Ibu Super wajib menyimak ulasan terkait tanda tanda hamil muda di bawah ini. Terutama bagi yang tengah menantikan kehadiran bayi!

Bagi setiap ibu hamil, tanda tanda hamil muda yang dialami berbeda-beda. Ada yang lebih peka dan cepat menyadari perubahan yang terjadi sebagai salah satu gejala yang menunjukan kehamilan, ada yang tidak menyadarinya hingga kemudian merasakan perubahan yang mencolok.

Ibu Super yang baru mengalami kehamilan pertama, seringkali tidak mengetahui gejala atau tanda tanda hamil muda. Jangankan yang baru mengalami kehamilan pertama, yang telah hamil beberapa kali pun masih sering tidak menyadari tanda-tanda kehamilan.

Dalam kesempatan kali ini, akan ulas lengkap apa saja gejala yang menunjukan kehamilan, sebagai bahan persiapan bagi Ibu Super yang belum mengetahui gejala-gejalanya. Yuk, mari langsung saja kita lihat gejala dan tanda-tanda kehamilan di bawah ini!

-->

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Ternyata Ini Faktanya!

Tanda-Tanda Kehamilan yang Penting untuk Disadari

1. Sensitif Terhadap Bau

1. Sensitif Terhadap Bau
alodokter.com

Tanda tanda hamil muda yang pertama adalah sensitif terhadap bau bauan. Hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan hormon saat hamil yang dapat membuat indra penciuman menjadi lebih sensitif. Hasilnya, setiap indra penciuman dari wanita hamil akan merangsang untuk lebih mudah mual saat mencium aroma tertentu.

Seperti parfum, bumbu makanan, asap rokok dan juga minyak telon atau minyak kayu putih. Maka dari itu, Ibu Super harus berhati-hati terhadap bau bauan selama masa kehamilan. Dan, waspada jika Ibu Super sensitif terhadap bau, bisa saja Ibu Super mengalami kehamilan.

2. Nafsu Makan Berkurang

2. Nafsu Makan Berkurang
orami.co.id

Pada awal masa kehamilan yang belum diketahui, yaitu tanda-tanda hamil 1 bulan , Ibu Super akan kurang bernafsu saat makan. Tentu saja hilangnya nafsu makan juga disebabkan dengan perubahan hormon dan sensitivitas indra penciuman yang membuat setiap wanita hamil menjadi kehilangan nafsu makan. Untuk mengatasinya, Ibu Super bisa mengkonsumsi cemilan, biskuit atau roti gandung, untuk mengisi kekosongan perut karena jarang makan.

3. Konstipasi atau Sembelit

3. Konstipasi atau Sembelit
alodokter.com

Salah satu gejala atau tanda tanda hamil muda pada perut yaitu saat Ibu Super sering mengalami konstipasi atau sembelit. Hal tersebut disebabkan, karena pada saat hamil tanpa disadari pencernaan dari ibu hamil melambat. Dari sistem pencernaan yang lambat, bisa menyebabkan konstipasi dan sembelit. Karena perubahan hormon saat hamil sangat mempengaruhi kinerja sistem pencernaan juga.

4. Cepat Lelah

4. Cepat Lelah
alodokter.com

Ibu Super biasanya seringkali melakukan aktivitas yang melelahkan, meskipun tidak keluar rumah sama sekali. Namun, Ibu Super merasakan kelelahan yang luar biasa, bahkan ketika tidak melakukan kegiatan apapun. Cepat lelah juga merupakan salah satu tanda tanda hamil muda. Jika Ibu Super dalam beberapa hari ini seringkali merasakan lelah sangat cepat dalam melakukan kegiatan, bisa jadi Ibu Super sedang hamil.

Sama seperti tanda-tanda lainnya, cepat lelah yang dialami terjadi karena perubahan hormon. Karena, saat hamil, Ibu Super akan mengalami peningkatan kadar hormon progesteron, yang berdampak dengan peningkatan jumlah darah, detak jantung, dan metabolisme tubuh. Hal tersebut tentu saja dapat membuat Ibu Super cepat lelah.

Baca Juga: 15 Arti Mimpi Hamil, Apakah Pertanda Baik atau Buruk?

