Memang betul, bahwa semua games seru. Namun, bagi sebagian orang, pengertian seru untuk sebuah game atau permainan berbeda-beda. Ada yang menganggap game olahraga lebih seru dibanding game petualangan, ada juga yang menganggap game survival lebih seru dibanding semua jenis game yang ada di dunia.

Perdebatan terkait hal di atas merupakan persoalan selera, setiap orang tentu saja mempunyai referensi berbeda tentang game favorit yang dimainkan. Dalam kesempatan kali ini, akan diulas daftar game online gratis yang bisa dimainkan Sedulur untuk mengisi waktu luang.

Tanpa berbasa-basi dan menunggu waktu lama, yuk mari langsung saja kita simak daftar game online gratis yang dimaksud!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Game Offline Terbaik Untuk Android & iOS

-->

Daftar Game Online Gratis yang Menghasilkan Uang

1. Valorant

1. Valorant
suara.com

Bagi Sedulur yang mencari rekomendasi game online PC gratis, Valorant jawaban yang tepat. Valoran merupakan game online Indonesia yang memiliki jenis first-person shooter atau FPS 5v5. Salah satu pesaing dari game ini yaitu CS:GO. Permainan game ini terdiri dari 25 putaran dan, bagi tim yang memenangkan 13 putaran merupakan pemenangnya.

Setiap tim dalam game ini terdiri dari penyerang dan tim bertahan. Tim penyerang harus menyebar dan menanam bom yang bernaman Spike dan menanamnya di beberapa titik. Setiap pemain dari tim lawan harus menjinakkan bom atau akan mati dan tereliminasi.

2. League of Legends: Wild Rift

2. League of Legends: Wild Rift
liputan6.com

Bagi Sedulur yang menginginkan game online petualangan, Sedulur bisa memainkan game League of Legends: Wild Rift. Game ini merupakan game besutan developer game bernama Riot Games yang juga mengeluarkan Valorant. Game ini merupakan pesaing utama dari Mobile Legends dan DOTA 2.

Hero yang terkenal dari game ini adalah Champion dengan peralatan seperti role fighter, tank, mage, assassin, support dan marksman. Game ini bisa dimainkan bersama secara tim atau dimainkan secara individu. Persis sebagaimana game MOBA lainnya, game ini memiliki lane khusus dan juga minions.

3. State of Survival: The Walking Dead Collaboration

3. State of Survival: The Walking Dead Collaboration
kingsgroupsgames.com

Bagi Sedulur yang mengikuti serial televisi The Walking Dead, pasti langsung relevan ketika melihat game satu ini. Game ini merupakan sebuah kolaborasi antara State of Survival dengan The Walking Dead, menghasilkan game zombie yang berjenis game shooter.

Game gratis paling seru ini membuat kita membutuhkan strategi permainan yang jitu, antara menjaga kelangsungan hidup dan juga membunuh zombie yang mengancam. Alih-alih menyeramkan sebagaimana serial televisinya, game ini hanya menegangkan saja, tanpa memberikan efek takut yang berlebihan. Jadi bagi Sedulur yang penakut, memainkan game ini masih sangat aman.

4. eFootball PES 2021

4. eFootball PES 2021
idntimes.com

Sepakbola merupakan olahraga yang paling populer dan banyak diminati di dunia. Salah satu game sepakbola yang telah ada sejak era PlayStasion 1 adalah PES atau Pro Evolution Soccer. PES merupakan slah satu game yang secara rutin mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Permainan game terbaru dari PES adalah eFootball PES 2021 yang saat ini bisa Sedulur mainkan di smartphone. Hadir dalam konsep mobile, PES ingin menjangkau para penggemarnya agar bisa dimainkan di mana pun. Meskipun merupakan game mobile, visual yang diberikan lebih realisti dibanding versi tahun 2020.

5. Genshin Impact

5. Genshin Impact
detik.com

Rekomendasi game online gratis yang bisa Sedulur mainkan selanjutnya adalah Genshin Impact. Game ini bisa dimainkan di Android atau iOS. Game ini merupakan game RPG yang memiliki konsep seperti anime dengan sistem combat. Saat memainkan game ini, kita membutuhkan fokus yang tinggi.

Dalam permainan ini, banyak tombol yang harus dimainkan untuk menyerang musuh dan bertahan. Sedulur perlu beberapa waktu agar terbiasa bermain game ini. Bagi Sedulur yang menyukai game petualangan dengan jalan cerita yang panjang, game ini sangat cocok untuk Sedulur mainkan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Game Android Penghasil Uang, Wajib Coba!

6. Legends of Runeterra

6. Legends of Runeterra
hasagi.id

Legends of Runeterra merupakan game online gratis selanjutnya. Game ini merupakan game dengan genre Collectible Card Games (CCG). Game ini termasuk salah satu game yang sudah lama rilis, yaitu dirilis sejak tahun 2014 yang lalu dan masih bertahan dimainkan hingga saat ini.

