Cara cerdaskan bayi sejak dalam kandungan

Perkembangan otak janin merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan selama masa kehamilan. Hal ini dimaksudkan agar kelak ia dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas. Kabar baiknya, ada sejumlah kebiasaan yang ternyata dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan otak bayi sehingga menjadi cerdas sejak dalam kandungan.

Ingin tahu kebiasaan apa saja yang baik untuk perkembangan otak si kecil? Berikut sudah dirangkum cara dan tips agar bayi cerdas sejak dalam kandungan yang dapat Sedulur simak. Baca penjelasannya sampai habis, ya, Sedulur!

BACA JUGA: 8 Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil Baik Bagi Kesehatan

Ciri bayi cerdas dalam kandungan

bayi cerdas dalam kandungan
iStock

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara dan tips agar bayi cerdas sejak dalam kandungan, tak ada salahnya Sedulur menyimak informasi tentang beberapa ciri atau tanda janin cerdas. Berbagai ciri-ciri berikut ini sekaligus menunjukkan bahwa otak janin berkembang dengan baik.

  • Dapat memberikan respon dengan baik terhadap interaksi yang diberikan, baik itu berupa sentuhan, cahaya, ataupun suara. Respon ini biasanya mulai ditunjukkan saat kehamilan memasuki trisemester kedua.
  • Pertumbuhan dan perkembangan janin berjalan baik. Salah satunya ditandai dengan ukuran dan berat badan bayi yang berkembang sesuai dengan usianya.
  • Bayi di dalam kandungan dapat mengenali suara ibu. Hal ini bisa dilihat misalnya saat ibu menyanyikan lagu, ia akan menjadi tenang.
  • Si kecil aktif bergerak. Selain menjadi tenang saat dinyanyikan ibu, tanda bayi cerdas dalam kandungan adalah bergerak aktif. Kondisi ini terutama bisa dirasakan saat ibu kenyang setelah makan ataupun ketika berbaring.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Anti Mual Terbaik 2023

Tips agar bayi cerdas dalam kandungan

Seperti yang disampaikan sebelumnya, ada sejumlah kebiasaan yang dapat memberikan dampak baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan. Beberapa hal di antaranya juga bisa Sedulur lakukan sejak sebelum hamil atau ketika mulai menjalankan program kehamilan.

1. Mengkonsumsi makanan bergizi

bayi cerdas dalam kandungan
iStock

Cara atau tips pertama agar bayi cerdas sejak dalam kandungan adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi. Dengan kata lain, Sedulur perlu memenuhi kebutuhan nutrisi janin, terutama yang diperlukan untuk mendukung perkembangan otak janin. Berikut beberapa kandungan nutrisi yang dapat bermanfaatkan untuk mencerdaskan otak bayi sejak dalam kandungan.

  • Asam lemak omega 3, berfungsi dalam pembentukan badan sfingomielin sebagai komponen struktur sel saraf. Selain itu juga berperan penting untuk perkembangan otak besar, otak kecil, batang otak, dan retina bayi.
  • Asam folat, berfungsi untuk pembentukan sumsum tulang belakang, otak, dan tulang tengkorak.
  • Kolin, berperan penting dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang serta membantu pembentukan neurotransmitter asetilkolin otak.
  • Zat besi, berguna untuk memproduksi hemoglobin yang membawa oksigen melalui sel darah merah untuk diberikan ke bayi di dalam kandungan.

2. Mencukupi kebutuhan vitamin D dengan berjemur

bayi cerdas dalam kandungan
iStock

Zat nutrisi lain yang juga dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak janin adalah vitamin D. Zat satu ini berfungsi untuk mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam darah serta berperan dalam pembentukan tulang dan sistem organ tubuh lain, termasuk otak.

Kabar baiknya, bagi Sedulur yang tinggal di negara dengan sinar matahari di sepanjang tahun seperti Indonesia tidak perlu menambahkan suplemen untuk mencukupi kebutuhan vitamin D. Sebab, Sedulur bisa memperolehnya dari paparan sinar matahari dengan cara berjemur atau berjalan-jalan selama 10-15 menit setiap pagi.

