biskuit ibu hamil

Tahukah Sedulur apa saja camilan atau biskuit ibu hamil yang enak namun tetap sehat? Ketika sedang mengandung, salah satu hal yang harus Sedulur perhatikan adalah setiap kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, nutrisi tersebut akan sangat penting terhadap kesehatan sang ibu dan bayinya.

Dengan segala ketidakteraturan hormon yang terjadi pada ibu hamil, pasti ada masanya Sedulur bosan mengkonsumsi makanan sehari-hari. Sedulur mungkin akan ngidam beberapa snack atau biskuit ibu hamil untuk mengisi perut. Maka dari itu, pada artikel ini kita akan sedikit membahas 12 rekomendasi camilan beserta biskuit ibu hamil yang lezat dan super sehat. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Fakta Anak Ketiga yang Unik dan Perlu Orang Tua Ketahui

Bagaimana caranya memilih camilan untuk ibu hamil?

Depositphotos

Sebelum masuk ke dalam pembahasan utama mengenai rekomendasi camilan dan biskuit ibu hamil, tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk mengetahui bagaimana caranya memilih snack-snack tersebut. Ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan, mulai dari kandungan nutrisi, jumlah kalori, kemasan, hingga sertifikasi pada produk.

-->

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merk Keju untuk MPASI yang Aman & Bergizi

1. Pilih snack atau biskuit ibu hamil yang bernutrisi

Cooking Light

Ketika memilih camilan atau biskuit ibu hamil, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kandungan nutrisinya. Jangan hanya karena rasanya yang enak atau bentuk kemasannya yang lucu, Sedulur membeli snack tersebut untuk dikonsumsi ibu hamil, ya.

Ketika sedang mengandung, usahakan untuk mengkonsumsi snack yang kaya akan serat serat, protein, vitamin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang ibu dan janin. Selain itu, Sedulur juga bisa mencari camilan dengan kandungan alami seperti chia seeds, kacang kedelai, kacang mete, yoghurt, gandum, dan buah-buahan kering. Kandungan alami tersebut dapat menjadi sumber nutrisi yang baik dan mencegah berbagai penyakit jahat.

Tidak apa-apa jika Sedulur yang sedang mengandung ingin mengkonsumsi cokelat. Cokelat diketahui dapat menjadi camilan untuk ibu hamil yang baik. Akan tetapi, harus diperhatikan jenis apa cokelatnya. Usahakan Sedulur memilih dark chocolate ketimbang white chocolate karena jumlah kalorinya yang lebih sedikit.

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Gaun Pesta Terbaik yang Cantik untuk Anak

2. Perhatikan jumlah kalori per konsumsi pada camilan atau biskuit ibu hamil

Nurtured Noggins

Masih melanjutkan dari poin sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa ketika Sedulur memilih cokelat untuk dikonsumsi pada saat mengandung, pilihlah dark chocolate dengan jumlah kalori yang lebih rendah. Kenapa sih ibu hamil harus memperhatikan jumlah kalori per konsumsinya?

Ketika seseorang sedang hamil, lumrah apabila ia membutuhkan banyak kalori. Akan tetapi, kebutuhan kalori tersebut bukan berarti ia bisa dengan bebas mengkonsumsi makanan tanpa pilih-pilih. Pasalnya kalori yang berlebihan pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko terjadinya hipertensi dalam kehamilan, diabetes dalam kehamilan, serta berat janin berlebih.

Berbicara tentang kalori pada ibu hamil, ada empat hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Konsultasi dengan dokter gizi untuk mengetahui risiko penyakit apa yang paling memungkinkan terjadi dengan kondisi tubuh Sedulur saat hamil sekarang.
  • Perhatikan penambahan kalori harian pada tiap trisemester kehamilan. Total kalori yang dibutuhkan selama kehamilan adalah 80.000 kkal, dengan penambahan kalori sebesar 100-300 kkal per hari.
  • Kebutuhan kalori harian juga dapat ditentukan dengan melihat berat badan Sedulur pada saat masa awal kehamilan.
  • Pastikan snack atau biskuit ibu hamil yang dikonsumsi adalah rendah kalori, rendah lemak, dan bebas gula.

BACA JUGA: 19 Ide Menu MPASI Untuk Bayi 6 Bulan yang Mudah dan Praktik

3. Perhatikan kemasan pada snack atau biskuit ibu hamil pilihan

FirstCry Parenting

Kemasan juga menjadi salah satu poin penting yang perlu Sedulur perhatikan secara jeli. Sejatinya tidak ada kesalahan pada mayoritas kemasan snack ibu hamil yang dijual di pasaran. Akan tetapi, sebaiknya Sedulur memilih kemasan camilan yang praktis, terlebih lagi jika Sedulur adalah pribadi yang sibuk di tengah masa kehamilan.

