cara tayamum di pesawat

Seseorang yang ingin melaksanakan dan ibadah lainnya diharuskan untuk berwudhu, karena wudhu merupakan salah satu syrat sahnya sholat. Akan tetapi, Islam memudahkan umatnya untuk beribadah. Misalnya ketika seseorang tidak dapat melakukan wudhu sebelum beribadah, maka dapat melakukan tayamum sebagai pengganti wudhu. Mengetahui dan memahami cara tayamum di pesawat tentu sangat dibutuhkan. Apalagi jika Sedulur sering berpergian menggunakan pesawat. 

Bagi Sedulur yang masih bingung tentang bagaimana cata tayamum di pesawat, yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA : Cara Mengganti atau Mereset Password di Gmail dengan Mudah!

Pengertian tayamum

cara tayamum di pesawat
Liputan6

Tayamum adalah salah satu cara untuk bersuci, baik suci dari hadast kecil maupun hadast besar. Tayamum adalah bersuci dengan menggunakan tanah atau debu yang suci sebagai rukhsah (keringanan) ketika tidak ada air saat ingin melakukan ibadah. Namun perlu Sedulur pahami bahwa tayamum bukan media utama untuk bersuci karena fungsi dari tayamum adalah pengganti dari media bersuci primer yaitu wudhu dan mandi besar. Jadi, secara sederhana, tayamum diartikan sebagai pengganti wudhu.

-->

Sebab bolehnya tayamum

cara tayamum di pesawat
Popbela

Dikutip dari NU Online, adapun sebab-sebab yang memperbolehkan seseorang bertayamum di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Ketiadaan air, baik secara kasat mata maupun secara syara‘. Ketiadaan air secara kasat mata misalnya dalam keadaan bepergian dan benar-benar tidak ada air, sedangkan ketiadaan air secara syara‘ misalnya air yang ada hanya mencukupi untuk kebutuhan minum
  2. Jauhnya air, yang keberadaannya diperkirakan di atas jarak setengah farsakh atau 2,5 kilometer. Artinya, jika dimungkinkan ada air tetapi di atas jarak tersebut, maka diperbolehkan bertayamum mengingat beratnya perjalanan, terlebih ditempuh dengan berjalan kaki.
  3. Sulitnya menggunakan air, baik secara kasat mata maupun secara syara‘. Sulit secara kasat mata contohnya airnya dekat, tetapi tidak bisa dijangkau karena ada musuh, karena binatang buas, karena dipenjara, dan seterusnya. Sementara sulit menggunakan air secara syara‘ misalnya karena khawatir akan datang penyakit, takut penyakitnya semakin kambuh, atau takut lama sembuhnya. Hal ini berdasarkan riwayat seorang sahabat yang meninggal setelah mandi, sedangkan kepalanya terluka. Kala itu, Rasulullah saw. bersabda, “Padahal, cukuplah dia bertayamum, membalut lukanya dengan kain, lalu mengusap kain tersebut dan membasuh bagian tubuh lainnya.” (H.R. Abu Dawud)
  4.  Kondisi sangat dingin. Artinya, jika menggunakan air, kita akan kedinginan karena tidak ada sesuatu yang dapat mengembalikan kehangatan tubuh. Diriwayatkan bahwa ‘Amr ibn ‘Ash pernah bertayamum dari junubnya karena kedinginan.  Hal itu lalu disampaikan kepada Rasulullah saw., dan beliau pun mengakui serta menetapkannya, sebagaimana diriwayatkan Abu Dawud. Namun, dalam keadaan terakhir ini, terlebih jika ada air, seseorang diharuskan mengqadha shalatnya. 

BACA JUGA : Cara Merekam Rapat Vidio Google Meet, Mudah Tanpa Ribet!

Hal  yang harus diperhatikan ketika tayamum

Islampos

Berikut hal-hal yang harus Sedulur perhatikan ketika bertayamum. 

