Susu kambing etawa dan berbagai manfaatnya! Salah satu protein hewani yang kaya akan zat gizi seperti mineral, protein, lemak, dan laktosa dimiliki oleh susu. Ada banyak macam susu yang bisa Sedulur pilih, diantaranya adalah susu sapi, susu kedelai, susu almond, susu kerbau, dan susu kambing. Seperti namanya, susu kambing etawa adalah susu yang diproduksi dan diambil dari kambing etawa. Susu yang belakangan ini digemari oleh banyak orang ini merupakan hasil persilangan antara kambing Jamnapari dari India dan kambing lokal dari Indonesia.

Seperti yang lainnya, susu kambing etawa manfaatnya sangat beragam. Penasaran dengan rangkuman manfaat susu kambing etawa itu apa aja? Simak dibawah ini, ya!

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Pepaya Baik Untuk Mencegah Risiko Kanker

1. Memiliki nutrisi yang tinggi

manfaat susu kambing etawa
unsplash

Manfaat susu kambing etawa yang pertama adalah kaya akan nutrisi, seperti potassium, magnesium, seng, tembaga, dan kalsium. Selain itu, susu kambing ini juga mengandung berbagai macam vitamin A, B, C, dan D serta gula, protein, dan karbohidrat. Karena mengandung banyak mineral, maka susu ini sangat direkomendasikan diminum oleh penderita demineralisasi tulang atau penyakit tulang rapuh. Susu yang kandungannya lebih unggul dari susu sapi ini juga mudah dicerna oleh tubuh, dan juga mengandung zat besi yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan tubuh serta cocok untuk penderita kekurangan zat besi.

-->

2. Mencegah anemia dan osteoporosis

manfaat susu kambing etawa
pexels

Regenerasi hemoglobin akan dipercepat jika mengkonsumsi susu kambing ini, dan membuatnya menjadi salah satu manfaat susu kambing etawa yang ampuh mencegah anemia dan osteoporosis. Penelitian di Rusia menyebutkan bahwa susu kambing yang diberikang sebanyak 400 ml pada pasien rheumatoid arthtritis setiap harinya, hasilnya adalah berkurangnya osteoporosis dan metabolisme tulang terjadi peningkatan. Proses pergantian tulang juga menjadi lebih cepat setelah diujicobakan ke hewan. Itu karena, adanya kandungan zat besi pada susu kambing etawa, sehingga adanya percepatan pertumbuhan tulang.

3. Menjadi alternatif pengganti susu sapi

manfaat susu kambing etawa
unsplash

Alternatif pengganti susu sapi adalah salah satu manfaat susu kambing jika Sedulur memiliki masalah dalam kandungan susu sapi. Adanya kandungan laktosa yang banyak pada susu sapi membuat seseorang, apalagi di usia yang tidak muda, kesusahan untuk mencerna susu tersebut. Dengan adanya susu kambing yang memiliki laktosa yang lebih sedikit, yaitu sekitar 12% saja, dapat menjadi alternatif pengganti susu sapi oleh Sedulur yang punya intoleransi laktosa. Kandungan protein yang tinggi di dalam susu kambing yang bernama alpha S1 casein membuatnya dapat ditoleransi dan menjadi pilihan bagi yang mempunyai masalah terhadap kandungan dari susu sapi.

4. Sebagai alternatif susu nabati

manfaat susu kambing etawa
pexels

Selain sebagai alternatif susu sapi, manfaat susu kambing etawa selanjutnya adalah untuk alternatif susu nabati. Ini menjadi pilihan bagi Sedulur yang memiliki intoleransi terhadap susu sapi dan juga susu nabati atau susu tumbuhan. Tidak sedikit orang yang memiliki alergi terhadap susu sapi dan juga alergi terhadap kacang-kacangan dan kedelai. Maka dari itu, mencoba mengkonsumsi susu kambing etawa adalah alternatif pengganti kedua susu tersebut. Kandungan dari susu kambing etawa ini dapat memenuhi kebutuhan protein yang Sedulur inginkan.

5. Melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui

pexels

Salah satu khasiat lain dari susu kambing etawa adalah untuk melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui. Itu karena kandungan kalsium yang penting bagi ibu hamil dan menyusui ini dimiliki oleh susu kambing etawa ini. Maka dari itu, ASI akan menjadi lancar dan terpenuhi. Salah satu merk susu kambing etawa yang banyak di pasaran adalah gomilk.  Satu manfaat gomilk susu kambing etawa plus herbal diantara yang lainnya adalah melancarkan produksi ASI. Tak hanya ibu menyusui, pada ibu hamil pun juga memberi nutrisi yang banyak untuk janin di kandungan serta ibunya.