BACA JUGA: 15 Jenis Vitamin Ibu Hamil Terbaik yang Aman Dikonsumsi

3. Berolahraga secara rutin

iStock

Rutin berolahraga ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Melainkan juga dapat memberikan dampak baik untuk perkembangan otak janin. Hal ini dikarenakan olahraga bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh ibu, termasuk rahim yang kemudian merangsang perkembangan janin.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa jenis olahraga yang dilakukan sebaiknya disesuaikan dengan kondisi ibu hamil. Sedulur tentu tidak dianjurkan melakukan olahraga berat yang dapat berisiko. Cukup lakukan olahraga ringan, seperti jalan-jalan, jogging, yoga, atau berenang dengan intensitas dengan durasi yang cukup. Agar olahraga dapat dijalankan secara aman, Sedulur juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait olahraga yang dianjurkan maupun yang perlu dihindari.

4. Memberikan stimulasi kepada bayi

iStock

Memberikan stimulasi kepada bayi ternyata juga dapat merangsang perkembangan otak sehingga menjadi cerdas sejak dalam kandungan. Stimulasi yang dimaksud di sini bisa berupa sentuhan seperti mengusap perut ataupun suara dengan cara mengajaknya berkomunikasi. Selain itu Sedulur juga bisa membacakan cerita atau memutarkan alunan musik yang menenangkan, seperti musik klasik dan jazz.

Meski hanya memberikan respon sederhana, bayi dalam kandungan ternyata sudah bisa membedakan suara yang didengarnya, termasuk suara sang ibu. Selain itu komunikasi yang terjalin antara ibu dengan janin juga dapat bermanfaat untuk melatih kemampuan berbahasanya setelah lahir nanti.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Camilan untuk Ibu Hamil yang Enak dan Sehat!

5. Menghindari stres

iStock

Memutar musik klasik maupun genre musik lain yang menenangkan tidak hanya bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak bayi. Akan tetapi juga bisa memberikan ketenangan bagi ibu sehingga menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres.

Perlu diketahui bahwa kondisi ibu hamil yang stres bisa memberikan dampak kurang baik untuk janin di dalam kandungan. Termasuk di antaranya ialah terjadi kelainan dalam pembentukan otak si kecil dan berat badan bayi yang cenderung rendah. Hal ini tidak lain dipengaruhi oleh penurunan aliran darah ke rahim yang mana berguna untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi bayi.

6. Menghindari zat-zat berbahaya

iStock

Tips terakhir agar bayi tumbuh cerdas sejak dalam kandungan adalah menghindari paparan zat-zat yang berbahaya. Di antaranya adalah asap rokok serta zat kimia ataupun radiasi lain yang berpotensi membahayakan kesehatan ibu maupun janin yang dikandung.

Di sisi lain, ibu hamil juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tidak ada batas jumlah konsumsi, jenis, maupun waktu konsumsi minuman alkohol yang dapat menghindarkan risiko kepada ibu maupun janin. Dengan kata lain, sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi minuman tersebut selama masa kehamilan. Sedulur bisa memilih aneka bahan makanan maupun minuman yang sehat serta kaya akan nutrisi sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil maupun janin di dalam kandungan.

Itu dia rangkuman informasi mengenai cara dan tips agar bayi cerdas sejak dalam kandungan untuk menambah wawasan Sedulur. Jangan lupa, Sedulur dapat berkonsultasi dengan dokter agar otak si kecil berkembang secara sempurna.

Selain memperhatikan perkembangan otak anak, Sedulur juga perlu melengkapi kebutuhan setelah kelahirannya. Mulai dari memberikan nutrisi yang cukup hingga menyediakan aneka produk perlengkapan untuk keperluan perawatan si kecil, seperti peralatan mandi dan popok.

Kabar baiknya, Sedulur bisa mendapatkan aneka produk tersebut dengan harga terjangkau hanya di Aplikasi Super. Tak hanya menawarkan produk perlengkapan bayi dan anak dengan harga murah, Aplikasi Super juga memiliki layanan pengiriman gratis ongkir yang tentu akan semakin memudahkan Sedulur dalam berbelanja. Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan lengkapi kebutuhan si kecil tanpa perlu repot keluar rumah!