5. Intensitas Buang Air Kecil

5. Intensitas Buang Air Kecil
alodokter.com

Ibu Super juga akan sering bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil, ketika ini terjadi Ibu Super patut mewaspadainya sebagai tanda tanda hamil muda. Karena, ciri ciri hamil di masa-masa awal kehamilan yang Ibu Super tidak sadari adalah Ibu Super akan sering mengalami buang air kecil, terutama pada malam hari.

Hal ini juga tentu saja disebabkan oleh perubahan hormon dan bertambahnya jumlah cairan tubuh. Keinginan buang air kecil yang lebih sering disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kantung kemih.

6. Mual dan Muntah di Pagi Hari

6. Mual dan Muntah di Pagi Hari
tribunnews.com

Ibu Super kenal dengan istilah morning sickness? Gejala mual dan munta di pagi hari yang dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini merupakan salah satu tanda tanda hamil muda. Mual, muntah dan lemas-lemas di pagi hari akan Ibu Super alami, karena perubahan hormon yang menyebabkan Ibu Super lebih sensitif terhadap bau, dan juga merangsang Ibu Super untuk mual-mual di pagi hari.

Selain itu, Morning sickness juga bisa dilihat untuk mengetahui apakah sedang hamil anak perempuan atau laki-laki. Bawaan hamil bayi perempuan biasanya mengalami morning sickness yang parah, sedangkan hamil anak laki-laki sama sekali tidak mengalami morning sickness.

7. Detak Jantung

7. Detak Jantung
diadona.id

Selanjutnya, tanda tanda hamil muda yang mungkin tidak Ibu Super sadari adalah perubahan detak jantung. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon progesteron dalam tubuh Ibu Super yang meningkat, yang meningkatkan jumlah darah, tekanan darah dan juga meningkatnya detak jantung. Hal ini juga bisa membuat Ibu Super lebih cepat lelah.

Selain detak jantung Ibu Super, detak janin bayi juga akan bisa Ibu Super rasakan. Irama detak jantung kerap bisa dihubungkan jenis kelamin anak yang dikandung. Detak jantung janin di bawah 140 per menit menunjukan bahwa Ibu Super sedang hamil anak laki-laki, sementara detak jantung janin di atas 140 per menit menunjukan bahwa ibu hamil sedang hamil anak perempuan.

Terlepas dari fakta dan kebenaran dari jenis kelamin anak, detak jantung janin normalnya adalah 120 hingga 160 per menit. Di awal kehamilan, detak jantung bisa lebih tinggi (140 sampai 160 per menit) atau lebih rendah menuju persalinan (120 sampai 140 per menit).

8. Perubahan Pada Kulit dan Rambut

8. Perubahan Pada Kulit dan Rambut
orami.co.id

Perubahan kulit dan rambut yang Ibu Super alami juga merupakan salah satu tanda tanda hamil muda. Selain sebagai tanda-tanda kehamilan, perubahan kulit dan rambut juga bisa menunjukan perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan. Bagi beberapa orang percaya bahwa ibu hamil yang berjerawat sedang hamil anak perempuan. Sedangkan ibu hamil yang memiliki rambut berkilau dan rambut yang tumbuh subur, maka ibu hamil tersebut sedang mengandung bayi laki-laki.

Namun hal tersebut merupakan mitos belaka, namun perubahan kulit dan rambut akan Ibu Super alami sebagai bagian dari perubahan hormon saat mengalami kehamilan. Kuli dan rambut merupakan bagian dari tubuh yang akan mengalami perubahan mencolok, terutama jika perubahan terjadi berkaitan dengan hormon.

9. Ngidam

9. Ngidam
detik.com

Ngidam merupakan salah satu tanda tanda hamil muda yang telah diketahui. Jika Ibu Super sudah mengalami ngidam, maka hal tersebut merupakan tanda pasti hamil. Persoalan satu ini, dialami oleh Ibu Super karena adanya perubahan hormon. Sama dengan perubahan hormon yang meningkatkan sensitivitas hormon penciuman, mengidam hal-hal aneh juga demikian.

