Ingin mengetahui cara meninggikan badan yang efektif, terutama bagi Sedulur yang telah memasuki usia dewasa? Tenang saja, kendati telah dewasa tubuh masih tetap bisa bertambah tinggi. Namun, perlu beberapa aktivitas untuk merangsang pertumbuhan tulang agar dapat bertambah tinggi.

Berikut ini terdapat beberapa cara meninggikan badan yang bisa Sedulur lakukan, baik di rumah atau di lapangan sambil berolahraga. Terdapat juga beberapa kegiatan yang perlu Sedulur jaga agar proses menambah tinggi badan bisa efektif dilakukan. Yuk, mari langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Menghitung Tinggi Badan Ideal Laki-Laki & Perempuan

1. Yoga

1. cara meninggikan badan
freepik

Salah satu olahraga yang bisa Sedulur lakukan sebagai cara meninggikan badan adalah dengan melakukan olahraga yoga. Olahraga ini memiliki beberapa gerakan yang bisa menambah tinggi badan. Diantaranya gerakan mountain pose, triangle pose, tree pose, Surya Namaskar dan gerakan lainnya.

-->

Beberapa gerakan dan pose dalam yoga tersebut bisa memperbaiki postur tubuh Sedulur sehingga lebih proporsional. Yoga juga bisa menghilangkan stress dan ketegangan pada otot yang bisa berdampak pada perkembangan tinggi badan yang lebih cepat. Selain itu, ketika stress hilang, hormon pertumbuhan badan bisa mengalir lebih baik.

2. Lompat tali

2. Lompat tali
freepik

Kita mungkin menganggap lompat tali sebagai permainan masa kecil, namun lompat tali juga merupakan sebuah aktivitas olahraga yang dapat menambah tinggi badan. Dengan melakukan lompat tali tinggi bada Sedulur bisa bertambah secara efektif. Ini juga efektif sebagai cara meninggikan badan 15 cm dalam 1 minggu.

Melompat dapat membuat tubuh meregang dan berkontraksi sehingga dapat membantu meninggikan badan dengan efektif. Bukan hanya itu, telapak kaki juga dikenal memiliki saraf yang langsung tehubung dengan bagian atas tubuh. Ketika melompat, otot bagian telapak kaki akan meregang dan berkontraksi. Gerakan ini efektif untuk meningkatkan hormon pertumbuhan yang dapat menambah tinggi badan.

BACA JUGA: 10 Susu Penambah Tinggi Badan Terbaik Untuk Anak & Dewasa

3. Berenang

3. cara meninggikan badan
freepik

Sedulur juga bisa berenang sebagai cara meninggikan badan dengan cepat. Olahraga ini dapat memperkuat tulang belakang dan membantu untuk membentuk postur tubuh yang baik. Saat kita berengan otot tubuh akan bergerak. Ketika berada di dalam air, tubuh juga akan bergerak melawan gravitasi.

Selain itu, saat berenang dada dan tubuh bagian  akan melakukan peregangan dan kontraksi karena bergerak melawan gravitasi. Ini berarti berenang dapat secara efektif menaikan tingg badan. Yang paling penting, berenang juga merupakan kegiatan yang menyenangkan, jadi Sedulur tidak akan bosan melakukannya.

4. Bersepeda

4. Bersepeda
freepik

Alternatif olahraga yang bisa Sedulur lakukan adalah bersepeda. Kenapa bersepeda merupakan cara meninggikan badan di pagi hari yang efektif? Karena, saat bersepeda, tubuh bagian bawah akan bekerja dengan berat. Hal ini akan baik untuk meningkatkan aliran darah sekitar lutut dan otot paha.

Dengan begitu, pertumbuhan tubuh juga akan terangsang dengan baik. Bukan hanya meninggikan berat badan, bersepeda juga bisa membuat paru-paru bekerja lebih baik dan memasok darah ke seluruh tubuh. Ketika bagian tubuh menjadi lebih kuat, hal tersebut berarti akan mempermudah pertumbuhan tinggi badan. Dan tentu saja Sedulur akan memiliki tubuh yang lebih sehat lagi.

BACA JUGA: 8 Vitamin Penggemuk Badan untuk Dewasa, Aman!

