Game adalah salah satu media terbaik untuk melepas penat. Tentunya di samping kegiatan rekreasional lain yang mungkin juga Sedulur sukai. Melihat betapa banyaknya orang yang menyukai gim, banyak orang yang kemudian memanfaatkannya untuk mencari keuntungan. Misalnya dengan membuat situs download game PC abal-abal yang ternyata menyebar virus dan ransomware.

Tentunya Sedulur tak ingin menjadi korban berikutnya. Untuk itu, ada baiknya Sedulur mengakses gim dari situs-situs yang terpercaya dan menyediakan gim legal. Meskipun ada harga yang harus dibayar, jaminan bebas malware dan kelancaran bermain gim saat dimainkan sudah pasti Sedulur dapatkan. Berikut beberapa daftar situs unduh game legal baik gratis maupun berbayar yang bisa Sedulur akses sekarang juga.

BACA JUGA: 7 Game Korea Tradisional Paling Seru dan Terpopuler

1. Microsoft Store

situs download game pc
DewaGG

Download game pc gratis full version bisa dilakukan lewat Microsoft Store. Ia bisa diakses lewat browser maupun di daftar aplikasi bawaan Windows. Ada banyak gim Xbox dan PSP yang bisa Sedulur beli aksesnya. Bahkan daftar permainan gratisnya pun tidak sedikit. Tentunya bisa jadi hiburan tersendiri buat yang hendak berhemat. 

-->

Untuk mengaksesnya, Sedulur tinggal masuk ke email Microsoft dan silakan pilih mana yang akan dimasukkan keranjang belanja. Harga gim berbayarnya pun masih masuk akal, cukup sekali beli bukan metode langganan. Jadi, Sedulur bisa memainkannya selamanya dan tetap dapat update gratis dari pengembang. Untuk pembayaran Sedulur bisa menggunakan kartu kredit atau pakai Microsoft Gift Card dari marketplace. Sedulur juga bisa pakai pulsa untuk membelinya. 

2. Origin

situs download game pc
Origin

Sama dengan Microsoft Store, Origin menyediakan banyak gim premium. Bedanya ini toko khusus untuk gim-gim yang dikembangkan oleh EA. Sedulur bisa menemukan banyak gim menarik seperti The Sims, Battlefield, FIFA, Madden dan lain sebagainya. Untuk merasakan fitur-fitur Origin, Sedulur harus mengunduh dan memasang aplikasinya dulu. Kemudian mendaftarkan akun baru dengan email. 

Dari situ, Sedulur bisa memilih gim yang diinginkan dan membelinya menggunakan kartu kredit atau debit online. Setelah pembayaran berhasil, gim akan otomatis terunduh dan dipasang. Ia bisa dimainkan di PC apapun, tetapi tidak menggunakan cloud untuk penyimpanan data game sehingga data dari gim tersimpan di sistem komputer Sedulur.

Namun, untuk master dari gimnya Sedulur bisa memasangnya di komputer manapun tanpa batas maksimal. Hanya saja, ia tidak bisa diakses di perangkat lain bila sudah login di satu device. Origin adalah situs download game PC offline, di mana Sedulur bisa memainkan gim tanpa harus selalu terkoneksi dengan internet.

3. Steam 

situs download game pc
Tekno Kompas

Untuk gim-gim dari pengembang lain, Steam punya katalog yang lengkap. Sistemnya sama seperti Microsoft dan Origin, kok. Namun, Sedulur bisa menggunakan Unipin dan Tokopedia untuk mengisi Steam Wallet guna melakukan pembayaran. Data dari gim di Steam akan disimpan di sistem penyimpanan cloud, sehingga Sedulur bisa memainkan game dari perangkat mana saja dan tak ada risiko data hilang atau tak sengaja terhapus. Buat Sedulur yang tak mau kapasitas penyimpanannya tersita untuk gim, Steam bisa jadi alternatif situs download game PC ringan favorit yang bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya. 

BACA JUGA: 20+ Game PPSSPP Terbaik Bisa dimainkan di Android / PC 2022

4. Garena 

ONE Esports

Garena adalah salah satu platform download game legal yang cukup tersohor asal Singapura yang layanannya disukai di Asia Tenggara. Mereka juga memiliki kantor di Indonesia. Game buatan mereka pun cukup populer mulai dari Free Fire, Arena of Valor, League of Legends, hingga Fantasy Town dan FIFA Online. Ia memungkinkan Sedulur bermain gim sambil berinteraksi dengan rekan sesama pemain. Metode pembayarannya juga beragam, Sedulur bisa pakai Unipin dan berbagai e-wallet lain yang lebih mudah diakses di Indonesia. Silakan pertimbangkan untuk unduh gim dari situs mereka saja, Sedulur. 