Ibu Super akan secara acak menginginkan hal-hal tidak lazim dan tidak normal, seperti makanan yang spesifik atau makanan yang ada di tempat yang sangat jauh atau yang keberadaannya sangat jarang. Jika sudah mengalami ngidam seperti ini, sudah pasti Ibu Super mengalami kehamilan.

10. Perubahan Bentuk Tubuh

10. Perubahan Bentuk Tubuh
bisnis.com

Perubahan bentuk tubuh mungkin bukan merupakan tanda tanda hamil muda, karena perubahan baru akan dialami setelah 3-4 bulan kehamilan. Ciri-ciri perut hamil dan perut buncit terlihat pada masa-masa awal kehamilan. Ibu Super jangan bersedih karena merasa gendutan dan gagal menjaga postur tubuh ideal, jangan salah kira, hal tersebut tentu saja karena Ibu Super hamil yang membuat postur tubuh berubah tentu saja.

Perubahan postur tubuh terjadi karena hormon yang meningkat, pertumbuhan janin yang berkembang setiap harinya, dan juga salah satunya adalah penyesuaian kondisi berat badan dengan adanya kehamilan. Adanya penyesuaian tersebut, salah satu wujudnya adalah dengan perubahan dari postur tubuh itu sendiri.

11. Perubahan Mood

11. Perubahan Mood
suara.com

Perubahan mood yang terjadi pada Ibu Super biasanya dialami sebagai tanda awal kehamilan sebelum telat haid. Ibu hamil yang sangat sensitif dan mudah sekali tersinggung, depresi, atau marah, dipercaya tengah hamil anak perempuan. Sebaliknya, ibu hamil yang tidak mengalami perubahan suasana hati kemungkinan sedang hamil anak laki-laki. Perubahan mood ibu hamil sebenarnya tidak terkait dengan jenis kelamin anak.

Karena, faktanya, perubahan suasana hati bisa disebabkan faktor hormonal yang sangat lumrah dialami ibu hamil. Salah satu ciri-ciri hamil tanpa mual adalah perubahan suasana hati yang akan Ibu Super alami. Kondisi ini juga berkaitan dengan sensitivitas terhadap bau bauan, seringkali menginginkan hal-hal yang aneh atau ngidam, berkurangnya nafsu makan dan lain sebagainya. Karena hal ini berkaitan dengan kondisi mentalitas yang dialami pada masa kehamilan.

12. Warna Urine yang Berubah

12. Waran Urine yang Berubah
medkomtek.com

Salah satu ciri ciri hamil yang mungkin saja tidak Ibu Super alami adalah perubahan warna urine atau air seni. Selain Ibu Super akan sering mengalami buang air kecil di tengah malam. Hal ini disebabkan oleh hormon yang meningkat. Warna urine gelap menunjukan bahwa Ibu Super mengalami dehidrasi, mual-mual, dan juga muntah.

Selain itu, perubahan warna urine sangat bergantung pada konsumsi makanan, obat-obatan, dan suplemen. Terutama yang terkait dengan konsumsi makanan selama kehamilan.

13. Ukuran Payudara Berubah

13. Ukuran Payudara Berubah
orami.co.id

Salah satu ciri ciri hamil yang jelas adalah ukuran payudara Ibu Super yang berubah. Perubahan ukuran payudara disebabkan oleh perubahan hormon selama hamil. Selain itu, ukuran payudara yang membesar juga merupakan persiapan suplai ASI ketika bayi lahir nantinya.

Namun, perubahan ukuran payudara juga berubah seiring dengan perubahan postur tubuh karena kehamilan yang dialami. Baru ketika mendekati masa kelahiran, ketika usia kandungan telah mendekati masa Hari Perkiraan Lahir (HPL), payudara akan bertambah besar ukurannya, sebagai persiapan suplai ASI bagi sang buah hati yang baru lahir.

14. Suku Kaki Berubah

14. Suku Kaki Berubah
popmama.com

Salah satu contoh hamil tanpa gejala bisa Ibu Super lihat dari kondisi suhu kaki Ibu Super yang berubah. Ciri ciri hamil selanjutnya adalah perubahan suhu tubuh yang sangat signifikan di beberapa bagian tubuh, hal ini juga disebabkan oleh perubahan hormon yang dialami oleh Ibu Super saat hamil. Ada juga mitos yang mempercayai perubahan suhu tubuh, terutama bagian kaki yang dikaitkan dengan ciri-ciri hamil bayi perempuan atau laki-laki.

