cara menghitung berat badan ideal

Ada beberapa cara menghitung berat badan ideal yang bisa dilakukan. Ikuti rumus di bawah ini!

Pertanyaan terkait bagaimana cara menghitung berat badan ideal merupakan hal yang sering ditanyakan oleh banyak orang. Terutama bagi seseorang yang memiliki berat badan yang ada di bawah maupun di atas standar.

Pada dasarnya, ada beberapa cara menghitung berat badan ideal yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Selain menghitung, ada informasi tak kalah menarik yakni seputar cara mempertahankan supaya tetap ideal. Sebelumnya, pahami dulu tentang pengertian berat badan ideal itu sendiri, Sedulur.

Apa Itu Berat Badan Ideal?

cara menghitung berat badan ideal
alodokter.com

Pengertian terkait berat badan ideal pada dasarnya yaitu pertumbuhan dan perkembangan berat tubuh sesuai dengan indikatornya. Pertumbuhan dan perkembangan tumbuh antara wanita dan pria memiliki karakteristik yang berbeda, tergantung pada kerja hormon dan tingkat metabolismenya. Maka dari itu, cara mengukur berat badan wanita dan pria pun berbeda.

-->

Untuk mengetahui cara menghitung berat badan yang ideal, juga penting untuk kita bisa mengontrol kesehatan. Jika kekuarangan atau kelebihan berat badan, itu artinya tubuh sedang dalam kondisi yang tidak baik. Lantas, bagaiman cara menghitung berat badan yang sesuai dengan standar ideal? 

Baca Juga: Ampuh Turunkan Berat Badan, Ini Menu Diet Sehat 30 Hari!

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal

1. Rumus Broca

cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur
plimbi.com

Untuk menghitung berat badan ideal, rumus yang digunakan dikenal dengan nama Rumus Broca. Rumus ini ditemukan oleh Pierre Paul Broca. Pada dasarnya rumus Broca yang dimaksud adalah:

Bobot badan ideal (kg) = 90% x {Tinggi badan (cm) – 100} x 1 kg

Cara menghitung berat badan ideal wanita dan pria juga berbeda. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bergantung pada tingkat hormon dan tingkat metabolismenya. Berawal dari rumus Broca di atas, terdapat beberapa perkembangan dalam mengukur berat badan bagi wanita dan pria.

2. Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria

bagaimana cara menghitung berat badan ideal
bookingdokter.com

Rumus yang bisa diterapkan sesuai umur. Bisa juga dengan cara menghitung berat badan ideal wanita Korea. Rumus yang bisa digunakan adalah:

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Untuk memudahkan menghitung rumus di atas, mari ambil contoh. Jika tinggi badan 170 cm, maka berat badan ideal yang harus kita capai berdasarkan rumus di atas adalah 70-9 = 61. Maka 61 kg adalah berat badan ideal yang harus dikejar.

Berbeda dengan wanita, rumus atau kalkulator menghitung berat badan ideal bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Dari contoh di atas, kita bisa menghitung bahwa berat ideal yang harus dicapai jika memiliki tinggi badan 180 cm yaitu 80-7 = 73 kg. Maka berat badan yang harus dikejar seberat 73 kg.

3. Mengukur Berat Badan Normal

kalkulator menghitung berat badan ideal
iae.news

Dari beberapa rumus yang dijelaskan di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa mengukur berat badan normal merupakan perkara mudah. Rumus Broca merupakan rumus yang memerlukan tinggi badan dalam cm kemudian dikurangi dengan angkat 100. Contoh:

Tinggi badan – 100 = Berat badan normal

170 cm – 100 = 70 kg

Pada dasarnya, cara mengukur dan menghitung berat badan normal hanya sesederhana itu. Namun, ada juga tingkat persentase yang harus dikalkulasikan. Persentase yang dimaksud merupakan angka yang didapat berdasarkan tingkat metabolisme tubuh dan juga hormon yang terdapat dalam tubuh.

