parfume bayi

Tahukah Sedulur? Ikan gabus ternyata memiliki banyak manfaat buat ibu hamil. Ikan gabus sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang banyak diolah menjadi hidangan lezat. Selain memiliki tekstur dan cita rasa yang lezat, ikan gabus juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk ibu hamil dan janin.

Lantas, apa saja manfaat ikan gabus buat ibu hamil? serta bagaimana cara mengolah ikan gabus sendiri di rumah? Tanpa berlama-lama, yuk, langsung disimak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 15 Jenis Vitamin Ibu Hamil Terbaik yang Aman Dikonsumsi

Mengenal ikan gabus

manfaat ikan gabus buat ibu hamil
Detikcom

Ikan gabus adalah ikan air tawar yang banyak ditemukan di Indonesia dan kerap diolah menjadi beragam hidangan lezat. Ikan predator ini memiliki nama latin Channa striata.

Ikan gabus juga dikenal dengan banyak nama dari berbagai daerah, misalnya ikan dolak di Kalimantan Barat, ikan bocek di Riau, ikan bogo dalam bahasa Sunda, serta ikan kutuk dalam bahasa Jawa. Sementara dalam bahasa Inggris, ikan gabus biasa disebut sebagai snakehead karena memiliki bentuk kepala agak gepeng seperti ular dan memiliki sisik.

Kandungan nutrisi ikan gabus

Terlepas dari bentuknya yang menyeramkan dan sifatnya sebagai ikan predator yang memangsa ikan maupun binatang kecil lain di habitat aslinya, ikan gabus ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Berikut kandungan nutrisi ikan gabus segar (per 100 gram) menurut Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI) Kemenkes.

  • Air = 76,9 gram
  • Kalori = 80 kkal
  • Protein = 16,2 gram
  • Lemak = 0,5 gram
  • Karbohidrat = 2,6 gram
  • Serat = 0,0 gram
  • Abu = 1,1 gram
  • Kalsium = 170 miligram
  • Fosfor = 139 miligram
  • Besi = 0,1 miligram
  • Natrium = 65 miligram
  • Kalium = 254 miligram
  • Tembaga = 0,30 miligram
  • Seng = 0,4 miligram
  • Retinol (Vitamin A) = 335 mikrogram
  • Thiamin (Vitamin B1) = 0,4 miligram
  • Riboflavin (Vitamin B2) = 0,2 miligram
  • Niacin (Vitamin B3) = 0,1 miligram

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Beserta Resepnya

Manfaat ikan gabus buat ibu hamil

Dilansir laman Hello Sehat, ikan gabus disebut memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi daripada jenis ikan konsumsi lainnya. Sebagai contoh, ikan gabus memiliki kandungan protein sekitar 25,5 persen. Jumlah tersebut lebih tinggi daripada kadar protein ikan lain, seperti ikan mas (16 persen), ikan bandeng (20 persen), ikan kakap (20 persen), dan ikan sarden (21,2 persen).

Ikan gabus juga terkenal akan kandungan albumin. Sekadar diketahui, albumin adalah protein yang diproduksi oleh organ hati yang berfungsi menjaga cairan dalam darah sehingga tidak bocor ke jaringan lain. Albumin juga membantu membawa berbagai zat ke seluruh tubuh.

Bagi ibu hamil, albumin diperlukan untuk mencegah risiko preeklampsia atau peningkatan tekanan darah dan kelebihan protein dalam urine. Kondisi ini dapat terjadi pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu.

Selain itu masih ada beragam manfaat lain dari ikan gabus buat ibu hamil. Berikut rangkuman selengkapnya, sebagaimana telah dihimpun dari berbagai sumber.

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil

manfaat ikan gabus buat ibu hamil
iStock

Manfaat ikan gabus buat ibu hamil yang pertama adalah membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus mencegah risiko kurang gizi. Seperti diketahui, menjaga keseimbangan gizi bukanlah hal yang mudah. Apalagi makanan yang dikonsumsi ibu hamil dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin di dalam kandungan.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti ikan gabus. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ikan gabus kaya akan zat gizi yang baik untuk tubuh, tak terkecuali buat ibu hamil. Oleh karenanya, ikan gabus bisa jadi pilihan bahan pangan terbaik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

2. Meningkatkan imun dan kadar hemoglobin

manfaat ikan gabus buat ibu hamil
iStock

Manfaat berikutnya adalah mampu meningkatkan imun atau kekebalan tubuh dan kadar hemoglobin buat ibu hamil. Menjaga kekebalan tubuh saat hamil menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Dengan begitu, ibu hamil tidak mudah terkena penyakit yang juga bisa berdampak pada perkembangan janin.