Perubahan suhu kaki merupakan bagian dari kondisi yang dialami oleh setiap ibu hamil. Pada saat hamil, tubuh mengalami banyak perubahan dan melakukan penyesuaian. Hal ini dilakukan secara otomatis oleh tubuh, untuk menyesuaikan dengan kondisi kehamilan. Salah satu kondisi yang berubah dan bisa dirasakan langsung adalah perubahan suhu kaki pada ibu hamil.

15. Berat Badan Bertambah

15. Berat Badan Bertambah
merdeka.com

Ciri ciri hamil terakhir adalah berat badan bertambah, tentu saja karena Ibu Super mengandung janin yang terdapat dalam kandungan Ibu Super. Berat badan akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya janin. Konon, berat badan yang bertambah juga bisa dijadikan untuk melihat apakah Ibu Super mengandung bayi laki-laki atau perempuan.

Hamil anak laki-laki penambahan berat badan hanya akan berfokus di bagian perut saja. Namun hamil anak perempuan sedikit berbeda, penambahan berat badan terjadi secara merata ke seluruh tubuh, bukan hanya bagian perut saja. Perubahan berat badan merupakan tanda-tanda hamil minggu pertama, ketika pertumbuhan janin sedang ada di tahap awal. Walaupun postur tubuh belum terlihat mengalami banyak perubahan di minggu-minggu awal.

16. Terlambat Menstruasi

16. Terlambat Menstruasi
halodoc.com

Terlambat menstruasi merupakan tanda tanda hamil muda yang telah diketahui oleh banyak ibu, terutama Ibu Super yang pasti telah mengetahui hal ini. Umumnya, jika Ibu Super mengalami keterlambatan haid terutama setelah berhubungan seks, hal tersebut menunjukan adanya gejala kehamilan. Karena proses pembuahan terbukti berhasil, oleh karena itu menstruasi tidak terjadi.

17. Keluar Flek dari Vagina

8. Akan Mendapatkan Keberuntungan
riaurealita.com

Berbeda dengan flek atau bercak darah yang keluar saat menstruasi, bercak darah yang keluar sebagai tanda tanda hamil muda dikenal dengan istilah pendarahan implantasi. Flek muncul diakibatkan efek embrio yang berhasil tertanam pada dinding rahim. Saat embrio menempel pada dinding rahim, dinding rahim terkikis dan menyebabkan keluarnya bercak darah. Bercak darah yang keluar juga biasanya dibarengi dengan perut yang seringkali merasa kram.

18. Perut Sering Merasa Kram

18. Perut Sering Merasa Kram
halodoc.com

Salah satu tanda tanda hamil muda yang jarang Ibu Super sadari adalah bagian perut yang seringkali mengalami kram. Kram perut terjadi disebabkan proses implantasi embrio di dalam rahim. Kram perut biasanya terjadi bersamaan dengan keluarnya flek atau bercak darah dari vagina, yang telah dijelaskan di atas.

Namun, Ibu Super perlu cermat membedakan kram perut akibat menstruasi dan kram perut yang menunjukan kehamilan. Ibu Super tinggal memperhatikan intensitas kram yang terjadi, beserta dengan lokasi kram. Jika kram terjadi lebih jarang dan berjangka waktu, dan terjadi di bagian yang tidak biasa, Ibu Super patut mewaspadai bisa saja hal tersebut merupakan gejala kehamilan.

Semoga penjelasan mengenai tanda tanda hamil muda  yang telah dijelaskan di atas bisa menambah pengetahuan Ibu Super yang menanti kehamilan atau bahkan sedang hamil, namun belum mengetahuinya. Jangan lupa juga untuk menjaga kondisi kesehatan Ibu Super selama kehamilan. Dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi.

Ibu Super bisa mendapatkan berbagai makanan yang bergizi dan berkualitas tinggi dengan membelinya di Aplikasi Super.  Ibu Super bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, dan langsung cek kelengkapan bahan makanan bergizi dan sembako lainnya kebutuhan sehari-hari Sedulur. Selamat mencoba!