5. Basket

5. cara meniggikan badan
freepik

Basket merupakan olahraga cara meninggikan badan yang paling terkenal. Banyak yang menjadikan olahraga basket sebagai solusi untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal. Saat bermain basket, tubuh kita dituntut untuk melakukan pergerakan yang cepat. Hal ni dapat meningkatkan aliran darah dan memperkuat otot tubuh. Tubuh akan dirangsang untuk berkembang menjadi lebih baik lagi.

Dalam bermain basket juga kita dituntut untuk banyak melompat, efektifitas ini sama dengan bermain lompat tali. Semakin sering melompat, otot dan tulang akan tumbuh lebih cepat. Dan tubuh pun akan mendapatkan tinggi badan yang sesuai. Namun, karena bermain basket membutuhkan energi yang banyak, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi sebagai asupan untuk memenuhi energi saat berolahraga.

6. Bergelantung

6. bergelantung
freepik

 

Cara meninggikan badan yang bisa Sedulur coba adalah dengan bergelantung. Gerakan bergelantung juga merupakan salah satu bentuk gerakan olahraga. Dengan bergelantung, dapat mendorong kita melakukan pull up. Semakin kita sering bergelantung, tubuh kita akan menahan berat badan kita dan membuat tubuh kita bertambah tinggi.

Sedulur bisa melakukan ini setiap hari. Terlebih, gerakan ini merupakan gerakan olahraga sederhana yang bisa kita lakukan di rumah. Biasakan rutin melakukan gerakan ini, direkomendasikan untuk melakukannya setiap hari selama 10 menit. Selain bertambah tinggi, tubuh kita juga akan mendapatkan berat badan yang ideal.

BACA JUGA: Cara Akurat Menghitung Berat Badan Ideal dan Menjaganya

7. Lakukan peregangan

7. cara meninggikan badan
freepik

Jika aktivitas dan olahraga di atas dirasa cukup sulit dan memberatkan Sedulur, Sedulur bisa melakukan beberapa kegiatan yang ringan namun sangat efektif untuk menambah tinggi badan. Seperti cara meninggikan badan di rumah satu ini, yaitu melakukan kegiatan peregangan.

Beberapa kegiatan peregangan bisa Sedulur lakukan untuk menambah tinggi badan secara alami. Salah satu gerakan yang bisa Sedulur lakukan adalah leg stretch. Sedulur bisa melakukan cara peregangan ini sambil duduk, kemudian luruskan kaki Sedulur ke depan. Jangkau sebisa mungkin ujung jari kaki menggunakanan jari tangan.

Semakin lama Sedulur menahannya, semakin bagi peregangan yang terjadi. Usahakan minimal Sedulur menahannya selama 10 detik. Perlu Sedulur ingat, ketika melakukan hal ini untuk pertama kalinya Sedulur akan mengalami kesulitan yang hebat. Namun, hal tersebut akan semakin mudah ketika Sedulur telah sering melakukannya. Selain menambah tinggi badan, peregangan ini juga sangat baik untuk kelenturan tubuh Sedulur.

8. Istirahat yang cukup

8. istirahat cukup
freepik

Akan percuma Sedulur melakukan setiap cara meninggikan badan tanpa olahraga atau dengan aktivitas olahraga tanpa memikirkan istirahat yang cukup. Istirahat merupakan bagian penting untuk kemnali mengisi energi, terutama dengan tidur. Energi akan bertambah seiring dengan waktu istirahat yang cukup.

Perlu diingat, Sedulur juga tidak bisa sembarangan istirahat dan tidur, terdapat aturan yang ideal mengatur tentang waktu tidur dan istirahat sesuai dengan usia. Berikut ini daftarnya:

  • Bayi berusia 0 – 3 bulan : 14 – 17 jam
  • Bayi berusia 3 –1 1 bulan : 12 – 17 jam
  • Balita berusia 1 – 2 tahun : 11 – 14 jam
  • Balita berusia 3 – 5 tahun: 10 – 13 jam
  • Anak berusia 6 – 13 tahun : 9 – 11 jam
  • Remaja berusia 14 – 17 tahun: 8 – 10 jam
  • Orang dewasa berusia 18 – 64 tahun : 7 – 9 jam

Sedulur bisa mempertimbangkan waktu istirahat yang cukup berdasarkan usia yang Sedulur jalani hari ini. Hal tersebut akan membantu proses penambahan tinggi badan Sedulur menjadi semakin ideal dan dengan cepat terjadi.