Kemasan model zip bag adalah salah jenis yang bagus. Sedulur tidak perlu menghabiskan semua snack dalam satu waktu karena takut basi atau terkena udara luar. Dengan begitu, Sedulur dapat menyimpan sisa camilan dengan lebih higienis.

Kemasan yang bisa dibuka dan ditutup kembali dengan mudah juga sangat bermanfaat bagi Sedulur yang gemar ngemil dalam porsi kecil. Terutama bagi Sedulur yang sedang berada di trimester pertama, pasti akan sering mengalami episode mual dan muntah. Ngemil dengan porsi kecil namun frekuensi yang lebih sering akan sangat membantu menambah nutrisi bagi Sedulur yang sedang hamil. 

BACA JUGA: 12 Merk Susu Formula Terbaik untuk Kecerdasan Otak Anak

4. Hindari camilan atau biskuit ibu hamil dengan bahan tambahan

Saving Braings

Selain memperhatikan daftar kandungan nutrisi, Sedulur juga perlu jeli terhadap bahan tambahan apa yang ada di dalam snack atau biskuit ibu hamil. Banyak produsen yang melabeli produknya aman untuk dikonsumsi ibu hamil, akan tetapi ternyata mengandung pengawet, pewarna, pewangi, serta perasa yang berlebihan.

Bahan-bahan tersebut boleh-boleh saja untuk dikonsumsi, asal masih dalam batas yang wajar. Alangkah lebih baik jika Sedulur memilih camilan yang terbuat dari bahan-bahan alami agar terhindar dari bahan-bahan tambahan tersebut.

5. Perhatikan sertifikasi produk

VOI

Sertifikasi produk snack untuk ibu hamil juga penting untuk menjadi perhatian ketika sedang mencari rekomendasi camilan. Sertifikasi makanan di Indonesia yang paling umum adalah dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jika Sedulur membeli produk homemade yang belum tersertifikasi oleh BPOM, pastikan ia memiliki sertifikat Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT).

Nah, beda lagi kasusnya jika Sedulur memesan camilan tersebut dari luar negeri. Kemungkinan besar tidak akan ada sertifikat BPOM dan P-IRT di dalamnya. Alternatif, Sedulur harus mencari sertifikasi Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) atau Good Manufacturing Practice (GMP).

Rekomendasi camilan untuk ibu hamil yang lezat namun tetap sehat

Nah, setelah Sedulur tahu bagaimana caranya untuk memilih snack ibu hamil yang tepat, simak apa saja rekomendasi camilan untuk ibu hamil yang enak tapi tetap sehat pada daftar berikut ini!

1. Fruitivez Mango Fruit Strips

biskuit ibu hamil
House of Organix

Buah-buahan kering menjadi salah satu pilihan snack yang tepat untuk ibu hamil. Seperti Fruitivez Mango Fruit Strips yang berbentuk lembaran buah mangga manis dan lezat. Tentunya sangat bernutrisi, ya!

2. AIM Biscuits Super Gabin Oat

biskuit ibu hamil
AIM Biscuits

Pernahkah Sedulur mendengar biskuit gabin? Biskuit gabin adalah salah satu jenis camilan yang terbuat dari gandum. Sama halnya seperti AIM Biscuits Super Gabin Oat yang kaya akan gandum dan oat.

3. RiceUP! Brown Rice Cakes

biskuit ibu hamil
RiceUp Zone

RiceUp! Brown Rice Cakes adalah salah satu merek kue beras yang sangat cocok dikonsumsi untuk ibu hamil.

4. Mama Bear Kukis Almond Oat

biskuit ibu hamil
Pinterest

Mama Bear Kukis Almond Oat adalah biskuit kukis yang lezat dengan berbagai macam varian rasa. Paling enaknya adalah ras cokelat dengan taburan kacang-kacangan. Tidak perlu khawatir dengan kandungan gula dan kalori, Mama Bear Kukis Almond Oat dijamin menggunakan bahan pemanis alami sehingga ramah untuk Sedulur yang sedang mengurangi gula.

5. Fitbar

biskuit ibu hamil
KALCare

Siapa sih yang tidak pernah dengan merek Fitbar ini? Fitbar merupakan camilan multigrain yang mampu mengganjal lapar. Selain mengganjal lapar, ia juga cocok untuk dikonsumsi Sedulur yang sedang mengandung karena kaya akan berbagai nutrisi dan serat.

6. Granola Creations Original Mix

biskuit ibu hamil
Pinterest

Granola Creations Original Mix merupakan snack yang populer di kalangan healthy life enthusiasts. Granola sendiri adalah cemilan yang terbuat dari oat, buah-buahan kering, kacang-kacangan, serta madu yang menjadi bahan pemanis alami pada produk ini.

