vitamin ibu hamil

Perlu untuk Sedulur ketahui, kebutuhan gizi tubuh akan meningkat selama masa kehamilan. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan vitamin ibu hamil. Tentu saja, hal ini dilakukan untuk mendukung kesehatan tubuh ibu hamil dan janin yang tengah dikandung.

Maka dari itu, seringkali dokter menyarankan untuk mengonsumsi vitamin untuk ibu hamil sebagai sumber nutrisi tambahan selain makanan sehat sehari-hari. Rata-rata, vitamin ini mengandung asam folat dan juga mineral lain yang sangat baik bagi perkembangan janin.

Bagi Sedulur yang sedang memasuki awal-awal kehamilan hingga trimester 2, berikut ini beberapa rekomendasi vitamin ibu hamil untuk kecerdasan otak bayi yang bisa dicoba. Suplemen tambahan ini diharapkan bisa membuat jabang bayi sehat di dalam kandungan hingga lahir.

BACA JUGA: Kenali Jenis Keputihan Pada Ibu Hamil, Manakah yang Berbahaya?

1. Osfit DHA

Osfit DHA
kalcare

Osfit DHA merupakan salah satu suplemen vitamin ibu hamil trimester 1 atau awal-awal kehamilan yang sering direkomendasikan dokter. Kandungan minyak ikan tuna, kalsium, dan vitamin D3 yang ada di dalamnya mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh pada masa kehamilan.

Selain itu, ada juga kandungan EPA dan DHA yang dinilai bisa meningkatkan perkembangan otak janin di dalam perut. Sedulur bisa mengonsumsi Osfit DHA ini 1 sampai 2 kapsul per hari. Namun sebelum itu, usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

2. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

vitamin untuk ibu hamil
kalcare

Blackmores Pergnancy & Breastfeeding Gold adalah vitamin B6 untuk ibu hamil. Tidak hanya itu, vitamin ini juga mengandung iodium, asam folat, kalsium, zat besi, dan juga DHA atau docosahexaenoic acid yang mampu membantu pertumbuhan serta perkembangan janin di dalam kandungan.

Selain baik bagi kesehatan ibu hamil, suplemen vitamin ini juga telah dilengkapi dengan minyak ikan yang sangat penting bagi kecerdasan si calon bayi. Tidak perlu khawatir, Blackmores Pregnancy & Breastfeeding tidak menyebabkan rasa mual dan gangguan pencernaan. Tetap aman jika dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu yang diperlukan. Tapi jika Sedulur keluhan tertentu, sebaiknya konsultasi dengan dokter dulu.

3. Prolacta Mother

vitamin ibu hamil trimester 1
lazada

Selama masa kehamilan hingga menyusui, tentunya asupan Omega-3 EPA dan DHA sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan mata, otak, serta sistem saraf si kecil supaya tetap sehat.

Prolacta Mother menjadi salah satu vitamin yang telah dilengkapi dengan kandungan EPA, DHA, minyak ikan, dan juga vitamin E. Karena memiliki beragam manfaat, tidak heran jika dokter sering merekomendasikan Prolacta Mother sebagai asupan pendamping makanan sehat.

Vitamin berbentuk suplemen ini bisa dikonsumsi sesudah makan 1 kali sehari dengan dosis 1 kapsul. Untuk menjaga kesehatan dan keadaan janin, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan suplemen vitamin yang satu ini.

4. Promavit

vitamin c untuk ibu hamil
hdmall

Rekomendasi merek vitamin untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah Promavit. Suplemen multivitamin ini tidak hanya diperuntukan bagi ibu hamil, namun juga baik untuk ibu menyusui.

Bagi ibu hamil, multivitamin ini bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan janin supaya lebih optimal. Hal ini karena Promavit mengandung EPA, DHA, asam folat Omega-3, dan mineral yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Sementara untuk ibu menyusui, vitamin ini mampu membantu memenuhi beberapa vitamin harian yang membuat produksi ASI menjadi lebih lancar. Penggunaan multivitamin ini juga tidak membutuhkan resep dokter. Meskipun begitu, penggunaannya tetap harus mengikuti dosis serta aturan pakai yang tertera pada bagian kemasan.

5. Nature’s Plus Prenatal Complex

vitamin b6 untuk ibu hamil
halodoc

Nature’s Plus Prenatal Complex adalah vitamin dengan kandungan yodium yang mampu menurunkan risiko keguguran, gangguan pada pendengaran, gangguan pertumbuhan, hingga gangguan mental.

Bagi Sedulur yang sedang mencari vitamin C untuk ibu hamil, maka Nature’s Plus Prenatal Complex ini adalah pilihan yang paling tepat. Tidak hanya vitamin C, suplemen yang satu ini juga mengandung beberapa mineral lain yang menyehatkan seperti kalsium, asam folat, vitamin A, D, dan E.

