cara membungkus kado tanpa kotak

Cara membungkus kado tanpa kotak mungkin terdengar rumit, apalagi jika barang yang akan dibungkus berbentuk rumit atau malah lunak. Misalnya benda seperti baju, mug, atau tas. Bentuk tak beraturan ini membuat benda-benda tersebut jadi susah untuk dibungkus tanpa wadah kotak. Meski begitu, Sedulur tak perlu khawatir. Dengan sedikit kreativitas, Sedulur bisa kok membungkus benda-benda tersebut dengan indah.

Urusan bungkus membungkus kado memang tidak mudah. Tapi demi membahagiakan hati penerimanya, Sedulur tetap sebaiknya membungkus dengan rapi dan cantik. Berbekal kertas kado serta alat-alat pendukungnya, yuk kita simak berbagai cara membungkus kado unik tanpa kotak di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Ide Kado untuk Cowok yang Berkesan & Bikin Senang

Bungkus kado dengan tas

Photo by George Dolgikh @ Giftpundits.com from Pexels

Cara paling sederhana dan nggak ribet untuk membungkus kado adalah dengan menggunakan tas atau paperbag. Sedulur tinggal menyiapkan paperbag dengan motif indah dan kartu ucapan. Kado yang sudah Sedulur siapkan itu tinggal Sedulur masukkan ke dalam paperbag cantik dan sematkan pita untuk menutup bagian bukaan atasnya. Jangan lupa menyematkan kartu ucapan agar sang penerima hadiah tahu dari mana kado itu berasal.

Jika Sedulur ingin memberikan sentuhan personal, gunakanlah tas kertas polos berwarna cokelat dan hias sendiri sesuai keinginan. Sedulur bisa menggunakan potongan gambar menarik dari pinterest, atau melukisnya sendiri menggunakan tangan. Jika Sedulur dan sang penerima hadiah punya hubungan yang cukup special, memasang foto kalian berdua juga akan terlihat manis dan sangat personal.

Cara membungkus kado sederhana tanpa kotak

Photo by EKATERINA BOLOVTSOVA from Pexels

Cara sederhana membungkus kado meski tanpa kotak adalah dengan membungkusnya menggunakan kain dan membentuk kado yang akan Sedulur berikan. Misalnya Sedulur akan memberikan jaket, lipat dan padatkan jaket tersebut dan bungkuslah dengan kain mengikuti bentuk aslinya. Berikut langkah yang perlu Sedulur lakukan.

  1. Siapkan kain yang akan Sedulur gunakan. Sedulur bisa menggunakan kain burlap yang memberikan nuansa rustic, atau kain cantik dengan motif favorit Sedulur.
  2. Potong kain dengan ukuran yang mampu melingkari kado, namun tak terlalu besar hingga menutupi seluruh bagian kado.
  3. Lilit kain melingkari kado namun biarkan sebagian kado tampak dari luar.
  4. Amankan kain agar tak bergerak menggunakan pita dan lem tembak.

BACA JUGA: 30 Ide Kado Untuk Bayi Baru Lahir yang Unik & Bermanfaat

Cara membungkus kado bentuk baju tanpa kotak

youtube

Bungkusan kado dengan bentuk baju belakangan ini sedang tren. Jika Sedulur mendatangi acara pernikahan, pasti akan melihat kado dengan model bungkusan seperti ini di meja hadiah yang tersedia. Model ini jadi demikian populer berkat bentuknya yang unik. Akan lebih menarik lagi jika Sedulur bisa membungkus kado berbentuk baju menggunakan kertas kado motif batik atau kotak-kotak seperti kemeja.

  1. Lipat kertas kado menjadi dua dan rekatkan sisi yang terbuka. Lipat kedua sisi kiri dan kanannya dengan lebar sekitar 5cm.
  2. Lipat kedua sisi tersebut ke bawah, lalu kedua sisi lainnya ke bawah selebar 7cm menutup lubang di salah satu sisi kertas secara sempurna. Rekatkan dengan double tape atau lem tembak.
  3. Masukkan kado ke dalam kantong dari kertas kado tersebut dan sesuaikan tingginya dengan tinggi ‘baju’ yang Sedulur inginkan.
  4. Lipat bagian atasnya sekitar 4cm, lalu di sisi kanan dan kiri lipatan tersebut, gunting sepanjang kurang lebih 5cm, namun jangan sampai terpotong di tengah. Rekatkan bagian yang bolong di sisi kanan kiri menggunakan double tape.
  5. Tekuk bagian lidah yang sudah tergunting tadi ke tengah hingga membentuk kerah kemeja. Agar mempercantik tampilan kado, Sedulur dapat memasangkan dasi yang terbuat dari guntingan kertas kado di bagian bawah kerah.

Bungkus kado berbentuk kantong

craftscora

Ingin tampilan kado yang lebih sederhana tapi tak kalah menarik? Sedulur bisa menggunakan cara yang satu ini. Cara ini pun cocok untuk berbagai jenis barang, baik benda yang lunak seperti baju hingga mug yang keras atau bahkan batu kristal yang bentuknya tak beraturan. Yuk simak langkahnya berikut ini.

