketika akan membelinya. Mulai dari wangi bunga, buah buahan, woody, oceanic, sampai musk adalah ragam pilihan dari parfum yang bisa Sedulur beli. Tanyakan langsung kepada calon istri sebelum membelinya agar tidak salah pilih, ya.

8. Setelan pakaian

hantaran pernikahan baju
guide.id

Selain alas kaki, setelan pakaian adalah kado istimewa yang tergolong sederhana yang bisa Sedulur pilih. Berbagai macam jenis pakaian seperti pakaian tidur, pakaian kerja, atau pakaian sehari-hari bisa Sedulur jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya. Jangan lupa untuk selalu menanyakan kepada pasangan terlebih dahulu mengenai ukuran yang pas sebelum membeli hantaran pernikahan yang satu ini, ya. Setelan pakaian memiliki makna sebuah harapan untuk rumah tangga pasangan rahasianya bisa disimpan dengan baik.

BACA JUGA: 16 Ide Kado Pernikahan Super Kreatif Untuk Teman & Saudara

9. Kapur sirih, buah jambe, serta pisang raja

pisang raja jambe daun sirih
carigedungnikah

Berbagai macam makna yang berharga dan mendalam tertuang dalam hantaran pernikahan yang satu ini. Kapur sirih, buah jambe, serta pisang raja memiliki harapan menjadi keluarga yang subur. Subur disini dimaksudkan pasangan cepat memiliki buah hati yang sehat dan kuat, serta bisa menjadi anak yang bisa menjaga tradisi seperti ini. Menjadi keluarga yang senantiasa sejahtera, berbahagia, dilimpahkan rezeki yang cukup, adalah makna lain yang terkandung dari ketiga jenis hadiah ini. Kedua mempelai juga diharapkan senantiasa bersama serta setia sampai maut memisahkan mereka berdua. 

10. Kebaya dan kain batik

kebaya batik
vanilacatering.com

Kebaya dan kain batik adalah dua hal yang wajib ada, khususnya pada pernikahan dengan adat jawa. Kebutuhan calon mempelai wanita dan pria bisa disesuaikan dengan corak batik apa yang cocok untuk mereka. Ada beberapa motif dan corak batik yang biasanya direkomendasikan kepada keluarga ataupun motif yang sering dipakai dalam suatu daerah tersebut. Beberapa motif batik yang biasanya dijadikan hantaran pernikahan diantaranya ada sidomukti, wahyu tumurun, dan sido asih. Motif tersebut juga memiliki makna dan simbol adanya kebahagiaan pada kedua mempelai, baik lahir maupun batin. Kain batik kebaya juga memiliki makna suatu kehormatan terhadap adat dan budaya istiadat dari kedua mempelai. Selain kehormatan, batik dan kebaya merupakan perwujudan adat jawa pada sebuah pernikahan.

BACA JUGA: 30 Ide Ucapan Pernikahan yang Penuh Arti, Simpel, & Berkesan!

11. Jam tangan

jam tangan
guide.id

Jam tangan menjadi salah satu kebutuhan yang tidak boleh terlewatkan bagi sebagian besar orang. Selain untuk mengetahui waktu, jam tangan juga menjadi simbol waktu yang berharga ketika kedua mempelai akhirnya dipertemukan dengan waktu yang tepat. Kita juga bisa lebih merencanakan hal dengan matang dan sempurna karena adanya jam tangan. Hantaran pernikahan yang satu ini bisa menjadi barang yang cocok serta penuh makna untuk Sedulur. Untuk jam tangan perempuan, biasanya identik dengan ukuran yang cukup kecil serta cantik dan modis. Namun, hal tersebut kembali ke seleranya masing-masing, ya. Sesuaikan dengan apa yang diinginkan oleh sang mempelai. Jangan lupa untuk mengajaknya untuk membeli jam tangan agar tidak salah ukuran serta cocok untuk dipakai.