BACA JUGA: Ampuh Turunkan Berat Badan, Ini Menu Diet Sehat 30 Hari!

9. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

9. cara meninggikan badan
freepik

Agar terwujudnya tinggi badan yang ideal, selain melakukan olahraga dan kegiatan-kegiatan yang dijelaskan di atas, Sedulur juga harus sambil mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi. Hal tersebut agar terwujudnya cara meninggikan badan di usia 14 tahun. Terutama remaja, asupan makanan sangat berpengaruh untuk kebutuhan dan perkembangan tubuh.

Sedulur bisa mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin D, karena vitamin D merupakan asupan yang dibutuhkan tulang untuk berkembang. Makanan bergizi seperti ikan salmon, ikan tuna dan keju dapat secara optimal menumbuhkan tulang Sedulur agar terwujudnya tinggi badan yang ideal.

10. Konsumsi suplemen

10. konsumsi suplemen
freepik

Agar cara meninggikan badan dengan cepat di rumah semakin efektif, selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, Sedulur juga bisa sambil mengkonsumsi suplemen. Namun terkait pemilihan suplemen Sedulur wajib berkordinasi dan konsultasi dengan dokter dan ahli gizi.

Karena banyak faktor yang harus disesuaikan untuk mengkonsumsi suplemen. Seperti faktor usia, berat badan, dan kandungan hormon dalam tubuh. Seperti contoh kasus bagi orang dewasa dan tua, akan disarankan untuk mengkonsumsi vitamin D atau suplemen kalsium untuk mengurangi risiko osteoporosis.

Dan untuk beberapa kasus terhadap seseorang yang memiliki hormon yang tertentu, mungkin saja dapat mempengaruhi porduksi hormon pertumbuhan. Makan dokter akan merekomendasikan suplemen yang mengandung HGH sintesis. Hal tersebut agar terhindari dari perubahan hormon yang tengah berlangsung.

BACA JUGA: 12 Manfaat Bawang Dayak bisa Jadi Obat Berbagai Penyakit

11. Rutin minum susu

11. cara meninggikan badan
freepik

Cara meninggikan badan yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan mengkonsumsi susu secara rutin. Sedulur bisa melakukan olahraga dan kegiatan yang telah dijelaskan di atas, kemudian dilengkapi dan disempurnakan dengan meminum susu. SUsu mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang.

Semakin dewasa usia seseorang, semakin rapuh tulang dan akan berpengaruh terhadap postur tubuh. Makanya akan lebih pendek dan membungkuk. Makanan yang mengandung vitamin D dapat membuat tulang baik dan membuat ukuran badan bertambah tinggi.

12. Aktif bergerak

12. aktif bergerak
freepik

Terakhir agar dapat menjaga tinggi badan, Sedulur harus senan tiasa aktif bergerak. Hal ini juga sekaligsu cara meninggikan badan yang paling mudah dilakukan. Pilih kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas bergerak. Sedulur juga bisa beres-beres rumah dan memanfaatkannya sebagai olahraga. Agar setiap kegiatan untuk meninggikan badan di atas bisa memberikan hasil yang signifikan.

Sekian daftar cara meninggikan badan yang bisa Sedulur lakukan. Sedulur bisa memilih salah satu olahraga saja, dan sisanya melakukan kegiatan lainnya secara bersamaan. Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup dan mengkonsumi asupan makanan yang bergizi dan berkualitas tinggi. Jangan khawatir, Sedulur bisa mendapakan persediaan makanan bergizi dengan membelinya di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan bahan makanan bergizi plus berkualitas, telah melewati serangkaian quality check yang sesuai standar. Sedulur juga tidak perlu repot keluar rumah untuk mendapatkan asupan makanan jika menggunakan Aplikasi Super. Klik di sini untuk download aplikasinya, dan mulai gunakan Aplikasi Super saat ini juga untuk setiap kebutuhan harian Sedulur.