Setiap pemain dari game ini harus membuat deck dengan strategi dan gaya permainan tertentu. Setiap deck dan strategi yang dimainkan akan memberikan efek permainan yang berbeda. Banyak kombinasi deck dan strategi dengan berbagai jenis kartu yang harus dimainkan. Hal tersebut yang menjadi keseruan dari game satu ini.

7. Arena of Valor

7. Arena of Valor
zilliongamer.com

Sebelum game ML populer di Indonesia, dan game lainnya, AoV atau Arena of Valor adalah primadona game. Walaupun mulai meredup karena beberapa game lainnya, namun game online gratis satu ini juga masih sangat potensial. Masih banyak turnamen yang sering mengadakan event yang memberikan hadiah dengan jumlah yang besar.

Hal tersebut bisa Sedulur ikuti, selain untuk mengasah kemampuan, Sedulur juga bisa mendapatkan untung. Terutama jika memenangkan turnamen atau kompetisi yang diadakan. Selain bisa sebagai game untuk mengisi waktu luang, dari game ini terdapat potensi uang yang bisa dihasilkan.

8. Scavengers

8. Scavengers
dewa.gg

Scavenger merupakan game online gratis yang bisa Sedulur mainkan di PC. Game ini merupakan game besutan developer bernama Midwinter Entertainment, sekaligus game baru yang dirilis pada 1 Mei 2021 yang lalu. Game ini merupakan game dengan genre survival dengan jalan cerita menarik dan berbagai pertempuran seru yang bisa dijalankan.

Visual dan desain game ini sangat bagus, dan bisa memanjakan Sedulur yang memainkan game satu ini. Game dengan latar tempat bersalju, hero dari game ini dibekali dengan senjat canggih yang khusus digunakan untuk menaklukan gurun salju dengan kondisi yang sangat ekstrim.

9. BLEACH: Eternal Soul

9. BLEACH: Eternal Soul
grid.id

Bagi Sedulur yang pernah menonton anime Bleach dan merindukannya, Sedulur bisa memainkan game satu ini. Game online gratis ini bisa dimainkan di smartphone dengan OS Android atau iOS. Plot cerita, karakter hingga suara dari game ini persis seperti yang Sedulur temukan di anime Bleach itu sendiri. Sedulur bisa memainkan karakter favorit seperti Ichigo Kurosaki, Rukia Kuchiki, Espada dan Visored di game satu ini.

10. Ragnarok: Eternal Love

10. Ragnarok: Eternal Love
liputan6.com

Ragnarok merupakan game PC pada tahun 2005-2007 merajai setiap warnet game yang ada di Indonesia. Bertahan hanya beberapa tahun, game ragnarok sempat redup. Dengan beberapa modifikasi dan penyesuaian, Ragnarok pun hadir kembali sebagai game online gratis yang bisa dimainkan di smartphone.

Ketika masih berupa game online PC tanpa download, Ragnarok telah membuat banyak pemainnya bergelimang harta. Mulai dari menjual akun, menjadi joki dan juga zeny, mata uang yang berlaku dalam game tersebut. Ingin mengulangi kesuksesannya sebagai game PC, Ragnarok M hadir sebagai game penghasil uang di Android. Sedulur wajib coba, terutama bagi Sedulur yang sempat memainkan game PC saat itu.

11. Project Cars Go

11. Project Cars Go
kompas.com

Rekomendasi game online gratis selanjutnya adalah game dengan genre balapan. Sedulur bisa memainkan game Project Cars Go. Game ini awalnya merupakan game yang hanya bisa dimainkan menggunakan PlayStation, dan belum lama ini telah dirilis game versi mobile yang bisa Sedulur mainkan di smartphone Sedulur.

Game ini juga sangat simpel dimainkan, karena game ini merupakan game dengan one-touch racing alias, sekali sentuh layar Sedulur bisa melakukan balapan tanpa harus ribet dengan berbagai tombol dan konsol yang disentuh. Game ini sangat sederhana untuk dimainkan.

12. Pokemon Unite

12. Pokemon Unite
detik.com

Game online gratis selanjutnya merupakan game yang diambil dari anime terkenal asal Jepang, yaitu pokemon. Setiap orang pasti mengenal Pokemon. Kali ini, melalui Pokemon Unite, Pokemon mulai merambah game dengan genre MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena, seperti COC atau Mobile Legends. Game ini terdiri dari 3 jalur permainan, dengan karakter yang bisa dimainkan seperti Pikachu, Charmander, Squirtle dan karakter legendaris dari anime Pokemon lainnya.

13. Farm Day Village Farming

13. Farm Day Village Farming
apkpure.com

Konsep dari game online gratis ini yaitu konsep pertanian. Saat memainkan game ini, Sedulur akan menjadi seorang petani yang memiliki lahan luas, warisan dari orang tua. Sedulur harus mengembangkan lahan warisan tersebut, menjadi lahan pertanian yang subur dan menghasilkan banyak hasil tani dan ternak.