  1. Tayamum harus dilakukan setelah masuk waktu shalat. 
  2. Jika alasannya karena tidak ada air, maka ketiadaan itu harus dibuktikan setelah melakukan pencarian dan pencarian itu dikerjakan setelah masuk waktu.
  3. Tanah yang dipergunakan harus yang bersih, lembut, dan berdebu. Artinya, tidak basah, tidak bercampur tepung, kapur, batu, dan kotoran lainnya.
  4. Tayamum hanya sebagai pengganti wudhu dan mandi besar, bukan pengganti menghilangkan najis. Artinya, sebelum bertayamum, najis harus dihilangkan terlebih dahulu.
  5. Tayamum hanya bisa dipergunakan untuk satu kali shalat fardhu saja. Berbeda halnya jika usai shalat fardhu dilanjutkan dengan shalat sunat, shalat jenazah, atau membaca Al-Quran. Maka rangkaian ibadah itu boleh dengan satu kali tayamum. 
  6. Tayamum berbeda dengan wudhu. Jika wudhu setidaknya ada enam rukun, maka tayamum hanya memiliki empat rukun di ataranya yaitu: niat dalam hati, mengusap wajah, mengusap kedua tangan,  tertib. 

BACA JUGA : Cara Sharing Printer dengan Mudah, Bisa Dipraktikkan Sendiri

Tata cara tayamum di dalam pesawat

cara tayamum di pesawat
Republika

Berikut tata cara tayamum di pesawat yang perlu Sedulur ketahui. 

1. Tempelkan kedua telapak tangan pada kursi di depan atau dinding pesawat.

2. Ucapkan Bismillah lalu letakkan kedua telapak tangan pada debu dengan posisi jari-jari tangan dirapatkan.

3. Setelah itu, sapkan kedua telapak tangan pada seluruh wajah disertai dengan niat dalam hati, satu di antaranya dengan bacaan niat tayamum berikut

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى   
Nawaitu tayammuma lisstibaahatish shalaati fardlol lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku niat melakukan tayamum agar dapat mengerjakan salat, fardlu karena Allah ta ‘ala.”

4. Tempelkan kembali kedua telapak tangan pada kursi di depan atau dinding pesawat yang berlum tersentuh.

5. Usap rata tangan kanan dengan telapak tangan kiri, begitu juga sebaliknya dengan tangan kiri.

6. Letakkan kembali telapak tangan pada debu. Kali ini jari-jari direnggangkan serta cincin yang ada pada jari (jika ada) dilepaskan sementara.

7. Kemudian tempelkan telapak tangan kiri pada punggung tangan kanan, sekiranya ujung-ujung jari dari satu di antara tangan tidak melebihi ujung jari telunjuk dari tangan yang lain.

8. Usapkan telapak tangan kiri ke punggung lengan kanan sampai ke bagian siku. Lalu, balikkan telapak tangan kiri tersebut ke bagian dalam lengan kanan, kemudian usapkan hingga ke bagian pergelangan.

9. Usapkan bagian dalam jempol kiri ke bagian punggung jempol kanan. Selanjutnya, lakukan hal yang sama pada tangan kiri.

10. Terakhir, pertemukan kedua telapak tangan dan usap-usapkan di antara jari-jarinya.

BACA JUGA : Cara Block Website di Chrome dengan Mudah Tanpa Ribet

Hal yang membatalkan tayamum

Freepik

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan batalnya tayamum.

  • Menemukan air
  • Dapat menggunakan air
  • Murtad
  • Hilang akan berpikir
  • Tidur
  • Buang air kecil maupun besar
  • Haid
  • Kentut

Demikianlah penjelasan tentang pengertian dan tata cara tayamum di pesawat. Perlu Sedulur perhatikan bahwa seseorang boleh melakukan tayamum sebagai pengganti wudhu jika tidak ditemukan air di sekitarnya sedangkan saat itu sudah memasuki waktu salat. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.