6. Mencegah serta mengatasi stress

unsplash

Sedulur sedang mengalami stress? Coba saja konsumsi susu kambing etawa. Manfaat dari minum susu kambing etawa ini untuk menghilangkan stress dan penat, serta membantu menenangkan tubuh yang sedang capek. Dengan kandungan zinc dan magnesium, jaringan saraf akan diperkuat dengan meminum susu ini. Jika rutin meminumnya, maka penyakit yang berkaitan dengan syaraf dapat terhindarkan. Aturan minum susu kambing etawa ini adalah maksimal 200 ml dalam sehari dan dibagi menjadi 2, yaitu pagi 100 ml dan malam 100 ml. Minum susu ini selagi hangat, ya.

7. Sebagai produk perawatan kecantikan

unsplash

Tidak hanya memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan tubuh, manfaat susu kambing etawa untuk wajah juga beragam. Salah satunya adalah sebagai produk perawatan kecantikan. Jika Sedulur perhatikan, sekarang mulai banyak produk skincare atau perawatan kulit yang bahan utamanya adalah susu kambing etawa. Itu karena susu ini mudah diserap oleh kulit, dan juga mengandung asam laktat, vitamin C, vitamin B, thiamin, dan niacin untuk regenerasi kulit mati dan dapat juga menyehatkan kulit.

BACA JUGA: 8+ Menu Diet Sehat Cocok Untuk Makan Siang Pagi & Malam

8. Bisa digunakan untuk diet

pexels

Jika Sedulur sedang dalam program diet, maka susu kambing etawa bisa menjadi salah satu menu yang ada dalam daftar menu diet Sedulur. Itu karena susu ni baik untuk pencernaan serta kandungan proteinnya mampu mempercepat membakar lemak di dalam tubuh. Manfaat susu kambing etawa yang satu ini juga dapat menjadikan orang yang sedang diet merasa kenyang lebih lama, sehingga lemak tidak bertambah. Anjuran untuk meminum susu ini untuk diet adalah sesudah makan.

9. Meningkatkan kecerdasan anak

unsplash

Manfaat dari susu kambing etawa selanjutnya adalah agar kecerdasan anak meningkat. Hal ini dikarenakan mengandung vitamin B2 dan B3 yang dapat membantu perkembangan serta pertumbuhan saraf dan juga otak.  Tidak hanya pada anak-anak, janin pun bisa terbantu pertumbuhan sel otaknya jika ibu rutin mengkonsumsi susu ini pada saat hamil.

10. Mencegah penyakit kardiovaskular

pexels

Khasiat yang dimiliki susu kambing etawa berikutnya adalah untuk mencegah penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke, jantung koroner, dan juga aterosklerosis. Itu karena susu ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda, juga trigliserida rantai sedang yang lebih banyak dari susu sapi. Salah satu merk susu kambing ini adalah provit. Manfaat susu kambing etawa provit ini adalah untuk mencegah serangan jantung dan juga penyakit jantung koroner. Adanya kandungan kalium juga bisa menjadi cara untuk menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi.

11. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

liputan6

Manfaat dari susu kambing etawa selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang sekaligus gigi. Ini karena kandungan kalsium pada susu ini cenderung banyak, yaitu sekitar 330 mg kalsium dalam satu gelas susu kambing atau sekitar kurang lebih 235 ml. Maka dari itu, kandungan tersebut bisa membantu memperkuat tulang dan gigi. 

12. Menjaga imunitas tubuh

alodokter

Selain olahraga, konsumsi susu kambing etawa juga bisa untuk menjaga imunitas tubuh. Manfaat susu kambing etawa yang satu ini diketahui karena mengandung selenium yang merupakan salah satu komponen penting agar fungsi sistem imun dapat berjalan. Maka dari itu, berbagai macam penyakit dapat terhindarkan dan imun tubuh akan terjaga dengan baik jika rutin mengkonsumsi susu ini.

Nah, itu dia pembahasan mengenai berbagai khasiat dari susu kambing etawa yang bisa Sedulur dapatkan jika mengkonsumsinya. Selain diatas, ada sekitar 20 manfaat susu kambing etawa atau lebih lagi yang bisa didapatkan. Selain yang sudah dijabarkan diatas, manfaat minum susu kambing etawa sebelum tidur bisa membuat kualitas tidur kita terjaga, lho! Perlu diketahui bahwa Sedulur harus membatasi konsumsi susu ini perharinya, agar tidak menimbulkan reaksi pada tubuh yang dikhawatirkan. Juga, jika Sedulur mempunyai intoleransi laktosa, maka hindari mengkonsumsi susu ini dan ganti dengan susu non laktosa, ya. Selamat mencoba!

Selain mencoba susu kambing etawa yang punya ragam manfaat, Sedulur juga bisa lho belanja di Aplikasi Super karena punya banyak juga manfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mulai dari beras, minyak, kopi, cemilan, dan berbagai produk perawatan tubuh. Banyak sekali pilihan yang bisa dibeli dan caranya pun cukup mudah. Segera di download, yuk!