5. Ubisoft 

Zephyrnet

Ubisoft adalah situs download game PC full version offline yang pasti sudah dikenal di antara para penikmat RPG. Mulai dari Ragnarok, Assassin Creed, Far Cry dan Tom Clancy’s Rainbow. Tampilan situsnya keren dan elegan, jelas terpercaya dan bebas scam. Pembayarannya pun mudah, Sedulur bisa menggunakan kartu debit online saja. Asalkan menggunakan Visa atau Mastercard harusnya tidak akan ada kendala berarti dalam transaksi pembayaran gim. Silakan coba sendiri. 

6. GameTop 

Game Watcher

GameTop bisa jadi situs download game gratis kesayanganmu, nih. Semua gim di sana bisa diunduh secara cuma-cuma tanpa syarat. Tentunya gim yang disediakan lebih casual dan sederhana, bukan gim yang kompleks dan punya afiliasi dengan rumah produksi atau institusi khusus. Beberapa merupakan buatan mereka sendiri dan beberapa dibeli lisensinya dari studio indie. Silakan dukung karya mereka dengan mengunduh gim di sini. Dijamin bebas malware, hanya saja situsnya mengandung beberapa iklan. Tenang, iklannya aman kok bukan pop-up yang mengganggu. 

BACA JUGA: Cara Main Werewolf, Game Populer yang Melatih Skill Berargumen

7. Epic Games Store 

situs download game pc
Epic Games Store

Epic Games adalah perusahaan asal Amerika yang menjadi pengembang game Fortnite dan Unreal Engine yang bisa kamu unduh gratis lewat situs resmi mereka. Pilihan permainan PC gratisnya juga banyak, bisa Sedulur pilih untuk teman gabut. Namun, bila ingin beli yang premium, mereka juga punya banyak pilihan gim berbayar. Harganya memang agak mahal sekitar Rp 500-700 ribu. Namun, sistemnya sekali beli, kok. Sedulur akan tetap dapat free update rutin seumur hidup dari mereka. 

8. Itch.io

Itch.io

Itch adalah situs yang menyediakan platform jual beli game indie. Sedulur bisa menemukan banyak gim keren dari berbagai genre yang dibuat para pengembang indie dari seluruh dunia. Bila Sedulur seorang developer, menjual karya lewat situs ini pun dimungkinkan. Meski dari pengembang yang belum punya nama, gim mereka punya kualitas yang tak kalah bagus. Beberapa juga tersedia gratis untuk Sedulur langsung mainkan. Mampir dulu buat cek, deh.   

9. Rockstar Game Launcher 

situs download game pc
Rockstar Games

Buat penggemar gim-gim aksi dan RPG, situs download game PC Rockstar Game Launcher bisa jadi pilihan. Mereka adalah pengembang gim terkenal Grand Theft Auto (GTA) dan beberapa gim serupa lainnya. Tentunya semua tidak gratis alias harus merogoh kocek dengan nilai tertentu. Namun, Sedulur bisa merasakan kenyamanan main GTA tanpa lag dan bug yang mengganggu. 

BACA JUGA: 10 Game PSP Terbaik ini Wajib Kamu Mainkan, Bisa di Android

10. G2A

Tech Advisor

G2A adalah tempat terbaik untuk mengunduh gim legal tanpa masalah. Ia sebenarnya merupakan laman katalog untuk judul-judul gim yang sedang diskon. Jadi, bisa jadi situs jujukan saat hendak menambah koleksi gim. G2A tidak menyediakan tautan unduh atau beli langsung, Sedulur. Hanya berupa katalog. Sedulur bisa unduh atau beli di situs resmi distributor atau pengembangnya.

11. Mega Games

situs download game pc
Game Fabrique

Mega Games menyediakan slot khusus untuk download game PC gratis di samping beberapa gim berbayar dari developer indie. Mereka juga menyediakan berbagai mods, fixes, dan trainers. Situs ini intinya adalah tempat berbagi bagi para pengguna dan pegiat gim online. Silakan cek, bebas malware dan iklan yang menjebak. 

12. Battle.net 

situs download game pc
PC Gamer

Ini adalah situs yang menyediakan pilihan game RPG macam Call of Duty, World of Warcraft, Hearthstone, dan Diablo. Harga yang ditampilkan dalam satuan dolar Amerika Serikat dengan potongan harga yang lumayan menggiurkan. Sayangnya tak banyak gim yang gratis di situs ini. Lebih cocok buat Sedulur yang memang berburu gim spesifik buatan Blizzard Entertainment.