Lalu, apa langkah yang bisa Sedulur lakukan setelah mengetahui angka berat badan ideal? Tentu saja berusaha untuk mengejarnya. Bagi yang kelebihan berat badan, kamu bisa melakukan diet untuk mengejar angka normal. Bagi Sedulur yang kekurangan berat badan, kamu bisa menyiasati dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat untuk menambah massa berat badan. Berikut ini beberapa tips yang bisa Sedulur lakukan untuk menjaga berat badan Sedulur ketika Sedulur telah mencapai angka berat badan normal.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Murah & Terbaik

Tips Menjaga Berat Badan Ideal

1. Massa Otot Lebih Banyak

cara menghitung berat badan ideal massa otot
klikdokter.com

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membangun massa otot. Berat badan dengan otot yang pas dapat membantu metabolisme tubuh. Sehingga tubuh tidak akan menampung lemak dalam jumlah yang banyak.

Lemak dalam tubuh merupakan faktor utama yang membuat berat badan berlebih. Dari cara menghitung berat badan ideal di atas, jika berat badan kita berlebihan, artinya massa lemak lebih tinggi daripada massa otot dan metabolisme tubuh tidak lancar sebagaimana biasanya.

2. Konsumsi Makanan yang Mengenyangkan

cara menghitung berat badan ideal makanan
ugm.ac.id

Akan sia-sia jika Sedulur sudah mengatahui cara menghitung berat badan ideal jika tidak mulai menjaga asupan makanan. Sedulur bisa mulai konsumsi makanan yang mengeyangkan dan penuh dengan serat. Hal ini juga untuk memperlancar sistem pencernaan agar setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa diproses dengan maksimal.

Selama diet agar mencapai berat badan yang ideal, konsumsi makanan harus dijaga dan diperhatikan. Mulai dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serat dan lemak. Sehingga jumlah kalori yang ada pada makanan bisa diukur dan dikendalikan dengan mudah.

3. Hitung Jumlah Kalori yang Dikonsumsi

cara menghitung berat badan ideal kalori
food.detik.com

Jumlah kalori yang dikonsumsi akan mempengaruhi berat badan. Salah satu cara menjaga berat badan tetap ideal adalah dengan menghitung jumlah kalori setiap makanan yang kita konsumsi. Dengan menghitung jumlah kalori, kita bisa melacak berapa jumlah kalori yang masuk dalam tubuh dan mempertimbangkan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Disarankan oleh para ahli untuk mengkonsumsi kalori kurang dari 1.800 kal setiap harinya.

4. Olahraga Secara Rutin

cara menghitung berat badan ideal olahraga
halodoc.com

Agar bisa terus memeprtahankan berat badan ideal dan tentu saja kamu harus menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi yang prima. Syaratnya adalah dengan rutin berolahraga. Dengan olahraga secara rutin, kita bisa menghilangkan lemak di dalam tubuh dan juga menjaga tubuh tetap sehat.

Rekomendasi olahraga yang sederhana bisa dilakukan seperti olahraga lari, senam, gym atau kegiatan fisik yang mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak. Disarankan untuk konsisten melakukan olahraga selama 5 hari dalam seminggu. Dalam sehari, minimal dilakukan selama 30 menit hingga 1 jam. Semakin sering olahraga, tubuh akan memiliki kemampuan baik dalam mempertahankan berat badan ideal.

Semoga penjelasan tentang cara menghitung berat badan ideal di atas bisa membantu Sedulur untuk mencapai kondisi berat badan ideal dan senantiasa mempertahakannya. Jangan lupa untuk mulai jaga asupan makanan. Perhatikan jumlah kalori dan serat dari makanan yang kita konsumsi. Mulai santap makanan bergizi dan berkualitas agar berat badan selalu terjaga.

Sedulur bisa mulai untuk memilih untuk membeli makanan di tempat yang terbaik. Salah satu rekomendasi yang bisa Sedulur gunakan adalah Aplikasi Super yang menyediakan berbagai makanan bergizi dengan kualitas terbaik dan pelayanan yang super mudah. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan mulai menggunakannya saat ini juga.