Adapun manfaat ini diperoleh dari adanya albumin dalam ikan gabus. Albumin diketahui memiliki fungsi untuk membantu pembentukan sel darah putih yang penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, albumin juga berperan untuk meningkatkan kadar hemoglobin sehingga terhindar dari risiko badan lesu yang dapat berdampak pada bayi lahir prematur.

3. Mengurangi risiko pembengkakan

manfaat ikan gabus buat ibu hamil
iStock

Dalam fase kehamilan, seorang ibu akan mengalami perubahan fisik yang dipengaruhi oleh perubahan hormon. Perubahan ini dipengaruhi oleh meningkatkan kadar jumlah darah dalam tubuh sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan yang dalam dunia medis biasa disebut edema.

Dalam hal ini, protein albumin yang terkandung dalam ikan gabus bermanfaat untuk mencegah pembengkakan tersebut. Sebab, protein albumin berperan mengikat darah sehingga tidak terjadi pengendapan yang bisa menyebabkan edema atau pembengkakan tersebut. Sehingga dengan mengkonsumsi ikan gabus, ibu hamil bisa terhindar dari risiko atau mengatasi pembengkakan tersebut.

4. Menambah berat badan

iStock

Pada fase kehamilan, kesehatan ibu hamil penting untuk diperhatikan. Termasuk dengan rutin melakukan pengecekan berat badan. Dalam kasus tertentu, dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi protein hewani dalam rangka menambah berat badan. Hal itu dimaksudkan agar ibu memiliki berat badan yang sesuai dengan usia kandungan sehingga terhindar dari risiko bayi lahir prematur.

Salah satu makanan sumber protein hewani yang bisa Sedulur konsumsi untuk menambah berat badan adalah ikan gabus. Sebab, ikan gabus mengandung albumin, lemak, karbohidrat, dan serat. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk menambah berat badan di sambil menjaga kesehatan pencernaan.

BACA JUGA: Agar Lebih Tepat, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan

5. Mendukung perkembangan otak janin

manfaat ikan gabus buat ibu hamil
iStock

Perkembangan otak janin juga menjadi perhatian selama fase kehamilan. Untuk memastikan otak janin dalam kandungan berkembang dengan baik, ibu perlu menjaga nutrisi yang dikonsumsi. Salah satunya dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung protein albumin seperti ikan gabus.

Pasalnya ikan gabus kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Perlu diketahui, asam lemak omega 3 diperlukan ibu hamil untuk meningkatkan perkembangan otak janin. Selain itu, zat ini juga memiliki kandungan eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang terbukti bermanfaat untuk perkembangan otak, sistem saraf, dan mata janin di dalam kandungan.

6. Membantu proses penyembuhan luka

iStock

Manfaat ikan gabus buat ibu hamil yang selanjutnya adalah membantu proses penyembuhan luka. Manfaat ini diperoleh dari kandungan albumin yang tidak hanya berguna untuk mencegah  pembengkakan namun juga dapat meregenerasi jaringan tubuh yang terluka. Misalnya luka akibat operasi sesar.

Oleh karena itu, manfaat ikan gabus ini tidak hanya dirasakan ibu saat masih mengandung. Melainkan juga setelah persalinan terutama jika melalui jalan operasi sesan sehingga luka bekas operasi dapat lebih cepat tertutup dan sembuh.

7. Baik untuk pertumbuhan rahim dan janin

iStock

Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam ikan gabus memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan rahim dan janin. Manfaat ini salah satunya diperoleh dari kandungan protein yang tinggi.

Di samping itu, albumin yang terdapat dalam ikan gabus juga baik untuk menjaga kesehatan plasenta. Seperti yang diketahui, plasenta merupakan organ tubuh yang hanya terbentuk pada masa kehamilan. Plasenta memiliki fungsi untuk memasok kebutuhan nutrisi janin serta menyimpan lemak, glikogen, dan zat-zat penting lain yang dibutuhkan oleh janin.

8. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

iStock

Manfaat lain dari ikan gabus yang juga baik untuk ibu hamil adalah menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ikan gabus memiliki kandungan zat albumin yang tinggi di mana albumin berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan, protein yang ada pada tubuh dapat berfungsi dengan baik untuk mendukung kerja organ.