7. Heavenly Blush Tummy Yogurt Bar

biskuit ibu hamil
Pinterest

Apabila Sedulur sedang mengalami mual pada awal masa kehamilan dan merasa tidak sanggup mengkonsumsi makanan-makanan berat, Sedulur mungkin bisa mencoba Heavenly Blush Tummy Yogurt Bar agar nutrisi tubuh tetap terpenuhi.

Camilan ini memiliki beberapa varian rasa, salah satunya adalah varian limau dengan rasa asam yang lebih tajam. Selain itu, tekstur pada cemilan ini juga sangat unik karena kenyal dan sedikit renyah di bagian luar.

8. Fitchips

KALCare

Ketika sedang mengandung, camilan yang dikonsumsi tidak harus selalu biskuit ibu hamil. Sekali-kali tidak mengapa kok, jika Sedulur ingin ngemil keripik. Namun, bagaimana dengan bumbu penyedap serta pengawet yang pasti ada di dalam keripik tersebut?

Nggak perlu pusing-pusing, kan ada Fitchips! Fitchips adalah salah satu produk keripik inovasi dari Kalbe yang terbuat dari serat, oat, dan biji gandum. Tekstur dari keripik tersebut memang agak kasar dan berat, tetapi tetap renyah dan lezat.

9. Soyjoy Soy Food

SOYJOY

Alergi dengan kacang-kacangan? Jangan khawatir, Soyjoy Soy Food bisa menjadi solusi bagi Sedulur. Soyjoy Soy Food terbuat dari kacang kedelai yang relatif aman bagi mereka yang mengidap alergi terhadap kacang-kacangan jenis tertentu. Selain kacang kedelai, bahan utama dari Soyjoy Soy Food adalah isoflavon yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Rasa camilan ibu hamil ini semakin lezat karena dilengkapi dengan berbagai buah-buahan kering. Ia juga kaya akan serat, protein, dan vitamin yang sangat baik bagi perkembangan ibu dan bayi.

10. Tropicana Slim Nutty Chocolate Cookies

Pinterest

Tropicana Slim Nutty Chocolate Cookies adalah salah satu produk kukis yang sangat cocok dikonsumsi untuk ibu hamil. Kukis tersebut dijamin mengandung banyak nutrisi, bebas gula, serta rendah kalori.

Karena Tropicana Slim Nutty Chocolate Cookies juga terbuat dari oat dan diperkaya oleh biji chia, sudah pasti kandungan seratnya tidak diragukan lagi, nih Sedulur!

11. Nutify 7 Wonders

Nutify

Sedang ngidam kacang-kacangan? Cobain yuk, nikmatnya paduan kacang, buah kering, serta biji-bijian pada Nutify 7 Wonders. Nutify 7 Wonders adalah camilan kacang, buah kering, serta biji-bijian yang sangat bergizi. 

Pembuatannya menggunakan metode slow roasting tanpa tambahan gula, garam, dan minyak. Lebih daripada itu, Nutify 7 Wonders tidak mengandung pengawet sedikitpun dan sangat aman untuk dikonsumsi para vegetarian. Tertarik untuk mencobanya, Sedulur?

12. Munchy’s Oat Krunch Breakfast

Pinterest

Munchy’s Oat Krunch Breakfast adalah salah satu snack impor dari Malaysia. Ia berupa biskuit yang terbuat dari campuran gandum serta susu. Istimewanya, Munchy’s Oat Krunch Breakfast mengandung biji chia yang menjadi salah satu sumber serat alami dan bernutrisi.

Munchy’s Oat Krunch Breakfast adalah biskuit yang cocok untuk dikonsumsi oleh Sedulur yang sedang mengandung. Ia bebas lemak trans dan pengawet, serta mengenyangkan hanya dengan mengkonsumsi beberapa keping biskuit saja.

Kabar baiknya lagi yaitu Munchy’s Oat Krunch Breakfast menggunakan kemasan model zip lock. Dengan kemasan kecil yang mudah dibawa kemana-mana, Sedulur tidak perlu takut biskuit akan menjadi tercemar karena kualitasnya selalu terjaga di dalam kemasan zip lock.

Nah Sedulur, itu dia ulasan singkat mengenai rekomendasi camilan dan biskuit ibu hamil yang enak dan sehat. Informasi di atas juga dilengkapi dengan tips memilih snack mana yang boleh dan dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat mengandung.

Kalau Sedulur juga sedang mencari perlengkapan bayi dan popok, coba temukan kebutuhan tersebut di Aplikasi Super! Tidak hanya menawarkan produk sembako lengkap, Aplikasi Super juga menyediakan berbagai macam kebutuhan si kecil, loh! Mulai dari bedak bayi, sabun mandi bayi, bubur bayi instan, dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? Segera unduh Aplikasi Super dari Google Play Store dan nikmati mudahnya belanja kebutuhan sehari-hari dari rumah saja! Aplikasi Super, Mudah, Murah, Untung Melimpah!