Kehamilan adalah hal yang dinantikan sebagian pasangan di dunia. Terutama pasangan-pasangan yang sudah mantap merencanakan kehadiran anggota keluarga baru. Saat hari itu akhirnya datang, sebagian perempuan bisa merasakan perbedaan pada tubuhnya. Namun, tak sedikit yang melewatkan ciri ciri hamil di periode-periode awal. 

Hal ini tentu berbahaya untuk usia janin yang masih muda atau rentan. Tak jarang yang akhirnya mengalami keguguran di awal kehamilan, utamanya di kehamilan pertama. Untuk itu, Sedulur perlu tahu beberapa ciri-ciri hamil muda berikut ini. 

BACA JUGA: Ini Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Berikut Faktanya!

1. Terlambat menstruasi 

ciri ciri hamil
instagram.com/niceladyalbania

Jika siklus menstruasi Sedulur termasuk teratur, mengalami keterlambatan bisa jadi tanda awal kehamilan. Namun, itu bukan satu-satunya patokan. Beberapa orang memiliki siklus menstruasi yang lebih lama dari lainnya dan bisa mengakibatkan keterlambatan datang bulan. 

2. Munculnya flek atau bercak darah

ciri ciri hamil
instagram.com/enyawomen

 Sebaliknya, sebagian orang yang hamil bisa saja masih menemukan bercak atau flek darah di masa-masa menstruasi tersebut atau sekitar 10-14 hari setelah pembuahan berhasil. Namun, berbeda dengan menstruasi, jumlah darah yang keluar sangat sedikit. Ini dikenal dengan istilah pendarahan akibat proses implantasi, yaitu proses menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim. Walau tidak semua perempuan akan mengalaminya, ini bisa jadi ciri ciri hamil 2 minggu. 

3. Hamil muda memicu kelelahan 

ciri ciri hamil
instagram.com/unsplash

Bila Sedulur tak bisa menjadikan tanggal menstruasi sebagai patokan karena ketidakteraturan siklus menstruasi atau sebab lainnya, kelelahan bisa jadi ciri-ciri hamil sebelum telat haid yang paling sering dirasakan. Fenomena ini disebabkan naiknya kadar hormon progesteron dalam tubuh yang mengakibatkan kantuk.  

BACA JUGA: 8 Manfaat Kurma Muda yang Baik untuk Program Hamil

4. Rasa sakit dan bengkak pada bagian payudara

ciri ciri hamil
instagram.com/cadenshae

Rasa sakit dan tak nyaman di payudara adalah ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama. Hampir sama dengan tanda-tanda akan menstruasi, payudara Sedulur bisa saja mengalami pembengkakan dan rasa sakit bahkan tanpa disentuh sekalipun. Ini disebabkan oleh perubahan hormon. Biasanya rasa sakit ini akan berlangsung selama beberapa minggu dan akan reda dengan sendirinya. 

5. Frekuensi buang air kecil meningkat

ciri ciri hamil
unsplash.com

Tanda lainnya adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Hal ini disebabkan bertambahnya kadar darah dalam tubuh saat seseorang hamil. Dengan kenaikan tersebut, ginjal akan bekerja ekstra dan membuat tubuh lebih sering mengeluarkan cairan dalam bentuk urin. 

6. Mual dan tak enak badan 

ciri ciri hamil
unsplash.com

Ciri-ciri orang hamil yang paling umum adalah perasaan mual dan tak enak badan. Gejala ini biasanya terjadi di usia kehamilan 4-6 minggu. Tingkat keparahannya pun bisa berbeda-beda tiap individu. Ada yang ringan, hanya mual tanpa muntah. Ada pula yang tidak merasakan mual dan pusing sama sekali, sampai muntah dan mual yang sangat parah atau dikenal pula dengan istilah hyperemesis gravidarum. Keadaan ini umumnya diiringi dengan dehidrasi dan tekanan darah rendah. Penyebabnya sendiri lebih ke genetik, jadi jika kerabat langsung Sedulur pernah mengalaminya di masa kehamilan, ada kemungkinan kamu pun akan mengalami hal serupa. 