13. Armor Games 

Gaming Lyfe

Armor Games juga situs yang memfasilitasi developer indie untuk menjual dan memperkenalkan karyanya. Sedulur yang seorang pengembang juga bisa mengajukan proyek agar bisa didistribusikan oleh pengelola situs. Untuk Sedulur yang murni pengguna, banyak pula pilihan permainan video gratis nan ringan yang bisa dicoba sekarang juga. Lumayan buat teman gabut di rumah. 

BACA JUGA: 18 Game Online Gratis Terbaru, Terpopuler & Menghasilkan Uang

14. Acid Play

Lifewire

Acid Play juga situs unduh gim PC terpercaya yang bisa Sedulur hampiri. Tampilannya sederhana, cenderung jadul. Namun, yang penting mudah dipahami dan menyediakan banyak gim-gim klasik yang gratis. Sedulur yang menggemari permainan papan bisa mampir di Acid Play untuk mengunduh file game yang diinginkan. Kecepatan unduhnya tidak main-main. Namanya juga situs legal, pasti segalanya mudah, Sedulur. Hanya saja, gim-gim di sini cukup lawas. Tidak banyak rilisan barunya. 

15. GOG Galaxy 

GOG

GOG sebenarnya adalah game launcher yang memungkinkan Sedulur untuk mengumpulkan gim-gim favorit dalam satu aplikasi khusus. Gim mereka bersumber dari Steam, Origin, Epic Store dan beberapa karya orisinal mereka. Ia bisa kamu unduh dengan gratis dan mudah di PC dan berfungsi sempurna seperti aplikasi Origin. 

16. AllGamesAtoZ

AllGamesAtoZ

Sama dengan situs sebelumnya, AllGamesAtoZ adalah situs yang berisi katalog gim gratis dari berbagai platform yang ada. Ia berfungsi sebagai jujukan untuk melihat gim apa sih yang sedang promo atau sedang bisa diunduh secara cuma-cuma. Situsnya terus diperbarui dan akan memberikan info berguna untuk para penggemar gim di seluruh dunia. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Game Offline Terbaik Untuk Android & iOS

17. Green Man Gaming 

Dafunda

Fungsinya sama, Green Man Gaming adalah tempat Sedulur bisa mencari judul gim yang sedang diskon di berbagai platform seperti Steam, Origin, dan Epic Games. Ia berperan sebagai distributor dan publisher untuk gim-gim terkenal maupun indie dari banyak platform yang ada di pasaran. Silakan coba fitur mereka, deh. 

18. Humble Store 

The Verge

Humble Store adalah toko game PC yang punya kredibilitas baik. Sebagian hasil penjualan mereka akan disumbangkan untuk beberapa yayasan. Jadi, kalau Sedulur beli sekalian beramal, nih saat belanja di sini. Humble Store tidak hanya menjual permainan, tetapi juga komik, buku, dan berbagai software lain yang mungkin menarik perhatian Sedulur. Kebanyakan gim di sini terafiliasi dengan Steam, jadi Sedulur tidak perlu ragu untuk melakukan transaksi lewat website tersebut.

19. Game Jolt 

Rocky Bytes

Game Jolt sebenarnya adalah platform komunitas pegiat gim, di mana Sedulur bisa berbagi informasi dengan sesama gamer dan developer. Banyak gim indie yang bisa Sedulur jajal keseruannya. Apalagi semuanya didukung dengan grafis yang mumpuni dan memanjakan mata. Silakan buktikan legitimasinya, Sedulur.

20. Big Fish Games

Big Fish Games

Ia sebenarnya adalah situs katalog untuk beragam game PC dan mobile yang tersedia secara gratis. Sedulur bisa mengaksesnya dengan mudah lewat situs mereka. Namun, tentu gim yang tersedia tidak update alias banyak yang lawas dan kebanyakan gameplay-nya sederhana.  

BACA JUGA: Ready Player One, Kisah Petualangan Menaklukkan Dunia Virtual

Tips memilih situs yang legit dan sesuai kebutuhan 

Meski semua daftar di atas legit alias bisa dipertanggungjawabkan, Sedulur tetap harus memilih dengan bijak. Berikut tips memilihnya.

