Saat kehamilan memasuki usia dua bulan, bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk akan menunjukan perbedaan. Ciri-ciri bentuk perut yang berbeda tersebut merupakan awal mulai perusahaan yang terjadi di tubuh Ibu Super yang tengah memasuki masa kehamilan di usia 2  bulan. Oleh karena itu, Ibu Super harus mulai memperhatikan segala hal dengan baik.

Bukan hanya bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk atau berdiri yang mengalami perbedaaan. Terdapat beberapa gejala yang terjadi ketika Ibu Super memasuki masa kehamilan. Juga hal tersebut harus mulai diperhatikan. Berikut ini penjelasan terkait bentuk perut Ibu Super yang memasuki masa kehamilan 2 bulan.

BACA JUGA: 12 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Sering Tidak Disadari Oleh Wanita

Bentuk Perut Hamil 2 Bulan

bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk
freepik

Ketika kehamilan memasuki usia 2 bulan, Ibu Super akan mengalami perubahan bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk. Namun, hal ini tergantung pada faktor genetis Ibu Super sendiri. Kadang ada yang sulit membedakan apakah bentuk perut hamil atau mengalami kegemukan (buncit).

-->

Baby bump atau bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk/berdiri memang terlihat persis dengan bentuk perut buncit. Beberapa gejala dan perubahan akan Ibu Super alami seiring dengan perubahan bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk. Perubahan pertama jelas terjadi pada bentuk tubuh Ibu Super, perubahan kedua adalah gejala-gejala kehamilan lainnya. Berikut ini merupakan penjelasan lengkapnya.

Gejala Hamil 2 Bulan

1. Morning sickness

1. Morning sickness
freepik

Selain bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk yang berbeda, Ibu Super juga akan sering mengalamai morning sickness. Mual, muntah dan lemas-lemas di pagi hari akan Ibu Super alami, karena perubahan hormon yang menyebabkan Ibu Super lebih sensitif terhadap bau, dan juga merangsang Ibu Super untuk mual-mual di pagi hari.

Selain itu, Morning sickness juga bisa dilihat untuk mengetahui apakah sedang hamil anak perempuan atau laki-laki. Bawaan hamil bayi perempuan biasanya mengalami morning sickness yang parah, sedangkan hamil anak laki-laki sama sekali tidak mengalami morning sickness.

BACA JUGA: 13 Gerakan Senam Hamil Agar Persalinan Mudah & Lancar

2. Sensitif terhadap bau

bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk
freepik

Ciri-ciri orang hamil dari bentuk perut menandakan terjadinya perubahan fisik, sementara dari perubahan di dalam atau secara hormon. Selain morning sickness, Ibu Super juga akan menjadi lebih sensitif terhadap bebauan. Perubahan hormon yang terjadi turut mempengaruhi indra penciuman dan merangsang untuk lebih mudah mual ketika mencium aroma tertentu.

Seperti parfum, bumbu makanan, asap rokok dan juga minyak telon atau minyak kayu putih. Maka dari itu, Ibu Super harus berhati-hati terhadap bau bauan selama masa kehamilan. Dan, waspada jika Ibu Super sensitif terhadap bau, bisa saja Ibu Super mengalami kehamilan.

3. Sembelit

3. Sembelit
freepik

Selain perubahaan bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk, kondisi yang menunjukan tanda bahwa Ibu Super tengah memasuki hamil 2 bulan adalah sering mengalami sembelit. Hal tersebut disebabkan, karena pada saat hamil tanpa disadari pencernaan dari ibu hamil melambat

Dari sistem pencernaan yang lambat, bisa menyebabkan konstipasi dan sembelit. Karena perubahan hormon saat hamil sangat mempengaruhi kinerja sistem pencernaan juga. Bukan hanya ciri-ciri hamil 2 bulan pada perut dan bentuk tubuh, namun secara hormonal dan di bagian dalam tubuh Ibu Super juga mengalami perubahan, untuk merespon kondisi kehamilan yang terjadi.

BACA JUGA: Ini 11 Tanda-Tanda Hamil Muda yang Penting Untuk Diketahui

4. Perubahan bentuk tubuh

bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk
pexels

Pada setiap gambar bentuk perut hamil muda saat duduk, terlihat bahwa perubahaan bentuk tubuh menjadi bagian yang terlihat jelas sebagai ciri-ciri ibu yang sedang hamil. Ibu Super jangan bersedih karena merasa gendutan dan gagal menjaga postur tubuh ideal, jangan salah kira, hal tersebut tentu saja karena Ibu Super hamil yang membuat postur tubuh berubah tentu saja.

Dari bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk, akan terlihat jelas bagaimana postur tubuh berubah seiring dengan jumlah hormon yang meningkat selama masa kehamilan. Pertumbuhan janin juga turut mempengaruhi perubahan yang terjadi pada postur tubuh Ibu Super. Hal wajar jika seorang ibu hamil mengealami perubahan bentuk tubuh.

Perubahan bentuk tebuh terjadi pada payudara misalnya. Ukuran payudara akan berubah, selain faktor hormonal juga sebagai persiapan suplai ASI saat bayi lahir. Selain itu, kulit dan rambut Ibu Super juga akan ikut berubah. Setiap perubahan bentuk tubuh yang terjadi pada Ibu Super selama kehamilan terjadi karena perubahan dari hormon itu sendiri.