12. Pakaian dalam

pakaian dalam
hipwee.com

Hantaran pernikahan yang satu ini juga merupakan kebutuhan dasar seorang wanita selain setelan pakaian atau alas kaki. Biasanya, mempelai pria yang malu membelinya bisa langsung memberikan uangnya kepada calon istri. Jadi, sang calon bisa menyesuaikan dengan motif serta ukuran yang sesuai dan dia inginkan. Umumnya, underwear adalah hal yang biasa masuk di dalam kotak seserahan. Namun, ketika calon pengantin merasa malu karena pakaian dalam tersebut terpampang di pernikahan, bisa juga untuk tidak meletakkannya. Sesuaikan dengan keinginan masing-masing, ya. Jika mempelai wanita malu, biasanya si pembuat seserahan mengakalinya dengan membentuk pakaian dalam tersebut menjadi bentuk yang berbeda agar tidak menyerupai pakaian dalam yang sesungguhnya.

BACA JUGA: 30+ Ucapan Selamat Menikah Islami yang Bagus dan Penuh Doa

13. Makanan dan jajanan tradisional

bolu kue
Wolipop.detik.com

Kuliner jajanan tradisional yang dipilih untuk seserahan biasanya makanan yang memiliki tekstur lengket dan basah. Berbagai macam jajanan yang biasanya ada dan dipilih adalah jenang, lemper, serta kue lapis. Tak hanya itu, bolu kue hantaran pernikahan juga cocok untuk dipilih. Biasanya, kue yang dijadikan seserahan memiliki rasa manis dan warnanya beragam.

Mengapa harus memilih kue dengan tekstur yang lengket? Jawabannya adalah karena kue yang lengket memiliki arti kedua mempelai harus selalu lengket setiap saat sampai maut memisahkan mereka. Adanya jalinan silaturahmi antar kedua pihak merupakan simbol dari makanan tradisional ini. Diharapkan kepada keluarga kedua mempelai selalu terjalin dengan baik dan tidak putus. 

14. Seperangkat alat ibadah

alat salat
spillajewelry.com

Selain memilih kue hantaran pernikahan, satu set alat ibadah juga bisa dijadikan pilihan, sesuaikan seperangkat alat ibadah tersebut dengan agama yang dianut oleh calon mempelai. Untuk mempelai yang beragama islam, biasanya akan diberikan seperangkat alat sholat serta al quran dan tasbih. Sementaram untuk agama kristen atau khatolik, biasanya akan diberikan alkitab, rosario, patung Bunda Maria, atau patung Tuhan Yesus. Makna dari pemberian seperangkat alat ibadah ni adalah agar kedua belah pihak bisa selalu menegakkan tiang agama dan menjadi seorang yang berbakti kepada agama serta kepercayaan yang dianutnya.

BACA JUGA: 8 Cara Membungkus Kado Tanpa Kotak, Bagus & Rapih

15. Tas

tas
fimela.com

Tas adalah hal yang sangat dibutuhkan baik pria maupun wanita saat sedang bekerja di kantor, berlibur, jalan dengan teman, atau pergi ke tempat istimewa. Selain itu, dengan menggunakan tas akan menjadikan penampilan tampak lebih keren dan elegan. Tas juga bisa menjadi satu dari macam-macam barang hantaran pernikahan yang peletakannya bersama dengan alas kaki. Makna dari pemberian aksesoris yang satu ini adalah kesanggupan sang mempelai pria dalam mencukupi seluruh kebutuhan istri, termasuk tas. Mencukupi kebutuhan istri adalah suatu kewajiban bagi suami agar menjadi kepala keluarga yang baik.

16. Buah-buahan

buah-buahan
idntimes.com

Buah-buahan adalah satu dari sekian hantaran pernikahan yang sederhana dan tidak boleh dilewatkan. Makna dari buah-buahan pada seserahan adalah berkat serta rezeki yang selalu mengalir deras dan tak terhingga bagi kedua mempelai di masa yang akan datang dan dilalui. Selain untuk seserahan, buah-buahan juga cocok diberikan sebagai harapan ketika seseorang sedang sakit sehingga diberikan kesembuhan. Biasanya, buah yang cocok untuk dibawa sebagai seserahan adalah mangga, manggis, rambutan, apel, jeruk, pir, melon, anggur, bahkan ada juga yang memberikan durian, lho.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi seserahan yang bisa Sedulur jadikan referensi ketika akan melangsungkan pernikahan. Selain memesannya, kamu juga bisa menata sendiri di rumah dengan berbagai macam bentuk yang diinginkan. Selain menghemat biaya, hal ini juga bisa memberikan keseruan tersendiri. Jadi, apakah Sedulur sudah tau ingin menyiapkan hantaran pernikahan yang seperti apa?