BACA JUGA: Beragam Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Janinnya

Tips mengolah ikan gabus di rumah

TribunSumel Wiki

Melihat beragam manfaat ikan gabus seperti yang sudah diuraikan di atas, Sedulur tentu tertarik untuk bisa ikut merasakannya. Manfaat ikan gabus sendiri bisa diperoleh dengan mengkonsumsi ekstrak ikan gabus yang kini telah banyak tersedia dalam bentuk suplemen di pasaran. Selain itu, Sedulur juga bisa memperoleh manfaat ikan gabus buat ibu hamil dengan cara mengolahnya menjadi aneka masakan. Namun sebelum menyimak inspirasi resep olahan ikan gabus, ada baiknya Sedulur memahami cara mengolahnya sehingga masakan yang dihasilkan semakin lezat dan terbebas dari bau amis.

  • Menggunakan abu gosok dengan cara ikan dikerok sampai lendir hilang dan ikan menjadi kesat lalu dicuci bersih.
  • Buang bagian moncong ikan yang dapat membuat masakan menjadi amis.
  • Buang isi perut hingga benar-benar bersih.
  • Menggunakan beraneka rempah untuk marinasi.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Anti Mual Terbaik 2023

Inspirasi resep olahan ikan gabus untuk ibu hamil

Setelah mengetahui cara mengatasi lendir dan bau amis pada ikan gabus, berikut ada dua resep masakan yang bisa Sedulur coba di rumah. Catat bahan dan cara membuatnya, ya!

1. Ikan gabus bumbu kuning

Fimela

Bahan:

  • 2 ekor ikan bagus ukuran sedang, bersihkan lalu potong-potong
  • 3 batang daun bawang, iris
  • 3 buah cabai merah kering
  • Air perasan jeruk nipis
  • Minyak secukupnya untuk menumis
  • Air secukupnya

Bahan bumbu:

  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 6 buah belimbing wuluh, potong-potong
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai merah
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 4 butir kemiri

Cara membuat:

  1. Lumuri ikan gabus yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air mengalir.
  2. Haluskan bahan bumbu halus menggunakan blender, food processor, atau secara tradisional dengan menguleknya.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan serai dan lengkuas. Masak kembali hingga bumbu matang.
  4. Tuangkan air ke dalam tumisan bumbu, aduk hingga merata lalu masak sampai mendidih.
  5. Masukkan potongan ikan gabus dan masak hingga ikan berubah warna.
  6. Tambahkan garam, gula, serta kaldu bubuk. Aduk sebentar kemudian masak sampai bumbu meresap ke dalam ikan.
  7. Koreksi rasa, jika sudah sesuai tambahkan daun bawang, cabai kering, dan potongan belimbing wuluh. Aduk-aduk lalu matikan api.
  8. Ikan gabus bumbu kuning siap dihidangkan.

2. Nasi tim ikan gabus dengan jagung manis

Mommyasia

Bahan:

  • 60 gram beras, cuci bersih
  • 30 gram daging ikan gabus, cincang kasar
  • 20 gram jagung manis pipil, blender atau cincang kasar
  • 15 gram tempe, kukus lalu cincang
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 lembar daun salam
  • Minyak secukupnya untuk menumis
  • 350 ml kaldu ayam

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak di panci anti lengket, lalu masukkan bawang putih dan tumis sampai harum.
  2. Tambahkan daun salam, daun bawang, dan daging ikan gabus. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan beras, tempe, dan jagung manis.
  4. Tuang kaldu ayam, kemudian aduk-aduk.
  5. Pindahkan campuran nasi tadi ke pinggan atau wadah tahan panas. Kemudian buat lubang dengan menggunakan sumpit agar nasi matang merata.
  6. Kukus nasi tim selama 30 menit atau sampai matang.
  7. Nasi tim siap disajikan.

Itu dia ulasan mengenai manfaat ikan gabus buat ibu hamil yang bisa menambah wawasan bagi Sedulur. Selain itu juga sudah dipaparkan tips mengolah ikan gabus serta beberapa inspirasi resep yang bisa dicoba di rumah.

Sebelum mencoba resep di atas, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan memasak dan bumbu dapur dengan belanja di Aplikasi Super. Sebab, ada aneka bumbu serta bahan memasak yang dibanderol dengan harga murah.

Tidak hanya itu, Aplikasi Super juga punya layanan pengiriman gratis ongkir yang memudahkan Sedulur dalam berbelanja. Nah, tunggu apa lagi? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan lengkapi kebutuhan dapurmu!