Natures Plus Prenatal Complex ini memang dirancang secara khusus bagi wanita hamil dan menyusui. Menariknya, suplemen vitamin ini juga dibuat dari bahan-bahan herbal, jadi sangat minim efek samping dalam penggunaannya.

BACA JUGA: Amankah Yakult Untuk Ibu Hamil? Ini Faktanya

6. Folamil Genio

vitamin ibu hamil untuk kecerdasan otak bayi
halodoc

Salah satu vitamin terbaik untuk ibu hamil yang bermanfaat untuk membantu memenuhi asupan nutrisi ibu dan juga janin adalah Folamil Genio. Produk ini memiliki kandungan lengkap yang mampu mendukung kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan sampai si buah hati lahir dengan sempurna.

Kandungan asam folat dan DHA yang ada di dalamnya sangat baik untuk perkembangan otak janin. Selain itu, vitamin ini juga diperkaya dengan vitamin D yang dibutuhkan bagi tubuh ibu supaya terhindar dari risiko osteoporosis.

7. Elkana

vitamin ibu hamil trimester 2
ibupedia

Bagi sebagian ibu hamil, cukup sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dari makanan sehari-hari.  Padahal asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil itu diperlukan untuk membantu perkembangan janin agar tetap normal dan juga sehat.

Tidak perlu khawatir, asupan nutrisi yang dibutuhkan tersebut tetap bisa terpenuhi. Sedulur bisa coba mengonsumsi vitamin tambahan seperti Elkana sebagai alternatif. Suplemen yang satu ini kaya akan kandungan vitamin B12, B6, vitamin D3, serta mineral.

Tidak hanya menjadi suplemen untuk menambah nafsu makan, vitamin ini juga berperan dalam pertumbuhan tulang dan tulang janin. Beberapa ibu hamil mengaku merasakan beberapa efek samping yang muncul setelah mengonsumsi suplemen ini seperti muntah, mual, hingga gangguan pencernaan. Oleh karena itu, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan terlebih dahulu.

8. Neurodex

vitamin ibu hamil di apotik
hdmall

Neurodex merupakan sebuah suplemen yang memiliki kandungan vitamin B6, B1, dan B12. Perlu untuk Sedulur ketahui, fungsi utama dari suplemen ini adalah mengatasi masalah dalam sistem saraf.  Untuk ibu hamil, Neurodex juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah lain.Di antaranya seperti anemia (kekurangan darah merah) dan mengurangi frekuensi muntah yang biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan.

Akan tetapi, suplemen ini tidak dianjutkan untuk pasien yang hipersensitif terhadap salah satu di dalam komposisi Neurodex. Jadi sebelum membelinya, Sedulur perlu mengecek dulu komposisi yang terkandung di dalamnya. Selain itu, bertanya pada dokter kandungan juga dianjurkan.

9. Vitabiotics Pregnacare Plus

Vitabiotics Pregnacare Plus
blibli

Vitabiotics Pregnancare Plus adalah vitamin ibu hamil trimester 2 yang dikembangakan secara khusus agar tetap bisa menjaga asupan makanan tambahan mereka. Produk yang satu ini mampu memberikan dukungan nutrisi komprehensif dengan 19 nutrisi serta Omega-3 DHA.

Bahkan, multivitamin ini juga bermanfaat bagi perkembangan mata dan otak janin, lho. Selain itu, ada juga kandungan minyak ikan dengan kemurnian tinggi yang telah disertifikasi secara resmi oleh Friend of the Sea.

10. Folavit

Folavit
hdmall

Rekomendasi vitamin ibu hamil yang berikutnya adalah Folavit. Folavit sendiri merupakan suplemen yang dapat memelihara kesehatan ibu dan juga janin. Tidak hanya itu, suplemen ini juga menunjang perkembangan janin, dan mencegah defisiensi asam folat.

11. Natavit

Natavit
halodoc

Natavit menjadi salah satu vitamin yang bisa dikonsumsi dalam trimester awal. Suplemen yang berbentuk tablet ini, memiliki kandungan vitamin B kompleks, asam folat, dan DHA mampu menjaga kesehatan serta kecerdasan otak janin.

Natavit juga bermanfaat untuk mampu membantu proses pembentukan sel-sel tubuh, dan juga mencegah terjadinya cacat pada bayi pada saat kelahirannya.

Itulah beberapa vitamin ibu hamil di apotik yang bisa Sedulur pilih. Sebenarnya semua vitamin di atas itu sama-sama baik, namun setiap orang biasanya memiliki kecocokannya sendiri terhadap sebuah obat atau suplemen.

Jadi sebelum Sedulur memutuskan untuk menggunakan suatu vitamin, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan sampai memilih vitamin yang salah, ya!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.