5. Berat badan bertambah

5. Perubahan bentuk tubuh
pexels

Akibat banyak perubahan dalam bentuk tubuh Ibu Super selama kehamilan, otomatis berat badan Ibu Super juga akan bertambah. Terlebih lagi pertumbuhan janin setiap bulannya membuat perbedaan pada bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk atau berdiri. Jika diperhatikan, dalam setiap gambar perbedaan perut buncit dan hamil saat duduk, terlihat bahwa saat hamil perut akan lebih keras dan berisi. Berbeda dengan perut yang hanya buncit karena kelebihan berat badan.

Di beberapa daerah, terdapat mitos bahwa perubahan berat badan bisa menjadi indikasi hamil anak laki-laki atau perempuan. Hamil anak laki-laki penambahan berat badan hanya akan berfokus di bagian perut saja. Namun hamil anak perempuan sedikit berbeda, penambahan berat badan terjadi secara merata ke seluruh tubuh, bukan hanya bagian perut saja. Namun hal tersebut merupakan kepercayaan dengan unsur mitos yang kuat.

BACA JUGA: Ini Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Berikut Faktanya!

Hal yang perlu diperhatikan

bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk
alodokter

Bukan hanya bentuk perut hamil muda saat tidur yang berubah, beberapa kondisi dan gejala di atas pun merupakan bagian dari perubahan yang akan Ibu Super alami. Oleh karena itu, Ibu Super wajib memperhatikan beberapa hal sebagai bagian dari kondisi Ibu Super yang berubah. Pertama, biasanya pada saat hamil 2 bulan, kondisi pendarahan pertama akan mempengaruhi sekitar 20 hingga 30 %.

Terjadinya pendarahan vagina berkisar dari penderahan ringan hinga pendarahan bewan. Penyebabnya bisa jadi karena kondisi sel telur yang telah dibuahi dan ditanam ke dalam rahim, yang menyebabkan pendarahan terjadi. Ibu Super juga harus memperhatikan betul kondisi ini, agar terhindar dari keguguran.

Betul memang terjadi perbedaan bentuk perut hamil 1 bulan saat duduk, namun kondisi dalam rahim penting untuk kesehatan janin itusendiri. Biasanya penyebab keguguran adalah masalah kromos dalam embrio dan juga masalah hormonal lainnya yang terjadi dan dialami ibu hamil.

BACA JUGA: Ampuh! 10 Cara Agar Cepat Hamil Setelah Menikah yang Sehat

Makanan yang baik dikonsumsi

Makanan yang baik dikonsumsi
alodokter

Setelah mengetahui dengan jelas apa perbedaan perut buncit dan hamil 1 bulan saat duduk, dan Ibu Super menyadari tengah masuk masa kehamilan, sudah wajib Ibu Super mulai memperhatikan makanan yang wajib dan yang tidak boleh dikonsumsi. Terdapat beberapa makanan yang wajib Ibu Super konsumsi, berikut daftarnya:

  • Buah dan sayuran: usahakan konsumsi 5 porsi buah dan sayuran setiap harinya
  • Karbohidrat: variasikan konsumsi karbohidrat, dengan kentang, roti dan pasti. Jangan melulu konsumsi nasi.
  • Protein hewani: daging tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan.
  • Makanan laut: baik untuk mengurangi kecemasan yang dialami

Selain makanan yang wajib dikonsumsi di atas, Ibu Super juga harus mulai menghindari makanan yang berbahaya untuk kehamilan, seperti mengkonsumsi daging mentah. Juga kebiasaan merokok dan konsumsi minuman alkohol harus mulai ditinggalkan demi keselamantan Ibu Super dan janin.

BACA JUGA: 18 Tanda Tanda Hamil Muda yang Penting Kamu Sadari

Vitamin yang wajib dikonsumi Ibu Hamil

bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk
hellosehat

Ibu Super juga harus mulai memperhatikan vitamin dan mineral yang wajib dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan janin serta menjaga kesehatan Ibu Super sendiri. Berikut rekomendasi vitamin dan mineral yang wajib Ibu Super konsumsi:

  • Asam folat: disarankan sebanyak 800 mcg setiap harinya.
  • Zat besi: dapat menambah hemoglobin, pasokan darah yang dibutuhkan saat hamil meningkat menjadi 50 persen.
  • DHA: wajib dikonsumsi karena penting untuk pertumbuhan fungsi otak bayi.
  • Vitamin B6: vitamin ini akan sangat bermanfaat untuk meringankan gejala mual yang Ibu Super alami selama masa kehamilan.

Sekian penjelasan terkait bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk, gejala dan ciri-cirinya, serta segala hal yang harus diperhatikan. Sebagaimana yang dijelaskan di atas, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi merupakan kewajiban Ibu Super agar senantiasa menjaga kesehatan janin dan kesehatan Ibu Super sendiri.

Ibu Super bisa mendapatkan berbagai makanan yang bergizi dan berkualitas tinggi dengan membelinya di Aplikasi Super.  Ibu Super bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, dan langsung cek kelengkapan bahan makanan bergizi dan sembako lainnya kebutuhan sehari-hari Sedulur. Selamat mencoba!