7. Perut kembung dan sembelit

ciri hamil
unsplash.com

Sebenarnya banyak tanda kehamilan awal yang mirip dengan gejala pra menstruasi. Salah satunya perut kembung hingga konstipasi atau sembelit. Faktor penyebabnya masih karena perubahan hormon yang mempengaruhi metabolisme. . 

8. Rasa aneh pada indera perasa dan penciuman

ciri hamil
unsplash.com

Hamil muda biasanya menimbulkan perubahan dan rasa aneh di indera perasa dan penciuman seseorang. Di bagian lidah dan mulut, kamu mungkin akan merasakan rasa asam hingga rasa mirip logam. Kondisi ini dikenal dengan nama dysgeusia. Kondisi ini sering membuat ibu hamil kehilangan selera makan atau jadi suka sekaligus anti pada makanan-makanan tertentu. 

Selain di bagian mulut, rasa sensitif juga muncul di area hidung. Sedulur bisa jadi sensitif pada bau-bau menyengat, termasuk wewangian dan mengakibatkan rasa mual atau tak nyaman lainnya. 

BACA JUGA: Ini 11 Tanda-Tanda Hamil Muda yang Penting Untuk Diketahui

9. Kram di perut 

unsplash.com

Sama seperti saat akan menstruasi, rasa sakit atau kram di bagian sekitar rahim bisa datang pada perempuan yang hamil muda. Kram ini dipicu pertumbuhan janin yang tentunya membuat otot-otot ikut berkontraksi dan melebar. 

10. Mood swing 

unsplash.com

Lagi-lagi karena perubahan hormon, ibu hamil sangat rentan mengalami mood swing atau perubahan perasaan yang drastis dan tiba-tiba. Biasanya, ia jadi lebih sensitif, mudah menangis dan bersedih. Ini gejala yang sangat umum dirasakan. 

11. Pilek dan hidung tersumbat 

unsplash.com

Peningkatan hormon tertentu disertai naiknya jumlah darah menyebabkan membran lendir pada hidung membengkak dan lebih aktif. Ini membuatnya memproduksi lebih banyak ingus yang menyumbat atau menimbulkan gejala-gejala pilek. 

12. Mengalami vaginal discharge atau keputihan 

unsplash.com

Keputihan sebenarnya adalah hal yang normal terjadi sejak perempuan memasuki usia pubertas. Keputihan itu dianggap sehat dan normal asalkan ia berwarna bening atau putih susu dan tidak beraroma. Cairan ini akan keluar lebih banyak saat menjelang menstruasi dan saat masa awal kehamilan. Ini tanda bahwa tubuhmu mulai mempersiapkan diri untuk proses melahirkan. Bahkan jumlahnya bisa bertambah di masa akhir kehamilan alias menjelang lahiran.

Sedulur tidak perlu khawatir dengan keputihan selama ia memenuhi ciri di atas. Namun, bila keputihan sudah mulai berwarna kuning kehijauan, berbau tak sedap,dan disertai rasa gatal, ada baiknya Sedulur berkonsultasi ke dokter spesialis. 

Tanda-tanda di atas hanya awalan, ya  Sedulur. Untuk mengonfirmasi kehamilan, kamu tetap disarankan melakukan tes dengan alat yang terpercaya. Bahkan alat tes kehamilan pun bisa melakukan kesalahan. Jadi, untuk dapat jawaban pasti pergi ke dokter kandungan yang Sedulur percaya adalah hal paling tepat. Akan ada tes-tes berkenaan hormon yang hanya ada di tubuh ibu hamil dan hasilnya akan akurat betul. 

Jika sudah terkonfirmasi hamil, Sedulur wajib menaati beberapa saran dokter demi kesehatan si cabang bayi. Kurangi aktivitas yang menguras tenaga. Serahkan tugas belanja kebutuhan sehari-hari Sedulur pada Aplikasi Super saja. Dijamin akurat harganya dan mudah prosesnya