  1. Lipat kertas kado menjadi dua, rekatkan sisinya hingga membentuk lingkaran penuh. Tekuk bagian sisi kanan kirinya ke dalam selebar 5 cm membentuk lekukan v.
  2. Lipat bagian bawah kanan kirinya. Ambil bagian lebarnya dan tekuk ke bawah hingga menutup lubang di salah satu sisi dengan sempurna. Rekatkan dengan baik menggunakan double tape atau lem tembak.
  3. Setelah rekatan sudah dipastikan erat, letakkan karton di bagian dasar kantong. Hal ini akan membuat bagian dasar kantong lebih kokoh. Masukkan kado ke dalam kantong dan lipat bagian atasnya.
  4. Agar lebih indah, lipat bagian atas kantong dengan bentuk kipas dan rekatkan di tengah. Hiasi bagian atasnya menggunakan pita.

BACA JUGA: 17 Ide Kado Pernikahan Untuk Sahabat, yang Unik & Bermanfaat

Bungkus kado silinder unik

Photo by Karolina Grabowska from Pexels
  1. Potong kertas kado sesuai ukuran yang diinginkan. Potong karton dengan ukuran lebar yang sedikit lebih kecil dibandingkan kertas kado.
  2. Rekatkan karton pada kertas kado, dan bentuk sebuah silinder. Rekatkan bagian ujungnya hingga menjadi silinder yang utuh.
  3. tutup bagian bawahnya dengan cara melipat memutar kertas kado dan merekatkannya menggunakan lem.
  4. Masukkan kado ke dalam silinder dan rekatkan bagian atasnya menggunakan cara yang sama.
  5. Hiasi bungkus kado menggunakan pita atau ornamen artistik lainnya.

Bungkus kado berbentuk pita

cara membungkus kado tanpa kotak
bp-guide

Jenis bungkus kado yang satu ini memang sangat unik, akan tetapi hanya dapat digunakan jika kado yang diberikan terbuat dari kain.

  1. Siapkan kertas kado berbentuk persegi panjang dan lipat jadi dua
  2. Rekatkan bagian sisi yang terbuka, dan biarkan salah satu bagian terbuka. Masukkan kado yang sudah dirapikan ke dalam kantong tersebut.
  3. Tutup dan rekatkan bagian terbuka yang tersisa hingga semua sisinya tertutup rapat.
  4. Ambil bagian tengah dan tarik kedua sisinya ke dalam. Dengan begini akan membentuk pita yang besar
  5. Rapikan lipatannya dan rekatkan menggunakan pita dan lem tembak.

BACA JUGA: 16 Ide Kado Pernikahan Super Kreatif Untuk Teman & Saudara

Bungkus kantong plastik

cara membungkus kado tanpa kotak
plasticbagpartners

Cara mudah dan paling sederhana lainnya adalah dengan menggunakan kantong plastik. Sedulur bisa menggunakan kantong cantik transparan dengan motif. Kantong ini dapat memuat berbagai jenis kado, bahkan yang bentuknya tak beraturan sekalipun. Sedulur tinggal merekatkan bagian atasnya menggunakan pita. Langkah ini bisa Sedulur gunakan sebagai cara membungkus kado tas tanpa kotak.

Bungkus kado bentuk permen

cara membungkus kado tanpa kotak
bp-guide

Untuk membungkus kado dengan bentuk ini, Sedulur pertama memerlukan kertas kado yang cukup panjang. Masukkan kado di bagian tengah-tengah dan gulung hingga membentuk silinder panjang. Rekatkan kedua sisinya menggunakan pita hingga berbentuk seperti permen. Rapikan kedua ujungnya agar tampak mekar. Jangan lupa meletakkan kartu ucapan dan pita untuk mempercantik kado.

BACA JUGA: 9 Ide Kado Natal Unik untuk Keluarga & Teman Spesialmu

Bungkus kado bentuk amplop

cara membungkus kado tanpa kotak
homedepot

Untuk kado dengan bentuk apa saja yang berbeda-beda dan tak beraturan, cara satu ini cukup efektif. Sedulur tinggal melakukan langkah di bawah ini.

  1. Lipat dua kertas kado, dan lipat lagi bagian ujung-ujungnya ke salah satu sisi hingga menyatu.
  2. Rekatkan dengan selotip hingga sisi-sisinya tertutup dengan aman, biarkan salah satu sisi tetap terbuka.
  3. Masukkan kado ke dalam amplop yang sudah Sedulur buat dengan kertas kado.
  4. Lipat dan rekatkan sisi yang masih terbuka dengan rapi. Sedulur dapat membuat beberapa jenis lipatan agar lebih menarik. Misalnya, lipat secara asimetris atau beberapa kali hingga membentuk anak tangga.
  5. Hias dengan pita dan kartu ucapan.

Setelah membaca cara membungkus kado tanpa kotak di atas, ternyata hal ini tak seberapa sukar untuk dilakukan ‘kan? Ada beberapa hal dan langkah yang mungkin perlu untuk dilakukan terlebih dulu untuk menjaga agar kado tetap aman seperti menggunakan bubble wrap. Meski begitu, jika memberikan kado bagi orang yang penting bagi Sedulur, bukankah perihal membungkus ini perkara ringan?