Tanda-Tanda Hamil Muda, Sudah tahu?

Satu-satunya cara untuk memastikan hamil tidaknya seseorang, adalah dengan melakukan tes kehamilan. Namun sebelum melakukan tes kehamilan, ada beberapa tanda-tanda hamil muda kehamilan yang biasanya sering terjadi. Selama trisemester pertama, terjadi perubahan hormon pada wanita hamil dan inilah yang menimbulkan sejumlah gejala.

Mungkin menurut kebanyakan orang pada umunya, tanda-tanda hamil muda itu seperti telat haid dan juga morning sickness. Namun nyatanya, ada banyak tanda-tanda hamil muda yang tidak semua orang mengalaminya. Jadi, mungkin saja Sedulur mengalami tanda tanda hamil yang tidak disadari seperti berikut ini.

1. Mood Swing

tanda-tanda hamil muda
Unsplash

Mood swing perubahan suasana hati ini menjadi tanda-tanda hamil muda yang jarang diketahui oleh orang-orang secara umum. Ya, sebenarnya mood swing sendiri juga sering terjadi pada wanita yang sedang datang bulan.

Namun jika sudah telat datang bulan dan terjadi mood swing, kemungkinan Sedulur sedang hamil. Mood swing ini menjadi tanda tanda hamil 3 hari atau maksimal minggu pertama masa kehamilan. Perasaan wanita akan lebih emosional jika dibandingkan pada saat sebelum hamil.

BACA JUGA: Ikut Program Hamil? Ajak Pasanganmu Lakukan Hal ini!

2. Perut Kembung

tanda-tanda hamil muda
Unsplash

Untuk tanda-tanda hamil muda pada perut, yakni perut terasa kembung. Perut kembung ini bisa terjadi karena wanita hamil akan memproduksi hormon progesteron cukup banyak. Karena efek relaksasi yang berlebih, maka gerakan dalam sistem pencernaan jadi lebih lambat.

3. Pusing

source: www.pexels.com

Tanda-tanda hamil muda yang ketiga adalah pusing kepala. Pembuluh darah wanita akan melebar untuk mengirimkan banyak darah ke rahim, sehingga menyebabkan tekanan darah menurun dan kepala terasa pusing.

Selain itu, pusing pada ibu hamil ini juga bisa terjadi karena kadar gula darah rendah, stres tinggi, hingga kelelahan. Untuk mengatasinya Sedulur bisa menjaga pola makan, dan juga menghindari berbagai aktivitas yang menyebabkan stres.

4. Rasa aneh di mulut

Menurut para ahli, terjadi perubahan hormon yang menjadi penyebab kondisi dysgeusia pada beberapa wanita hamil. Untuk wanita-wanita hamil yang mengalami hal ini, mereka mengeluh adanya rasa aneh di mulut seperti air liur yang banyak keluar dan rasanya seperti kandungan logam.

5. Timbul Jerawat

source: www.pexels.com

Bagi Sedulur yang tiba-tiba mengalami jerawat ekstrim, mungkin saja itu adalah tanda-tanda hamil muda. Selama periode kehamilan, kondisi beberapa wanita berjerawat biasanya akan memburuk. Akan muncul jerawat dalam jangka waktu dekat, dan bahkan di tempat yang tidak seharusnya.

Untuk mengatasi permasalahan jerawat dalam masa kehamilan, Sedulur bisa rutin mencuci muka sehari dua kali dengan air hangat dan pembersih ringan. Selain itu, jangan pernah memencet jerawat untuk mengurangi resiko bekas luka yang ditimbulkan.

BACA JUGA: Ampuh! 10 Cara Agar Cepat Hamil Setelah Menikah yang Sehat

6. Sesak Nafas

Unsplash

Hormon progesteron yang meningkat secara signifikan di beberapa minggu pertama kehamilan, biasanya akan membuat wanita hamil lebih sering bernafas dari biasanya. Nah, hal itulah yang membuat seolah-olah mereka sesak nafas. Sesak nafas sendiri, menggambarkan kondisi tidak mampu memperoleh udara ke paru-paru yang cukup pada saat bernafas secara normal.

7. Kram & Bercak

Unsplash

Tanda tanda hamil muda 1 hari, biasanya keluar bercak darah dari bagian vital dan perut terasa kram. Bisa dikatakan jika pendarahan implantasi ini adalah tanda dari awal kehamilan. Rasa kram dan munculnya bercak tersebut, akan terus terjadi hingga minggu ke-4.

Mungkin pada awalnya Sedulur akan mengira jika ini adalah awal masa menstruasi. Namun perhatikan bercak dan darahnya, untuk bercak dan darah tanda kehamilan berbentuk semacam flek. Tidak perlu khawatir, karena ini biasa terjadi dan tidak perlu pengobatan.

8. Sembelit

SehatQ

Sembelit pada wanita hamil ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormon selama masa kehamilan. Kinerja dari usus menjadi lebih rileks karena tingkat progesteron yang tinggi. Hingga akhirnya, hal ini menyebabkan sembelit atau susah buang air besar “BAB”.

9. Gusi Berdarah

Selama masa awal kehamilan, hormon estrogen akan berpengaruh pada peningkatan darah menuju ke rongga mulut. Pasokan darah ke mulut secara berlebih ini, nantinya akan menyebabkan gusi jadi lebih renggang dengan gigi.

Dalam kondisi semacam ini, gusi menjadi sangat mudah berdarah karena gesture mulut yang salah pada saat menggosok gigi dan makan. Untuk mengantisipasi masalah ini, ibu hamil disarankan untuk tidak memakan makanan yang terlalu keras dan lebih berhati-hati saat menyikat gigi.

BACA JUGA: Ini Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Berikut Faktanya!

10. Sering Kencing

Unsplash

Mungkin masih banyak yang tidak sadar jika sering kencing merupakan salah satu tanda-tanda hamil muda  pada seorang wanita. Biasanya gejala yang satu ini terjadi pada awal minggu ke-6 hingga minggi ke-8. Perubahan hormon pada wanita hamil, membuat kandung kemihnya lebih sensitif dan sulit menahan air kencing keluar.

11. Rambut Rontok

source: www.pixabay.com

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, salah satu tanda tanda hamil muda yang umum terjadi adalah rambut rontok. Hampir 50% wanita hamil mengalami permasalahan yang satu ini. Rambut rontok ketika hamil ini terjadi karena adanya perubahan hormon dan gizi yang tidak terpenuhi dengan baik.

Sedulur mungkin sering dengar orang-orang mempertanyakan tanda-tanda hamil di luar nikah. Akan tetapi, tidak ada tanda khusus dari kehamilan di luar pernikahan. Karena itu, pertanyaan ini sia-sia saja jika diutarakan. Jadi bagi Sedulur yang mengalami beberapa tanda-tanda di atas, langsung saja cek kehamilan dengan alat maupun ke dokter. Apabila terbukti hamil, maka sambut kehadiran si buah hati dengan terus menjaga kehamilan Sedulur.

Selain menjaga kesehatan dan kebersihan, atur juga pola makan dan juga nutrisi yang diperlukan agar nantinya si jabang bayi bisa hadir di dunia ini dengan sehat. Untuk memenuhi setiap gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, Saudara bisa berbelanja sayur dan buah-buahan bergizi di Aplikasi Super.