Tugas seperti mengelola lahan, panen sayur dan hewan ternak, menjual hasil panen, dan sirkulasi pertanian juga peternakan lainnya. Game ini mengasah daya pikir Sedulur sebagai seorang pengusaha pertanian. Game ini juga bisa dijadikan sebagai simulasi, terutama bagi Sedulur yang tertarik untuk berbisnis di bidang pertanian atau peternakan.

14. Market Glory

14. Market Glory
ahlipedia.com

Sedulur bisa bermain game lalu kemudian mendapatkan uang dengan memainkan game Market Glory. Cara mendapatkan uang dari game ini sangat mudah, Sedulur tinggal melakukan pembangunan kota, game ini merupakan game simulasi pembangunan kota. Jika Sedulur berhasil, Sedulur akan mendapatkan sejumlah hadiah, dalam bentuk uang sungguhan.

Sedulur akan bekerja layaknya seorang wali kota dalam game ini. Membangun infrastruktur kota, membangun ekonomi kota, dan juga menjaga pertahanan kota. Sedulur yang menyukai game strategi bisa mencoba game ini, jika berhasil Sedulur akan mendapatkan hadiah yang berbentuk uang sungguhan, lho! Sungguh, game online gratis yang sangat menarik.

15. Fortnite

15. Fortnite
epicgames.com

Game online gratis selanjutnya adalah Fortnite, salah satu game battle royale android terbaik, merupakan game yang bisa memberi Sedulur penghasilan. Banyak gamers yang telah membuktikannya, cara mendapatkan uang dari game online ini dengan memberikan sebuah komisi.

Selain itu, hal menarik lainnya, Sedulur bisa memainkan game ini secara gratis dan juga bisa memberikan Sedulur uang yang sangat melimpah. Selain Sedulur bisa mengisi waktu luang, Sedulur juga bisa menghasilkan uang dengan menggunakan game satu ini.

17. PUBG

17. PUBG
androidauthority.net

Game online gratis ini sudah jelas sangat disukai oleh banyak orang. Dari 10 orang yang memiliki smartphone, 8 diantaranya pasti memiliki aplikasi game satu ini. PUBG atau Playerunknown’s Battlegrounds ini merupakan game battle royale yang bisa memberi Sedulur pemasukan uang, disamping itu keseruan dari game ini bisa menantang adrenaline. Hal tersebut yang membuat banyak orang sangat menyukai permainan satu ini.

PUBG juga memiliki gaya visual dan gameplay yang lebih realistis, namun kelemahannya adalah aplikasi yang berat dan membutuhkan smartphone dengan spesifikasi tertentu. Sedulur bisa mendapatkan uang dengan streaming PUBG dan membuka layanan joki naik level. Hal tersebut menunjukan bahwa game satu ini sangat populer, sehingga untuk naik level saja tersedia layanan joki.

17. Mobile Legends

17. Mobile Legends
gamebraves.com

Jika dari 10 orang yang memiliki smartphone, pasti 8 diantaranya memiliki game PUBG. Untuk Mobile Legends, dari 10 orang yang memiliki smartphone tersebut, semuanya pasti memiliki game online satu ini. Hal tersebut dikarenakan kepopuleran game ini yang tiada tanding di Indonesia.

Mobile Legends atau ML juga merupakan salah satu game populer yang disukai banyak orang. Menariknya, banyak turnamen dan kompetisi yang mengadakan pertandingan berhadiah. Sedulur bisa mendapatkan uang dengan memenangkan turnamen. Hal tersebut yang membuat game ini menarik, yaitu benar-benar mengandalkan skill dan kemampuan kita untuk memainkannya.

18. Clash Royale

18. Clash Royale
estnn.com

Game online gratis terakhir adalah Clash Royale, salah satu game besutan developer game kelas dunia yaitu Supercell. Game ini sangat populer, dan berpotensi memberikan kesuksesan dengan memainkan game ini. Selain telah diakui sebagai salah satu e-sport yang dikonteskan di ajang olahraga dunia, game ini juga bisa menjadi sumber penghasilan. Salah satu titik balik popularitas game ini yang menjadi salah satu game yang dilombakan di Asian Games 2018, yang masuk dalam cabang olahraga e-sport.

Semoga daftar game online gratis di atas bisa menjadi rekomendasi Sedulur yang ingin mendapatkan penghasilan dari bermain game. Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa camilan untuk menemani Sedulur dalam bermain game. Sama seperti menonton film, tidak asik rasanya main game jika tidak sambil ngemil.

Sedulur bisa membeli berbagai camilan untuk menemani Sedulur bermain game di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini dan rasakan berbagai kemudahan yang diberikan oleh Aplikasi Super. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan ngemil Sedulur.