  • Kenali developer dan distributor resmi gim yang kamu taksir. Lebih baik memang langsung membeli lewat pihak pertama daripada lewat pihak ketiga. 
  • Jadikan beberapa situs sebagai jujukan saja untuk melihat apa yang sedang diskon misalnya, bukan tempat untuk melakukan transaksi. 
  • Sebelum membeli, lihat dengan seksama spesifikasi mininum yang dibutuhkan. Percuma Sedulur sudah merogoh kocek dalam-dalam ternyata PC yang Sedulur pakai tidak kompatibel untuk game yang sudah dibeli secara legal.
  • Jangan malas membaca ulasan pengguna lain, terutama bila Sedulur membeli dari pengembang indie. 
  • Lihat apakah situs penyedia gim yang kamu taksir memiliki customer support yang baik. Sejauh ini Steam dan Origin memiliki pelayanan purna jual yang baik dan responsif 24 jam. 
  • Cek juga kemudahan transaksi. Ada beberapa situs yang sudah bisa mengakses e-wallet lokal, tetapi ada pula yang harus menggunakan kartu kredit dan debit online. Hal ini bisa jadi pertimbangan, namun mengingat saat ini sudah banyak bank yang memungkinkan transaksi daring dengan Visa dan Mastercard harusnya sudah tidak ada masalah buat Sedulur mengakses produk-produk luar negeri. 

Keuntungan beli gim legal 

Membeli game legal adalah sesuatu yang harus mulai kita biasakan sebagai pengguna. Apalagi kebanyakan didapat dengan sekali beli saja. Kalau dihitung tak bakal rugi karena Sedulur bisa memainkannya seumur hidup. Berikut beberapa keuntungan lain yang bisa Sedulur dapatkan.

  • Aman dari malware dan virus walaupun Sedulur terkoneksi dengan internet. 
  • Dapat update otomatis secara reguler resmi dari developer seumur hidup. Ini penting untuk meningkatkan pengalaman main gim serta mengurangi potensi adanya bug dan kehilangan data gim. 
  • Ada banyak diskon di beberapa momen tertentu misal Black Friday atau akhir tahun yang bisa mencapai 50 persen. Ini bisa dijadikan modal berburu gim legal dengan harga yang lebih bersahabat. 
  • Bisa bermain dengan dan tanpa koneksi internet serta mengakses beberapa freebies yang disediakan developer maupun konten custom dari pengguna lain. 

Kerugiannya 

Tentu tetap ada kerugian yang juga harus Sedulur waspadai, nih. Apa saja? 

  • Sekali membeli, biasanya pihak pengembang akan menawarkan DLC atau konten tambahan yang juga berbayar. Ini menggoda dan bisa menguras dompet bila Sedulur tidak bisa mengontrol diri.
  • Harganya lumayan mahal bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Jauh dibanding mengunduh konten bajakan yang tentunya cuma-cuma.

Manfaat gaming 

Setelah tahu berbagai situs download game PC terpercaya, Sedulur perlu tahu nih apa saja manfaat main gim. Ternyata tidak bisa diremehkan.

  • Meningkatkan kemampuan kognitif yaitu kemampuan mengingat dan mengetahui sebuah objek. Ini berdampak pada kebiasaan seseorang menyetir, membaca peta, dan lain sebagainya. 
  • Melatih kemampuan menyelesaikan masalah dan berpikir dengan logika.
  • Melatih koordinasi antara tangan dan mata.
  • Membuat kita terbiasa melakukan banyak tugas dalam satu waktu (ini masih perdebatan, ya karena multitasking tidak selamanya positif).
  • Menempa kita untuk membuat keputusan dengan lebih cepat.
  • Lebih perhatian pada detail kecil.
  • Jika gim berupa VR, maka ia bisa jadi momen berolahraga.

Namun, tentu semua harus dilakukan dalam intensitas wajar. Misal hanya beberapa jam dalam sehari, bukannya membiarkan diri berdiam di depan layar komputer selama seharian penuh atau lebih dari 12 jam tanpa melakukan aktivitas lainnya. Apapun yang berlebihan tentu tidak baik Sedulur. Kecuali Sedulur memang berprofesi sebagai gamer profesional, jadikanlah gim sebagai sarana rekreasional saja. 

Sebenarnya ada banyak situs download game PC crack yang bisa Sedulur akses, tetapi risiko virus dan ransomware harus Sedulur antisipasi, nih. Beberapa penjual di marketplace juga menawarkan gim-gim premium dengan harga miring. Menggiurkan, tetapi tetap ada risiko seperti bugs dan kendala lainnya. Keputusan ada di tangan Sedulur sebagai konsumen. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.